BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan. Globalisasi sendiri merupakan sebuah istilah yang muncul sekitar dua puluh tahun yang lalu, dan mulai begitu populer sebagai ideologi baru sekitar lima atau sepuluh tahun terakhir. Sebagai istilah, globalisasi begitu mudah diterima atau dikenal masyarakat seluruh dunia. Wacana globalisasi sebagai sebuah proses ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar. Globalisasi sering diperbincangkan oleh banyak orang, mulai dari para pakar ekonomi, sampai penjual iklan. Dalam kata globalisasi tersebut mengandung suatu pengetian akan hilangnya satu situasi dimana berbagai pergerakan barang dan jasa antar negara diseluruh dunia dapat bergerak bebas dan terbuka dalam perdagangan. Dan dengan terbukanya satu negara terhadap negara lain, yang masuk bukan hanya barang dan jasa, tetapi juga teknologi, pola konsumsi, pendidikan, nilai budaya dan lain-lain. Konsep akan globalisasi menurut Robertson (1992), mengacu pada penyempitan dunia secara insentif dan peningkatan kesadaran kita akan dunia, yaitu semakin meningkatnya koneksi global dan pemahaman kita akan koneksi tersebut. Di sini penyempitan dunia dapat dipahami dalam konteks institusi modernitas dan intensifikasi kesadaran dunia dapat dipersepsikan refleksif dengan lebih baik secara budaya. Proses perkembangan globalisasi pada awalnya ditandai kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bidang tersebut merupakan penggerak globalisasi.

gaya rambut dan sebagainya B. seperti budaya berpakaian.seperti kebudayaan gotong royong. maka timbul Perumusan Masalah sebagai berikut: 1. TUJUAN Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu : 1. 2. sosial. parabola dan TV. RUMUSAN MASALAH Dari Latar Belakang yang telah diuraikan di atas. 3.menjenguk tetangga sakit dan lain-lain. yang akhirnya akan saling mempengaruhi satu sama lain. Menjelaskan aspek dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini akan terjadi interaksi antarmasyarakat dunia secara luas. Apa yang dimaksud dengan Globalisasi? 2. budaya dan lain-lain.Dari kemajuan bidang ini kemudian mempengaruhi sektor-sektor lain dalam kehidupan. Bagaimana pengaruh globalisasi terhadap kehidupan bernegara dan berbangsa? 3. Menjelaskan tentang maksud dan proses globalisasi. orang di belahan bumi manapun akan dapat mengakses berita dari belahan dunia yang lain secara cepat. ekonomi. terutama pada kebudayaan daerah. Bagaimana dampak globalisasi terhadap Generasi Muda? C. Untuk meningkatkan kesadaran remaja untuk menjunjung tinggi kebudayaan bangsa sendiri karena kebudayaan merupakan jati diri bangsa . Globalisasi juga berpengaruh terhadap pemuda dalam kehidupan sehari-hari. seperti bidang politik. Contoh sederhana dengan teknologi internet.

Sesuatu hal yang dimaksud disini dapat berupa masalah. konsep globalisasi pada dasarnya mengacu pada pengertian ketiadaan batas antar negara (stateless). Dari beberapa definisi tersebut dapat dikatakan bahwa ³globalisasi´ merupakan suatu proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspek-aspeknya ke dalam satu kesatuan masyarakat yang utuh dan yang lebih besar. mengartikan global dengan concerning the whole earth. . Menurut John Huckle. kejadian. atau bahkan sikap yang sangat berpengaruh dalam kehidupan yang lebih luas.BAB II PEMBAHASAN 2. seyogyanya kita harus memahami terlebih dahulu pengertian globalisasi. globalisasi adalah suatu proses dengan mana kejadian. dan sistem perdagangan. Albrow mengemukakan bahwa globalisasi adalah keseluruhan proses di mana manusia di bumi ini diinkorporasikan (dimasukkan) ke dalam masyarakat dunia tunggal. Secara ekonomi. kita pun memandang globalisasi di dalam kemajemukan. kegiatan. keputusan.1. Menurut Prijono Tjjiptoherijanto. tatanan kehidupan. globalisasi merupakan proses pengintegrasian ekonomi nasional bangsa-bangsa ke dalam sebuah sistem ekonomi global. Konsep ini merujuk pada pengertian bahwa suatu negara (state) tidak dapat membendung ³sesuatu´ yang terjadi di negara lain. masyarakat global. Pengertian ³sesuatu´ tersebut dikaitkan dengan banyak hal seperti pola perilaku. dan kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh. Kamus Bahasa Inggris Longman Dictionary of Contemporary English. Sementara itu. Maksudnya sesuatu yang berkaitan dengan dunia internasional atau seluruh alam jagad raya.1 Pengertian dan Proses Globalisasi 2. Karena proses ini bersifat majemuk.1 Pengertian Globalisasi Sebelum kita mengkaji lebih jauh tentang globalisasi.

informasi. Menjamurnya produksi film dan musik dalam bentuk kepingan CD/ VCD atau DVD. dan transportasi. Dengan kembalinya tenaga ahli Indonesia yang menjalankan studi di luar negeri dan datangnya tenaga ahli (konsultan) dari negara asing. 2. . Di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 arus globalisasi semakin berkembang pesat di berbagai negara ketika mulai ditemukan teknologi komunikasi. jaringan transportasi.2. perusahaan-perusahaan berskala internasional serta cabang-cabangnya. 2. Tapi sekarang kita tidak perlu kemana-mana. Hal ini dapat dilihat dari infrastruktur telekomunikasi. Globalisasi secara fisik ditandai dengan perkembangan kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan kota dunia. tetapi sekarang dengan adanya pesawat telepon kita tidak perlu bertemu langsung cukup berbicara melalui telepon saja. proses globalisasi yang berupa pemikiran atau sistem nilai kehidupan mulai diadopsi dan dilaksanakan sesuai dengan kondisi di Indonesia. Ketika akan menghubungi seseorang kita harus bertemu dengan orang tersebut.1. Merebaknya gaya berpakaian barat di negara-negara berkembang.2. Proses Globalisasi Globalisasi sebagai suatu proses bukanlah suatu fenomena baru karena proses globalisasi sebenarnya telah ada sejak berabad-abad lamanya. Adanya globalisasi membawa manfaat bagi umat manusia tetapi ada juga dampak buruknya. dahulu apabila kita akan menonton siaran sepak bola kita harus ke negara yang mengadakan pertandingan.2. proses globalisasi telah begitu terasa sekali sejak awal dilaksanakan pembangunan.2 Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Adanya globalisasi mampu membuat dunia tampak sempit. kita cukup melihat di televisi.1 Dampak Globalisasi di Bidang Sosial dan Budaya Semakin bertambah globalnya berbagai nilai budaya kaum kapitalis dalam masyarakat dunia. Loncatan teknologi yang semakin canggih pada pertengahan abad ke-20 yaitu internet dan sekarang ini telah menjamur telepon genggam (handphone) dengan segala fasilitasnya. Bagi Indonesia.

Dengan adanya fasilitas yang canggih membuat seseorang enggan untuk berhubungan dengan orang lain sehingga rasa kebersamaan banyak berkurang. Bentuk informasi dan sarana yang dapat diterima dengan bebas mampu memengaruhi pola bertindak dan berpikir generasi muda. Hal itu berakibat pada perubahan pola hidup. dan lengkap dari seluruh dunia sehingga pengetahuan dan wawasan manusia menjadi lebih luas. Manfaat globalisasi di antaranya adalah informasi yang dapat diperoleh secara mudah. Semakin melebarnya ketimpangan distribusi pendapatan antar negara-negara kaya dengan negara-negara miskin. tawuran.Dampak positif globalisasi di bidang sosial adalah para generasi muda mampu mendapatkan sarana-sarana yang memungkinkan mereka memperoleh informasi dan berhubungan dengan lebih efisien dengan jangkauan yang lebih luas. Sebagai contoh. Semua informasi diterima apa adanya. mereka lebih suka melihat televisi yang memperlihatkan tontonan yang mengandung unsur kekerasan yang kemudian mereka tiru.2 Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi Dampak positif globalisasi di bidang ekonomi adalah mampu memacu produktivitas dan inovasi para pelaku ekonomi agar produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk-produk yang lain.2. Membuka peluang terjadinya penumpukan kekayaan dan monopoli usaha dan kekuasaan politik pada . Akan tetapi dengan adanya arus globalisasi kadang-kadang tidak disertai penyaringan. menurunnya budaya membaca di kalangan pelajar. pola pikir. Sedangkan dampak negatifnya adalah mampu menimbulkan sifat konsumerisme di kalangan generasi muda. 2. dan lain-lain. Globalisasi dan liberalisme pasar telah menawarkan alternatif bagi pencapaian standar hidup yang lebih tinggi. Sehingga tidak mampu memenuhi tuntutan zaman karena sudah terbiasa menerima teknologi dan hanya mampu membeli tanpa membuatnya. Segi budaya merupakan segi yang paling rentan terkena dampak negatifnya. Pada era globalisasi ini menuntut manusia yang kreatif dan produktif. dan perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma kebudayaan bangsa Indonesia. Munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan transnasional. melukis di tembok-tembok. cepat. Adapun dampak negatifnya adalah bahwa generasi muda yang tidak siap akan adanya informasi dengan sumber daya yang rendah hanya akan meniru hal-hal yang tidak baik seperti adanya bentuk-bentuk kekerasan.

Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan. banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan tidak semestinya. 2. kita akan mendapat kerugian. Timbulnya gelombang demokratisasi ( dambaan akan kebebasan ).segelintir orang. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak anak muda kita kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia.2. Pendek kata orang lebih suka jika menjadi orang lain dengan cara menutupi identitasnya. Bukan hanya internet saja.3 Dampak globalisasi terhadap nilai nasionalisme di kalangan generasi muda Arus globalisasi begitu cepat merasuk ke dalam masyarakat terutama di kalangan muda.gejala yang muncul dalam kehidupan sehari. Jika digunakan secara semestinya tentu kita memperoleh manfaat yang berguna. Tetapi jika tidak. Dari cara berpakaian banyak remaja.3 Dampak Globalisasi di Bidang Budaya dan Politik Negara tidak lagi dianggap sebagai pemegang kunci dalam proses pembangunan.hari anak muda sekarang. Dana Moneter Internasional. ada lagi pegangan wajib mereka yaitu . Tak ketinggalan gaya rambut mereka dicat beraneka warna. Munculnya lembaga-lembaga ekonomi dunia seperti Bank Dunia. WTO 2. Para pengambil kebijakan publik di negara sedang berkembang mengambil jalan pembangunan untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan gejala. Misal untuk membuka situs-situs porno. Tidak banyak remaja yang mau melestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian yang sopan sesuai dengan kepribadian bangsa.remaja kita yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya Barat. Pengaruh globalisasi terhadap anak muda juga begitu kuat. Dan sekarang ini. Apa lagi bagi anak muda internet sudah menjadi santapan mereka sehari. Pada hal cara berpakaian tersebut jelas.jelas tidak sesuai dengan kebudayaan kita.hari. Teknologi internet merupakan teknologi yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh siapa saja.

misal semangat mencintai produk dalam negeri. 2.baiknya. timbul tindakan anarkis antara golongan muda. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik. ideologi. . Jika pengaruh-pengaruh di atas dibiarkan.benarnya dan seadil. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh. Apa akibatnya jika penerus bangsa tidak memiliki rasa nasionalisme? Berdasarkan analisa dan uraian di atas pengaruh negatif globalisasi lebih banyak daripada pengaruh positifnya. mau apa jadinya genersi muda tersebut? Moral generasi bangsa menjadi rusak. Rasa sosial terhadap masyarakat menjadi tidak ada karena mereka lebih memilih sibuk dengan menggunakan handphone. ekonomi. Contoh riilnya adanya geng motor anak muda yang melakukan tindakan kekerasan yang menganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat. Padahal generasi muda adalah penerus masa depan bangsa. banyak anak muda yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung cuek tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan. ‡ Antisipasi Pengaruh Negatif Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Langkah. 3. 4. 5.adilnya. Mewujudkan supremasi hukum. Oleh karena itu diperlukan langkah untuk mengantisipasi pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai nasionalisme. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik. Menanamkan dan mengamalkan nilai.handphone.langkah untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi terhadap nilai.baiknya. Hubungannya dengan nilai nasionalisme akan berkurang karena tidak ada rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat. Karena globalisasi menganut kebebasan dan keterbukaan sehingga mereka bertindak sesuka hati mereka.nilai Pancasila dengan sebaik. menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar. sosial budaya bangsa. Dilihat dari sikap.nilai nasionalisme antara lain yaitu : 1.

Sehingga kita tidak akan kehilangan kepribadian bangsa Dampak positif Globalisasi : 1. Membuat sikap menutup diri. Cepat dalam bepergian ( mobili-tas tinggi ) 4. Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk 5. Informasi yang tidak tersaring 2. Mudah melakukan komunikasi 3.Dengan adanya langkah. Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat . Menumbuhkan sikap kosmopo-litan dan toleran 5.langkah antisipasi tersebut diharapkan mampu menangkis pengaruh globalisasi yang dapat mengubah nilai nasionalisme terhadap bangsa. Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan 2. Mudah memenuhi kebutuhan Dampak negatif Globalisasi: 1. berpikir sempit 4. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri 6. Perilaku konsumtif 3.

berpikir sempit 4. Dampak positif Globalisasi : 1. investasi. Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk 5. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri 6. Informasi yang tidak tersaring 2. Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan 2. Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat . Menumbuhkan sikap kosmopo-litan dan toleran 5.1 KESIMPULAN Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan. Membuat sikap menutup diri. Cepat dalam bepergian ( mobili-tas tinggi ) 4.BAB III PENUTUP 3. Perilaku konsumtif 3. Mudah memenuhi kebutuhan Dampak negatif Globalisasi: 1. dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. perjalanan. budaya populer. Mudah melakukan komunikasi 3.

KATA PENGANTAR Alhamdulillah. penulis ucapkan kehadirat Allah SWT. karena atas rahmat serta hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan tugas Makalah yang berjudul ³ DAMPAK GLOBALISASI¶¶. Akhirnya kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan. Gunung Tua. Penulis mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dan dosen yang telah memberikan dukungan kepada penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Diharapkan tulisan ini bermanfaat untuk menambah informasi mengenai Dampak Globalisasi bagi para pembaca. Sekian dari saya mengucapkan banyak terimakasih . 6 Februari 2012 Penulis . Akhir kata semoga laporan makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca umumnya .

................««................................................................................................................2 Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ...................... .............. 2......................3 Tujuan ................................2 Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi .......... .. i ii 1 1 2 2 3 3 4 4 5 5 5 7 7 iii ........................................ DAFTAR PUSTAKA .......... Kesimpulan .2..........................3 Dampak Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme dikalangan Generasi Muda ..........................................2 Rumusan Masalah ..........................................................................1 Latar Belakang ............................................... BAB II PEMBAHASAN .. 1... BAB III PENUTUPU ............................................................................................1 Dampak Globalisasi di Bidang Sosial dan Budaya ......................... DAFTAR ISI . BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................................... 2. 1............................ 2.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ................... 2................ ..........................2...........................................................2.............................................................................................3 Dampak Globalisasi di Bidang Budaya dan Politik ..... 1............... 2.............. 2.............................................................................................1 Pengertian Globalisasi .............................................................

Mizan 1997. ³Syariah dan Tradisi Syi¶ah Ternate´. 2.id/rub_budaya. Adeney. Kuntowijoyo.DAFTAR PUSTAKA 1. Etika Sosial Lintas Budaya. Fuad Hassan. http://www.go. Budaya Elite dan Budaya Massa dalam Ecstasy Gaya Hidup: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia.id/news/article/Pokok_pokok_bahasan. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Kebudayaan Massa dalam Kebudayaan Indonesia: Sebuah Catatan Kecil dalam Ecstasy Gaya Hidup: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Sapardi Djoko Damono.htm. 4. AlHadar Smith.com/ Nama : Muhammad Abdi globalisasi terhadap eksistensi kebudayaan .google=pengaruh daerah. 1995. Dalam http://kongres. Mizan 1997. 1990. 5.. 6. dalam http://alhuda.or. Jakarta: Gramedia.budpar. Bernard T. Yogyakarta: Kanisius. 3. Koenjaraningrat.htm. ³Pokok-pokok Bahasan Mengenai Budaya Nusantara Indonesia´.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful