MAKALAH BIOLOGI

SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DAN HEWAN

OLEH : NURUL LAILA/XI IPA 3 /30 SMAN 2 JEMBER 2011-2012

Alasan dilakukannya Hemodialisa Hemodialisa dilakukan jika gagal ginjal menyebabkan : a) Kelainan fungsi otak ( ensefalopati uremik ) b) Perikarditis ( peradangan kantong jantung ) . 2001). dan zatzat lain melalui membran semi permeabel sebagai pemisah darah dan cairan dialisat pada ginjal buatan dimana terjadi proses difusi.dan dialisa=pemisahan atau filtrasi. Proses ini disebut dialysis yaitu proses berpindahnya air atau zat. osmosis dan ultra filtrasi (Setyawan. 4. c. 1996 ). kreatinin dan asam urat b. Mempertahankan atau mengembalikan system buffer tubuh. Semakian tinggi perbedaan kadar dalam darah maka semakin banyak bahan yang dipindahkan ke dalam dialisat. Proses Hemodialisa Dalam kegiatan hemodialisa terjadi 3 proses utama seperti berikut : a) Proses Difusi yaitu berpindahnya bahan terlarut karena perbedaan kadar di dalam darah dan di dalam dialisat. asam urat. Memperbaiki status kesehatan penderita. Tujuan Hemodialisa Sebagai terapi pengganti. b) Proses Ultrafiltrasi yaitu proses berpindahnya air dan bahan terlarut karena perbedaan tekanan hidrostatis dalam darah dan dialisat. hidrogen. kalium. Mempertahankan atau mengembalikan kadar elektrolit tubuh. Membuang kelebihan air. e. yaitu perbedaan osmolaritas darah dan dialisat ( Lumenta. d. Membran ini dapat dilalui oleh air dan zat tertentu atau zat sampah. Membuang produk metabolisme protein seperti urea. 2. bahan melalui membran semi permeabel ( Pardede. kegiatan hemodialisa mempunyai tujuan : a. Pengertian Haemodialisis Hemodialisa berasal dari kata hemo=darah.WAWASAN PRODUKTIVITAS ARTIKEL MENGENAI HEMODIALISIS 1. 3. 1996 ). kreatinin. Terapi hemodialisa adalah suatu teknologi tinggi sebagai terapi pengganti untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme atau racun tertentu dari peredaran darah manusia seperti air. Pada prinsipnya hemodialisa menempatkan darah berdampingan dengan cairan dialisat atau pencuci yang dipisahkan oleh suatu membran atau selaput semi permeabel. natrium. urea. c) Proses Osmosis yaitu proses berpindahnya air karena tenaga kimia.

5. Program dialisa dikatakan berhasil jika : 1 ) Penderita kembali menjalani hidup normal. Kram otot c. Sakit kepala e. 4 ) Tekanan darah normal. Frekuensi Hemodialisa. Pada gagal ginjal akut. Kejang . 2006 ) Dialisa bisa digunakan sebagai pengobatan jangka panjang untuk gagal ginjal kronis atau sebagai pengobatan sementara sebelum penderita menjalani pencangkokan ginjal. d) Gagal jantung e) Hiperkalemia ( kadar kalium yang sangat tinggi dalam darah ). tergantung kepada banyaknya fungsi ginjal yang tersisa. Komplikasi pada Hemodialisa Komplikasi dalam pelaksanaan hemodialisa yang sering terjadi pada saat dilakukan terapi adalah : a. Frekuensi. Sakit dada f. Hipotensi b. 3 ) Jumlah sel darah merah dapat ditoleransi.c) Asidosis ( peningkatan keasaman darah ) yang tidak memberikan respon terhadap pengobatan lainnya. sampai fungsi ginjal kembali normal. Gatal-gatal g. 2 ) Penderita kembali menjalani diet yang normal. 6.com. Demam dan menggigil h. tetapi sebagian besar penderita menjalani dialisa sebanyak 3 kali/minggu. dialisa dilakukan hanya selama beberapa hari atau beberapa minggu. 5 ) Tidak terdapat kerusakan saraf yang progresif ( Medicastore. Mual atau muntah d.

tetapi jika menyebabkan infeksi atau komplikasi lain. 2. Pasca operasi urin dapat langsung diproduksi. Transplantasi (cangkok) ginjal adalah prosedur pemasangan ginjal donor ke dalam tubuh seseorang (resipien) melalui tindakan pembedahan. 3 dari ibu dan 3 dari ayah. Operasi yang saat ini menelan biaya minimal 150 juta rupiah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. maka ginjal lama harus diangkat. Jika pasien tidak memiliki donor hidup. Ginjal baru bersama ginjal lama (jika masih ada fungsinya) akan bekerja bersama-sama untuk mengeluarkan sampah metabolisme dari dalam tubuh. Resipien masih dapat menerima ginjal dari donor walaupun HLAs mereka tidak sepenuhnya sama. asal golongan darah cocok. Persiapan Transplantasi Ginjal baru dapat diperoleh dari donor yang baru saja meninggal (donor cadaver) atau dari donor hidup. Dokter akan mempertimbangkan tiga faktor untuk menentukan kesesuaian ginjal dengan penerima (resipien). Antara anggota keluarga biasanya mempunyai HLAs yang sesuai.ARTIKEL MENGENAI TRANSPLANTASI GINJAL Transplantasi Ginjal Pengantar: Transplantasi Ginjal adalah salah satu alternatif untuk memperpanjang harapan hidup bagi penderita ginjal. B. Faktor golongan darah merupakan faktor penentu kesesuaian yang paling penting. akan dimasukkan ke dalam daftar tunggu untuk memperoleh ginjal dari donor cadaver. tetapi pada beberapa kondisi. produksi dapat terjadi setelah beberapa minggu. Faktor tersebut akan menjadi tolak ukur untuk memperkirakan apakah sistem imun tubuh akan menerima atau menolak ginjal baru tersebut. Faktor tersebut adalah: 1. Golongan Darah Golongan darah resipien (A. Donor hidup bisa keluarga atau orang lain (biasanya pasangan atau teman). kemudian menghubungkan pembuluh darah dan saluran kemih (ureter) ginjal baru tersebut ke pembuluh darah dan ureter resipien. Human Leukocyte Antigens (HLAs) Sel tubuh membawa 6 jenis HLAs utama. Ginjal lama biasanya tidak diangkat. Proses Transplantasi Ginjal Dokter bedah akan meletakkan ginjal donor dalam perut sebelah bawah. Saya menuliskan posting ini mengutip dari buletin Sayang Ginjal untuk memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai seluk beluk mengenai Transplantasi ini. dan tes lain tidak menunjukkan adanya ketidakcocokan. AB atau O) harus sesuai dengan golongan darah donor. .

maka waktu rawat menjadi lebih pendek. karena teknik operasi untuk mengangkat ginjal donor sudah semakin maju. sehingga dapat mempermudah timbulnya infeksi. Jika tidak terjadi reaksi. atau bulu di wajah. Lama perawatan di rumah sakit biasanya selama satu minggu. Obat imunosupresan akan melemahkan daya tahan tubuh. asam lambung berlebihan. . Pembedahan atau transplantasi ginjal biasanya berlangsung 3 sampai 4 jam. timbul jerawat. Kadang-kadang reaksi penolakan tetap terjadi walaupun penderita sudah meminum obat ini. Jika hal ini terjadi secara hebat. Setelah keluar dari rumah sakit. yaitu reaksi di mana sistem imun tubuh menyerang ginjal baru yang dicangkokkan. Komplikasi Setelah transplantasi. dan transplantasi dapat dilakukan. Tetapi tidak semua resipien mengalami gejala tersebut. Keuntungan Transplantasi Ginjal -Ginjal baru akan bekerja seperti halnya ginjal normal -Penderita akan merasa lebih sehat dan lebih normal -Penderita tidak perlu melakukan dialysis -Penderita mempunyai usia harapan hidup yang lebih besar Kekurangan Transplantasi Ginjal -Butuh proses pembedahan (operasi mayor) -Proses untuk mendapatkan ginjal donor sulit atau memerlukan waktu lama -Risiko penolakan terhadap ginjal yang dicangkokkan -Penderita harus rutin minum obat penekan system imun (imunosupresan) yang mempunyai banyak efek samping. waktu rawat yang dibutuhkan hampir sama dengan resipien. resipien masih harus melakukan kontrol secara teratur untuk dipantau keberhasilan dari transplantasinya. Walaupun demikian. Wajah akan tampak lebih gemuk. yang berguna untuk mencegah reaksi penolakan. Bagi pendonor. maka hasil uji disebut uji silang negatif.3. dokter akan memberikan resipien obat imunosupresan. berat badan bertambah. tekanan darah tinggi dan penyakit tulang. penderita kadang harus kembali menjalani dialysis. Selain itu imunosupresan juga dapat menyebabkan katarak. Beberapa jenis obat imunosupresan juga dapat mengubah penampilan. Uji silang antigen Tes terakhir sebelum dilakukan transplantasi adalah uji silang antigen. Sejumlah kecil darah resipien dicampur dengan darah donor. mungkin 2 sampai 3 hari. diabetes. Obat imunosupresan ini biasanya harus diminum setiap hari. atau melakukan transplantasi ulang dengan ginjal lain.

antara hewan air laut. Kelompok hewan yang berbeda menggunakan organ yang berbeda. (Kashiko. melakukan osmoregulasi seperti ikan laut lainnya stelah mingrasi di air tawar salmon berhenti minum. melibatkan senyawa-senyawa seperti hormon. . Ketika berada dilaut. Perbedaan kesentrasi tersebut cenderung mengganggu keadaan manpat dari kondisi internal. didalam zat yang kadar garamnya berbeda. Hanya sedikit hewan yang membiarkan kosentrasi cairan tubuhnya berubah-ubah sesuai degan lingkungannya dalam kedaan demikian hewan dikatakan melakukan osmokonfirmitas. Untuk memelihara air dan kosentarsi larutan cairan tubuh konstan yang berdeba dengan lingkungannya. Keadaan kondisi internal yang mantap dapat dipelihara hanya bila organisme mampu mengimbangi kebocoran dengan arus balik melawan gradient kosentrasi yang memerlukan energi. Salmon dan ikan-ikan yang berimingrasi antara air laut dan air tawar bersifat suryhalio. salmon akan meminum air laut dan mengeksresikan kelebihan garam dari insang. Rentangan zat-zat yang diregulasi sangat luas. Yang menjadi masalah adalah konsentrasi yang tepat dari cairan tubuh hewan selalu berbeda dengan yang ada dilingkungannya. Hewan harus menjaga volume tubuh dan kosentrasi larutan tubuhnya dalam rentangan yang agak sempit. seperti halnya insang ikan-ikan yang menghabiskan hidupnya dalam air tawar. vitamin dan larutan yang signifikan terhadap perubahan nilai osmotik. dan insabngnya mulai mengambil garam dan lingkungannnya yang kosentrasinya tidak pekat.2000:389) Secara sederhana hewan dapat diumpamakan sabagai suatu larutan yang terdapat di dalam suatu kantung membran atau kantung permukaan tubuh.CARA IKAN SALMON MENGATUR OSMOREGULASI AGAR DAPAT HIDUP DI SUNGAI& LAUT Osmoregulasi adalah kemampuan organisme untuk mempertahankan keseimbangan kadar dalam tubuh. dan hewan darat sangatlah berbeda. Kebanyakan hewan menjaga agar kosentrasi cairan tubuhnya tetap lebih tinggi dari mediumnya (regulasi hiporosmotis) atau lebih rendah dari mediumnya (regulasi hipoosmotis). air tawar. Untuk itu hewan harus berusaha mengurangi gangguan dengan menurunkan (1) permeabilitas membran atau kulitnya (2) gardien (landaian) kosentrasi antara cairan tubuh dan lingkungannya.

dan makanan kaya serat. 3. batasi konsumsi garam. 2. yang juga baik untuk ginjal Anda. Untuk menjaga agar ginjal selalu sehat. prebiotik. Ginjal juga berfungsi sebagai kelenjar endokrin. Salah satu organ tubuh manusia yang penting untuk dijaga adalah ginjal. serta proses pembentukan tulang. Jangan malas berolahraga. Fungsi utama sistem organ yang kompleks ini adalah membuang kelebihan cairan dan produk sisa dari darah. Jalan kaki 4-5 kali seminggu cukup untuk membantu menjaga kesehatan detak jantung. . 5. Ginjalmerupakan bagian dari saluran kemih. Perbanyak air putih dan juga atur waktu untuk Olahraga Minum air putih paling tidak sedikitnya 6-8 gelas air putih sehari. Hindarilah makanan olahan. ganti daging penuh lemak dengan ikan atau daging putih tanpa lemak. untuk menjaga kesehatan ginjal di bawah ini ada beberapa tips menjaga kesehatan ginjal 1. Hindari Minuman mengandung Alkohol Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Mengatur pola makan sehari hari Pilih padi-padian. buah. Banyak orang yang mengabaikan hal-hal kecil karena kesibukan mereka. 4. dan sayuran organik. Usahakan untuk Berhenti Merokok Hasil studi yang dipublikasikan oleh American Physiological Society pada tahun 2007 menyimpulkan bahwa nikotin merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan gangguan ginjal. Juga membuat orang sering berkemih sehingga berisiko mengalami dehidrasi. Cara ini juga baik untuk mengurangi efek buruk pestisida yang ada pada makanan.Menjaga kesehatan ginjal Hidup orang di jaman sekarang boleh dibilang rentan terhadap berbagai macam penyakit. Jagalah pencernaan Tambahkan konsumsi probiotik. yaitu menghasilkan hormon yang penting bagi proses terbentuknya sel darah merah dan mengatur tekanan darah dalam tubuh kita . salah satu masalah yang bisa berujung pada gangguan ginjal. ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful