MM03 - Densitas Cairan

Tujuan
1 Neraca Mohr 3 Gelas ukur plastik 100 ml 1 Larutan glycerin 1 Larutan pelumas SAE 1 Silinder beban Set beban

Teori

Gbr. 1 Pengukuran densitas cairan dengan menggunakan Neraca Mohr

Benda yang dicelupkan ke dalam cairan akan mendapat gaya tekan ke atas. Gaya ke atas yang diberikan oleh cairan pada semua benda yang dicelupkan disebut sebagai gaya apung (bouyant force). Besar gaya ini sama dengan volume zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut [N] (1)
dengan F adalah gaya tekan keatas [N], ρ (kerapatan zat cair) [g/cm3], g (percepatan gravitasi) [m/s2] dan V volume benda yang dipindahkan [cm3]

seperti terlihat pada Gbr. 3. Apabila Neraca Mohr dalam keadaan setimbang. Menentukan massa jenis cairan 1.Massa jenis zat cair diukur dengan metode pencelupan menggunakan neraca torsi (neraca Mohr). maka berlaku (2) Dengan F adalah gaya yang bekerja pada lengan neraca dan τ adalah momen gaya terhadap suatu titik pada lengan neraca [Nm]. 4. Atur lengan neraca kembali horisontal dengan cara memberikan beban-beban kecil pada sebuah titik ukur pada lengan neraca ! Catat jarak L (lengan) dari sumbu penyangga dan timbanglah beban yang digunakan ! Ulangi langkah di atas untuk mendapatkan variasi beban dan jarak L sebanyak 8 kali ! B. Jangan mengatur sekrup kembali saat percobaan telah dilakukan ! Siapkan gelas ukur berisi air bersih dan celupkan beban di ujung lengan neraca ke dalam gelas ukur! Gaya ke atas cairan akan menyebabkan lengan neraca menjadi tidak seimbang lagi. Ulangi langkah percobaan A dengan 8 kali variasi data ! 3. dengan mengatur sekrup pada dasar penyangga neraca serta kencangkan sekerup samping agar neraca tidak berputar pada penyangga ! Seimbangkan kedua lengan neraca dengan memutar sekrup di ujung pemberat neraca. 6. Menentukan volume cairan yang dipindahkan 1. Pengukuran dilakukan pada sepuluh titik ukur pada lengan neraca dimana beban diletakkan untuk menyeimbangkan gaya apung seperti terlihat pada Gbr.1. Siapkan neraca. 5. Cara Kerja A. Siapkan gelas ukur berisi larutan gliserin ! 2. Seimbangan posisi penyangga neraca 2. Gantilah dengan gelas ukur yang berisi larutan pelumas dan lakukan prosedur yang sama ! Catatan : Ingat bersihkan silinder sebelum dicelupkan ke dalam larutan yang berbeda dengan tissue . beri silinder beban di ujung lengan neraca. 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful