You are on page 1of 2

Gangguan Pendengaran

Saat terjadi gangguan pendengaran, suara-suara keseharian mulai memudar. Pada kebanyakan orang prosesnya berjalan sedikit demi sedikit. Biasanya nada tinggi yg terlebih dulu memudar. Suara kicauan burung dipohon terdengar lama kelamaan menjadi kecil. Suara musik makin tidak jelas. Karena nada rendah biasanya terdengar lebih baik dari nada lainnya, bukan hal yg aneh jika seseorang sudah mulai mengalami gangguan dan masih mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan pendengarannya.

Bila kondisi pendengaran memburuk, suara yang diperlukan untuk memahami percakapan makin tidak jelas. Konsonan dengan frekwensi tinggi tidak lagi terdengar dan membuat makin sulit membedakan satu suara dengan suara yang lain. Pada kondisi ini, mungkin semakin terlihat bahwa anda dapat mendengar suara namun tidak selalu dapat memahami apa yang sedang dibicarakan, khususnya dalam suasana bising. Anda memerlukan volume yang lebih keras untuk melihat TV daripada sebelumnya. Orang lain seperti terlihat komat-kamit (bibirnya bergerakgerak seperti orang sedang bicara tetapi tidak terdengar suara), tetapi di lain waktu anda bisa mendengar dengan jelas. Tentunya dalam hal ini kita akan mengira orang lain yang berbicara tidak jelas, padahal kenyataannya pendengaran anda yang tidak mampu menangkap dengan baik. Karena orang lain tidak bisa melihat atau mengerti bahwa pendengaran anda tidak baik, kemungkinan mereka akan mengira anda kurang mau bergaul. Komentar "Dia hanya dapat mendengar dengan jelas bila sedang menginginkannya" adalah komplain yg umum didengar dari keluarga orang yang terganggu pendengarannya. Gangguan pendengaran yang terjadi secara bertahap tersebut sering membuat orang tidak memperhatikannya sampai gangguan tersebut mulai sangat mengganggu kehidupan kita. Bila gangguan pendengaran tersebut terjadi secara mendadak dan perbedaan yang terjadi sangat besar,

dimana kondisi gangguan pendengarannya ada unsur konduktif & sensorineural. Tipe ke tiga dari gangguan pendengaran disebut Mixed Hearing Loss (gangguan pendengaran campuran). Gangguan dengan tipe ini bisa disebabkan oleh berbagai hal namun kebanyakan disebabkan oleh kerusakan pada sel rambut didalam cochlea akibat penuaan. Namun yg pada umumnya terjadi adalah kebalikannya. atau rusak akibat suara yang terlalu keras. Banyak orang dengan gangguan pendengaran jenis ini dapat terbantu bila memakai alat bantu dengar. penyakit yang disebut dengan otosklerosis (yang menyebabkan rangkaian tulang-tulang pendengaran menjadi kaku dan tidak dapat bergetar) atau faktor keturunan. syaraf pendengaran atau sistim pendengaran pusat (sering disebut tuli syaraf). ini adalah istilah untuk menggambarkan adanya masalah pada telinga bagian dalam. namun bila tidak dapat maka alat bantu dengar biasanya dapat membantu mengatasinya. namun seringkali alat bantu dengar dapat membantu. .Kemungkinan penyebab bisa dari tertumpuknya earwax atau kotoran telinga. Secara medis gangguan pendengaran dibagi ke dalam 2 (dua) kategori pokok: Conductive hearing Loss. Masalah yang terjadi pada salah satu bagian pada system tersebutdapat menyebabkan hilangnya pendengaran. Jadi. telinga adalah sistem yang sangat kompleks.tentunya kita akan secepatnya mencari bantuan untuk mengetahui apa yang sedang anda alami. baik di cochlea. Sensorineural hearing loss. infeksi atau pertumbuhan telinga bagian luar. apa yang menyebabkan seseorang kehilangan pendengaran? Sebagaimana telah diterangkan di atas. Conductive hearing loss biasanya bisa disembuhkan secara medis. 90% gangguan pendengaran adalah tipe Sensorineural hearing loss & jarang yang bisa diatasi secara medis. adanya lubang pada gendang telinga. disebabkan oleh masalah yang terjadi pada telinga luar atau tengah dan berkaitan dengan masalah penghantaran suara.