LAPORAN TUTORIAL

BLOK II MINGGU KE-1

KARDIORESPIRASI
KELOMPOK B-12 Tutor : Dr. Ilmiawati Ketua Sekretaris 1 Sekretaris 2 : Hengky Fandri : Alania Rosari : Mareza Dwithania 0910313208 0910312070 0910311012

Anggota: 1. Amylia Febriyanti 2. Faraznasia Benny 3. Ami Tri Nursasmi 4. Anggy Afriani 5. Metha Arsilita Hulma 6. Rohani 0910312041 0910312098 0910312126 0910313232 0910313245 0910313262

MEDICAL EDUCATION UNIT FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS 2009

mereka pergi ke warung yang ada di sekitar tempat tersebut. Ketika dalam perjalanan pulang. pakaian mereka basah dengan keringat. sehingga dia terjatuh. tetapi masih ada darah yang merembes. Sedangkan Rudi masih belum merasa haus. Sesampai di UGD. Setelah haus mereka hilang. Tetapi tak lama kemudian Anton merasa haus lagi. Rudi dan Anton kembali berlari-lari di dalam stadion. Anton minum air mineral. dengan tempat finish sebuah gerbang menuju stadion yang jaraknya kira-kira 1 km dari tempat mereka berada. Mereka berlari dengan cepat. kemudian Anton mengajak Rudi untuk lari sprint. tiba-tiba sebuah sepeda motor menyenggol Rudi. luka Rudi didebridement dan jahitan primer. Lengan kiri Rudi vulnus laceratum dan tungkai kiri mengalami ekskoriasi. maka Rudi segera dibawa Anton ke RS. tetapi tidak tahu adanya riwayat gangguan pembekuan darah. denyut jantung takikardi dan pernafasan takipnu. Luka Rudi dibalut dan Dokter memberikan resep antibiotika untuk mencegah infeksi. dia berlari lambat-lambat sambil menunggu Anton selesai minum. sedangkan Rudi minum air isotonic utuk mencegah dehidrasi. Mulamula mereka lari santai. Rudi hanya tahu golongan darahnya A. sehingga dia kembali membeli minuman. Bagaimana anda menjelaskan kejadian yang dialami Anton dan Rudi? . Oleh karena lukanya banyak mengeluarkan darah.Modul I KARDIORESPIRASI Skenario 1 : Kisah di Hari Minggu Pada hari Minggu pagi dengan pakaian olah raga lengkap Anton dan Rudi mahasiswa fakultas ke dokteran lari bersama menyusuri jalan raya menju ke GOR Haji Agus Salim. Dokter menanyakan golongan darah Rudi dan riwayat gangguan hemostasis. Karena merasa haus.

Dehidrasi : Keadan yang diakibatkan oleh hilangnya cairan tubuh yang berlebihan. atau keadaan toksik pada jantung. istilah ini biasanya diterapkan untuk kecepatan jantung di atas 100x /menit pada orang dewasa dan seringkali dikelompokkan berdasarkan asal lokus. Setiap pengelupasan substansi superficial seperti terjadi pada kulit akibat garukan /lecet. biasanya karena tarikan atau goresan benda tumpul. Vulnus laceratum : luka robek. misalnya : atrial takikardi.I. Debridement : pengangkatan benda asing dan jaringan yang tidak hidup yang terkontaminasi dari atau yang dekat dengan lesi yang terinfeksi hingga jaringan disekitarnya terpajan Jahitan primer : . lecet. rangsangan jantung oleh saraf simpatis. dengan tepi tidak beraturan. ventrikel takikardi. abrasi pada kulit. Takipnu : Kecepatan bernapas yang berlebihan.TERMINOLOGI Ekskoriasi : mengelupas. Denyut jantung yang lebih dari 100x/menit yang disebabkan oleh kenaikan suhu tubuh. Takikardi : Kecepatan kerja jantung yang berlebihan.

5. Infeksi : Pembiakan mikroorganisme di dalam jaringan tubuh. virus. Keringat : Cairan yang dikeluarkan oleh kelenjer keringat (kelenjer sudorifera). mempunyai rasa asin.5-7. Hemostastasis : Perhentian perdarahan oleh sifat fisiologis vasokontriksi dan koagulasi/secara bedah . Hambatan aliran darah melalui pembuluh/menuju area anatomis. . Antibiotik : zat kimia yang dihasilkan oleh mikroorganisme untuk menghambvat pertumbuhan atau membunuh mikroorganisme. karena haus juga merupakan kekurangan cairan tubuh. Air isotonik : larutan yang memiliki tonisistas sama dengan larutan lain yang dibandingkan dengannya. misalnya bakteri. Pembekuan darah : Mekanisme usaha tubuh untuk menghentikan perdarahan saat terjadi luka.Jahitan yang digunakan untuk mempertahankan kedudukan tepi luka yang sering dihubungkan selama proses penyembuhan sehingga dapat sembuh secara primer. pHnya berkisar 4. Haus : Keadaan fisiologik tubuh yang mengarah ke minum. pertanda atau sinyaL awal akan terjadinya dehidrasi. jamur.

tubuh memerlukan suplai darah yang cepat. Apa sebabnya air isotonis bisa lebih lama mencegah dehidrasi ? 3. Bagaimana pengaruh antibiotik terfadap pencegahan infeksi ? 10. Apakah yang menyebabkan haus ? 5. 12. Mengapa masih ada darah yang merembes setelah dilakukan debridement dan jahitan primer ? 6. Apa sajakah yang dapat menyebabkan infeksi ? 8. Dalam berktivitas berat daripada biasanya kita membutuhkan energy yang banyak. tubuh akan menghasilkan panas dan menyebabkan . Mengapa lari cepat menyebabkan denyut jantung takikardi dan pernapasan takipnu ? mengapa tubuh mengeluarkan keringat ? 2. MENENTUKAN MASALAH 1. 11. Oleh karena itu. Apa saja jenis perlukaan yang lain? Bagaimana proses denyut jantung takikardi dibandingkan denyut Apa saja bentuk gangguan hemostasis? jantung normal? III.II. Energi tersebut didapat dari metabolisme yang berakibat terjadinya peningkatan suhu tubuh. Selain itu metabolisme juga membutuhkan O2 yang banyak sebagai salah satu bentuk homeostasis dari tubuh. Bagaimanakah proses pembekuan darah ? apakah penyebabnya ? 7. karena suplai darah berhubungan juga dengan oksigen dari paru-paru. jantung memompa darah lebih cepat agar suplai darah tersedia untuk seluruh tubuh . Mengapa lari cepat menyebabkan denyut jantung takikardi dan pernapasan takipnu ? mengapa tubuh mengeluarkan keringat ? Karena pada saat melakukan kegiatan yang lebih dari aktivitas normal. maka paru-paru juga bekerja lebih cepat yang menyebabkan kecepatan bernapas yang lebih dari biasanya. Apakah tanda-tanda dehidrasai dan bentuk pencegahannya ? 4. MENGANALISIS MASALAH 1. Apa saja jenis obat antibiotik yang dapat mencegah infeksi ? 9.

2. kita merasa haus dan kita akan minum. karena pada saat dehidrasi. tubuh akan cepat menyerap ion-ion yang sangat dibutuhkannya. mulut kering. jumlah keringat sedikit. 3. Apakah yang menyebabkan haus ? Adanya rangsangan dari hormon ADH yang dihasilkan oleh hipofisis posterior. Apakah tanda-tanda dehidrasai dan bentuk pencegahannya ? -dehidrasi ringan (haus. sehingga menyebabkan tekanan darah menurun yang menyebabkan rasa pusing saat berdiri hingga penurunan kesadaran pada tingkat yang lebih berat karena otak adalah organ yang paling sensitif terhadap kekurangan air. selain itu minuman isotonus akan cepat diabsorpsi oleh tubuh . Sebagai reaksi dari homeostatis. tubuh terasa lemas.keringat (kandungan keringat : Na. Apabila hanya minum air putih saja. Cl). Dengan minum air mineral atau air isotonik . Pencegahan : dengan minum air isotonik. -dehidrasi berat (kulit pucat. Apa sebabnya air isotonis bisa lebih lama mencegah dehidrasi ? Karena isotonus mengandung ion-ion yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menyeimbangkan kembali tekanan cairan ekstrasel. bibr kering) -dehidrasi sedang (tonus kulit jadi menurun dan berat badan juga menurun). akan meyebabkan haus lagi. maka akan mengembalikan cairan yang hilang tadi. Karena kita sudah terlalu lama beraktivitas. mulut kering. Akibatnya terjadi peningkatan frekuensi denyut nadi dan percepatan pernapasan. tujuan dari minum selain untuk memenuhi kekurangan cairan . warna kulit di ujung-ujung kebiruan) Ini dapat dilihat pada orang yang mengalami diare dan muntah yang berlebihan. jadi tubuh kita kekurangan cairan. contoh : air kelapa dan minuman isotonic. karena air lambat diabsorpsi oleh tubuh.hal ini dapat dimaklumi karena kebutuhan tubuh yang sangat perlu dengan ion-ion tersebut. 4. air seni pekat dan sedikit. yaitu ion Na+ dan Cl-. rasa haus.

Bagaimanakah proses pembekuan darah ? apakah penyebabnya ? Proses pembekuan darah : Saat tubuh terkena luka.juga untuk mendinginkan badan karena mengurangi rasa lapar sehingga tubuh tidak bermetabolisme dan tidak menghasilkan panas. protrombin diubah jadi trombin dengan bantuan ion kalsium dan vitamin K. Dari tenaga medis : tergantung bagaimana dokter dan perawat memperhatikan kesterilan kerjanya. yang kemudian menjadi benang-benang fibrin yang nantinya berkumpul di sekitar jaringan yang luka untuk membuat sumbat sehingga darah bisa berhenti keluar. Penyebab gangguan proses pembekuan darah : . kemudian trombin membentuk fibrinogen. . 5. ampicillin. dan dari kesterilan alat-alat yang dipakai. yang mengakibatkan darah tidak mau berhenti merembes 6.adanya gangguan pada trombosit misalnya pada proses pembentukan trombosit. Bagaimana pengaruh antibiotik terfadap pencegahan infeksi ? . Apa sajakah yang dapat menyebabkan infeksi ? kompetesi metabolism toksin replikasi intrasel respons antigen-antibodi Dari si penderita : tergantung bagaiman si penderita menjaga kebersihan lukanya.kekurangan ion kalsium. dll 9. 7. maka trombosit akan segera menghampiri jaringan yang rusak akibat luka tersebut agar tidak trjadi perdarahan. kemudian trombokinase aktif (adanya FAH). Mengapa masih ada darah yang merembes setelah dilakukan debridement dan jahitan primer ? karena adanya gangguan pembekuan darah . Apa saja jenis obat antibiotik yang dapat mencegah infeksi ? Amoxicillin. 8.

Apa saja jenis perlukaan yang lain? Jenis perlukaan lain:ekskoriasi.punctum . SISTEMATIKA HOMEOSTAS IS Faktor yang mempenga ruhi Konsent rasi cairan Dara h Keadaan pernafasa n Keadaa n jantung Kelebihan Jeniscairan Keringat Pencegaha n Tidak Golongan NormalPembentuka normal darah Plasma Hemostasis Leukosit Trombosit n Denyut Takikard Bradikard .Antibiotik berperan dalam pengrusakan dinding bakteri sehingga perkembangan sel bakeri menjadi terhambat didalam tubuh.luka pada epidermis dan dermis Abrasi:luka pada epidermis v. 11. kecepatan janyung di atas 100x /menit pada orang dewasa.scissum:luka berbentuk garis luka tembak akibat peluru. 10. Apa saja bentuk gangguan hemostasis? -defisiensi vitamin K -hemofilia -trombositopenia : trombosit dalam darah yang bersikulasi jumlahnya sedikit sekali. 12. Bagaimana proses denyut jantung takikardi dibandingkan denyut jantung normal? Proses denyut jantung takikardi : terjadi saat melakukan aktivitas yang lebih berat dari biasanya.luka tusuk v. Normal : pada saat melakukan aktivitas biasa yaitu 60-90x /menit. IV.laceratum:luka robek v. luka memar akibat serangan benda tumpul.

Kekuranga n cairan Takipnu Haus Komposisi Dehidrasi Sel darah Eritrosit Gangguan .

sehingga tercapai keseimbangan. Mahasiswa mampu menjelaskan pembentukan sel darah (hematopoisis). Mahasiswa mampu menjelaskan tentang golongan darah. Sebaliknya. apabila tubuh kelebihan cairan atau zat tertentu. BELAJAR MANDIRI (mengumpulkan informasi) VII. maka ada usaha tubuh menguranginya. VI. Prinsip homeostasis adalah mempertahankan keseimbangan kadar zat atau cairan di dalam tubuh. 3. 5. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip homeostasis. BERBAGI INFORMASI 1. Homeostasis :  Kemampuan sistem untuk  mengatur lingkungan dalam  mempertahankan kondisi konstan. stabil  Fungsi bersama semua organ  paru-paru  jantung. 2. Mahasiswa mampu menjelaskan antara gangguan hemostasis dan gangguan hematopoitik. 6. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. pembuangan  pencernaan: makanan . dan struktur darah. Mahasiswa mampu menjelaskan komposisi. apabila tubuh kekurangan cairan atau zat tertentu. fungsi. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip homeostasis. pembuluh. maka akan ada usaha tubuh untuk meningkatkan kadarnya. 4. darah  ginjal: [ion] konstan.V. Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme hemostasis.

fungsi. dan struktur darah. Mahasiswa mampu menjelaskan komposisi. hormon. A) Plasma darah 90% terdiri air. . untuk menyerap dan mendistribusikan banyak panas yang dihasilkan oleh metabolism di dalam jaringan. yang berfungsi sebagai medium untuk mengangkut berbagai bahan dalam darah. syaraf  Cairan interstitium: tempat hidup sel  O2 dan makanan: CI sel  CO2 dan sisa metabolisme: sel CI  pertukaran CI sel: tergantung kadar  Kadar zat di dalam CI harus tetap!  homoios + histemi: standing still  makanan tak boleh kurang  sisa makanan tak boleh berlebih feedback negative : Negatif dibandingkan stimulus awal  ekstrasel: CO2↑  ventilasi ↑  CO2↓  tekanan darah ↑  reaksi-reaksi  TD ↓ Mengembalikan kelebihan atau kekurangan ke angka normal Feedback positive :  Ruptur pembuluh darah:  Bekuandarahtrombosit:   lobang tertutup  Melahirkan  kontraksiuterusserviksteregang   anak lahir  jarang digunakan tubuh  berlebihan: efek berbahaya!! 2.

vitamin) Produk sisa (kreatinin. asam amino.Kandungan plasma : protein plasma (albumin. diameter 10-12 *eosinofil µm Nukleus bilobus. Ca) untuk distribusi osmotic dan menyangga perubahan PH Nutrient (glukosa. sumsum tulang Masa Hidup 100-120 hari Fungsi Transport oksigen dan karbondioksid a Untuk pertahanan tubuh Memfagosit (memakan bakteri) *Neutrofil granula terlihat . samar. HCO3.80010. diameter 100-400 Sumsum tulang (jaringan myeloid) 8-12 hari Membunuh cacing parsit. globulin dan fibrinogen) Elektrolit (Na. 6 jamkelenjar Limfa beberapa hari Jumlah (sel/m m3) 4-6 juta Tempat pembentukan Endothelium. sumsum Granulosi t Nukleus multilobus.000 tulang Jaringan Limfoid. K. Cl. bilirubin.0007. berinti 4. granula sitoplasma berwarna merah. tidak berinti. diameter 7-8 Leukosit µm Bulat. urea) Gas terlarut (02. mencegah 3. CO2) B) Sel-sel darah Tipe Sel Eritrosit Deskripsi Bikonkaf. lemak.000 Sel retikuoendoteliu m. menghancurk an kompleks antigenantibodi.

sitoplasma berwarna biru pucat. Mengaktifkan system kekebalan Agranulo sit *Limfosit 1. 3.000 Limfa dan tulang Beberapa jambeberapa tahun *Monosit 100-700 Sumsum tulang Beberapa bulan Fagositosis. Mahasiswa mampu menjelaskan pembentukan sel darah (hematopoisis). berkembang menjadi makrofag. Trombosi t 150. bergranula. 5-10 hari proses Berperan dalam pembekuan darah. sitoplasma warna biru kelabu.000 Fragmentasi dari megakariosit sumsu tulang.5003. diameter 5-17 µm Nukleus berbentuk U.000 400. mengandung heparin (zat antikagulan). Berbentuk cakram. . diameter 2-4 µm 20-50 Sumsum tulang (jaringan myeloid) Beberapa jambeberapa hari Melepas zat pencegah alergi. diameter 8-10 µm Nukleus bulat.diameter10-14 µm alergi. *Basofil Nukleus berlobus. granula besar berwarna biru.

-hemocytoblast  primitive erythroblast  megalocyt 2) Fase hepato-lienalis Bulan ke 2  hepar Akhir bulan ke 4  Lien Mesenchym sel  reticulum sel  -proerythroblast  eritrosit -myeloblast  leukosit 3) Fase medullare Pada sumsum tulang. Sel mesencyhm membentuk pulau-pulau darah. Pulau-pulau darah menghasilkan : -angioblasten  endothel sel dari pembentukan darah. 4. Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme hemostasis. Terdiri atas 3 fase : 1) Fase mesoblastik Sampai habis bulan ke 2.Dimulai 2 minggu setelah pembuahan. Sel mesenchym  reticulum sel  proerythroblast Myeloblast. a. SPASME PEMBULUH DARAH .

IgG dapat mengikat 2 antigen dan IgM mengikat 10 Antigen. Mencapai maksimal umur 8 – 10 tahun.tidak khas. Titer anti A ( gol darah O-B) lebih tinggi dari anti B. TITER AGLUTININ Baru lahir hampir nol. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang golongan darah. GENOTIP gol darah Aglutinogen Aglutinin ------------------------------------------------------------------------OO OA. Aglutinasi - gumpalan  fagositosis  hemolisi sel darah merah. . PEMBEKUAN DARAH d.antigen yang kuat.AA O A -A Anti A + B Anti B .herediter. Frekuensi : O A B AB 47 % 41 % 9% 3% Atigen A dan B --.pada permukaan sel darah. Mulai dibentuk umur 2 – 8 bulan. Aglutinin : IgM dan IgG Proses Aglutinasi. fungsi tidak ada.b. PERTUMBUHAN JARINGAN IKAT 5. . BENTUK SUMBATAN TROMBOSIT c. O -. Golongan darah ABO ANTIGEN A dan B ---- AGLUTINOGEN.

ayah Rh (+) dan anak Rh (+). myeloid. Afrika  EBF ( Eritro Blastosis Fetalis ):  Terjadi aglutinasi dan fagositosis eritrosit pada janin  Atau bayi baru lahir  Terjadi bila ibu Rh (-) .) –Rh(-). . 6. disebabkan oleh pembuluh darah itu sendiri.OB-BB B B AB AB A&B --_______________________________________ Golongan darah Rhesus  Ada 6 tipe : C D E dan c d e. Kelainan Hematopoiesis : Anemia aplastik. sehingga tidak memproduksi eritoid. D (. 3) gangguan koagulasi. Kelainan Hemastosis : 1) kelainan vaskuler. Mahasiswa mampu menjelaskan antara gangguan hemostasis dan gangguan hematopoitik.  Yang paling kuat Anti A antigen D - Rh ( + ). bila trombosit kurang dari 100 ribu/mm3. tidak berfungsinya sum-sum tulang belakang. 100 % (+). contoh : hemophilia A dan B.megakariosit. 2) trombositopenia.  Orang kulit putih 85 % ( + ). 15 % ( . tandanya perdarahan spontan dari pembuluh darah. kekurangan vitamin K dan penyakit hati.)  Negro Amerika 95 % (+).

.

google.2008. Histologi Dasar Patofisiologi Vol. Kresno.com Hematologi Edisi 4. C.Arthur. Hematologi dan imunohematologi.DAFTAR PUSTAKA Guyton. . Siti Boedina. Kamus Kedokteran Dorland. Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia : Jakarta. Penerbit Buku Kedokteran EGC : Jakarta. Fisiologi Kedokteran.2 www.