DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI NILAI TUGAS PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TAHUN AJARAN 2010

-2011

DISUSUN OLEH :

Caecilia Jessica Unarso
KELAS :

XI.IA.4

SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG Jl. Raya Curug Km.2 Telp. (021) 5980133 Tangerang 15821 ©2010

instant messaging. Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server. printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar informasi dan data. memori. TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi: 1. 2. Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Tujuan dari jaringan komputer adalah:  Membagi sumber daya: contohnya pemakaian printer. ribuan atau bahkan jutaan node. mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. puluhan. printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. harddisk  Komunikasi: contohnya surat elektronik. Ada pula yang mengatakan bahwa Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer.JARINGAN KOMPUTER Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer. chatting  Akses informasi: contohnya web browsing berbagi Agar dapat mencapai tujuan yang sama.4) ………………………………………………………………… 2 . MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER Berdasarkan kriterianya. Setiap komputer.IA. software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersamasama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. CPU. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua. jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu: Berdasarkan distribusi sumber informasi/data  Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server  Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu. setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service).

Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.  Jaringan WAN Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. serta dalam 1warnet. Berdasarkan media transmisi data Jaringan Berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini. sistem telepon seluler. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan. Contohnya jaringan PT Telkom. kantor.Jaringan LAN merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium. PERANGKAT KERAS JARINGAN TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo.  Jaringan Nirkabel(WI-FI) Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data. Telkomsel. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya.  Jaringan MAN Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat.  3. untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Contohnya jaringan telepon lokal. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.IA. PT.4) ………………………………………………………………… 3 . serta jaringan relay beberapa ISP internet. Indosat.  Jaringan Peer-to-peer Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server. dan masih banyak lagi.  4.  Jaringan Client-Server Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client.

Dapat mengirimkan pesan yang dapat didengar oleh pemakai di telephone tombol. • Terminal Keyboard : terminal input yang sangat populer diantara pemakai komputer. • Terminal Pengumpul Data : Suatau jenis khusus terminal dirancang untuk digunakan oleh pekerja pabrik. Karena alasan tersebut terminal ini dinamakan terminal Point of sale (POS).IA. • Terminal Titik penjualan (point of sale) : Kita juga dapat melihat bagaimana pembaca charakter optik digunakan pada pasar swalayan. memberikan intruksi tertentu untuk menerbitkan laporan dsb. Penekanan tombol digunakan untuk mengirimkan data dan intruksi ke komputer. Alat yang dikenal sebagai terminal pengumpul data (data collection terminal) digunakan untuk mengumpulkan data. User dapat menggunakan keyboard mengentri data. Terminal ini menyediakan cara memasukan data transaksi ke dalam database pada saat penjuala (point of sale).Perangkat-perangkat keras yang dibutuhkan dalam akses internet adalah sebagai berikut: Terminal Terdapat lima jenis terminal dan keyboard adalah terminal yang umum dan paling populer.4) ………………………………………………………………… 4 . • Terminal Telephone Tombol : komputer juga dapat dilengkapi dengan alat respon audio. menjelasakan kehadiran dan kinerja kerja pegawai. Alat OCR digunakan untuk TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI.

IA. NIC (Network Interface Card) Kartu jaringan atau Lan card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan computer. Untuk kecepatan. lihat juga Konektor UTP (RJ-45) TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. Terminal khusus : yaitu terminal yang dirancang khusus untuk keperlua tertentu seperti cash register yang dilengkapi dengan tombol-tombol khusus. Hub atau Concentrator Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. 16.4) ………………………………………………………………… 5 . namun beberapa hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan yaitu type kartu ISA atau PCI dengan kecepatan 10 atau 10/100 Mbps. Sebaiknya menggunakan 10/100 karena dapat digunakan untuk jaringan berkecepatan maksimal 10 atau 100. harus disesuaikan dengan tipe Ethernet HUB atau switching yang akan digunakan. Banyak jenis dan merk kartu jaringan yang tersedia di pasar. Namun type terbaru cenderung hanya menyediakan dukungan untuk penggunaan kabel UTP. 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Anda. Satu tombol untuk satu jenis penjual. Hub ada yang mendukung pemggunaan kabel coax yang menukung topologi BUS dan UTP yang mendukung topologi STAR. Komputer jenis terbaru tidak dilengkapi dengan slot ISA bahkan Network Interface umumnya merupakan Onboard system artinya sudah tersedia pada mainboard sehingga tidak perlu lagi dipasang Lan Card Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan komputer. jenis protocol dan jenis kabel yang didukungnya disamping itu juga mengesampingkan kwalitas produk. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link. Anda dapat menggunakan HUB 10 atau Switch 10/100. Kwalitasnya bagus namun penulis berpendapat lebih baik menggunakan kartu jaringan yang terpisah. sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board.• membaca charakter dan dokument yang menyertai pekerjaan yang berjalan di dalam pabrik. Salah satu keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan. Port yang tersedia biasanya sampai 8.

Alat ini memungkinkan beberapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa komputer melalui TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya. Dengan Swith terdapat beberapa kelebihan karena semua segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh.4) ………………………………………………………………… 6 . Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang. Juga digunakan untuk menyekat jaringan. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan. namun yang paling banyak dipakai pada private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu.IA. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch. Bridge Bridge digunakan untuk menghubungan antar jaringan yang mempunyai protokol yang sama. sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Tidak terbagi seperti share network pada penggunaan Hub. Anda dapat meminta sekaligus pemasang-an pada saat membeli kabel UTP Kabel UTP Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam jaringan network. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda. Namun jika belum bisa memasangnya. Konektor tersebut dipasang di kedua ujung kabel dengan peralatan Tang khusus UTP. Contoh jaringan yang menggunakan fiber obtik dengan jaringan yang menggunakan coacial. Bridge mempelajari alamat tujuan lalulintas yang melewatinya dan mengarahkan ke tujuan. Switch Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Cluster Control Unit Cluster Control Unit membangun hubungan antara terminal yang dikendalikannya dengan perlatan-peralatan dan jaringan. Jika jaringan diperlambat dengan adanya lalulintas yang penuh maka jaringan dapat dibagi menjadi dua kesatuan yang lebih kecil. yaitu cut-through dan store and forward.Untuk menghubungkan kabel UTP diperlukan konektor RJ-45 atau sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon namun memiliki lebih banyak lubang kabel.

namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. Router Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari. Sebagian front-end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari suatu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host. Pesan-pesan yang masuk ditangani dengan cara yang sama dengan data yang di terima dari unit unit jenis apapun. Host Host mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan . Jika karena suatu hal terminal penerima tidak dapat menerima pesan (mungkin sedangan digunakan atau rusak) front-end processor dapat menyimpan pesan tersebut dalam penyimpanan sekunder dan mengirimkannya nanti. tetapi configurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front-end processor dan sebuah mainframe yang menjadi host. Walau kecepatan transmisi antara saluran dan front end Processor relatif lambat ( dalam banyak kasus bit-bit ditransmisikan secara serial ) kecepatan tarnsmisi frontend processor dengan host dapat berlangsung secara cepat ( beberapa bit ditransmisikan secara paralel). Front-end Processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal. Front-end Processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpuklkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun. Penambahan multiplexer berdampak seperti mengubah jalan satu jalur menjadi jalur bebas hambatan dengan beberapa jalur. Multiplexer Saat beberapa terminal harus berbagi satu saluran pada saat yang sama. Setelah pemrosesan pesan dapat ditransmisikan kembali ke front-end processor untuk routing.4) ………………………………………………………………… 7 . Kemampuan ini disebut simpan dan teruskan (store and forward). Pengaturan nomor port dan protokol yang mengirim data pada modul sofware yang benar didalam host. Multiplexer adalah suatu alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan beberapa pesan secara serentak. multiplexer dapat ditambahkan pada tiap ujung. Router beroperasi TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI.IA.jaringan yang bebeda. Front-end Processor Front-end Processor menangani lalulintas Jaringan komputer yang masuk dan keluar dari host komputer. Cluster Control Unit dapat pula mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode.

Umumnya modem ADSL merupakan integrasi dari modem. Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan. firewall dan ethernet switch serta router dan mungkin juga dengan transiever. Travel. Modem ADSL bekerja pada frekwensi yang berbeda dengan frekwensi yang digunakan dalam percakapan telephon sehingga saluran telephon dapat digunakan untuk percapapan bersamaan dengan penggunaan transmisi data melelalui modem ADSL. 1200.4) ………………………………………………………………… 8 . ADSL adalah type modem untuk penggunaan accses internet kecepatan tinggi.). Fren.IA. Indosat. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300. Gateway Gateway dilengkapi dengan lapisan 6 atau 7 yang mendukung susunan protokol OSI. Walau pada kenyataannya ia lebih rumit dari pada apa yang disebut router multiprotokol yang sebenarnya. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi. Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. Radio Transmisi data juga dilakukan melalui frekwensi radio seperti yang digunalan pada jaringan perbankan. ia menentukan rute yang terbaik bagi paket dengan mengadakan pengecekan pada tabel router. Router hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama. Brouter Adalah yang menggabungkan teknologi bridge dan router. Bridge mengetahui tujuan ahir paket data. Telkomsel.pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI. Untuk TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. Gateway dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang mempunyai arsitektur berbeda misalnya PC berdasarkan Novell dengan jaringan SNA atau Ethernet Modem Satu-satunya saat modem tidak diperlukan adalah saat telephone tombol digunakan sebagai terminal. 4800 atau 96000 bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data. Semua saluran jaringan komputer lain memerlukan modem pada tiap ujungnya. Peralatan ini masih dikuasai perusahaan penyedia layanan public (provider) seperti PT Lintas Artha. Ia hanya melihat hanya melihat paket yang dikirimkan kepadanya oleh router sebelumnya. Jika paket data tiba pada router. Ia adalah metode penyambungan jaringan ke jaringan dan jaringan ke host yang paling canggih. 2400. warnet. Bahkan secara tidak tepat seringkali disebut sebagai router multiprotokol.

Hemat kabel .Layout kabel sederhana . Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: . Misalnya dengan Modem ADSL yang dilengkapi dengan werless router dapat digunakan untuk jaringngan lokal pada ruangan.IA. 1. TOPOLOGI JARINGAN Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.lingkup lebih kecil tersedia werless untuk pembuatan jaringan lokal tanpa kabel.4) ………………………………………………………………… 9 .Diperlukan repeater untuk jarak jauh 2.Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil . Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus.Mudah dikembangkan . Hanya saja kemampuan werles tidak dapat atau terganggu oleh partisi terutama partisi beton. sehingga tidak efektif digunakan untuk jaringgan lokal suatu perusahaan dimana client computer tersebar di dalam ruangan tertutup.Kepadatan lalu lintas . token-ring.Bila salah satu client rusak. star dan peer-to-peer network. Kerugian: . maka jaringan tidak bisa berfungsi . Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas. Topologi BUS Topologi bus terlihat pada skema di atas. Topologi RING TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI.Peka kesalahan .Pengembangan jaringan lebih kaku 3.Hemat kabel Kerugian: . semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya.4) ………………………………………………………………… 10 . Topologi STAR Merupakan kontrol terpusat. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: .IA.Topologi RING terlihat pada skema di atas. Jaringan akan disebut sebagai loop. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama.

PRINSIP KOMUNIKASI DATA Jaringan komputer digunakan untuk melakukan tukar menukar atau komunikasi data. data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’. dan ingin memberli komputer baru.Paling fleksibel .4) ………………………………………………………………… 11 .Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis 4. Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah.dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Topologi Peer-to-peer Network Peer artinya rekan sekerja.Kemudahaan pengelolaan jaringan Kerugian: .Boros kabel . tidak perlu membuang komputer lamanya. Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program.Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain . Dibandingkan dengan ketiga cara diatas. dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Komponen-komponen dalam komunikasi data adalah sebagai berikut: Komputer host TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. misalnya AT.IA. katakanlah Pentium II. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino.Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan . Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan.Kontrol terpusat . sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: .Perlu penanganan khusus .

4) ………………………………………………………………… 12 .IA. ialah media komunikasi yang kegunaannya untuk memproduksi ulang dan menggandakan informasi. yang merupakan komputer mini untuk mengelola komunikasi data dari jaringan. Host yang berupa mainframe bekerja dengan menggunakan peralatan yang disebut dengan Front and Processor (FEP). Host dapat berupa komputer mainframe atau komputer mini.Komputer host adalah komputer yang berfungsi sebagai penyebar informasi atau data. Berdasarkan bentuknya : a. faksimili. untuk menterjemahkan protokol sehingga menjadi compatible agar komunikasi data dijaringan dapat berjalan dengan baik. serta memilih protokol komunikasi. Komponen transmisi Setelah memastikan komputer host dan receiver berjalan dengan baik. Media Cetak.dsb. seperti kabel penghubung. ialah segala barang cetak yang dapat dipergunakan sebagai sarana TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. bulletin. modem. ialah media komunikasi yang berguna untuk menghasilkan informasi. dan sebagainya. misalnya audio tapes recorder dan videotapes c. dilakukan implementtasi terhadap komponen transmisi. Fungsi penyampaian informasi. b. Protokol komunikasi Protokol komunikasi adalah peraturan-peraturan yang diterapkan dalam jaringan dengan tujuan untuk mengatur komunikasi data. Banyaknya protokol komunikasi menyebabkan dibutuhkannya suatu alat (tools) yang disebut dengan Gateway. MEDIA KOMUNIKASI Berdasarkan fungsinya : a. contohnya adalah computer pengolah kata word processor. Komputer receiver Komputer ini berfungsi sebagai penerima informasi Data Data adalah objek dari proses komunikasi yang terjadi pada jaringan. Contoh : telepon. ialah media komunikasi dipergunakan untuk menyearluaskan dan menyampaikan pesan kepada komunikan yang menjadi sasaran. Fungsi Reproduksi. Fungsi Produksi.

merupakan media audio yang mampu mengirimkan pesan berupa informasi lisan (suara) kepada khalayak.penyampaian pesan. • Media Pendidikan • Sarana membentuk opini public • Sarana membangun citra 2. pameran. ialah media komunikasi tercetak atau tertulis dimaksudkan untuk menjangkau public eksternal seperti pemegang saham. merupakan media penyampaian informasi secara tertulis. lukisan. kepentingan perusahaan untuk menyampaikan pesan kepada public melalui televise dapat ditempuh dengan memasang iklan. tape recorder dan sebagainya. brosur. Media Audio. karena surat merupakan media komunikasi yang efektif apabila yang terkait tidak dapat berhubungan secara langsung atau lisan. d. Berdasarkan jangkauan penyebaran informasi Media Komunikasi Eksternal Ialah media komunikasi yang dipergunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan informasi dengan pihak-pihak yang berada di luar perkantoran. foto. 3. digunakan indera penglihatan dan pendengaran sekaligus. Media Visual atau Media Pandang. Banyak informasi yang keluar masuk perusahaan melalui media surat. Surat menyurat merupakan salah satu kegiatan penting diperusahaan. dll c. b. Media cetak. bulletin dan sebagainya. TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. mitra kerja. Beberapa perkatoran memilih memanfaatkan radio untuk menyampaikan informasi secara luas kepada khalayak sasaran. artinya untuk menerima pesan yang disampaikan digunakan indera penglihatan. leaflet. brosur dan leaflet. Jadi untuk dapat mengakses informasi yang disampaikan. Misalnya film. mengisi acara pada stasiun radio. bulletin. Surat. Telepon. telepon sangat penting untuk menyampaikan dan menerima informasi lisan secara cepat dengan pihak publik eksternal. televise. dapat berupa surat konvensional mauopun surat elektronik. TV. dan sebagainya. ialah media komunikasi yang dapat dilihat sekaligus ddengar. 4. Media eksternal cetak ini berfungsi sebagai : • Media PenghubungSarana menyampaikan keterangan-keterangan kepada khalayak.4) ………………………………………………………………… 13 . 5. Media Audio-Visual. contohnya seperti surat kabar. sebagai media komunikasi. Contohnya adalah mahalah perusahaan. mengundang wartawan atau reporter televise agar memuat berita tentang kegiatan perusahaan atau dapat pula mengajukan permohonan untuk mengisi acara. pelanggan. Radio. seperti radio. untuk menerima pesan yang disampaikan dengan menggunakan indera pendengaran.IA. Yang termasuk dalam jenis ini adalah tv dan film. telepon. Media komunikasi eksternal yang sering digunakan antara lain : 1. Penggunaan media radio oleh suatu perusahaan dapat dilakukan dengan mendirikan pemancar. konsumen.

Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat. bulletin dan tabloid. Jenis media yang dipergunakan secara internal ini antara lain : • Telepon • Surat • Papan pengumuman • House Journal: bentuknya dapat berupa majalah bulanan. Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail). Menyediakan modem untuk dial-up. Internet banyak dipilih oleh perusahaan guna menjalin kemampulan dalam menjangkau khalayak. Internet. seperti : TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. • Printed material: media komunikasi dan publikasi berupa barang-barang cetakan seperti booklet. angota.6. • Tidak ada birokrasi baik secara teknis maupun non teknis.4) ………………………………………………………………… 14 . maupun unit-unit kertja yang ada di dalam perusahaan tersebut. ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya. logo. Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).IA. pamlet. Terdapat berbagai jenis layanan yang disediakan oleh suatu ISP. prospectus. merupakan media komunikasi berbasis computer teknlogi informasi. ISP dapat juga disebut pintu gerbang (gateway) untuk menuju internet. profil perusahaan. • Tersebar di berbagai pelosok kota. dan biasanya bersifat non komersial. terdiri atas pimpinan. pegawai. Agar kita dapat berhubungan ke internet. Memberi tempat untuk homepage. Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet. kita perlu mendaftarkan ke ISP untuk mendapatkan nama dan alamat di internet. Penerima maupun pengirim informasi adalah orang dalam atau orang dalam tau public internal. cepat dan murah dengan jangkauan dunia. Peran ISP dalam pengaksesan internet antara lain : Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet. kop surat. Keunggulan media komunikasi internet adalah: • Mudah. Media Komunikasi Internal Ialah semua sarana penyampaian dan penerimaan informasi di kalangan public internal perusahaan. kartu nama dan memo • Media pertemuan dan pembicaraan PERAN ISP ISP adalah suatu perusahaan yang berperan menyediakan jasa layanan akses internet baik untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan.

Umumnya digunakan untuk mengakses internet melalui fiber optic. WWW atau biasa disebut web adalah bagian yang paling menarik dari Internet. merupakan layanan internet dengan menggunakan teknologi tanpa kabel. sehingga dapat menggunakan internet di mana pun kamu berada. mengandung suara bahkan klip video. suara. WWW (World Wide Web).Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan. 2) Hotspot. jaringan TV kabel. 4) Wireless. dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi juga gambar.1) Dial-up. café. walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya. sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen-dokumen yang sangat banyak yang berada pada komputer server (web server). Fasilitas ini tergolong masih baru dibandingkan surel (email). merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar. Satelit. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language). PELAYANAN WWW World Wide Web (disingkat sebagai WWW ) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. terhubung secara terus menerus selama 24 jam setiap hari. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hypermedia. dan bandara. 5) Dedicated connection. merupakan layanan untuk pengguna yang membutuhkan koneksi internet pada lokasi-lokasi tertentu seperti di mall.. dan terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. dan telepon rumah. merupakan layanan yang disediakan untuk para pengguna internet yang ingin menggunakan akses melalui kabel telepon yang didukung oleh modem. Melalui web. merupakan salah satu layanan akses internet yang dapat diperoleh secara mudah dan praktis melalui perangkat telepon genggam (hp). video dan animasi. selama masih dalam daerah cakupan dari operator telepon genggam.IA.Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut hypertext.4) ………………………………………………………………… 15 . 3) Mobile Access. di mana server-server ini tersebar di lima benua termasuk Indonesia. TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI.

Netscape 3. Web browser memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah mengakses informasi yang diberikan oleh banyak situs Webdengan cara menjelajahi link tersebut. PERANGKAT LUNAK WEB (WEB BROWSER)  Web browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan. Ada 3 jenis web browser yang sering dipakai adalah : 1. oleh karena itu penampakan halamanWeb akan agak berbeda dari satu browser ke browser yang lain. yang sigunakan web server untuk mengirimkan halaman web tersebut ke komputer yang mengaksesnya Kumpulan dari dokumen-dokumen elektronik yang kemudian disebut web. Internet Expoler 2. biasanya juga sebagai penghubung ke websitewebsite yang lain Alamat unik pada suatu halaman web. musik dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web di sebuah situs di World Wide Web atau di jaringan LAN lokal. Adapun beberapa istilah yang sering muncul pada saat kita menggunakan web browser adalah sebagai berikut : Website Homepage Halaman-halaman web saling terhubung dalam suatu website Halaman awal ketika suatu situs dimunculkan. video. Tulisan dan gambar di halaman Web dapat mempunyai hyperlinks ke halaman Web lain di mesin yang sama atau di situsweb lainnya.IA. gambar. Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang berada di internet. maka bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.4) ………………………………………………………………… 16 . hiburan dsb  URL WWW Portal Terdapat beberapa macam web browser yang dapat kita pakai untuk menampilkan halaman-halaman website.Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling terkoneksi menggunakan hyperteks link. Dengan mengklik hyperlink. Mozilla TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. olahraga. Web browser memformat informasi HTML untuk di tayangkan. tiap dokumen tersebut dinamakan web page Web yang menyediakan berbagai jenis layanan misal pencarian.

5. kemudian tekan tombol OK atau Enter. 6. Ketik alamat website yang akan dituju. merupakan software yang Built-in dengan sistem operasi Windows. 3.ac.4. • Kedua. selain itu kita dapat menyimpan website tersebut dan dapat kita panggil lagi kemudian (Bookmark). 2. Versi dari Internet Expoler berbeda-beda sesuai dengan sistem operasi Windows yang digunakan (IE 4.0 uNTUK wINDOWS 98/ME. Untuk memulai Internet Expoler dapat dilakukan dengan cara berikut : 1.  Struktur Dasar HTML Fungsi utama dari web browser adalah untuk menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet. Microsoft Internet Expoler. dapat melalui start atau melalui icon internet expoler. dan Editor WYSIWYG.id.  Google Chrome Opera Flock Safari Fungsi Web Browser Untuk membuat aplikasi Web. Lalu masukkan alamat website yang Anda inginkan. Lakukan koneksi ke internet terlebih dahulu. kemudian Open maka akan ditampilkan jendela Open. Pilih program Internet Expoler.unikom. Tombol-tombol lain yang biasa digunakan adalah sebagai berikut :  TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI. website juga dapat disimpan (save) hingga informasi-informasi di dalamnya dapat kita ambil. IE 5/6 untuk Windows XP). 7. antara lain Notepad dan Ultra Edit. bila diperlukan. Memilih menu File. dalam hal ini kita menggunakan HTML. antara lain Netscape dan Front Page.IA. Di sini kita membutuhkan suatu editor yang berguna untuk mengetik. Internet Expoler Di sini saya mengambil Internet Expoler sebagai web browser nya. Misalnya http://www.4) ………………………………………………………………… 17 . mengedit atau menyimpan dokumen-dokumen HTML Editor untuk mendesain suatu Web dibagi 2 yaitu WYSIWYG (Graphic) Editor. jika koneksi berjalan maka akan tampil halaman web yang Anda inginkan Untuk membuka suatu website terdapat dua cara yang dilakukan yaitu : • Pertama. maka akan dimunculkan website tersebut. Dengan memasukkan langsung alamat websitenya ke kotak address yang terdapat di jendela Internet Expoler.

Tag HTML memberi tahu browser bahwa yang ada di dalam kedua tag tsb adalah dokumen HTML 2.IA. kemudian Save As Untuk menyimpangambar pada website dengan cara Save As Picture mengklik kanan mouse pada gambar yang diinginkan kemudian pilh Save As Picture HTML untuk     Hypertext Markup Language HTML merupakan standar bahasa yang digunakan menampilkan dokumen web. HEAD: Bagian Header dari dokumen diapit oleh tag HEAD.Nama Back Stop Forward Refresh Save As Keterangan Untuk kembali ke halaman sebelumnya Untuk menghentikan proses loading website Untuk ke halaman berikutnya Untuk mengulang loading website Untuk menyimpan website yang sedang dibuka yang dapat dilakukan dengan memilih menu File.html • Tag selalu berpasangan (pembuka dan penutup) • Penulisan tag boleh huruf besar/kecil 3 Bagian Struktur dokumen HTML 1. video. Setiap dokumen HTML harus diawali dan ditutup dengan Tag html. Di dalam bagian ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul dari halaman pada titlenya browser 3. Fungsi daripada HTML adalah sebagai berikut: Mengontrol tampilan dari web page dan contennya Mempublikasikan dokumen secara on-line sehingga bisa diakses dari seluruh dunia Membuat on-line form yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran . contoh: biodata. audio. imag link.HTML. BODY: digunakan untuk menampilkan teks. Basic HTML Element • (<H1> sampai <H6>)= untuk font size • <p> untuk paragraf TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI.4) ………………………………………………………………… 18 . dll dalam HTML Ketentuan file HTML • Setiap dokumen HTML harus diawali dan diakhiri dengan tag HTML • Membuat file HTML selalu diakhiri dengan . dan semua yang akan ditampilkan pada web page. transaksi secara on-line Menambahkan objek-objek seperti image.

.IA.> SQUARE (Bulet Kotak) DISC (Bulet Titik) CIRCLE (Bulet lingkaran) <OL> (Numbering) TUGAS TIK (CAECILIA JESSICA UNARSO – XI.• • • <LI> (List Item) untuk mengelompokkan data baik berurutan (ordered list/ol) atau (unordered list/ul) <UL TYPE=….4) ………………………………………………………………… 19 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful