Media Transmisi Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena

jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.

Karakteristik media transmisi ini bergantung pada:
y y y y

Jenis alat elektronika Data yang digunakan oleh alat elektronika tersebut Tingkat keefektifan dalam pengiriman data Ukuran data yang dikirimkan

Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya. Keuntungan inframerah adalah kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnetik, inframerah mudah dibuat dan murah, instalasi mudah, mudah dipindah-pindah, keamanan lebih tinggi daripada gelombang radio. Kelemahan inframerah adalah jarak terbatas, tidak dapat menembus dinding, harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima, tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan terganggu oleh cahaya matahari. Gelombang radio adalah media transmisi yang dapat digunakan untuk mengirimkan suara ataupun data. Kelebihan transmisi gelombang radio adalah dapat mengirimkan isyarat dengan posisi sembarang (tidak harus lurus) dan dimungkinkan dalam keadaan bergerak. Frekuensi yang digunakan antara 3 KHz sampai 300 GHz. Gelombang radio digunakan pada band VHF dan UHF : 30 MHz sampai 1 GHz termasuk radio FM dan UHF dan VHF televisi. Untuk komunikasi data digital digunakan packet radio.

Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36.000 km di atas bumi memiliki angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocity bumi. Hal ini menyebabkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary), apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa. Pada prinsipnya, dengan menempatkan tiga buah satelit geostationary pada posisi yang tepat dapat menjangkau seluruh permukaan bumi. Keuntungan satelit adalah lebih murah dibandingkan dengan menggelar kabel antar benua, dapat menjangkau permukaan bumi yang luas, termasuk daerah terpencil dengan populasi rendah, meningkatnya trafik telekomunikasi antar benua membuat sistem satelit cukup menarik secara komersial. Kekurangannya adalah keterbatasan teknologi untuk penggunaan antena satelit dengan ukuran

yang besar. dapat membawa jumlah data yang besar. Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik. . biaya investasi dan asuransi satelit yang masih mahal. baik installasi konektor maupun kabel. Keuntungan menggunakan gelombang mikro adalah akuisisi antar menara tidak begitu dibutuhkan. SHF dan EHF. Kabel STP (Shielded Twisted Pair) Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar. Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk radio yang menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz). Ada beberapa kategori untuk kabel Twisted Pair. Kekurangannya adalah susah pada saat instalasi. Kekurangannya adalah mahal. atmospheric losses yang besar untuk frekuensi di atas 30 GHz membatasi penggunaan frequency carrier. Keuntungan menggunakan kabel koaksial adalah lebih murah dari pada kabel fiber optic dan jarak jangkauannya cukup jauh dari kabel jenis UTP/STP yang menggunakan repeater sebagai penguatnya. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi. ‡ Kategori 2 (Cat-2). Kelemahan gelombang mikro adalah rentan terhadap cuaca seperti hujan dan mudah terpengaruh pesawat terbang yang melintas di atasnya. dan jarak jangkauannya hanya 100m. I konektor (socket) dan BNC konektor. yaitu T konektor. susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding). Kabel coaxial RG 8. warnet dan penyedia layanan internet (ISP). yang meliputi kawasan UHF. biaya murah karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas. RG 6. Umumnya menggunakan konduktor padat standar AWG sebanyak 22 atau 24 pin dengan range impedansi yang lebar. frekuensi tinggi atau gelombang pendek karena hanya membutuhkan antena yang kecil. RG 58. dan jarak jangkauannya hanya 100m . Untuk saat ini kabel koaksial sudah tidak direkomendasikan lagi intuk instalasi jaringan. RG 59 Ada 3 jenis konektor pada kabel Coaxial. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN. yaitu : ‡ Kategori 1 (Cat-1). Digunakan pada koneksi telepon dan tidak direkomendasikan untuk transmisi data.

Kabel fiber optic multimode terbuat dari fiberglass dengan diameter lebih besar. akan terjadi distorsi sinyal pada sisi penerima yang mengakibatkan transmisi data menjadi tidak akurat. Saat ini. Dapat digunakan untuk jaringan 10BaseT dan Token Ring dengan bandwidth 4 Mbps. ‡ Kategori 4 (Cat-4). sering digunakan pada sistem PBX dan sistem Alarm. diterapkan pada jaringan Token Ring dengan bandwidth 16 Mbps. Dari transmitter^ receiver.Range impedansi yang lebar. fiber optic telah digunakan sebagai standar kabel data dalam biding physical layer telekomunikasi atau jaringan. ‡ Kategori 5 (Cat-5). Kemampuan kabel jenis single mode dalam mengantarkan transmisi adalah 50 kali lebih cepat dari kabel jenis multimode. dengan bandwidth maksimum 1 MBps. Seperti kategori 3 dengan bandwidth 20 MBps. juga sistem keamanan yang menggunakan Closed Circuit Television (CCTV). seperti perangkat TV kabel. Sering disebut kabel voice grade. menggunakan konduktor padat sebanyak 22 atau 24 pin dengan impedansi 100 dan berfungsi hingga 16 MBps. yaitu single mode. dalam bentuk lightemitting diode ataupun laser. Sedang plastic optical¶fiber adalah kabel berbasis plastik terbaru yang menjamin tingkat performa yang sama dengan fiber glass dalam jarak pendek dengan biaya yang jauh lebih murah. karena memiliki core yang lebih kecil sehingga dapat menghilangkan setiap distorsi dan pulsa cahaya yang tumpang tindih.3 sampai 10 mikrometer. dan lain sebagainya Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran yang sangat kecil (skala mikron). multi mode dan plastic optical fiber yang berfungsi sebagai petunjuk cahaya dari ujung kabel ke ujung kabel lainnya. yaitu 50 sampai dengan 100 mikrometer yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak menengah. FIBER OPTIK Ada tiga jenis kabel fiber optic yang biasanya digunakan. . Transmisi data ISDN menggunakan kabel kategori 2.Biasanya dikenal dengan nama fibre optic (serat optic). Merupakan kabel Twisted Pair terbaik (data grade) dengan bandwidth 100 Mbps dan jangkauan transmisi maksimum 100 m. memiliki satu jenis transmisi yang dapat mengantarkan data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi untuk jarak jauh. Kabel fiber optic single mode merupakan fiber glass tunggal dengan diameter 8. Apabila jarak yang ditempuh lebih dari 3000 kaki. Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya (laser atau inframerah). yang mengubah pulsa elektronik ke cahaya dan sebaliknya. ‡ Kategori 3 (Cat-3). dan membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektrum yang lebih kecil.

Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya dari jauh (remote computer use) Memungkinkan penggunaan sistem komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol (baik sentralisasi maupun desentralisasi ) Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer Mengurangi waktu untuk pengolahan data. namun kendala yang dihadapi disini adalah masalah jarak.4 Ghz dan 5 Ghz. Data-data digital yang dikirim melalui wireless ini akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik ini. sehingga bisa mengurangi semrawutnya kabel transmisi data pada jaringan komputer. dan mahalnya biaya.Satu buah kabel fibre optic terdiri atas dua fiber. 2. transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untuk menghantarkan data. Secara umum dapat dikatakan sebagai proses pengiriman informasi (data) yang telah diubah dalam suatu kode tertentu yang telah disepakati melalui media listrik atau elektrooptik dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Namun demikian untuk kebutuhan LAN di dalam gedung. bandwidth. Biasanya gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2. Walaupun kedengarannya praktis. Apa Tujuan Teknik Komunikasi Data? Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah yang besar secara effisien. Wireless Access Point juga bisa digabungkan (up-link) dengan ActiveHub dari jaringan yang sudah ada. . satu berfungsi untuk Transmit (Tx) dan satunya untuk Receive (Rx) sehingga komunikasi dengan fibre optic bisa terjadi dua arah secara bersama-sama (full duplex). C. 1. Wireless Network Saat ini sudah banyak digunakan jaringan tanpa kabel (wireless network). Terdapat pengertian tentang istilah komunikasi data Apa arti dari komunikasi data tersebut menurut anda ? Komunikasi data merupakan teknologi yang menggabungkan aspek jaringan telekomunikasi dengan sistem komputer sehingga menambah nilai sistem komputer. tanpa kesalahan dan ekonomis dari satu tempat ke tempat yang lain. saat ini sudah dikembangkan teknologi wireless untuk Active Hub (Wireless Access Point) dan Wireless LAN Card (pengganti NIC). Media transmisi wireless menggunakan gelombang radio frekuensi tinggi. Berbagai macam komputer dapat saling berkomunikasi dan memanfaatkan kemampuannya.

Di samping itu serat tahan terhadap gas beracun.Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan).Faktor Manusia. 4. sehingga memperkecil jumlah sambungan dan jumlah pengulang. Di samping kelebihan yang telah disebutkan di atas. sehingga sanggup menampung informasi yang besar. Mempercepat penyebarluasan informasi. 3) Tidak terpengaruh oleh medan elektris dan medan magnetis.Waktu Tanggap. yaitu persentase waktu yang diberikan untuk pengiriman data dengan melewati media transmisi tertentu. coxcial cabel. . yaitu : 1) Lebar bidang yang luas. throughput merupakan ukuran beban dari sistem. . manusia merupakan perancang. 6) Substan sangat rendah. 5. waktu tanggap sistem merupakan ukuran kecepatan sistem dalam memberikan tanggapan atas input data yang dimasukan. Dengan guided media gelombang dikendalikan sepanjang jalur fisik contoh guided media adalah twisted pair. Sebutkan 3 kendala pokok komunikasi data menurut DC Green. 2) Bentuk yang sangat kecil dan murah. 4) Isyarat dalam kabel terjamin keamanannya. Sebut dan jelaskan beberapa kekurangan dan kelebihan kabel serat optik? Ada beberapa keunggulan serat optik di banding media transmisi lainnya. contohnya adalah perambatan (propagation) di udara dan laut. . maka tidak akan terjadi ledakan maupun percikan api. 3. media transmisi guided adalah ujung ke ujung bila ia menyediakan suatu hubungan langsung diantara dua perangkat dan membagi media yang sama. sehingga cocok ditanam dalam tanah. 5) Karena di dalam serat tidak terdapat tenaga listrik. Faktor manusia merupakan faktor yang sangat dominan dan menentukan lancar atau tidaknya sistem. pembuat sekaligus pengguna sistem. serta fiber optic. Unguided media menyediakan alat untuk mentransmisikan gelombang-gelombang elektromagnetik namun tidak mengendalikannya.Throughput. bahan kimia dan air. Secara umum media komunikasi terbagi dua kelompok: guided dan unguided. serat optik juga mempunyai beberapa . Apa perbedaan diantara keduanya? Berikan contoh masing2.

untuk gedung berlantai 2.fiber optic.sedangkan kabel tembaga 5 kilometer.Handshaking adalah Suatu cara pengontrolan aliran data antara dua perangkat lunak menggunakan sinyal RS232.kelemahan di antaranya.juga menggunakan kabel wired pandu jaringan(kable UTP) tetapi tiap jarak 100 meter menggunakan repeater. c. Jelaskan.kabel coaxial.dan kabel STP dengan menggunakan switch dan hub sebagai media penghubungnya(repeater) b. .Clock bertugas untuk mengatur koordinasi operasi antar chip. Clock pada komputer sering digunakan sebagai dasar perhitungan berapa jumlah instruksi yang dapat dilaksanakanannya mengacu dalam hitungan detik. fiber optic mempunyai jangakauan 30 kilometer sebelum menggunakan repeater. .Timing.) . 7. 6. yaitu : 1) Sulit membuat terminal pada kabel serat 2) Penyambungan serat harus menggunakan teknik dan ketelitian yang tinggi. untuk media transmisi gedung berlantai 1 di gunakan kabel wired pandu jaringan(kabel UTP). a. untuk jaringan yang menggunakan MAN(metropolitan area network )biasanya menggunakan fiber optic atau kabel tembaga. Local Area Network dalam satu gedung berlantai banyak(bertingkat). Clok. Metropolitan Area Network yg menghubungkan satu perusahaan dengan anak cabang yg tersebar di beberapa daerah. Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah2 pada pengiriman data berikut(Hand shaking. media transmisi apakah yang akan anda gunakan jika akan mengimplementasikan suatu jaringan komunikasi sebagai berikut: Local Area Network dalam satu gedung berlantai satu. Jelaskan pilihan Anda mengapa memilih media transmisi tersebut. dan handshaking perangkat keras pada umumnya menggunakan karakter control Xon dan Xoff.

Timing adalah waktu bagi sistem pada komputer. Contoh penerapan transmisi full-duplex dialami oleh telepon. penyesuaian blok. penyesuaian karakter. 8. system timing akan tetap up to date karena adanya baterai CMOS. Mode transmisi full-duplex (FDX) dianggap lebih maju apabila di bandingkan dengan mode transmisi half-duplex. a. penerima telah menerima penyesuaian bit. Bagaimana transmisi data tersebut disebut sinkron dan bagaimana disebut tak sinkron Jelaskan. Transmisi data serial disebut sinkron jika waktu kirim dan terima atau lamanya penerimaan setiap bit ditentukan secara pasti sebelum bit tersebut dikirim dan diterima. maka transmisi full-duplex digambarkan seperti jalan dua jalur yang mendukung lalulintas dua arah dalam waktu yang bersamaan. Misalnya jika akan dikirim data seri 10011010. Sehingga transmisi full-duplex lebih cepat daripada transmisi half-duplex karena tidak ada masa dalam penggunaan waktu (turn around). Sedangkan transmisi data serial disebut tak sinkron jika waktu kirim dan terima atau lamanya penerimaan setiap bit tidak ditentukan oleh karakter sebelumnya. c. meskipun komputer dimatikan. karena mode transmisi full-duplex memungkinkan isyarat berjalan dalam dua arah yang berlawanan pada waktu yang bersamaan. selang waktu yang digunakan oleh pengirim dan penerima satu dengan yang lain harus sama. penyesuaian bit. Sebut dan jelaskan tiga masalah pokok tersebut. maka agar data tersebut dapat dikirim dan diterima dengan benar. 9. 10. b. Media transmisi yang bersifat half-duplex (HDX) mendukung pengiriman isyarat (data) dengan . Pengiriman seri menimbulkan 3 masalah pokok. Dengan keadaan seperti ini. maka seharusnya juga harus segera menerima penyesuaian karakter. System timing ditangani oleh BIOS. Selain itu penerima harus juga mengetahui awal dan akhir blok data. Transmisi seri dapat berupa transmisi sinkron dan tak sinkron. peranti yang ingin mengirim data tidak perlu menunggu penerima menyelesaikan kirimannya.. a. b. Jika keadaan transmisi half duplex digambarkan seperti jalan dua jalur yang sisi lainnya sedang diperbaiki. Apakah perbedaan metode transmisi full duplex dan half duplex? Berikan contoh masing2. Dalam waktu yang bersamaan penerima juga bisa bertindak sebagai pengirim.

Terminal umumnya beroprasi secara bergantian untuk menangani pengiriman dan penerimaan data. pada saat ada gangguan pada kertas. Sebagai conto. pengiriman isyarat dalam halfduplex bisa berlangsung dua arah akan tetapi apabila penerima ingin mengirimkan isyarat maka dia harus menunggu pengirim untuk menyelesaikan pengiriman isyarat (tidak bersamaan). Contoh yang lain adalah pada line printer. Contoh dari mode transmisi half-duplex adalah pada terminal. Transisi half-duplex diterapkan pada radio CB (citizen band) dan walkie talkie. Pengiriman pesan harus dilakukan secara bergantian. Pemakai tidak mungkin bisa mendengarkan lawannya berbicara ketika dia sedang mengirimkan pesan kepada lawan bicaranya.dua arah. Media transmisi yang terpandu maksudnya adalah media yang mampu mentransmisikan besaranbesaran fisik lewat materialnya. yakni : a. Unguided media(media tidak terpandu). Media Transmisi Wired/Kabel/Guided Oleh Faisal Akib GAMBAR: Struktur media terpandu Media transmisi Secara garis besar ada dua kategori media transmisi. Kelemaham mode transmisi half-duplex adalah berupa adanya waktu yang diperlukan untuk mengubah arah sehingga lawan komunikasi dapat mengenalinya. Keadaan seperti ini sering disebut turn around tume. Guided media (media terpandu) b. . tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan. Artinya. Contoh: kabel twisted-pair. Keadaan ini sering diibaratkan dengan sebuah jalan dua jalur yang salah satu jalurnya sedang diperbaiki. printer perlu menympaikan kepada CPU bahwa saat ini printer tidak dapat lagi menerima data. Kendaraan dari arah yang berlawanan dapat melalui jalan tersebut asalkan dilakukan secara bergantian. kabel coaxial dan serat optik. 1. Twisted Pair Kabel twisted-pair terdiri atas dua jenis yaitu shielded twisted pair biasa disebut STP dan unshielded twisted pair (tidak memiliki selimut) biasa disebut UTP.

Contoh: kabel telepon. Kabel STP tidak dapat dipakai dengan jarak lebih jauh sebagaimana media-media lain (seperti kabel coaxial) tanpa bantuan device penguat (repeater). lapisan pelindung kabel STP bukan bagian dari sirkuit data. lebih mudah putus. Tidak seperti kabel coaxial. sayangnya STP sedikit lebih mahal dibandingkan UTP. Pada prakteknya. dapat menjadi sumber masalah karena bisa menyebabkan pelindung bekerja sebagai layaknya sebuah antenna. STP yang peruntukan bagi instalasi jaringan ethernet. Kabel Shielded Twister-Pair nyaris memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama dengan kabel UTP. melakukan ground STP memerlukan kejelian. Twisted-pair lebih tipis. Kabel twisted-pair terbagi atas dua yaitu: y y Shielded Twisted-Pair (STP) Unshielded Twisted-Pair (UTP) GAMBAR: Shielded Twisted Pair (STP) a. karena itu perlu diground pada setiap ujungnya. Keunggulan dari kabel twisted-pair adalah dampaknya terhadap jaringan secara keseluruhan: apabila sebagian kabel twisted-pair rusak.Kabel twisted-pair terdiri atas dua pasang kawat yang terpilin. tidak seluruh jaringan terhenti. b. . dan mengalami gangguan lain sewaktu kabel terpuntir atau kusut. sebagaimana yang mungkin terjadi pada coaxial. Unshielded Twisted-Pair Untuk UTP terdapat pula pembagian jenis yakni: y Category 1 : sifatnya mampu mentransmisikan data kecepatan rendah. menghisap sinyal-sinyal elektrik dari kawatkawat dan sumber-sumber elektris lain disekitarnya. memiliki resistansi atas interferensi elektromagnetik dan frekuensi radio tanpa perlu meningkatkan ukuran fisik kabel. Satu hal keunggulan STP adalah jaminan proteksi jaringan dari interferensi-interferensi eksternal. y y y y Kecepatan dan keluaran: 10-100 Mbps Biaya rata-rata per node: sedikit mahal dibadingkan UTP dan coaxial Media dan ukuran konektor: medium Panjang kabel maksimum yang diizinkan : 100m (pendek). Shielded Twisted -Pair (STP) Kabel STP mengkombinasikan teknik-teknik perlindungan dan antisipasi tekukan kabel. Jika terjadi ketidaktepatan.

ukurannya kecil. UTP digunakan sebagai media networking dengan impedansi 100 Ohm. Kabel UTP memiliki banyak keunggulan. Seperti halnya STP. Karena UTP memiliki diameter eksternal 0. untuk membatasi degradasi sinyal. Selain mudah dipasang. pada prakteknya para administrator jaringan banyak menggunakan kabel ini sebagai media yang efektif dan cukup diandalkan. . juga harganya lebih murah dibanding media lain. Category 5 : digunakan untuk transmisi data yang memerlukan bandwidth hingga 100 MHz. y y y y Kecepatan dan keluaran: 10 100 Mbps Biaya rata-rata per node: murah Media dan ukuran: kecil Panjang kabel maksimum yang diizinkan : 100m (pendek). Meski begitu. kabel UTP juga harus mengikuti rule yang benar terhadap beberapa banyak tekukan yang diizinkan perkaki kabel. Category 4 : mamu mentransmisikan data hingga 20 MHz.y y y y Category 2 : sifatnya mampu mentransmisikan data lebih cepat dibanding category 1. Tipe kabel ini semata-mata mengandalkan efek konselasi yang diproduksi oleh pasangan-pasangan kawat. kabel Unshielded Twisted-Pair terdiri atas empat pasang kawat medium.43 cm. ini menjadikannya mudah saat instalasi. Hal ini berbeda dengan tipe pengkabelan twister-pair lainnya seperti pengkabelan untuk telepon. Dapat digunakan untuk transmisi digital dengan bandwidth hingga 4 MHz. UTP juga mensuport arsitektur-arsitektur jaringan pada umumnya sehingga menjadi sangat popular. Kekurangan kabel UTP adalah rentang terhadap efek interferensi elektris yang berasal dari media atau perangkat-perangkat di sekelilingnya. Category 3 : mampu mentransmisikan data hingga 16 MHz. Setiap pasang dipisahkan oleh lapisan pelindung. GAMBAR: Unshielded Twisted Pair (UTP) Secara fisik.

baik di jaringan rumah. . Tipe kabel coaxial ini sering disebut dengan thicknet. dibandingkan kabel STP atau UTP. Kabel Coaxial Kabel coaxial atau popular disebut ³coax´ terdiri atas konduktor silindris melingkar. yang menggelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Kabel coaxial juga jauh lebih murah dibanding Fiber Optic. diameter. Repeater juga dapat diikutsertakan untuk meregenerasi sinyal-sinyal dalam jaringan coaxial sehingga dalam instalasi network cukup jauh dapat semakin optimal. penting bagi kita untuk mempertimbangkan ukurannya. Kabel coaxial datang dalam beragam ukuran. Kita juga harus ingat bahwa kabel akan mengalami tarikan-tarikan dan tekukan di dalam pipa. y y y y Kecepatan dan keluaran: 10 -100 Mbps Biaya rata-rata per node: murah Media dan ukuran konektor: medium Panjang kabel maksimum: 200m (disarankan 180m) untuk thin-coaxial dan 500m untuk thickcoaxial Saat bekerja dengan kabel. seperti ketebalan. Diantaranya dapat dijalankan dengan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh diantara node network. namun dewasa ini sudah banyak ditinggalkan. kampus. Digunakan dalam berbagai tipe komuniksai data sejak bertahun-tahun. Untuk LAN. coaxial merupakan teknologi yang sudah lama dikenal. maupun perusahaan. kabel coaxial menawarkan beberapa keunggulan. pertambahan kabel sehingga akan menjadi pertimbangan atas kesulitan saat instalasi dilapangan.GAMBAR: Kabel Coaxial 2. Kabel coaxial lebih mahal saat diinstal dibandingkan kabel twisted-pair. Diameter terbesar diperuntukkan sebagai backbone Ethernet karena secara historis memiliki ketahanan transmisi dan daya tolak interferensi yang lebih besar.

Maintenance: kabel-kabel fiber optic memakan biaya perawatan relative murah. tetapi cukup tahan terhadap interferensi elektromagnetis dan mampu beroperasi dengan kecepatan dan kapasitas data yang tinggi. Distance: sinyal-sinyal dapat ditransmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan refresh atau diperkuat . dengan kombinasi (range) diameter 50 hingga 100 micron. Resistance: daya tahan kuat terhadap imbas elektromagnetik yang dihasilkan perangkatperangkat elektronik seperti radio. Plastic Optical Fiber merupakan kabel berbasis plastic terbaru yang memiliki performa familiar dengan kabel single mode. Beberapa keuntungan kabel fiber optic: y y y y Kecepatan: jaringan-jaringan fiber optic beroperasi pada kecepatan tinggi. Tipe-tipe kabel fiber optic: y y y Kabel single mode merupakan sebuah serat tunggal dari fiber glass yang memiliki diameter 8. atau bahkan kabel-kabel transmisi lain di sekelilingnya. motor. . (satu micron besarnya sekitar 1/250 tebal rambut manusia) Kabel multimode adalah kabel yang terdiri atas multi serat fiber glass. Kabel fiber optic dapat mentransmisikan puluhan juta bit digital perdetik pada link kabel optic yang beroperasi dalam sebuah jaingan komersial. fiber optic memiliki harga lebih mahal. Jika dibandingkan media-media lain. mencapai gigabits per second Bandwidth: fiber optic mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar. Fiber Optic Kabel fiber optic merupakan media networking yang mampu digunanakan untuk transmisitransmisi modulasi. Setiap fiber dalam kabel multimode mampu membawa sinyal independen yang berbeda dari fiber-fiber lain dalam bundel kabel. tetapi harganya sedikit murah.3 hingga 10 micron.GAMBAR: Kabel Fiber Optic 3. Ini sudah cukup utnuk mengantarkan ribuan panggilan telepon.

Coating: adalah lapisan plastik yang menyelimuti core dan cladding.2 dB/km @ 50 µs/Km 1kHz 3 dB/km @ 1kHz 5 µs/Km 2 km 0 500 MHz 7 dB/km @ 10kHz 180 370 THz 0. Cladding: merupakan lapisan tipis yang menyelimuti fiber core. TABEL: Karakteristik titik-ke-titik media terpandu Rentang frekuensi Twisted pair 0 3.5 kHz (dengan loading) Twisted pair 0 1 MHz (kabel multipair) Coaxial Atenuasi khusus Delay khusus Jarak repeater 2 km 0. Penyangga coating ini diukur dalam micron dan memilki range 250 sampai 900 micron. Strengthening fibers: terdiri atas beberapa komponen yang dapat menolong fiber dari benturan kasar dan daya tekan tak terduga selama instalasi Cable jacket: merupakan lapisan terluar dari keseluruhan badan kabel. Semakin beasr ukuran core. Semua kabel fiber optic diukur mengacu pada diameter core-nya.Kontruksi kabel fiber optic y y y y y Core: bagian ini merupakan medium fisik utama yang mengangkut sinyal-sinyal data optical dari sumber ke device penerima.2 0.5 dB/km 4 µs/Km 1 9 km Fiber Optic 5 µs/Km 40 km TABEL: Perbandingan jenis kabel Karakteristik Thinnet Biaya/harga Thicknet Twisted Fiber Optic Pair Paling mahal Lebih mahal Lebih mahal Paling dari twisted dari thinnet murah 185 meter 500 meter 10 Mbps Cukup fleksibel 10 Mbps Kurang fleksibel Jangkauan Transmisi Fleksibilitas 100 meter 2000 meter 1 Gbps Paling fleksibel > 1 Gbps Tidak fleksibel . semakin banyak data yang dapat diantarkan. Core berupa helai tunggal dari glass atau plastik yang kontinyu (dalam micron).

Kemudahan instalasi Resistensi terhadap inferensi Mudah Mudah Sangat mudah Rentan Sulit Baik Baik Tidak terpengaruh Baca Artikel Lain: Model Komunikasi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful