TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP-PRINSIP EVALUASI PENDIDIKAN

MAKALAH UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH Evaluasi Pendidikan Teknik yang dibina oleh Bapak Drs. Slamet Wibawanto M.T.

Oleh Khusnul Khotimah 100533402606

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA JANUARI, 2012

Latar Belakang Pendidikan di pandang sebagai sarana utama untuk memecahkan masalah-masalah sosial. untuk mengetahui apakah proses yang dilakukan itu sudah sesuai dengan tujuannya maka harus dilakukan umpan balik. Ketika proses pembelajaran dipandang sebagai proses perubahan tingkah laku siswa. untuk mengatasi masalah yang seperti ini perlu adanya evaluasi pendidikan. Echols dan Hasan Shadily: 1983). PENDAHULUAN 1. Diakui bahwa kritik-kritik sering muncul tentang sistem pendidikan yang sering berubah dan tidak seimbang. mulai dari masukan(input). Tujuan Agar mengetahui pengertian evaluasi pendidikan Mengetahui tujuan utama evaluasi pendidikan Memaparkan fungsi-fungsi evaluasi pendidikan Memaparkan prinsip-prinsip evaluasi pendidikan B. menurut beberapa ahli evaluasi adalah: . Kesejahteraan bangsa dibebankan pada generasi muda sebagai agen of change. evaluasi pendidikan merupakan salahsatu dari umpan balik yang harus diadakan. agar setiap kekurangan ataupun kegagalan pada kurikulum yang diajarkan bisa diperbaiki pada kurikulum yang akan datang. Rumusan Masalah Apa sebenarnya pengertian evaluasi pendidikan? Tujuan utama diadakannya evaluasi pendidikan? Fungsi evaluasi pendidikan? Apa saja Prinsip-prinsip evaluasi pendidikan? 3. peran penilaian dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting. Pengertian Evaluasi Kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran (John M. untuk itu dalam makalah ini akan membahas lebih lanjut tentang pengertian evaluasi tujuan dan fungsi evalasi pendidikan.A. menganalisa dan menginterpretasi informasi untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran. 2. Ruang lingkup pendidikan sangat luas. PEMBAHASAN 1. Kurikulum yang kurang tepat dengan mata pelajaran yang terlalu banyak dan tidak berfokus pada hal-hal yang seharusnya diberikan dan lain sebagainya. proses sampai hasil (output) yang diperoleh. Penilaian dalam proses pembelajaran merupakan suatu proses untuk mengumpulkan.

al 1971 mengungkapkan evaluasi adalah proses menggambarkan. Tujuan Evaluasi Pendidikan Tujuan evaluasi adalah untuk melihat dan mengetahui proses yang terjadi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat dimengerti bahwa sesungguhnya evaluasi adalah proses mengukur dan menilai terhadap suatu objek dengan menampilkan hubungan sebab akibat diantara faktor yang mempengaruhi objek tersebut. dan mana pula tahapan yang mengalami kendala dalam pelaksanaannya. Proses pembelajaran memiliki 3 hal penting yaitu. transformasi dan output. Input adalah peserta didik yang telah dinilai kemampuannya dan siap menjalani proses pembelajaran. 2. Apabila tujuan yang telah dirumuskan itu direncanakan untuk dicapai secara bertahap. melainkan merupakan kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana. y Rooijackers Ad mendefinisikan evaluasi sebagai ³setiap usaha atau proses dalam menentukan nilai´. Melalui Evaluasi pendidikan. dan terarah berdasarkan tujuan yang jelas. Evaluasi bukan sekadar menilai suatu aktivitas secara spontan dan insidental. Secara khusus evaluasi atau penilaian juga diartikan sebagai proses pemberian nilai berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan y Anne Anastasi (1978) mengartikan evaluasi sebagai ³a systematic process of determining the extent to which instructional objective are achieved by pupils´. Evaluasi dalam pendidikan formal merupakan faktor sangat penting untuk melihat perkembangan atau kemampuan serta keberhasilan secara keseluruhan peserta didik dalam proses belajar. tahapan manakah yang sudah dapat diselesaikan. sekolah dapat mengadakan penyempurnaaan terhadap program ± program pendidikan yang tidak berfungsi secara maksimal dalam menngkatkan kualitas peserta didik. maka dengan evaluasi yang berkesinambungan akan dapat dipantau. sistematik. sampai di manakah tujuan yang telah dirumuskan sudah dapat dilaksanakan. Evaluasi juga diartikan sebagai kegiatan atau proses untuk mengukur dan selanjutnya menilai. input. . Dari beberapa pendapat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa evaluasi pendidikan adalah proses memperoleh informasi berdasarkan fakta yang ada dan dilanjutkan ke prosess analisis sampai pada penenetuan keputusan. memperoleh dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan.y Stufflebeam et.

bila suatu kegiatan tidak berfungsi dengan baik. dan memperbaiki/menyempurnakan program kembali. Fungsi Evaluasi pendidikan Manfaat dan fungsi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. c) Penempatan. 3. sehingga dapat dicarikan solusinya. Agar evaluasi yang kita jalankan mendatangkan manfaat yang besar. fungsi selektif dan fungsi bimbingan serta fungsi instruksional. Menurut Anas Sudijono secara umum sebagai suatu tindakan atau proses evaluasi pendidikan memiliki tiga fungsi pokok. antara lain: a) Mengukur kemajuan program pendidikan. Secara didaktik. d) Pengukur keberhasilan Fungsi evaluasi Pendidikan. diantaranya adalah fungsi: a) Selektif. bagi peserta didik dapat mengenal kapasitas dan status dirinya dan bagi pendidik mengetahui kapasitas tetang hasil usahanya b. baik secara umum ataupun khusus. Secara psikologis. b) Diagnostik. Menemukan faktor ± faktor keberhasilan dan ketidakberhasilan dalam mengikuti program pendidikan. maka terlebih dahulu akan disampaikan fungsi dari evaluasi pendidikan. memberikan data. b. Menghimpun data sebagai bukti dan petunjuk terhadap tingkat kemampuan dan keberhasilan peserta didik mencapai tujuan ± tujuan kurikuler pada proses pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. Jika suatu kegiatan berfungsi dengan baik. Dan secara khusus evaluasi pendidikan berfungsi: a. evaluasi yang dilakukan juga memiliki banyak fungsi. Secara admnistratif. dan memberikan gambaran . bagi peserta didik dorongan perbaikan dan peningkatan prestasi dan bagi pendidik. fungsi diagnostik. Sejalan dengan tujuan evaluasi. memberikan laporan. b) Menunjang penyusunan rencana program pendidikan. maka diharapkan akan medatangkan manfaat yang besar. fungsi penempatan.a. menunjang penyusunan rencana program. maka kebermanfaatan yang akan diperolehpun akan berkurang. Sebaliknya. c. Tujuan Khusus: Memberikan rangsangan kepada peserta didik dalam melaksanakan program pendidikan. Tujuan Umum: Mengukur efektifitas pengajaran dan metode ± metode pengajaran yang telah diterapkan dan dilaksanakan oleh pendidik serta kegiatan belajar yang telah dilaksanakan peserta didik. Secara umum fungsi evaluasi pendidikan adalah untuk mengukur kemajuanprogram. c) Memperbaiki atau menyempurnakan kembali program pendidikan.

dan lainnya. Keterlibatan peserta didik. Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu. tapi kebutuhan mutlak. Pedagogis Perlu adanya tool penilai dari aspek pedagogis untuk melihat perubahan sikap dan perilaku sehingga pada akhirnya hasil evaluasi mampu menjadi motivator bagi diri siswa. e. f. . d. Evaluasi adalah proses. b.4. Evaluasi adalah seni. Evaluator tidak berwennag untuk memberikan rekomendasi terhadap keberlangsungan sebuah program. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pendidikan a. Akuntabel Hasil evaluasi haruslah menjadi aalat akuntabilitas atau bahan pertnggungjawaban bagi pihak yang berkepentingan seeprti orangtua siswa. h. Evaluator tidak terikat pada satu sekolah demikian pula sebaliknya. a. Evaluator hanya membantu memberikan alternatif. evaluasi sumatif dan evaluasi program. sekolah. i. hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi. c. Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembeljaran bagi masyrakat. Evaluasi akan mntap apabila dilkukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable. b. e. Evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif. materi pembelajaran dan metode pengjaran. Evaluasi sendiri memiliki beberapa prinsip dasar yaitu . Keterpaduan Evaluasi harus dilakukan dengan prinsip keterpaduan antara tujuan intrusional pengajaran. Koherensi Evaluasi harus berkaitan dengan materi pengajaran yang telah dipelajari dan sesuai dengan ranah kemampuan peserta didik yang hendak diukur. Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup. tidak ada evaluasi yang sempurna. karena keterlibatan peserta didik dalam evaluasi bukan alternatif. jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi. d. Prinsip ini merupakan suatu hal yang mutlak. c. g. meski dilkukan dengan metode yang berbeda. Penelitian evaluasi adalah tanggung jawab tim bukan perorangan.

Jakarta : Bumi Aksara.10) http://prince-mienu. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.html (online 30 januari 2012 20.com/2009/12/makalah-peranan-evaluasi-pembelajaran. 4. KESIMPULAN 1. dan Pengukur keberhasilan.00) http://studyng.html(online 30 januari 2012 21. Evaluasi pendidikan adalah proses memperoleh informasi berdasarkan fakta yang ada dan dilanjutkan ke prosess analisis sampai pada penenetuan keputusan. 3.00) Arikunto. keterlibatan peserta didik. C.com/2011/04/06/makalah-evaluasi-pendidikan/ (online 30 januari 2012 20. Selektif. D. Tujuan evaluasi pendidikan adalah mengukur efektifitas pengajaran dan metode ± metode pengajaran yang telah diterapkan dan dilaksanakan oleh pendidik serta kegiatan belajar yang telah dilaksanakan. pedagogis dan akuntabel. bukan terpaku pada angka soalan tes. Prinsip evaluasi pendidikan ada 5 yaitu keterpaduan.wordpress. koherensi.com/2011/06/makalah-evaluasi-pendidikan.j.com/2009/12/komponen-evaluasi-pendidikanmakalah. Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat. 2. Penempatan.blogspot. DAFTAR RUJUKAN http://mukhliscaniago.blogspot. http://sarkomkar. Diagnostik.05) .blogspot.html(online 30 januari 2012 21. Suharmini. 2006. Fungsi evaluasi pendidikan meliputi: .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful