NAMA : FANJI HARI SUHENDRO KELAS : 1 ANALIS 5 LAPORAN KDS SMK NEGERI 7 BANDUNG

Tanggal praktik Tanggal penyerahan : 30 september 2010 : 7 oktober 2010 B. 2. ~ tabung reaksi. Perubahan fisika adalah perubahan yang tida menghaikan zat baru. dan perubahaan suhu. prinsip / dasar teori perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan suatu zat baru. ~ kaca arloji. terbentuk gas. Tujuan praktik 1.alat dan bahan 1. ~ penjepit kurs. siswa dapat mengenal beberapa perubahan fisika dan reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari. perubahan tersebut dapat diamati dari perubahan warna. siswa dapat membedakan perubahan fisika dan perubahan kimia.PERUBAHAN FISIKA DAN PERUBAHAN KIMIA A. D. C. ~ gelas ukur. alat ~ gelas kimia. ~ penjepit tabung. Perubahannya bersifaf sementara dan dapat di kembalikan ke bentuk semula. ~ termometer. . ~ pipet tetes. ~ kawat nikrom. endapan.

tuangkan 25ml air kedalam gelas kimia 50ml. panaskan gelas kimia tersebut. catat suhu setelah dan sebelum penambahan batu gamping percobaan IV . 3. 2. 3. 2. 2. bahan ~ Aquades ~ batu gamping/caco3 ~ es ~ gula pasir ~ I2 padat ~ KNO3 padat ~ larutan CCl4 ~ larutan HCl ~ larutan H2SO4 ~ larutan I2 ~ larutan kanji ~ larutan Kl ~ larutan Pb(NO)3 ~ pita Mg E. amati apa yang terjadi.2. Percobaan II 1. tutup gelas kimia dengan kaca arloji selama 1 menit. Percobaan III 1. cara kerja dan pengamatan percobaan I 1. 3. amati apa yang terjadi dan catat ketika suhu mencair. tmbhn bongkahan batu gamping. masukan sepotong es kedalam gela kimai 50ml amati suhunga dengan menggunakan termometer. panaskan 20ml air sampai mendidih selama 1 menit dalam gelas kimia.

amati apa yang terjadi. 2. maukan 2 sendok gula pasir kedalam gelas kimia 50ml. 2. tambahkan tetes demi tetes H2SO4 pekat kedalam gula tersebut sampai rata. Percobaan VII 1. 2. 2. 3. dinginkan dan apa yang terjadi. masukan 3ml larutan KI kedalam tabung reaksi. kemudian panaskan di atas api kemudian amati apa yang terjadi. siapkan sepotong pita Mg. kemudian amati apa yang terjadi. amati setelah beberapa menit. Percobaab VIII 1. 3.1. siapkan sebuah kawat nikrom yang bersih. tambahkan 2ml larutan Pb(NO3)2. 2. panaskan di atas api. masukan beberapa I2 padat kedalam tabung reaksi. tambahkan beberapa tetes larutan I2 encer. celupkan kawat tersebut kedalam larutan HCL encer. 2. kocok dan amati. Percobaan IX 1. panaskan tabung reaksi tersebut secara tidak langsung (penangas air). masukan 2ml larutan CCL4 kedalam tabung reaksi. jepit pita Mg tersebut dengan penjepit kurs. Percobaan VI 1. 3. amati perubahan yang terjadi sampai tabung tertsebut dingin. . Percobaan V 1.

perhitungan persaman reaksi G.3. setelah di bakr dan sesudah di bakar ? Percoban VI : apa yang terjadi pada pita Mg yang di panaskan ? Percobaan VII : apa yang terjadi jika larutan ki di tambah Pb(NO3)2 ? . Tambahkan sedikit KNO3 amati suhu sebelum dan sesudahnya. masukan 2ml larutan HCL encer kedalam tabung reaksi. Percobaan XI 1. tambahkan 3 tetes larutan kanji. masukan 10ml air kedalam tabung reaksi. tambahkan sepotong pita Mg dan amati. Percobaan X 1. kemudian amati perubahan yang terjadi. 2. Diskusi Percobaan I : pada percobaan I apa yang terjadi bila air yang di panaskan di tutup dengan kaca arloji ? Percobaan II : mengapa suhu berubah pada saat setelah es di panaskan ? dan berapa suhu awal es sebelum di panaskan dan akhir setelah es di panaskan ? Percobaan III : mengapa uhu air setelah di beri batu gamping berbh ? dan berasa suhu awal air tersebut setelah dan sebelum diberi batu gamping ? Percoban IV :apa yang terjadi setelah gul pasir di beri larutan H2SO4 pekat ? Percobn V : apa yang terijadi pada kawat nirom yang telah di celupka kedalam larutan HCL. F. 2.

kita dapat mengetahui barang-barang dan bahan yang jarang di temukan I kehidupan sehari-hari. 6.H.pembahasan I. 3.daftar pustaka . mengethui tata cara pembuatan jurnal dan laporan. kita dapat memenej waktu yang terbatas engan cara membagi tugas dengan anggota kelompok. kita dapat membedakan perubahan fisika dan perubahaan kimia. 2. dari perktikum yang telah di laksanakan kita dapat mengetahui beberapa perubahaan fisika dan kimia dalam kehidupan seharihari. 7. 8. 4. mengethui hasil dari berbagai percobaan yang di lakukan.kesimpulan 1. J. 5. mengembangkan kerja sama yang kompak dan baik. kita dapat mengetahui tt cra jika berada di laboltorium.pertanyaan K.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful