BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Latar belakang pembuatan makalah ini adalah bahwa disadari atau tidak bahasa indonesia merupakan salah satu komponen penting dan merupakan alat pemersatu bangsa indonesia yang terdiri dari berbagai keanekaragaman budaya yang tak terhitung jumlahnya. Namun demikian dari masa ke masa sepertinya bahasa indonesia yang merupakan hasil kerja keras pemuda – pemuda pada zaman perjuangan kemerdakaan indonesia dahulu ini semakin terpinggirkan saja, terutama oleh generasi muda itu sendiri, padahal pada zaman perjuangan kemerdekaan justru para pemuda lah yang merintis dan memperjuangkan bahasa indonesia ini sebagai persatuan. Seperti yang banyak kita lihat sekarang ini sangat jarang generasi muda yang menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam kehidupan sehari harinya, mereka bahkan sekarang ini lebih bangga dan enjoy istilahnya untuk memakai bahasa gaul atau bahasa asing agar di nilai sebagai generasi muda yang tidak ketinggalan jaman.

Untuk itulah makalah ini dibuat yaitu untuk meninjau kembali bahasa indonesia dan menemukan kembali kebanggaan generasi muda menggunakan bahasa indonesia. Agar tidak ada kesan generasi muda menjadikan bahasa indonesia sebagai bahasa yang usang sehingga hanya patut untuk sekedar dikenal tanpa adanya kesadaran untuk melestarikannya dengan cara menjaga eksistensi nya, dan salah satu wujud nyata dari upaya tersebut adalah menggunakannya dalam kehidupan sehari hari. Tentu saja ini bukan hal yang mudah karena memang sudah seperti pandangan umum bahwa bahasa indonesia adalah bahasa yang baku, resmi, dan formal sehingga kurang cocok digunakan dalam kehidupan sehari – hari tetapi bila kita telah benar – benar memahami serta mendalami sejarahnya maka sesungguhnya kita akan malu menjadi bagian dari negara indonesia ini tanpa menjunjung tinggi bahasa kita, bahasa indonesia. Maka marilah kita bersama – sama menelaah kembali nilai dari bahasa

Dengan mengetahui dan memahami sejarah bahasa Indonesia seharusnya kita malu apabila tidak bangga dan justru enggan menggunakan bahasa Indonesia itu sendiri. Selain itu bahasa merupakan alat komunikasi antara individu yang satu dengan yang lainnya yang peranannya sangat penting dan mencakup berbagai aspek dalam tiap segi kehidupan.indonesia itu sendiri sebagai generasi muda yang peduli terhadap eksistensi bangsa dan sebagai pemikul beban sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai agent of change. bahkan nantinya kita akan menyesal jika suatu saat bahasa bahasa Indonesia diakui oleh bangsa lain.3 TUJUAN .2 PERMASALAHAN 1. sehingga kehidupan pun tidak bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai usaha pemuda pendahulu kita sia – sia begitu saja hanya karena kita malas melestarikan bahasa kita. Bagaimanakah sejarah bahasa Indonesia baik sebagai bahasa persatuan maupun sebagai bahasa negara? 2. Jadi bahasa merupakan sesuatu yang amat sangat penting dan mutlak kita perlukan. Tanpa adanya bahasa kita tak kan mungkin dapat berkomunikasi. Agar kita sebagai generasi muda juga tidak lupa diri akan siapa jati diri kita dan tidak kehilangan arah dan pegangan lalu menjadi sasaran empuk bagi budaya asing untuk masuk dan merubah jati diri kita yang sesungguhnya. 1. Sejauh manakah eksistensi bahasa Indonesia di era globalisasi sekarang ini? 1. Apakah fungsi dari bahasa Indonesia? 4. dimana artinya sebagai agen perubahan tentu saja dalam hal ini perubahan ke arah yang lebih baik dan maju. Sebagai apakah kedudukan bahasa Indonesia di mata bangsa Indonesia itu sendiri? 3.

Timbulnya minat dari generasi muda untuk mempelajari bahasa Indonesia secara lebih dalam yang kemudian bisa memunculkan pandangan baru bahwa bahasa Indonesia bukan bahasa yang using dan ketinggalan jaman tetapi merupakan bahasa yang flexibel kaitannya dengan bisa dipakai dalam kehidupan ssehari – hari bukan hanya dalam lingkup yang formal saja.1. ponsel. Salah satu manfaat terbesar belajar bahasa adalah untuk keperluan berkomunikasi.4 MANFAAT Manfaat dari dibuatnya makalah ini adalah tergugahnya generasi muda untuk lebih mencintai dan menghargai bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu dan juga sebagai bahasa negara untuk itu maka kita terutama sebagai generasi muda itu sendiri harusnya menjaga eksistensinya serta bangga akan bahasa Indonesia yang tak dapat tergantikan nilainya karena bahasa Indonesia juga merupakan kekayaan bangsa yang harus kita jaga. Agar pembaca memahami fungsi dari bahasa Indonesia secara garis besar terkait dengan kedudukannya sebagai bahasa permersatu dan bahasa negara. Agar pembaca dapat melihat sejauh manakah eksistensi bahasa Indonesia itu dalam era globalisasi sekarang ini. 4. Agar pembaca mengerti dan jelas tentang kedudukan bahasa Indonesia secara jelas di mata bangsa Indonesia itu sendiri. dan lain-lain—tentu akan semakin dahsyat dan menakjubkan . Apalagi di masa sekarang dan mendatang di mana alat-alat canggih untuk berkomunikasi—komputer. 1. Kehidupan manusia tidak mungkin dilepaskan dari kegiatan berkomunikasi. 3. Agar pembaca mengetahui tentang sejarah bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan maupun sebagai bahasa negara. Apa pun bidang kegiatan yang akan diterjuni seseorang. pastilah dia tidak bisa menghindar untuk tidak berkomunikasi. 2.

Opening Up: The Healing Power of Expressing Emotions (The Guilford Press. Apabila matapelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dapat saja menjadikan anak-anak kita asyik dan akhirnya mencintai kegiatan membaca. Krashen—lewat bukunya yang mengagumkan. Apabila kekayaan kata yang dimiliki oleh anak-anak kita itu sangat berkualitas. khususnya dalam menampakkan pikiran dan gagasannya. Memang. Membaca. anak-anak kita perlu memperkaya diri mereka dengan kata-kata apabila ingin menjadi manusia-manusia yang piawai dalam berkomunikasi. apabila mereka miskin akan kata-kata. Kemudian. pikiran perlu ditampakkan dengan bantuan kata-kata. mereka akan mengalami kegagapan dalam berkomunikasi—salah satunya adalah kesulitan dalam mengutarakan pendapat mereka Bagaimana caranya agar anak-anak kita dapat memiliki kekayaan akan kata-kata? Tidak ada cara lain yang dapat ditempuh oleh mereka kecuali dengan membaca.Salah satu kemampuan penting berkomunikasi adalah menampakkan pikiran. Namun. Gagasan dapat ditunjukkan lewat nyanyian (lagu). Hanya dengan memiliki kekayaan kata yang luar biasalah anak-anak kita akan dapat secara efektif enak dan lancar dalam berlomunikasi. pemahaman terhadap sebuah gagasan baru akan sangat efektif apabila gagasan tersebut dapat ditampakkan lewat kata-kata atau dibahasakan secara tertulis. dan banyak lagi yang lain. gambar atau lukisan. patung. James W. menurut psikolog-peneliti. 1993) kemampuan menulis hanya dapat dibangun di dalam diri seseorang lewat kegiatan membaca. mereka pun akan sangat terbantu dalam mengeluarkan pikiran dan gagasan mereka yang sangat berkualitas. Nah. tugas utama matapelajaran tersebut tercapai sudah. The Power of Reading: Insights from the Research (Libraries Unlimited. gagasan atau ide dapat ditampakkan tidak hanya lewat kata-kata. Menurut riset ahli linguistik Dr. sangat penting ditekankan dalam matapelajaran Bahasa Indonesia. konstruksi bangunan. 1990)—menulis dapat membantu seseorang . Sebaliknya. Dr. Pennebaker—dalam bukunya yang berisi hasil-hasil kegiatan risetnya. oleh karena itu. Agar pikiran yang ada di dalam benak seseorang menjadi jelas dan dapat dipahami seseorang. Stephen D.

Tentu. 2008). Tafsir Al-Mishbah. Dan kemuliaan itu diberikan sendiri oleh Tuhan. seseorang perlu menyimpan di dalam dirinya katakata yang sangat kaya dari buku penulis. Pennebaker menunjukkan kepada para pembacanya bahwa kegiatan menulis dapat menghindarkan seseorang dari depresi. tentulah diperlukan bahan-bahan bacaan yang dapat membangkitkan semangat dan gairah membaca anak-anak kita ketika mereka belajar matapelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.untuk membuka diri. Semoga pada tahun 2009 ini semakin banyak bahan bacaan yang bergizi yang diperlukan oleh anak-anak kita untuk memperkaya diri mereka dengan kata-kata yang berkualitas sehingga mereka nanti dapat menampakkan diri-diri (pikiran dan gagasan) mereka yang berkualitas pula. Ini mengandung pengertian bahwa Tuhan dapat menganugerahkan puncak dari segala yang terpuji bagi setiap hamba-Nya. untuk dapat menulis secara “blak-blakan” (opening up) ini. h. secara tegas Dr. Penerbit Lentera Hati. Jakarta 2003. yaitu untuk mengeluarkan seluruh tekanan yang mendera pikiran seseorang. . ”Kata al-akram yang berbentuk superlatif adalah satu-satunya ayat di dalam Al-Quran yang menyifati Tuhan dalam bentuk tersebut. Bahkan. Membacalah Agar Dirimu Mulia: Pesan dari Langit (MLC. iqra’ wa rabbukal-akram—membaca dapat mengantarkan si pembaca untuk meraih kemuliaan. merujuk ke penafsiran Muhammad Quraish Shihab atas Surah Al`Alaq—khususnya ayat ketiga yang berbunyi. terutama dalam kaitannya dengan perintah membaca.” demikian tulis Muhammad Quraish Shihab (lihat lebih lengkap dalam Muhammad Quraish Shihab.399 Agar kegiatan membaca dapat diselenggarakan dengan menyenangkan dan lancar.

BAB II PEMBAHASAN MASALAH .

melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara. tanah Indonesia.2. 28 Oktober 1928). Pada zaman Sriwijaya. terutama dari bahasa Sanskerta. bangsa Indonesia. Bahasa Melayu juga dipakai sebagai bahasa perhubungan antarsuku di Nusantara dan sebagai bahasa perdagangan. Pada saat itu. bahasa Arab dan bahasa-bahasa Eropa. antarbangsa. bahasa Indonesia. Para pemuda Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan secara sadar mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia. dan (3) menjunjung bahasa persatuan. yang menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia (Sumpah Pemuda. para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dalam Kerapatan Pemuda dan berikrar (1) bertumpah darah yang satu. Bahasa Melayu menyerap kosakata dari berbagai bahasa.1 SEJARAH BAHASA INDONESIA Bahasa Melayu Kuno itu tidak hanya dipakai pada zaman Sriwijaya karena di Jawa Tengah (Gandasuli) juga ditemukan prasasti berangka tahun 832 M dan di Bogor ditemukan prasasti berangka pada tahun 924 M yang juga menggunakan bahasa Melayu Kuno. yaitu bahasa buku pelajaran agama Budha. baik sebagai bahasa antarsuku di Nusantara maupun sebagai bahasa yang digunakan terhadap para pedagang yang datang dari luar Nusantara. antarsuku. Bahasa Melayu mudah diterima oleh masyarakat Nusantara sebagai bahasa perhubungan antarpulau. Bahasa Melayu dipakai di mana-mana di wilayah Nusantara serta makin berkembang dan bertambah kukuh keberadaannya. (2) berbangsa yang satu.Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) bukan hanya di Kepulauan Nusantara. Bahasa Melayu yang dipakai di daerah di wilayah Nusantara dalam pertumbuhannya dipengaruhi oleh corak budaya daerah. Ikrar para pemuda ini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. dan antarkerajaan karena bahasa Melayu tidak mengenal tingkat tutur. bahasa Persia. Kebangkitan nasional telah mendorong perkembangan bahasa Indonesia dengan . antarpedagang. bahasa Melayu dipakai sebagai bahasa kebudayaan.

Karena itulah mulai saat itu bahasa Indonesia tercatat sebagai bahasa persatuan.Alasan itu adalah sebagai berikut : 1. Peristiwa – peristiwa tersebut antara lain : . baik di tingkat pusat maupun daerah. Pasal 36.bahasa melayu sudah menyebar ke plosok nusantara bersama dengan menyebarnya agama islam di Indonesia. Kini bahasa Indonesia dipakai oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Sistem bahasa melayu sederhana mudah dipelajari karena tidak ada tingkatan dalam bahasa. Suku –suku di Indonesia dengan suka rela menerima bahasa melayu menjadi bahasa Indonesia kemudian menjadi bahasa nasional 6. Bahasa melayu sudah dikenal oleh banyak masyarakat. Lalu setelah bangsa Indonesia merdeka bahasa Indonesia di kukuhkan sebagai bahasa negara seperti yang tertuang dalam UUD 1945 Bab XV. Secara resmi bahasa melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia tercatat dalam teks sumpah pemuda sebagai hasil kongres pemuda pada tanggal 28 oktober 1928. Sebagai bukti bahwa bahasa melayu telaah dipakai sebagai bahasa perhubungan yaitu ditemukannya berbagai prasasti yang menggunakan bahasa melayu kuno. bahasa perdagangan.pesat. Peranan kegiatan politik. Ada beberapa alas an mengapa yang dipilih untuk di angkat menjadi bahasa Indonesia adalah bahasa melayu bukan bahasa daerah lain di Indonesia yang cukup banyak pemakainya. 17 Agustus 1945. dan majalah sangat besar dalam memodernkan bahasa Indonesia. Bahasa melayu sudah merupakan lingua franca di Indonesia atau bahasa perhubungan. 3. 5. perdagangan. 2. 4. Berbagai peristiwa mengiringi bahasa Indonesia baik dalam kedudukannya sebagai bahasa persatuan ataupun sebagai bahasa negara. persuratkabaran. Bahasa melayu mempunyai kesangupan untuk di pakai sebagai bahasa kebudayaan dalam arti luas. telah mengukuhkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia secara konstitusional sebagai bahasa negara. Bahasa melayu memiliki sifat terbuka untuk menerima pengaruh bahasa lain sehingga semakin berkembang dan kukuh keberadaannya.

3. Lahirnya ejaan republic. Selain itu juga diadakan kongres bahasa Indonesia secara rutin. 7. 3. Berdirinya taman bacaan rakyat tahun 1908. 2. Ditetapkannya pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang di sempurnakan dan pedoman umum pembentukan istilah. Kongres Bahasa Indonesia II Medan 28 oktober sampai 2 november 1954. Kongres Bahasa Indonesia VI Jakarta 28 oktober sampai 2 november 1993 7. 4. Di tandatanginya UUD 1945. Kongres Bahasa Indonesia I Solo 25 sampai 28 juni 1938. Terbitnya majalah Poejangga Baru tahun 1933. Kongres Bahasa Indonesia IV Jakarta 21 sampai 26 november 1983 5. 4. Kongres Bahasa Indonesia IX Diselenggarakan di Jakarta tanggal 28 Oktobeer sampai 1 November 2008. Kongres Bahasa Indonesia V Jakarta 28 oktober sampai 3 november 1988 6. Kongres Bahasa Indonesia III Jakarta 28 oktober sampai 2 november 1978.1. 5. Terselengaranya kongres pemuda tahun 1928.2 KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA . 8. Setiap 5 tahun sekali yaitu : 1. Kongres Bahasa Indonesia VII Jakarta 26 sampai 30 oktober 1998 8. 2. Lahirnya ejaan yang di sempurnaan. Lahirnya ejaan resmi bahasa melayu. 6. 2. Kongres Bahasa Indonesia VII Diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 14-17 Oktober 2003 9.

4. Melalui nilai itu pula bangsa Indonesia terasah rasa kebangsaannya.Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. melalui fungsi ini kita diharapkan mampu menjaga bahasa Indonesia yang beridebtitas sehingga tidak larut dengan pengaruh yang dating dari luar. Sebagai lambang identitas nasional. Alat perhubungan antar warga. Kondisi dari bangsa Indonesia yang tersusun dari berbagai keanekaragaman sangat lah . 2. meskipun juga tidak harus menutup diri. Ini sesuai dengan butir ketiga sumpah pemuda. Fungsi yang ketiga adalah sebagai bahasa nasional. antar budaya. Karena masyarakat Indonesia terdiri atas berbagai suku yang berbeda – beda bahasanya. Maka akan sangat sulit untuk berkomunikasi kecuali ada satu bahasa yang digunakan yaitu bahasa Indonesia. Kedudukan yang kedua adalah sebagai bahasa negara. 2. dan mengembangkan bahasa Indonesia. Alat yang memungkinkan penyatuan berbagai suku bangsa ke dalam kesatuan kebangsaan Indonesia. bahasa Indonesia kita harapkan mampu mewakili jati diri bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan yang tercantum dalam undang – undang dasar 1945 bab XV pasal 36 mengenai kedudukan bahasa Indonesia. Sebagai bahasa negara bahasa Indonesia memiliki peran sebagai bahasa resmi kenegaraan. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan. antar daerah. memelihara. Selain bahasa indonesia kita juga memiliki lambang identitas nasional yang lain yaitu bendera dan garuda pancasila. 3.3 FUNGSI BAHASA INDONESIA Sebagai bahasa nasional bahasa Indonesia berfungsi sebagai : 1. Ini berarti bahwa bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional yang kedudukannya berada di atas bahasa – bahasa daerah lainnya di seluruh nusantara. Lambang kebanggaan kebangsaan. Lambang identitas nasional. Fungsi yang keempat adalah bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu. Dengan fungsi kebanggaan ini pula diharapkan segenap anak bangsa mau menjaga. yaitu alat perhubungan antar suku bangsa. bahasa Indonesia mencerminkan nilai – nilai luhur yang mendasari perilaku bangsa Indonesia.

dan kegiatan kenegaraan. bahasa Indonesia memiliki 4 fungsi yaitu: 1. ironisnya generasi muda inilah yang sesungguhnya diharapkan menjaga kelanggengan bahasa Indonesia sebab generasi muda lah yang masih punya banyak waktu untuk berkarya. oleh karwena itu dibutuhkan sutu perekat agar bangsa ini tetap bersatu. Upaya untuk mencegah semakin tidak eksisnya bahasa Indonesia memang bukan sepenuhnya tanggung jawab generasi muda saja tetapi juga perlu adanya bimbingan. arahan. Dalam kedudukannya sebagai bahasa negara . serta dorongan dari berbagai pihak yang mengaku masih peduli dengan nasib kelangsungan bahasa kita.4 EKSISTENSI BAHASA INDONESIA Eksistensi suatu bahasa bisa dilihat dari masih digunakannya bahasa itu sampai sekarang oleh segala lapisan masyarakat. ilmu pengetahuan. lomba puisi bertemakan bahasa Indonesia. mempelajari berbagai hal. Mengadakan lomba penulisan karya ilmiah.rawan akan perpecahan. 2. Sebagai bahasa pengantar di lembaga – lembaga pendidikan . serta member kontribusi pada bangsa ini. juga untuk menyatakan nilai sosbud yang kita miliki. Sebagai alat pengembangan kebudayaan nasional. 2. 1. 4. digunakan oleh guru dan siswa atau pelaku pendidikan lain dalam lembaga pendidikan. dipakai dalam upacara. Sebagai alat perhubungan tingkat nasional. Namun kadang kala kita temui justru generasi muda kita telah terpuruk sehingga tidak dapat diharapkan lagi. danm teknologi. peristiwa. Sebagai bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan. 3. . Bila dilihat secara sekilas eksistensi bahasa Indonesia sendiri kian memudar di kalangan generasi muda khususnya. digunakan untuk pengembangan kebudayaan bahasa Indonesia memiliki identitas tersendiri yang berbeda dengan bahasa.bahasa daerah. digunakan dalam perhubungan dalam segala kepentingan tingkat nasional. Upaya ini bisa dilakukan dengan cara misalnya .

penyertaan mata kuliah bahasa Indonesia dalam kurikulum tiap tingkat pendidikan. Penggunaan bahasa Indonesia sejak dini dalam kehidupan sehari – hari 6. 5. P embukaan jurusan bahasa di sekolah menengah atas 4. Peningkatan fasilitas di berbagai bidang yang menyangkut bahasa. Pembuatan film tentang sejarah bahasa Indonesia.2. BAB III PENUTUP . 3.

3. pemersatu dan fungsi sebagai bahasa negara bahasa negara . 6.2 SARAN Adapun saran –saran yang bisa digunakan yaitu: 1. Penggunaan bahasa Indonesia sejak dini dalam kehidupan sehari –hari. 3. 2. 4. 5. Generasi muda harus ditingkatkan kepeduliannya terhadap bahasa Indonesia 3. Perlu adanya upaya pelestarian bahasa Indonesia yang nyata 2.3. dengan tema bahasa Bahasa merupakan alat komunikasi yang amat penting Bahasa Indonesia perlu dijaga dan dilestarikan Fungsi bahasa Indonesia terbagi menjadi 2 yaitu fungsi sebagai bahasa Kedudukan bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa pemersatu dan Eksistensi bahasa Indonesia mulai memudar Bahasa Indonesia diangkat dari bahasa melayu kuno. 4. Peningkatan fasilitas yang mendukung kegiatan berbahasa Indonesia yang baik 5. Mengadakan berbagai lomba dengan tema bahasa Indonesia.1 SIMPULAN Dari pembuatan makalah ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful