FISIOGRAFI REGIONAL (Satyana dan Silitonga, 1994

)
Cekungan Barito meliputi daerah seluas 70000 kilometer persegi di Kalimantan Selatan bagian tenggara dan terletak di sepanjang batas tenggara Lempeng Mikro Sunda. Cekungan Barito merupakan cekungan bertipe foreland yang berumur Tersier, berhadapan langsung dengan Pegunungan Meratus (Satyana dan Silitonga, 1994).

Di bagian utara, Cejungan Barito dipisahkan dengan Cekungan Kutai oleh Sesar Adang. Sedangkan di bagian timur dipisahkan dengan Cekungan Asem-asem oleh Tinggian Meratus yang memanjang dari arah Baratdaya samapi Timurlaut. Di bagian selatan merupakan batas tidak tegas dengan Cekungan Jawa Timur Utara dan di bagian barat berbatasan dengan Konplek Schwaner yang merupakan basement.

Suatu penampang melintang melalui Cekungan Barito memperlihatkan bentuk cekungannya yang asimetrik. Hal ini disebabkan oleh adanya gerak naik ke arah barat dari Pegunungan Meratus. Sedimen-sedimen Neogen ditemukan paling tebal sepanjang bagian timur Cekungan Barito, yang kemudian menipis ke arah barat.

2003). Formasi Batununggal dan Paniungan. dan batuan ultrabasa (Heryanto dan Hartono. 1999) Formasi Tanjung merupakan batuan sedimen Tersier tertua yang terdapat di Cekungan Barito bagian timur. Peta Geologi Regional Kalimantan (Satyana dkk. sebagai salah satu cekungan tempat berakumulasinya sumber daya energi. batuan vulkanik Kelompok Haruyan. Cekungan ini. Granit Belawaian. Cekungan Barito di daerah ini dialasi oleh batuan sedimen Kelompok Pitap. .Gambar 1. memiliki endapan batubara dengan sebaran yang sangat luas.

bgl.esdm.go.Gambar III.1.id) . Peta fisiografi regional Kalimantan (psg.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful