You are on page 1of 7

1. Di bawah ini yang bukan termasuk empat karakteristik dari interface adalah … a. procedural b. fungsional Jawaban : d 2.

Berikut ini adalah sirkuit yang dibutuhkan oleh modem DCE, kecuali … a. Signal Ground b. Request to Send Jawaban : c 3. HDLC atau High-level Data Link Control didefinisikan dalam … a. 3 konfigurasi link,3 tipe stasiun dan 3 model operasi transfer data b. 3 tipe stasiun, 2 konfigurasi link dan 3 model operasi transfer data c. 3 model operasi transfer data, 2 tipe stasiun dan 3 konfigurasi link d. 3 tipe stasiun, 2 konfigurasi link dan 2 model operasi transfer data Jawaban : b 4. Frame yg dikeluarkan oleh primary station disebut … a. commands b. responses Jawaban : a 5. Synchronous Time-Division Multiplexing digunakan ketika … a. data rate dari medium sama dengan data rate dari sinyal digital yg ditransmisi b. data rate dari medium lebih kecil dari data rate dari sinyal digital yg ditransmisi c. data rate dari medium melampaui data rate dari sinyal digital yg ditransmisi d. semua jawaban salah Jawaban : c 6. Statistical Time-Division Multiplexing dikenal juga sebagai … a. Asynchronous TDM b. jawaban a & c benar Jawaban : b 7. Tiga teknik umum yang umum dipakai sebagai deteksi error adalah, kecuali… a. Parity bit b. Synchronisasi c. Longitudinal Redudancy Check d. Cyclic Redudancy Check c. Intelligent TDM d. jawaban a & c salah c. jawaban a & b benar d. jawaban a & b salah c. Request data d. Received data c. mekanikal d. physical

Multiplexing c. 1 bit atau 1 karakter . Termination d.. merinci fungsi yang dilaksanakan yang diperuntukkan bagi berbagai interchange circuits. Frame b. kontrol. timing dan ground d.. Serangkaian slot – slot yang mewakili satu sumber. dapat diklasifikasikan menjadi kategori dari data.B dan C benar Jawaban : d 9. disebut. Mekanikal. a. a. berhubungan dengan koneksi fisik sebenarnya dari DTE dan DCE b...Jawaban : b 8. Suatu data yang ditransfer dalam satu atau lebih blok – blok acknowledgment.. Data transfer b. yaitu . dari frame ke frame disebut. Data link Jawaban : a 10. A. NRM (Normal Response Mode) b. Fungsional. Semua jawaban benar Jawaban : d 11. Elektrikal.. 0 bit atau 1 karakter d. yaitu. Berikut ini adalah tiga mode operasi transfer data. ARM (Asynchronous Response Mode) d. Establishment c. Panjang suatu slot sama dengan panjang buffer transmitter. a.. Berikut ini empat karakteristik penting dari interface adalah…. Poll Jawaban : c 12. yaitu mengenai level tegangan dan timing dari perubahan tegangan. 0 bit atau 0 karakter b.. ABM (Asynchronous Balanced Mode) c. dan juga menentukan data rate dan jarak yang dapat dicapai c. 1 bit atau 0 karakter c. a. a. Channel d.

Procedural c. . . Karakteristik penting dalam interface adalah. Longitudinal redundancy check d. . Alasan dipecahnya blok-blok data besar menjadi lebih kecil dan mentransfernya ke dalam beberapa frame adalah . Half duplex link Jawaban : d 17.Jawaban : d 13. Parity bit Jawaban : b 14. Pada suatu multipoint line c. Sirkuit transmitter mentransmisi kontrol informasi dalam bentuk gelombang Jawaban : a 15. Semua jawaban benar Jawaban : d . Parity redundancy check c. Jawaban a dan b benar d. Binary 1 diwakili oleh adanya tegangan c. Full duplex link b. Cyclic redundancy check b. . kecuali. Binary 0 diwakili oleh pulsa positif atau negatif b. Ukuran buffer dari receiver terbatas d. Jawaban a dan b salah Jawaban : c 16. Berikut adalah pernyataan yang benar mengenai ISDN Physical Connector . . Simultan duplex link d. merupakan pengertian dari jenis duplexity. Fungsional b. Dapat mentransmisikan dan menerima data tidak secara simultan. . a. . Koneksi grafik antara terminal equipment (TE) dan network terminating equipment (NT) d. Transmisi yang jauh b. . Tiga teknik yang umum dipakai sebagai deteksi error adalah. Simplex duplex link c. . a. yaitu . a. . a. a.

Asynchronous Synchronous Frame Shift register Jawaban : b 21. Full devender multiplexing b. Tujuan mengembalikan suatu positif acknowledgment untuk penerimaan yang sukses. a. c. Jika beberapa kondisi noise menyebabkan munculnya kesalahan dari suatu start bit selama kondisi idle. d. Jawaban : c 22. . b. Karakter plus start dan stop bit yang kadang-kadang dinyatakan suatu frame. kecuali… a. Merupakan pengertian dari… a. . frame bebas error. Deteksi bit error yang paling sederhana parity bit pada akhir tiap word dalam frame. Medium transmisi antara stasiun-stasiun ketika suatu procedure data link control dipakai. Yang dimaksud dengan framing error. b. Data link procedure Jawaban : a 19. Frequency division multiplexing c. Jika bit ke 7 adalah 1 dan bit ke 8 adalah 0 maka bit 8 akan dianggap suatu start bit. b. d. Data lint protocol d. Data link b. FDM merupakan singkatan dari . c. Sumber mentransmisi ulang suatu frame yang belum diakui setelah suatu waktu yang tidak ditentukan. Salah satu tugas utama dari komunikasi data adalah pengertian dari… a.18. Full division multiplexing d. Data link control c. . Frequency devender mulitiplexing Jawaban : b 20. Pengertian Positive acknowledgment adalah… a.

Pulse Stuffing c. b. Diapakai dengan sumber synchronous dan boleh juga dengan sumber asynchronous. Establishment b. Yang termasuk dalam teknik Bit-Interlaving adalah… a. Semua Benar Jawaban : d . kecuali… a. Untuk blok-blok data yang besar. dimana bila terjadi error maka hanya sedikit data yang akan ditransmisi ulang. Efek dari pertambahan delay dan kecepatan transmisi. Frame TDM tidak memakai karakter SYNC atau flag untuk synchronous frame tetapi… a. Transmisi yang jauh. Data transfer c. Dipakai dengan hanya sumber asynchronous b. Jawaban : a 23. Tujuan mengembalikan negative acknowledgment dari frame-frame dimana suatu error dideteksi. Pada suatu multipoint line. Termination d. Channel Jawaban : a 26. d. Ukuran buffer dari receiver akan terbatas. Tiap time slot mengandung 0 bit. Statistical Time-Division Multiplexing d. Tiap time slot mengandung 1 karakter dari data c. c. Added-digit framing b. sumber mentransmisi ulang beberapa frame. Sebutkan 3 fase dalam prosedur control komunikasi adalah… a. Jawaban : d 25. Hal ini dilakukan dengan alas an sebagai berikut. Jawaban : d 24. Data dikirim dalam blok-blok yang disebut frame. d. sumber akan memecah menjadi blok-blok yang lebih kecil dan mentransmisi data dalam beberapa frame.c. d.

Dipakai dengan sumber asynchronous c. Fungional d.27. kecuali… a. Profesional Jawaban : d 29. Deteksi error b. Transmisi Synchronous c. kecuali… a. 4 karakteristik penting dari interface. Semua Salah Jawaban : d 30. Transmisi Asynchronous b. Hal-hal yang dipakai pada teknik Bit Interlaving . Mekanikal b. Transmisi yang berfungsi mencegah problem timing dengan tidak mengirim aliran bit panjang yang tidak putus-putusnya adalah… a. Dipakai dengan sumber synchronous b. Transmisi Character-oriented d. Positive Acknowledgment c. Tiap time slot mengandung hanya 1 bit Jawaban : c . Elektrical c. Negative Acknowledgment d. Teknik-teknik umum untuk error control. kecuali… a. Transmisi Bit Oriented Jawaban : a 28. Tiap time slot mengandung 1 karakter dari data d.

Di susun oleh : ARMA PARMAWATI (10105254) DEWI OKTALIA (10105423) SIWI BUDIARTI (11105571) SITI MUSLIKHAH A (11105564) TRI AGUSTINI (11105659) 3 KA 01 UNIVERSITAS GUNADARMA 2008 .