PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA JUDUL PROGRAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

SNOWBALL THROWING BIDANG KEGIATAN: PKM-AI Diusulkan oleh Ketua pelaksana Anggota pelaksana : Widia Ningsih(061244410082)/ Angkatan 2006 : Ihda Rahmi Lubis (061244410001)/ Angkatan 2006

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN MEDAN Februari, 2010

Biologi : Jl. NIM/NRP c. Alamat Rumah dan HP f. Listrik No. a. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : 2 orang 5. Dosen pendamping a. Alamat Rumah dan HP : Dr. M. 19601002 198703 1 004 Pembantu rektor III ( Widia Ningsih ) NIM. Kedaung No. Alamat Email : Widia Ningsih : 061244410082 : Pend. Jurusan e. HP : 08566131231 : Winie_doank@yahoo.i HALAMAN PENGESAHAN USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 1. Bidang Kegiatan 3. 10 Februari 2010 Pembantu dekan III Ketua Pelaksana.Si) NIP.id d. Tuamang Medan/ 0813 Menyetujui Medan.Pd) NIP.Pd) NIP.Biner Ambarita.co. M. 19570515 198403 1 004 (Dr. Syahmi Edi. 19640710 199003 1 002 . ( Drs. Judul Kegiatan : Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Snow Ball Throwing : (√) PKM-AI ( ) PKM-GT 2. M. Syahmi Edi.98 Besitang. Nama lengkap dan gelar b. 061244410082 Dosen Pendamping ( Drs. M. NIP c. Asrin Lubis.Si : 19640710 199003 1 002 : Jl. Nama Lengkap b. Universitas/Institut/Politeknik : Universitas Negeri Medan 4. Ketua Pelaksana Kegiatan 1.

ii DAFTAR ISI Halaman Pengesahan Daftar isi Daftar gambar Ringkasan PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Rumusan Masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian Halaman i ii iii iv 1 1 2 2 TELAAH PUSTAKA Populasi Udara 3 Menanam Sansiviera Mengurangi Polusi 3 METODE PENULISAN Studi Pustaka 4 Studi Kasus 4 PEMBAHASAN Langkah.Langkah Pengoptimalisasi Sansivera sebagai Peredam Populasi Udara (Polutan) 6 Pengimplementasian 6 KESIMPULAN DAFTAR PUSTAKA 7 8 .

iii DAFTAR GAMBAR Daftar Gambar 3 .

iv MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING Widia Ningsih dan Ihda Rahmi Lubis Universitas Negeri Medan Jl. Indonesia. Abstrak . Williem Iskandar Psr V Medan Estate.

. Sekarang ini dalam proses belajar mengajar di tumpukan berdasarkan Competence based dimana pembelajaran lebih di fokuskan siswa mencari sendiri guru hanya sebagai fasilitator untuk keberhasilan belajar tersebut. Dimana nilai ulangan harian. maka tujuan belajar tercapai. perhatian dan motivasi belajarnya. Kemudian dikatakan pendidikan berkualitas yaitu pendidikan yang perolehan hasil belajar yang maksimal oleh siswa. Kondisi ini ditemukan penulis ketika melaksanakan program pengalaman lapangan (PPL). Didalam proses belajar mengajar siswa pada kenyataannya belum dapat berpikir kritis sebagaimana yang diharapkan sehingga keaktifan siswa dikelas tergolong rendah. Keaktifan siswa yang mempunyai pembelajaran sulit berkembang. ulangan umum setiap semester selalu tidak mencapai standar ketuntasan belajar minimal. serta sarana dan prasarana yang menunjang keberhasilan peserta didik.sedangkan jika hasil evaluasi tidak baik maka tujuan belajar tidak tercapai. tetapi juga ditentukan oleh minat. afektif maupun psikomotor. Jika hasil evaluasi baik. 2004: 170). Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kegiatan proses belajar mengajar yang di dalamnya terdapat beberap faktor yang merupakan penentu lancar atau tidaknya kegiatan proses belajar mengajar. (Rohani. proses belajar mengajar.mata ditentukan oleh kemampuan yang dimiliki. Kemudian keberhasilan suatu proses pengajaran juga dapat dilihat dari daya serap peserta didik yang diambil melalui evaluasi hasil belajar. karena kengiatan belajar sangat tergantung kepada motivasi dan karakteristik individu. baik itu hasil belajar dalam bentuk kognitif. Setelah penulis melihat nilai ulangan harian dari siswa/siswi tersebut. Oleh sebab itu untuk mencapai suatu keberhasilan belajar perlu dipertimbangkan tiga hal pokok yaitu perumusan tujuan pembelajaran. Dimana kesemua itu akan diperoleh jika menggunakan model yang inovasi dan menarik bagi siswa. Model pembelajaran Snowball Throwing adalah suatu cara penyajian materi pembelajaran dengan membentuk beberapa kelompok heterogen dimana dalam kelompok tersebut menuntut kekreatifitasan tiap anggotanya dalam membuat soal dan berusaha dalam menyelasaikan soal yang telah dibuat oleh temannya dengan sebaik-baiknya. karena mereka harus mengkaitkaitkan materi pelajaran dan berusaha membeberkan atau mencetuskan pendapatnya sendiri. masih banyak yang memiliki nilai di bawah standar yaitu di bawah 75. Sehingga siswa dapat memahami konsepkonsep dengan mudah. Dengan demikian proses belajar mengajar yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing diperkirakan akan memberikan hasil belajar yang lebih tinggi bagi siswa yang mempunyai motivasi rendah.1 PENDAHULUAN Latar Belakang Dalam beberapa tahun terakhir ini keberhasilan belajar pesereta didik terlihat menurun. Pada pembelajaran sekarang siswa betul-betul dituntut perhatiannya kepada pelajaran. Keberhasilan belajar peserta didik tidak semata.

5. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas. Untuk mengetahui peningkatan motivasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing 2. . Hal ini mendorong penulis untuk melakukan kegiatan Proses belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Bagaimanakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar siswa? Tujuan Program Tujuan dari Program Kreativitas Mahasiswa ini sebagai berikut : 1. Menjadi bahan perbandingan atau masukan bagi peneliti yang mau meneliti hal yang sejalan dengan penelitian ini. Menambah pengetahuan dan pemahaman calon guru dan guru bidang studi tentang apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sebagai masukan bagi pembaca.Bertolak dari apa yang telah diuraikan di atas kaitan antara hasil belajar siswa sangat erat hubungannya dengan keterpaduan dan ketepatan dalam penggunaan metode mengajar oleh seorang guru. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar siswa. 2. khususnya siswa dan mahasiswa penting untuk menumbuhkan motivasi belajar untuk meningkatkan keaktifan belajar. Sebagai masukan bagi guru untuk meningkatkan dan mengembangkan metode pembelajaran yang aktif sehingga siswa mudah memahami pelajaran. Sebagai bahan masukan bagi siswa tentang pentingnya motivasi belajar untuk meningkatkan prestasi belajarnya khusus dalam mata pelajaran. Manfaat Manfaat dari Program Kreativitas Mahasiswa ini adalah: 1. Bagaimanakah peningkatan motivasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing? 2. 3. dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut 1. 4.

METODE PENELITIAN Tempat Penelitian .

7 KESIMPULAN .

8 DAFTAR PUSTAKA .

9 DAFTAR RIWAYAT HIDUP .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.