A.

Latar Belakang Masalah Makalah ini kami buat untuk memenuhi tugas biologi yang diberikan oleh Bu Muslihah selaku guru biologi di SMA N 15 Pandeglang.Dengan dibuatnya makalah ini diharapkan dapat berguna bagi siapapun yang membacanya.Dan juga dapat menambah pengetahuan dari para pembaca. Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang bernutrisi tinggi.Didalamnya terkandung protein,Vitamin B,A,dan,E.Selain itu juga bisa untuk melancarkan BAB dan menambah semangat.Dengan dasar-dasar dari atas dapat kita simpulkan bahwa kacang hijau sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sehingga kami memilih kacang hijau sebagai bahan penelitian kami.Kami sangat tertarik untuk melakukan inovasi pada kacang hijau,salah satunya kecambah.Kecambah merupakan salah satu tumbuhan yang multifungsional,selain dapat digunakan sebagai sayuran,juga sebagai makanan tambahan pada masakan nusantara.Dalam penelitian ini kami mencari tahu adakah pengaruh media tanam pada perkecambahan biji kacang hijau. B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas,rumusan masalahnya adalah ³Adakah pengaruh cahaya pada perkembangan biji kacang hijau dalam keadaan tertutup. C. Tujuan Penelitian Mengetahui pengaruh cahaya pada perkembangan biji kacang hijau dalam keadaan tertutup. D. Sasaran Penelitian Menemukan media tanam yang cepat biji kacang hijau,dengan target kurang dari 7 hari

Masukkan tisu dan kapas ke dalam gelas plastik. 8. Rendam biji kacang hijau selama kurang lebih satu jam. ambillah yang berada di dasar air rendaman. dan letakkan. 4.E. 2. Cuci bersih gelas plastik. 6. Tentukan tempat peletakkan kacang hijau yang akan ditanam. Amati setiap hari. 3. . Lakukan terhadap ketiga gelas. Siapkan alat dan bahan. usahakan agar jumlah dan tinggi kapas sama di tiap gelas. 5. Cara Kerja 1. Bacalah Basmallah. Semaikan 5 biji kacang hijau yang telah direndam ke dalam masing-masing gelas. Alat dan Bahan  Gelas Plastik  Kapas  Tisu  Spidol  Biji Kacang Hijau  Air F. 7.

G. Tempat : Ruang tertutup DIAMATI PANJANG DAUN HARI KE b. Tempat : Ruang tertutup . Tabel dan Grafik Tabel Pengamatan Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Laju Pertumbuhan Kacang Hijau a. Tempat : Ruang tertutup c.

melainkan membungkuk begitu juga dengan daunnya. 3. Tanaman etiolasi memiliki tinggi batang yang lebih tinggi dengan cepat Tanaman etiolasi nampak lebih layu Sinar matahari merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman kacang hijau. Dengan demikian sinar matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau. Sampai dengan hari ke 7. oleh karena itu tanaman dapat tumbuh dengan sangat cepat dalam waktu singkat. daun tanaman tersebut Nampak layu dan tidak segar. seluruh tanaman masih nampak segar dan masih dapat bertahan hidup. 2. .H. Hasil Pengamatan Tanaman kacang hijau yang di etiolasi pertumbuhannya sangat cepat tetapi batang tanaman tersebut tidak bisa tegak. serta berwarna hijau muda dan agak pucat. sangat Karena waktu percobaan yang tergolong singkat. Hal ini terjadi karena tanaman tidak mendapat sinar matahari. maka usia tanaman kacang hijau masih belum dapat ditentukan dengan pasti. Kesimpulan 1. Tanaman ini juga memiliki kadar air yang berlebih akibat tidak terkena sinar matahari. I.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful