1.

Pengertian Room Service Room service merupakan pelayanan makanan dan minuman di dalam kamar hotel atau tempat akomodasi lain seperti motel atau apartemen. Room service juga biasa disebut ³In-Room Dining´. Fungsi room service sebenarnya sama dan sejalan dengan restoran dan bar. Jika restoran dan bar menjual makanan dan minuman diruang saji restoran atau ruang saji bar, room service memiliki kekhususan pelayanan yaitu menyajikan makanan atau minuman di kamar-kamar hotel atau apartemen. Dalam fungsi ini juga termasuk mengambil pesanan (taking order), menyiapkan, ,menyajikan dikamar, dan mengambil kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar..

2.

Susunan Organisasi Room Service

Susunan dan jumlah petugas di room service dalam suatu hotel tergantung pada besar kecilnya operasional dan keadaan hotel. Adapun jabatan yang selalu ada dalam organisasi room service meliputi : a. Room Service Manager Apabila operasi room service tidak dalam area yang luas dan tidak terlalu sibuk, biasanya pimpinan tertinggi dipegang oleh head waiter. Adapun tugas Room service manager adalah : § Bertanggung jawab sepenuhnya atas jalannya operasi di room service. § Membuat rencana dan jadwal kerja untuk bawahannya, mengingat operasi room service yang selama 24 jam. Serta mengawasi pelaksanaannya. § Bertanggung jawab atas seluruh keperluan bawahan seperti peningkatan pengetahuan dan keterampilan, serta appearance bawahannya. § Bertanggung jawab kepada F&B manager.

b. Room Service Captain § Bertugas memeriksa kehadiran dan appearance waiters, menyediakan segala sesuatu untuk service serta mengawasi persiapan dan service yang akan dilaksanakan.

Seorang order taker harus mencatat semua pesanan tamu secara tepat dan benar untuk selanjutnya diserahkan kepada waiters. serta memiliki pengetahuan yang luas tentang menu. d. maka seorang order taker haruslah orang yang mempunyai kemampuan komunikasi bagus. Operasi Room Service Pada umumnya room service beroperasi selama 24 jam siap menyajikan makanan dan minuman untuk breakfast.§ Captain bertugas sebagai quality control dengan memeriksa ketepatan dan mutu pesanan yang akan dikirim kekamar tamu. dan melakukan clear up kamar tamu serta menyampaikan tagihan pelayanan kamar (bill). dinner. Room Service Order Taker Room service order taker mempunyai peranan yang penting dalam operasi room service. Room Service Waiters Bertugas untuk menyiapkan segala peralatan dan keperluan untuk service serta menyiapkan nampan dan trolley. Order taker bertugas dalam menerima dan mencatat pesanan makanan dan minuman tamu terutama melalui telepon. § Captain bertugas membuat laporan pertanggungjawaban kepada room service manager. melayani tamu. 3. lunch. dan supper ( makan tengah malam). Operasi room service meliputi : a. c. Karena berhubungan langsung dengan tamu. Tugas pokok room service adalah untuk menyajikan makanan dan minuman dikamar tamu. sopan. termasuk menyiapkan pesanan tamu. Taking Order .

serta alat-alat yang dipergunakan. baik yang mengenai jenis dan jumlah hidangan. dan nomor kamar pemesan. Menjaga agar segala sesuatunya siap untuk operasi room service. cutleries. . silverware. Service Menyajikan makanan dan minuman secara tepat dan benar dikamar tamu. napkin. Preparation Menyiapkan dan mengatur segala peralatan yang diperlukan seperti chinaware. dll termasuk ruang kerja. b. Clear Up Mengambil serta memeriksa semua alat-alat room service yang telah digunakan dan membersihkan area pelayanan kamar. d. waktu. baik yang langsung melalui telepon ataupun tertulis melalui door knob menu. c. glassware.Mengambil dan mencatat pesanan tamu secara tepat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful