Analisa

Dari percobaan yang telah di lakukan dapat di analisa , - Perintah aritmatika Hanya dua arit matika yang dapat di kenali oleh CPU 8085 yaitu, operasi penambahan dan pengurangan, bila ingin melakukan operasi lain seperti perkalian maupun pembagian merupakan pengembangan dari kedua oprasi tersebut. Bial perkalian merupakan operasi penambahan yang dilakukan berulang ulang, sedangkan operasi pembagian adalah operasi pengulangan yang dilakukan berulang ulang. Ada dua kategori operasi penambahan dan pengurangan: a. Operasi penambahan /pengurangan bebas Opersi ini di peruntuhkan untuk pasangan register, dengan operasi ini register bendera tidak ikut terpengaruh. b. Operasi penambahan /pengurangan dengan satu Perintah untuk melaksanakan operasi penambahan /pengurangan dengan satu terbagi dua tipe, yaitu perintahh untuk register tunggal (8 bit) dengan perintah ini register benndera akan berubah sesuai dengan hasil operasinya

- Register bendera mempunyain kapasitas 8 bit dan memiliki arti tersendiri, Fungsinya adalah sebagai penanda hasil dari suatu perintah baik itu aritmatika, maupun logika, dan perintah tersebut mempengaruhi keadaan bit. - S (sign) bit ini akan di set (s=0) bila datanya positif, dedankan (s-1) jika datnya negative.

C. makaa AC diset ke 1 dan AC = 0 jika tidak terjadi carry.D. Selesai program dijalankan.M . jika data hasil suatu operasi adalah 0 maka akan menghasilkan bit zero. P = 1 unntuk parity genap dan P = 0 untuk parity ganjil. .B.H. dan jika data tidak sama dengan zero maka akan direset. .rp adalah register 16 bit : BC. dan apabila jumlahnya ganjil . SP -G : Go Perintah ini digunakan untuk menjalankan program setelah perintah [ G ] diberikan. bila data bit ke 3 (D3) dalam suatu operasi terjadi carry.Z (zero). . maka disebut parity ganjil.AC (Auxilary cary). Sebagai contoh lakukan perjalanan program yang berada di @ 7000 ! [G] [7] [0] [0] [0] [ CR ] ..L. maka dilayar akan di tampilkan isi dari semua register.P (Parity). HL. r adalah register 8 bit: A.E. parity dikatakan genap apabila banyaknya bi 1 pada suatu data adalah genap . Sedangkan yang berpengaruh adalah pperintah aritmatika. logika dan perbandingan untuk register 8 bit. Midikom akan meminta alamat program yang akan dijalankan.CY (carry) : tidak semua perintah CPU 8085 mempengaruhi register bendera. perintah pemindahan data adlah perintah yang tidak berpengaruh pada register bendera.

lihatlah keterangan tentang Brekpoin on/off. Apabila ternyata Midikom dalam keadaan Breakpoin on. Alamat program yang terakhir di jalankan akan tertampil di layar. dapat ditekan tombol [CR] atau tombol [Space bar] dan jika ingin mengakhiri tekan tombol [ESC]. kode mesin dan mnemoink setiap perintah Isi dari semua register Keadaan dari register bendera (Setelah huruf [T] ditekan. Pada layar akan tertampil sebagai berikut : -T : Trace / Single Step Perintah ini digunakan jika ingin menjalankan program langkah demi langkah ( perintah demi perintah ) Pada saat Midikom melakukan eksekusi langkah demi langkah. Untuk melanjutkan perjalanan program ke perintah berikutnya. Anda tinggal mengetikan alamat program yang ingin anda jalankan. masukan alamat dari program yang akan di jalankan kemudian tekan tombol [CR]. . bersamaan dengan itu dilayar ditampilkan : Alamat program. Midikom haruslah dalam keadaan Break point off.Catatan : Saat melaksanakan perintah Go.

Prangkat ini selain terdapat CPU (central Processing Unit). dan lain.lain. Perangkat masukan/keluaran. Di assembler untuk membuat aritmatika kiita mengisi datanya.setelah itu kita trace untuk menampilkan program yang diiinginkan untuk mengetahui data sebelum di go. . 8085 dilengkapi juga dengan memori (EPROM dan RAM). bila ingin melakukan operasi lain seperti perkalian maupun pembagian merupakan pengembangan dari kedua oprasi tersebut. Bial perkalian merupakan operasi penambahan yang dilakukan berulang ulang.KESIMPULAN Midicom digunakan sebagai alat yang dapat mengoprasikan rakitan 8085. operasi penambahan dan pengurangan. sedangkan operasi pembagian adalah operasi pengulangan yang dilakukan berulang ulang. lalu setelah kita lihat lalu kita go untuk menjalankan program. Dalam aritmatika hanya 2 yang dapat di kenali oleh CPU 8085 yaitu . kita trace untuk melihat perubahan data yang terjadi. pengalih Analog ke digital pengalih Digital ke Analog. Setelah program di jalnkan (go).