BLOG

A. Apa itu Blog ? Blog merupakan singkatan dari web log, ayang merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. B. Kapan Blog mulai dikenal ? Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. C. Apa Fungsi Blog ? 1. Media Aktualisasi Diri 2. Personal Branding 3. Markas Besar Di Dunia Maya 4. Media Promosi 5. Mendapatkan Relasi Baru 6. Mendapatkan Penghasilan 7. Stress Release, Emotion Release (Tempat curhat) 8. Media Memberi, Media Sharing 9. Jurnal Catatan Kehidupan Anda 10. Mendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda Rasakan 11. Public Relation Yang Lebih Humanis D. Langkah-langkah membuat Blog Kali ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat blog pada salah satu blog yang sudah familiar di kalangan masyarakat, yakni blogger atau lebih dikenal dengan blogspot, selain caranya yang mudah, blog ini pun gratis. Yang harus disiapkan dan wajib sebelum membuat atau bikin blog di blogspot (blogger) adalah memiliki email terlebih dahulu, email ini nantinya digunakan untuk mendaftar pertama kali.

3

1. Buka www.blogger.com

2. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Pada langkah ini, ada 2 cara untuk membuat blog, yang pertama, dengan mengklik tombol berwarna jingga yang bertuliskan “Get started”, yang kedua dengan cara memasukkan alamat email serta password email Anda. Untuk kali ini, saya akan menggunakan cara yang kedua yaitu dengan memasukkan alamat email beserta passwordnya.

3

3. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Kemudian klik tombol biru yang bertuliskan “Ciptakan Blog Anda”. 4. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Isilah Judul Blog dan Alamat blog (URL) sesuai dengan keinginanmu, jika alamat blog menggunakan 2 kata atau lebih gunakan tanda ( – ). karena blogspot tidak bisa menggunakan spasi. contoh pengisiannya perhatikan gambar di atas terkadang alamat blog yang kita tulis sudah pakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berati tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudah dipakai orang lain atau belum Klik saja tombol “Cek Ketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka di bawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia, jika sudah maka klik tombol jingga yang bertuliskan “Lanjutkan”.

3

5. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Pilihlah salah satu template blog (tema blog) dengan cara mengkliknya, misalnya saya memilih jendela gambar. Kemudian klik tombol berwarna jingga yang bertuliskan “Lanjutkan”.

6. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Kemudian klik tombol berwarna jingga yang bertuliskan “Mulai Blogging”

3

7. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Ini berarti blog yang dibuat telah jadi, hanya saja belum tersedia postingan sama sekali, pada tab posting ini, kita dapat menerbitkan entri pada blog. 8. Ketikkan apa yang akan diterbitkan dalam blog, misalnya tentang mangrove.

Apabila kita ingin menyisipkan gambar pada postingan kita, kita dapat meng-klik pada picture (yang diberi lingkarang ungu).

3

9. Kemudian akan muncul seperti di bawah ini:

Kemudian klik “browse”

10. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Cari dimana letak gambar yang akan diposting, jika sudah klik “open”.

3

11. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Jika sudah muncul gambarnya, maka klik “Add selected”.

12. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

3

Atur letak gambar maupun postingan sesuai keinginan. Jika sudah selesai melakukan pengeditan, kemudian klik “terbitkan entri”, jika masih ragu kita bisa melihat bagaimana bentuk postingan kita dengan meng-klik “pratinjau”.

Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

3

13. Jika sudah yakin, maka klik “Terbitkan Entri”

14. Jika entri sudah berhasil di posting, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

3

15. Jika sudah, jika kita ingin melihat tampilan blognya maka kita klik “lihat entri”, maka akan muncul seperti tampilan di bawah ini:

Nah, sekarang blog sudah jadi dengan satu postingan. 16. Dan sekarang, www.ayolihatsini.blogspot.com (blog yang saya buat) hadir dengan tampilan sebagai berikut :

3