Nama : Mahmud Nim :105640099610 Kelas : III G Jurusan :Ilmu Pemerintahan

1.Anas Usulkan Aturan ³Merit system´ Rekrutmen Politik Antara - Kamis, 23 Desember

Anas Usulkan Aturan "Merit System" Rekrutmen Politik VIVAnews -Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengusulkan adanya aturan untuk mendorong partai politik melakukan rekrutmen calon anggota legislatif berdasarkan "merit system" yang jelas parameternya, untuk memperbaiki kualitas. "Parpol perlu didorong untuk melakukan rekrutmen calon-calon anggota legislatif dengan metode dan parameter yang obyektif. Merit sistem juga harus berlaku di parpol," kata Anas Urbaningrum di Jakarta, Kamis, pada diskusi akhir tahun 2010 bertemakan "Rekrutmen Partai Politik, Penegakan hukum dan Pemberantasan Korupsi". Selain Anas Urbaningrum, diskusi itu juga menghadirkan Bambang Widjojanto, Teten Masduki dan Wali Kota DIY Herry Zudianto. Menurut Anas, rekrutmen politik berdasarkan merit sistem diakuinya sangat tidak mudah, tetapi parpol harus mendorong. "Merit system" merupakan pengelolaan sumber daya manusia yang didasarkan pada prestasi (merit) yaitu segenap perilaku kerja pegawai dalam wujudnya sebagai prestasi yang baik atau prestasi buruk dan berpengaruh langsung pada naik atau turunnya penghasilan dan/atau karir jabatan. "Sudah harus ada sistem skor. Seperti apa?. Menurut saya harus diatur dalam UU. Perintah imperatif sehingga parpol mau tak mau harus melaksanakan," kata Anas. Menurut Anas, di parpol sangat mungkin munculnya unsur suka dan tak suka. Anas menegaskan, rekrutmen politik melalui "merit system" penting dilakukan untuk memperbaiki kualitas anggota legislatif. Anas mengakui jika dievaluasi anggota DPR RI, tidak semua anggota mempunyai kapasitas yang mumpuni. "Ini terkait rekrutmen politik harus jadi bagian penting dari parpol," kata Anas. Dalam kesempatan itu Anas juga mengatakan sampai sekarang dalam pemilu legislatif belum menerima calon perseorangan. Meskipun, tambah Anas, pada Pemilu 1955 pernah ada calon perorangan.

3 JUNI 2010. karena itu partai politik yang dibentuk haruslah bersifat nasional. Baleg DPR RI saat ini sudah memprogramkan penyusunan perubahan RUU Paket Politik. Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan Bidang Hukum dan Perundangan Lukman Hakim Saifuddin mengatakan. rekrutmen politik.go. Prinsip itu antaranya adalah sistem kepartaian yang dibangun haruslah memperkokoh NKRI. pengetatan persyaratan kepengurusan Partai Politik. sumbangan untuk parpol dan lain sebagainya. perubahan anggaran dasar/anggaran rumah tangga.dpr. Prinsip yang lain. dimaksudkan agar dapat diselesaikan lebih awal sehingga persiapan tahapan Pemilu tahun 2014 dapat berjalan lebih baik. Semua isu itu. katanya. Beberapa isu krusial mengemuka dalam pertemuan itu. Revisi UU ini juga termasuk dalam Daftar Program Legislasi Nasional RUU Prioritas Tahun 2010. perlu mendapatkan berbagai masukan guna penyempurnaan regulasi dimaksud. Menurut Sunardi. rekening partai dan rekrutmen politik. Sunardi Ayub mengatakan. perubahan dan penyempurnaan UU Partai Politik harus mengacu pada beberapa prinsip.Hal Krusial di Rancangan UU Partai Politik Misalnya persyaratan pendirian partai politik.Badan Legislasi (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat mengundang pimpinan Partai Politik (Parpol) untuk membahas revisi Undang-undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik. di antaranya pengetatan persyaratan pendirian Partai Politik. regulasi sistem kepartaian harus mendorong terciptanya iklim yang kondusif untuk tumbuh berkembangnya demokrasi dalam modernisasi dan mendorong berjalannya perkaderan dalam partai politik serta optimalisasi pendidikan politik bagi warga masyarakat. KAMIS. Wakil Ketua Baleg H. termasuk di dalamnya RUU Perubahan atas UU tentang Parpol. persyaratan rekening Partai Politik pada saat membentuk Partai Politik. 18:41 WIB Arfi Bambani Amri Lukman Hakim Saifudin (www. ada beberapa isu yang belum terjawab dengan tuntas yang perlu mendapatkan berbagai masukan. . Penyusunan RUU Perubahan Paket Politik dilakukan pada awal periode keanggotaan Baleg.id) VIVAnews. dan diharapkan dapat menyempurnakan Sistem Politik di Indonesia sehingga semakin memenuhi harapan masyarakat.

Sedang untuk rangkap jabatan. Jabatan publik memang merupakan salah satu ruang bagi partisipasi dan aktualisasi kader-kader partai dalam berperan serta memajukan kehidupan bermasyarakat. kepentingan Partai Politik juga kepentingan negara dan keberadaan Partai Politik juga tidak lepas dari kebutuhan negara. Hal ini. setidaknya mencukupi untuk biaya operasional satu tahun pertama. Terkait rekrutmen politik untuk jabatan-jabatan publik. menurut partainya. . 2 Tahun 2008 dalam Bab II telah merumuskan dengan baik tentang persyaratan pendirian dan pembentukan Partai Politik. ³Prinsipnya.´ katanya dilansir laman DPR. yaitu dibentuk dan didirikan paling sedikit 50 orang warga negara Indonesia. kata Lukman. partainya memberikan beberapa substansi di antaranya persyaratan pendirian partai. kami tidak perlu mempersulit pembentukan dan pendirian sebuah Partai Politik. menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Partai Politik telah mempunyai ketentuan. Akan tetapi kriteria loyalitas kader tidak berbanding lurus dengan lamanya menjadi anggota Partai. Menurut partainya. untuk membangun/menciptakan sistem multi partai sederhana.Terhadap prinsip-prinsip pokok penyempurnaan. di mana setiap Partai Politik harus memiliki rekening partai dengan jumlah dana minimal yang harus dimiliki ditentukan UU. khususnya dalam mengembangkan demokrasi. akan tetapi agak memperketat Partai Politik sebagai peserta pemilu. partainya berpendapat hal itu tidak perlu diatur dalam UU. hal ini sejalan dengan semangat dan ketentuan UUD 1945 bahwa setiap orang berhak atas kebebasan berserikat. katanya jabatan publik tidak seharusnya dipertentangkan dengan jabatan politik. partainya juga menyoroti masalah rekening partai. Selain itu. Menurut Lukman. aturan dan pedoman sesuai dengan kebijakan partainya masing-masing. berkumpul dan mengeluarkan pendapat (Pasal 28 E ayat 3). berbangsa dan bernegara. Nominalnya bisa dirumuskan. misalnya Rp 1 miliar. Karena itu. UU No. untuk mewujudkan kesungguhan membentuk Partai dan sekaligus sebagai modal awal untuk operasional Partai.

"Tapi perlu dipahami bahwa maksud Hakim Pajak itu kualifikasinya dari mantan pegawai pajak. hakim dengan posisinya sebagai pemutus suatu perkara jelas sangat mengetahui dasar dan aturan hukum dalam proses perpajakan. karena pola rekrutmen seperti itu yang sekarang justru menimbulkan pertanyakan tentang kredibilitas hakim atas hal yang tidak diinginkan. (umi) . dengan demikian bisa saja timbul kinerja yang tidak diinginkan. Sri Mulyani (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis) Kementerian Keuangan bersama dengan Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial sepakat memperbaiki cara rekrutmen hakim Pengadilan Pajak. Namun. Selanjutnya. maka itu yang akan diperbaiki. ada PMK (Peraturan Menteri Keuangan) yang mengaturnya. Menkeu menambahkan.Rekrutmen Hakim Pajak Akan Diubah Perubahan cara rekrutmen ini sebagai langkah memperbaiki kredibilitas hakim pajak. hakim pajak saat ini dipertanyakan karena dari sisi kompetensinya yang kebanyakan mantan atau pensiunan pegawai pajak. Perubahan cara rekrutmen ini sebagai langkah memperbaiki kredibilitas hakim pajak yang selama ini dipertanyakan. Nanti. 28 APRIL 2010." kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan. "Akan ada tim yang memperbaiki prosedur dan kualifikasi hakim. nama hakim ini akan mendapat persetujuan dari Mahkamah Agung yang selanjutnya SK hakim ditandatangani presiden. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan. Kepercayaan yang dimaksud. 19:51 WIB Antique. Agus Dwi Darmawan Menkeu. RABU. Artinya. Rabu 28 April 2010. selama ini nama-nama calon hakim memang diusulkan Kementerian Keuangan. karena dengan pola seperti ini timbulconfidence." kata Sri Mulyani.

Hal ini berarti rekruitmen politik mampu membangkitkan gap-gap didalam masyarakat dalam tingkatan-tingkatan peran masyarakat.Termasuk dalam jabatan birokrasi dan jabatan administrasi.infrastruktur politik.Konsep tersebut berisi suatu cara bagimana mempengaruhi masyarakat luas sehingga mampu dipercaya untuk memimpin dalam periode yang lama dan abadi. ini bukan mempertanyakan atau membahas siapa yang akan menjadi bakal calon pemimpin untuk negeri ini kedepanya melainkan lebih menekankan terhadap:persoalan disekitar politik. ³Persoalan disekitar politik´ berarti setiap calon-calon pemimpin yang akan dipilih harus mampu mengoptimasasikan segala tenaga dan upaya nya untuk menyeimbangknan segala polemikpolemik yang sedang terjadi dinegara ini untuk dipersempit dampaknya.Gap-gap ini berpengaruh besar dalam hubungan antar masyarakat.Artinya pemimpin-pemimpin yang baru akan membentuk kebijakan-kebijakan terbarunya yang mengarah demi kemajuan negaranya serta factor politik menciptakan terjadinya iklim politik yang cukup mempengarauhi pergerakan ekonomi suatu Negara didalamnya.Sehingga iming-iming tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat luas untuk memilihnya sebagai calon pemimpin kedepanya.serta basis dan stratifikasi sosial terkandung didalam rekruitmen politik. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan rekruitmen politik adalah: Factor pertama.kekuasaan rill dan berada disuatu historis.perbedaan derajat.Didalam pola-pola ini memiliki keterkaitan antara rekruitmen dan perekonomian suatu negara mampu menkaji pergeseran ekonomi masyarakat. y . y Pola-pola rekruitmen politik ini secara tidak disengaja menjadi indikator yang cukup penting untuk melihat pembangunan dan perubahan suatu negara.Apabila kita menkaji pola-pola tersebut maka kita akan mnegetahui bahwa system nilai. Rekruitmen politik memiliki suatu pola-pola dalam konsepnya. Unsur yang terakhir adalah ³berada dalam suatu historis´ artinya setiap pemimpin otomatis menginginkan nama dan jasa-jasanya selalu terekam dalam benak pikiran masyarakat dan setiap calon pemimpin harus mampu merangkai konsep tersebut sebelum dirinya terpilih menjadi pemimpin. ³kekuasaan rill´ berarti seorang calon pemimpin harus memiliki teknik yang tersimpan didalam konsep pikiranya untuk dikembangkan ketika telah menjadi pemimpin.PEMBAHASAN TENTANG REKRUITMEN POLITIK Rekruitmen politik adalah suatu proses dimana terjadi penseleksian calon-calon masyrakat yang dipilih untuk menempati kursi-kursi penting di dalam peranan politik.serta derajat politisasi dan partisipasi masyarakat.