1

I.

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pelibatan kaum muda dalam menata dan menetapkan masa depan daerah amatlah minim. Padahal lintasan sejarah di dunia ini dengan berbagai macam peristiwa pentingnya tak pernah terlewatkan kecuali di dalamnya ada para pemuda (Eka, 2010). kontribusi kaum muda dalam setiap momentum perubahan dan pergantian rezim di negeri ini tercatat sangat rapi dalam sejarah. Karakter pemuda sangat berpotensi untuk memberikan perubahan dalam tatanan masyarakat, terkhusus daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Peran pemuda dalam menyatukan etnik-etnik di Sultra merupakan itikad baik sebagaimana sejarah telah mencatat bahwa pemudalah yang menyatukan bangsa Indonesia melalui sumpah pemuda pada tahun 1928. Oleh karena itu, untuk menyatukan Sultra yang berdiri satu identitas diharapkan muncul dari itikad bersama para pemuda Sultra. Jika tidak ditemukan identitas baru dalam skala provinsi Sultra yang menjadi titik temu untuk memediasi masing-masing kekuatan etnik, maka perlahan tapi pasti pembangunan daerah akan terhambat. Salah satu pemicu yang menghalangi kemajuan daerah Sultra adalah karena salah satu pihak tidak terlibat dalam merumuskan pengambilan keputusan dalam merancang pembangunan. Biasanya pihak yang tidak terlibat atau pihak yang tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan pembangunan daerah cenderung melepas tanggung jawab dan pada momentum tertentu berpotensi

2

menjadi penghalang. Itu sebabnya keterlibatan kolektif maupun kesadaran kolektif harus menjadi landasan utama.

1.2 Rumusan Masalah Dapatkah pemuda, menemukan identitas baru untuk ³Sulawesi Tenggara yang satu´ ditengah keragaman etnik melalui potensi karakter pemudanya?

1.3 Tujuan dan Manfaat Tujuan penilisan makalah ini adalah untuk menemukan identitas baru ³Sulawesi Tenggara yang satu´ di tengah keragaman etnik-etniknya. Sedangkan manfaat penulisan makalah ini adalah dapat memberikan informasi bagi masyarakat luas bahwa adanya titik temu yang dapat mempersatukan keragaman etnik-etnik yang ada di daerah Sultra melalui potensi karakter pemudanya.

butuh perjuangan yang ekstra keras dan konsisten. Pemuda merupakan aset yang berharga bagi masyarakat. Potensi itulah yang harus dicurahkan semaksimal dan seoptimal mungkin untuk membangkitkan dirinya dan masyarakat ini dari keterpurukan yang telah lama menyelimutinya. PEMBAHASAN 2. e) inovasi dan kereativitasnya.1 Identitas dan Kedudukan Pemuda Pemuda atau generasi muda merupakan konsep-konsep yang selalu dikaitkan dengan masalah nilai. Sudah seharusnya seorang pemuda atau berperan aktif untuk mengubah realita tersebut. d) sepontanitas dan dinamikanya. Walaupun itu adalah sesuatu yang berat. Pemuda memiliki potensi yang lebih dalam hal fisik. Sebagai konsekuensinya. 2010). Hal ini merupakan pengertian idiologis dan kultural. Itulah pemuda harapan yang mampu mengeksplorasi dan mengeksploitasi potensinya serta berjuang bersama menuju kebangkitan yang hakiki (Eka. 2010).3 II. tetapi itu bukan sesuatu yang tidak mungkin diwujudkan. Ada beberapa kedudukan pemuda dalam pertanggungjawabannya atas tatanan masyarakat antara lain : a) kemurnian idealismenya. c) semangat pengabdiannya. Didalam masyarakat pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber pemersatu bagi pembangunan bangsanya karena pemuda sebagai harapan bangsa dapat diartikan bahwa ³siapa yang menguasai pemuda akan menguasai masa depan´ (Eris. intelektual maupun intelejensinya. b) keberanian dan keterbukaanya dalam menyerap nilai-nilai dan gagasan-gagasan yang baru. .

berarti menguasai masa depan suatu bangsa. Sebagai agent of change. Begitpun Adolf Hitler. memulai karir militernya pada usia 25 tahun yang turun langsung dalam Perang Dunia I dan memulai karir politiknya pada usia 32 tahun hingga menjadi seorang kanselir Jerman pada usia 40 tahun. b) agent of development. c) agent of modernization. h) masih langkanya pengalaman yang dapat merelevansikan pendapat. 2. Barang siapa menguasai generasi muda. 2010). . g) keteguhan janjinya dan keinginan untuk menampilkan sikap dan keperibadiannya yang mandiri. demikian bunyi suatu pepatah. pemuda bertugas untuk melancarkan pembangunan di segala bidang. Sebagai agent of modernization. pemuda bertugas untuk mengadakan perubahan-perubahan dalam masyarakat ke arah perubahan yang lebih baik.4 f) keinginan untuk segera mewujudkan gagasan-gagasan baru. pemuda pada garis besarnya mempunyai peranan sebagai: a) agent of change. Berarti masa depan suatu bangsa itu terletak di tangan generasi muda. Seorang Napoleon Bonaparte. pada waktu umur 26 tahun telah mampu memimpin pasukan untuk melawan pemberontak di Perancis yang menjadikannya terkenal seantero Perancis.2 Pemuda dan Transformasi Masyarakat Banyak tokoh di dunia ini yang menghiasi masa mudanya dengan penuh perjuangan dan pergolakan. Sedangkan agent of development. sikap dan tindakanya dengan kenyatan yang ada (Eris. Kalau dilihat lebih mendalam. baik yang bersifat fisik maupun non fisik. 2010). pemuda bertugas dan bertindak sebagai pelopor dalam pembaharuan (Eris.

pemuda dalam hal ini. di sini membuktikan bahwa pemuda atau mahasiswa memiliki peran yang signifikan dalam sebuah transformasi masyarakat dan konstelasi perpolitikan di Indonesia dengan menjatuhkan rezim yang sedang berkuasa saat itu. Dialah Muhammad al Fatih (Eka.5 Sosok-sosok pemuda yang menghiasi sejarah dunia dengan tinta emasnya. diutus. Sebelumnya. 2010). ada juga yang secara tidak sadar bahwa perjuangannya itu akan . Dia memimpin pasukan kaum muslim dan berhasil membuktikan kebenaran janji Rasulullah Saw. sejarah pun tak akan lupa dengan kisah heroik seorang pemuda berusia 24 tahun. Masih ingat dalam benak kita bagaimana perjuangan melawan penjajah Belanda yang banyak dihiasi oleh para pemuda. Akan tetapi. Di Indonesia juga peran pemuda banyak dicatat dalam sejarah. telah menunjuk dan mengangkat seorang pemuda pemberani berusia 17 tahun untuk memimpin pasukan perang yang usia para tentaranya kebanyakan di atas usianya. Ada sebagian pemuda yang memang secara sadar dan sengaja berperan aktif dalam rangka penghancuran umat karena dirinya sudah terbeli oleh elit. Sebagai bagian yang tak terpisahkan masyarakat. Dialah Usamah ibn Zaid ibn Haritsah anak maula Rasulullah Saw. pada awal Rasulullah Saw. Ketika menjelang wafatnya. memiliki peran dan potensi tersendiri baik itu untuk menghancurkan umat maupun membangkitkan umat. Rasulullah Saw. Merekalah assabiqun al-awwalun. Beberapa dekade yang lalu yaitu pada tahun 1966 dan 1998. Pada masa kekhilafahan Turki Utsmani. yaitu penaklukan konstantinopel. beliau dilindungi an-nashirun muda yang sebagian besar umurnya antara 10 hingga 40 tahun.

2008). tetapi dapat didorong dengan prakarsa sendiri. Karena paradigma otonomi daerah adalah bertolak dari asumsi bahwa cita-cita demokrasi. Dengan kenyataan seperti ini. 2) Karakter adalah kualitas moral/mental seseorang yang menunjukkan identitasnya (Yayasan Lembaga Sabda. 2. 2008). Dengan demikian dapat diartikan bahwa peran pemuda Sultra dalam memahami masyarakat Sultra yang memiliki kultural sangat beragam. keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat tidak semata-mata ditentukan oleh negara.3 Karakter Pemuda Sulawesi Tenggara Definisi kata "karakter" menurut beberapa kamus bahasa Inggris: 1) Karakter adalah suatu kualitas yang dimiliki oleh seseorang yang membedakan dirinya dengan orang lain (Yayasan Lembaga Sabda. 2008). baik itu secara sadar maupun tidak sadar.6 melemahkan umat dan lambat laun menuju kepada kehancuran umat. 3) Karakter juga digunakan untuk menunjukkan orang macam bagaimana dia (Yayasan Lembaga Sabda. Dengan demikian dapat diartikan sebagai peranan pemuda Sultra dalam implementasi otonomi daerah. kemudian dirumuskan bagaimana keragaman itu dijadikan perekat yang baik dengan demikian tentu saja dapat dikelola menjadi basis pembangunan daerah. Dengan demikian dapat kita artikan bahwa peran pemuda dalam heterogenitas budaya di Sultra merupakan modal sosial maka diperlukan titik temu dan strategi agar kita dapat menemukan identitas baru untuk skala provinsi Sultra diukur dari kemampuannya melahirkan gagasan dan produktivitasnya untuk membangun daerah. . tentu kita tidak ingin menjadi bagian dari proses dekonstruksi masyarakat.

dalam menentukan keputusan. ketabahan dan kesabaran bukan berarti menyerah kalah terhadap masalah. menahan diri dari kesulitan. Orang Yunani menyebut kebijaksanaan sebagai satu bentuk perilaku ³kehati-hatian´ (prudence) ketika kita akan mengambil keputusan. Kedua. ketidaknyamanan. Ketabahan ini erat kaitannya dengan kesabaran menghadapi semua masalah dalam kehidupan. Keadilan. .7 Menurut Suparlan (2010). adalah ketabahan (fortitude). penghargaan terhadap hak dan martabat bagi kita sendiri. bahwa ada sepuluh unsur-unsur karakter menurut orang yunani adalah: Pertama. pada umumnya telah banyak kita lupakan. kita harus melakukannya dengan penuh pertimbangan untuk kepentingan bagi semua pihak. tidak sembarangan. Dalam menentukan keputusan. bahkan juga dari kemungkinan kegagalan atau kekalahan yang kita alami. rasa hormat. termasuk hak dan harga diri kita sendiri. kita tidak boleh sembrono. mencakup kebajikan interpersonal untuk menjaga hubungan baik antara diri kita dengan orang lain. Padalah. tetapi berusaha untuk memecahkannya. Kebajikan ini. orang Yunani juga percaya bahwa keadilan (justice) merupakan kebajikan yang diperlukan untuk dapat menghormati hak semua orang. yaitu kejujuran. menurut orang Yunani. Namun demikian. ketabahan adalah ketangguhan batin yang memungkinkan kita dapat mengatasi masalah yang kita hadapi. tanggung jawab dan toleransi. Ketiga. Sebaliknya. orang Yunani percaya bahwa kebijaksanaan (wisdom) merupakan ibu dari semua kebajikan yang harus dimiliki oleh semua orang.

belas kasih. Betapa tidak. layanan. Kasih adalah kerelaan diri untuk berkorban demi orang lain. beban berat yang berasal dari sikap negatif itu akan merugikan diri sendiri dan orang lain juga. Kelima. Unsur karakter utama yang ketujuh. kepatuhan atau loyalitas. Jika kita memiliki sikap negatif dalam kehidupan ini. Kerja keras merupakan unsur karakter utama yang tidak dapat digantikan dengan unsur yang lain. jika bukan kasih? Keenam. adalah sikap positif (positive attitude). menahan godaan. Pengendalian diri merupakan kemampuan untuk melaksanakan sesuatu dengan perencanaan yang matang. karena orang lain dianggap akan selalu mencelakakan diri kita. mengatur nafsu bahkan nafsu seksual. adalah kerja keras (hard work). agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. karena tidak ada keberhasilan yang tiba-tiba turun dari langit.8 Keempat. Adakah kekuatan yang paling utama di alam semesta ini. Hal ini memungkinkan kita dapat mengendalikan amarah. dan menunda kepuasan untuk mencapai tingkat kepuasan yang lebih tinggi. adalah pengendalian diri (self-control). patriotisme dan kepemaafan yang semuanya menjadi keutamaan dari kasih atau cinta. Cinta kasih tanpa pamrih tidak mengharapkan balasan. adalah kasih (love). kebaikan. maka kita seperti memiliki beban yang berat bagi diri dan orang lain. Oleh karena itu. kemurahan hati. Unsur-unsur penting dalam kebajikan kasih ini antara lain adalah empati. Tuhan tidak akan . Kontrol diri atau sering kita buat akronim ³kodir´ adalah kemampuan untuk mengatur diri kita sendiri. Tidak ada orang yang berhasil dalam kehidupan ini tanpa kerja keras.

Bahkan rasa syukur ini juga bukan hanya terhadap semua yang dimiliki. Unsur karakter utama kedelapan. sumber-sumber daya yang cukup. jika kaum itu tidak mengubahnya sendiri. Integritas adalah teguh dalam mengikuti prinsip moral yang dipegangnya. . tetapi juga terhadap semua kekuarangan kita. teguh terhadap pendirian yang telah dipercayai dan mengatakan kebenaran kepada orang lain. adalah integritas (integrity). Kesepuluh.9 mengubah nasib suatu kaum. hal ini tidak terjadi bagi orang yang memiliki integritas. kekurangan dan mulai berterima kasih terhadap semua apa yang telah dimiliki selama ini. Kerendahan hati diperlukan untuk memperoleh kebajikan yang lain karena telah membuat kita sadar akan ketidaksempurnaan kita dalam upaya untuk menjadi yang terbaik. Unsur karakter kerendahan hati dapat dianggap sebagai dasar dari kesepuluh unsur karakter utama tersebut. penetapan tujuan yang benar. dengan kerja keras. Kerendahan hati juga memungkinkan kita untuk dapat mengambil tanggung jawab. Bentuk yang paling berbahaya dalam kehidupan ini adalah menipu diri sendiri dan menipu orang lain. Rasa syukur sering digambarkan sebagai rahasia hidup bahagia. adalah kerendahan hati (humility). menjaga kata yang sama dengan perbuatan. Rasa syukur adalah berhenti mengeluh tentang semua kelemahan. serta untuk secara terbuka meminta maaf jika ternyata memang telah terjadi kesalahan. adalah syukur (gratitude). ketekunan. Unsur karakter utama kesembilan. Unsur karakter kerja keras meliputi inisiatif. untuk tidak saling menyalahkan jika terjadi kelemahan. Rendah hati sama sekali tidak sama dengan rendah diri.

. Oleh karena itu titik temu untuk menyatukan dalam satu identitas skala Provinsi Sultra sangatlah penting. Sumberdaya sosial dibentuk dari kekuatan-kekuatan etnik yang heterogen dan secara bersama-sama etnik-etnik itu mengkontribusikan kearifan-kearifannya untuk daerah seperti falsafah orang Muna ³witeno wuna bharakati (tanah Muna yang penuh berkah)´ atau falsafah orang Buton ³bolimo karo somanamo lipu (rela berkorban untuk daerah tercinta)´ begitu juga dengan filosofi orang Bajo ³lamo nggai kita sai lagi (Kalau bukan kita siapa lagi)´ begitu juga filosofo orang Tolaki dan Bugis. 2007). Heterogenitas budaya merupakan modal sosial.4 Keragaman Budaya Lokal Sulawesi Tenggara sebagai Modal Sosial Secara sosiologis masyarakat Sulawesi Tenggara terdiri dari kebudayaan dan kultur yang sangat beragam.10 Sepuluh karakter tersebut secara alamiah ada dalam kepribadian pemuda Sultra. akan berpotensi disintegrasi yang dapat mengganggu kesejukan dan kedamaian hidup masyarakat masa mendatang (La Ode A. Keragaman kultural dan keragaman masyarakat Sultra digambarkan oleh konfigurasi etnik seperti. Apabila tidak dikelola dengan baik. etnik Tolaki dan etnik Bugis. hanya cara pencapaiannya yang berbeda. maka diperlukan titik temu dan strategi agar dapat menemukan identitas baru untuk skala provinsi. Provinsi Sultra harus membangun identitas dengan menggabungkan masing-masing kekuatan etnik atau dengan kata lain identitas Sultra berbasis pada budaya-budaya lokal. 2. karena tidak ada satupun pemuda yang tidak menginginkan adanya kebaikan. etnik Muna. etnik Bajo.. Heterogenitas ini telah menjadi perekat yang baik dan tentu saja dapat dikelola menjadi basis pembangunan daerah.K. etnik Buton.

keadilan dan kemakmuran harus sinergi dalam tatanan atau sistem sosial masyarakat Sultra. Bila semua stakeholders berpartisipasi maka tanggung jawab pembangunan daerah akan menjadi milik bersama.11 Dengan ikhtiar semacam itu otomatis perekat kebersamaan semakin kuat dan tentu saja nilai-nilai kearifan lokal itu dapat menjadi sandaran paradigma Sultra dalam mewujudkan kesetaraan. Tidak satupun elemen etnik di Sultra yang tidak berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dalam pembangunan daerah. Kesetaraan. . keadilan dan kemakmuran. Dengan demikian keragaman budaya lokal jalan sebagai pemersatu energi pembangunan. Mengapa tidak kearifan budaya lokal melalui tekad bersama membentuk satu identitas untuk titik temu etnik-etnik dalam skala Provinsi Sultra. Dengan demikian keragan etnik menjadi modal sosial yang nilainya tinggi. Mempererat persatuan dan kesatuan itu jauh sebelumnya dipelopori oleh para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Peristiwa terasebut dikenal dengan sumpah pemuda yang merupakan cikal bakal terbentuknya bangsa Indonesia.

1 Kesimpulan Karakter pemuda dan kekritisannya merupakan energi pembangunan yang kuat dan dapat menjadikan kearifan budaya lokal sebagai titik temu membentuk identitas daerah ³Sulawesi Tenggara yang satu´ penerus cita-cita perjuangan bangsa terkhusus di daerah Sulawesi Tenggara. .12 III. PENUTUP 3.

Wikipedia. La Ode A. 2010. Melalui: <http://id.kendarinews.ask. Melalui: <http://pepak. Politik Lokal dan Otonomi Daerah. Artikel.com/pages/posts/sepuluh-unsurkarakter-utama-menurut-orang-yunani-306.com> [07/12/2010]. Budaya Wakatobi Terancam. Sulawesi Tenggara. Yayasan Lembaga Sabda. Jakarta. Sulawesi Tenggara. 2010. 2007.13 DAFTAR PUSTAKA Eka.2010.K.com/redirect?client=ff&src=kw&tb=PTV&o=&loc ale=&q=ask. Mahasiswa dan Transformasi Masyarakat. 2010. .org/pustaka/010182/> [07/12/2010]. Melalui: <http://supertoolbar. 2008. Kendari. Jakarta. 2010.com> [07/12/2010]. Sulawesi Tenggara.com/berita/content/blogcategory/0/28/ [07/12/2010]. Eris. Sepuluh Unsur Karakter Utama Menurut Orang Yunani. Melalui: http://www. Kendari. Karakter Kristen Anak Sekolah Minggu.php> [07/12/2010].org/wiki/Sulawesi_Tenggara> [09/12/2010]. Aji Kendari. Pemuda .ask. Melalui: <http://www.sabda. Jakarta.suparlan..com/redirect?client=ff&src=kw&tb=PTV&o=&loc ale=&q=ask. Melalui: <http://supertoolbar. Suparlan. Pemuda dan Transformasi Perubahan.wikipedia. Kendarinews.

yaitu: Kabupaten Kendari.[rujukan?] Laju pertumbuhan penduduk menurut kabupaten selama kurun waktu 2004-2005 hanya kota Kendari dan Kabupaten Muna yang menunjukan pertumbuhan yang positif.619 jiwa. sedangkan kabupaten yang lain menunjukkan pertumbuhan negatif. Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi.140 km² (3.000 ha).349.79% per tahun dan tahun 2004-2005 menjadi 0.000. 13 Tahun 1964. Kabupaten Muna dan Kabupaten Buton dengan Kota Kendari sebagai ibukota provinsi. .959. yaitu 0.000 km² (11.02 % per tahun. Demografi: Pada tahun 1990 jumlah penduduk Sulawesi Tenggara sekitar 1.414 jiwa. Kemudian tahun 2000 meningkat menjadi 1. secara geografis terletak di bagian selatan garis khatulistiwa di antara 02°45' .776. Setelah pemekaran. Sejarah: Sulawesi Tenggara ditetapkan sebagai Daerah Otonom berdasar Perpu No.14 LAMPIRAN-LAMPIRAN Sulawesi Tenggara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukotakan Kendari. Laju pertumbuhan penduduk Sulawesi Tenggara selama tahun 1990-2000 adalah 2.000 ha) dan perairan (laut) seluas 110. 2 tahun 1964 Juncto UU No.03 % dan 0. Pada awalnya terdiri atas 4 (empat) kabupaten.814.06°15' Lintang Selatan dan 120°45' .124°30' Bujur Timur serta mempunyai wilayah daratan seluas 38. Sulawesi Tenggara mempunyai 10 kabupaten dan 2 kota. Kabupaten Kolaka.292 jiwa dan berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional Badan Pusat Statistik tahun 2005 adalah sejumlah 1.02%.

3 Kasulana Tombi.27%) dan penduduk laki-laki mencapai 974. meliputi: perikanan darat dan perikanan laut 4. Kehutanan.987 jiwa (20. di Kota Baubau yang merupakan benteng terluas di dunia. pinang lada dan vanili 2. Peternakan. onix. sedangkan penduduk perempuan mencapai 984.427 jiwa (49.15 Struktur umur penduduk Sulawesi Tenggara pada tahun 2005. di Kota Baubau dengan arsitektur khas Suku Buton dan merupakan bangunan adat yang tidak menggunkan paku. nikel. batu gamping dan tanah liat Wisata sejarah.73%). 4 Masjid Agung Keraton Buton (Masigi Ogena). Beberapa komoditi unggulan Sulawesi Tenggara. kerbau dan kambing 5. di Kota Baubau yang merupakan bekas tiang bendera Kesultanan Buton yang umurnya lebih dari tiga abad. meliputi: sapi. di Kota Baubau yang merupakan masjid pertama yang berdiri di Sulawesi Tenggara. meliputi: aspal. batu setengah permata. kelapa. Pertanian. emas. seperti: 1 Benteng Keraton Buton. 2 Istana Malige. antara lain: 1. kopi. Perikanan. meliputi: kakao.433 jiwa (35.75%) dari total penduduk. Pertambangan. kacang mede. cengkeh. penduduk usia di bawah 15 tahun 700. . marmer. meliputi: kayu gelondongan dan kayu gergajian 3.

di Kota Baubau. dari Kabupaten Buton. 13 Tari Potong Pisang. 10 Upacara Adat Mataa. 11 Upacara Adat Tururangiana Andala. Upacara Adat Karia. seperti: 1 2 3 4 5 Tenunan Buton di kota Baubau. di Kota Baubau yang merupakan mata uang Kerajaan dan Kesultanan Buton. dari Wangi-wangi di Kabupaten Wakatobi. Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Utara. 18 Atraksi Perahu Naga. dari Kabupaten Wakatobi. 6 7 8 9 Pengrajin Besi. . di Tomia. Kota Baubau. alat musik khas masyarakat Buton Raya. Tari Balumpa dari Kabupaten Wakatobi. 15 Upacara Adat Religi Goraana Oputa. Upacara Adat Kabuenga. Kabupaten Buton Utara.16 5 Kampua. 17 Gambus dan Dole-dole. Tenun Ikat di Kabupaten Wakatobi. Pekande-kandea. upacara adat masyarakat Buton Raya (Kabupaten Buton. 14 Aduan Kuda. Wisata budaya. 12 Layang-layang tradisional Khagati. Tari Lariangi dari Kabupaten Wakatobi. dari Kabupaten Muna. oleh masyarakat Buton Raya. dari Pulau Makassar di Kota Baubau. dari Kabupaten Muna. Kabupaten Wakatobi. oleh masyarakat Buton Raya. 16 Upacara Adat Religi Qunua. Kabupaten Wakatobi). Upacara Adat Posuo (Masyarakat Buton Raya). dari Kabaena di Kabupaten Bombana.

Gua Moko. Pantai Lakeba. 13 Hutan Lambusango. seperti: 1 Taman Nasional Wakatobi. 2 3 4 5 6 7 8 9 Pantai Nirwana. Batu Poaro. di Kota Baubau. di Kota Baubau. Hutan Tirta Rimba. di Kota Baubau. di Kota Baubau. di Kota Baubau. Pantai Kamali. di Kota Baubau. di Kota Baubau. di Kota Baubau.Permandian Bungi. Gua lakasa. 10 Gua Kaisabu. di Kota Baubau. di Kota Baubau.17 19 Tari Lulo Alu. Wantiro. di Kota Baubau. di Kota Baubau. 14 Suaka Margasatwa Buton Utara. . di Kabupaten Buton Utara. Wisata alam. 20 Upcara adat Bangka Mbule Mbule di Kabupaten Wakatobi. 11 Lagawuna. 15 Cagar Alam Wakonti. 16 Kali Baubau. di Kabupaten Wakatobi yang merupakan surga bawah laut segitiga karang dunia yang memiliki spesies terumbu karang sebanyak 750 dari 850 spesies karang dunia. di Kota Baubau. di Kabupaten Buton yang memiliki keanekaragaman hayati baik flora dan fauna yang endemik diantaranya Anoa. di Kota Baubau. 12 Air Terjun Samparona. dari Kabaena Kabupaten Bombana.

di Kabupaten Konawe Selatan. Pulau Siompu. 23 Goa Kobori. 22 Air Terjun Moramo. 21 Sungai Tamborasi yang merupakan sungai terpendek di dunia yang terletak di Kabupaten Kolaka Utara. 25 Kaburaburana. di Kabupaten Muna.18 17 Kolagana. di Kota Baubau. di Kabupaten Muna. Pulau Liwutongkidi dan Pulau Kadatua). di Kota Baubau. di Kota Baubau. . di Kabupaten Buton yang merupakan kawasan pengembangan terpadu BASILIKA (Pulau Batauga. 24 Danau Napabale. 18 Sulaa. 20 Baubau Letter. 19 Wisata Bawah Laut Basilika. air terjun bertingkat di Kabupaten Buton. Tujuannya adalah untuk mengembangkan objek wisata bahari (bawah laut) di kabupaten yang kaya dengan aneka wisata baharinya itu.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 Kabupaten/Kota Kabupaten Bombana Kabupaten Buton Kabupaten Buton Utara Kabupaten Kolaka Kabupaten Kolaka Utara Kabupaten Konawe Kabupaten Konawe Selatan Kabupaten Konawe Utara Kabupaten Muna Ibu kota Rumbia Bau-Bau Buranga Kolaka Lasusua Unaaha Andolo Wanggudu Raha Wangi-Wangi - 10 Kabupaten Wakatobi 11 Kota Bau-Bau 12 Kota Kendari .19 Kabupaten dan Kota: No.

Wayong 1964 1965 2.20 Daftar Gubernur No. J. Foto Nama Dari Sampai Keterangan 1. Laode Hadi 1965 1967 3. Eddy Sabara 1967 1978 4. Abdullah Silondae 1978 1981 . H.

Alala 1982 1992 7. Eddy Sabara 1981 1982 Pejabat Gubernur 6.21 5. H. Ir. Ali Mazi. Drs. Laode Kaimuddin 1992 2002 8. SH 2002 2008 .

22 9. Kamaruddin MBA Abd. Jabbar Toba Abidi Mustafa Sumber : Wikipedia. 2010 . Nur Alam 2008 2013 Perwakilan di Jakarta Anggota DPR dari Provinsi Sulawesi Tenggara : 1 2 3 4 5 Andi Rahmat (Fraksi Partai Demokrat) Yan Hendrizal (Ffraksi Partai Keadilan Sejahtera) Wa Ode Nurhayati (Partai Amanat Nasional) Umar Arsal Al Habsy (Partai Demokrat) Oheo Sinapoy (Partai Golkar) Anggota DPD dari Provinsi Sulawesi Tenggara : 1 2 3 4 La Ode Ida Drs.

23 MAKALAH POTENSI KARAKTER PEMUDA UNTUK MELAHIRKAN IDENTITAS SULAWESI TENGGARA YANG SATU OLEH RIZKY PELATIHAN PENGEMBANGAN KARAKTER PEMUDA INDONESIA DAERAH SULAWESI TENGGARA KEMENTRIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA 2010 .