PENGECATAN BAKTERI

 PENGECATAN NEGATIF Tujuan : -Untuk memperjelas dan mempermudah melihat morfologi bakteri -Untuk melihat bentuk dan ukuran bakteri Pengecatan yang tercat bukan sel baketrinya melainkan latar belakangnya (bakteri transparan, latar belakang gelap). Pewarna yang digunakan Nigrosin dan Congo red. Cara Kerja : 1. Buat suspensi bakteri dalam tabung reaksi menggunakan garam fisiologi. Amati di bawah mikroskop, bila bergerombol, diencerkan. 2. Ambil suspensi bakteri dengan pipet tetes, teteskan pada kaca preparat (pada bagian tepi) 3. Dengan kaca preparat yang lain diaduk-aduk supaya merata kemudian sentuhkan dan tarik sehingga membentuk suatu lapisan film 4. Dikering anginkan 5. Amati di bawah mikroskop dengan perbesaran lemah, sedang, kuat. 

PENGECATAN SEDERHANA Pengecatan yang tercat bakterinya, latar belakangnya transparan. Cat yang digunakan Methylen Blue, Safranin Cara Kerja : 1. Cuci kaca preparat dengan sabun lalu disterilkan dengan kapas dan ethanol, dipanaskan kaca preparat bolak balik 2. Buat suspensi bakteri,amati di bawah mikroskop 10x100 3. Suspensi bakteri diteteskan ( 1tetes ) di kaca preparat. Ambil kaca preparat yang lain buat lapisan film (smear) disentuhkan lalu ditarik, dikering anginkan. 4. Setelah tidak basah difiksasi yaitu dilewatkan di atas api 7 atau 8 kali , supaya film bakteri melekat kuat. 5. Setelah itu ditetesi dengan 2 tetes methylen blue sambil digoyang goyang, dibiarkan 1-2 menit. Lalu dicuci dengan aquades sampai air cuciannya tidak berwarna. Dikering anginkan dan ditutup dengan gelas penutup. 6. Setelah tidak basah diamati di atas mikroskop dengan perbesaran lemah, sedang, kuat.

sedang. Membuat lapisan film (smear) dari suspensi bakteri. Teteskan dengan gram C kurang lebih 5 tetes kemudian kaca preparat dimiringkan sampai warna violet hampir hilang (30 detik) 7. Tambahkan gram D. Dikering anginkan 3. biarkan kering 8. cuci dengan air mengalir 6. PENGECATAN GRAM Tujuan : y y y Untuk menentukan bentuk bakteri Untuk menentukan ukuran bakteri Untuk menentukan jenis atau golongan bakteri Gram positif adalah jenis/ golongan bakteri yang menyerap warna pertama (warna ungu) pada pengecatan gram. 5. diamati dibawah mikroskop. Amati dibawah mikroskop perbesaran lemah. . Teteskan gram B. Smear difikasasi / dilewatkan di atas api 7-8 kali 4. Buat suspensi bakteri . 4. Cuci dengan air mengalir. Cuci dengan air mengalir biarkan kering. Pengecatan ini menggunakan 4 reagent : 1. Gram negatif adalah jenis /golongan bakteri yang menyerap warna kedua (warna merah) pada pengecatan gram. digoyang-goyang diamkan 2 menit. kuat. dibiarkan kurang lebih 1 menit 9. 3. Gram A : warna pertama Gram B : Penguat ( supaya bakteri yang menyerap Gram A lebih kuat menyerap ) Gram C : Pemicu Gram D : Warna cat kedua (safranin) Contoh gram positif : jamur. tutup dengan gelas penutup 10. 2. Jika masih bergerombol diencerkan. 2. ragi. Tambahkan gram A sambil digoyang-goyang sampai rata dan diamkan 2 menit. spora bakteri Contoh bakteri gram negatif : bakteri coli dan bakteri pembusuk yang aerob Cara Kerja : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful