You are on page 1of 14

Dimas Hananto :Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terbadap

.

ANALISIS PENGARUHKARAKTERISTIKPERUSAHAAN TERHADAP LUAS VOLUNTARY DISCLOSURE LAPORAN TAHUNAN (Studi Empiris: Perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2004 s.d. 2007)

Dimas Hananto

ABSTRACT The aims of this research is to provide empirical evidence about the influence of.firm characteristics such as firm size, profitability, leverage, and stocks ownership by public to rate of voluntary disclosure. The sample of this research is firms annual report which is listed in Jakarta Islamic Index from 2004 through 2007. This research uses purposive sampling and pooled data (time series and cross section). Technique analyzing 0/ the data used panel data regression with random effect approach. The result of this research indicates that firm size (total asset), leverage, and stocks ownership by public does not have a significant effect to rate a/voluntary disclosure (p-value;a >5%). While profitability have positive and significant effect to rate of voluntary disclosure (p-value ;0. <5%). . Keywords: firm characteristics, data annual report, voluntary disclosure, pooling

/1/

solvabilitas. Pun Islam sebagai jalan hidup (way of life) memberikan perhatian bukan hanya perihal ibadah seperti sholat. Gunawan (2002). hal ini dilakukan untuk menarik pihak lain membeli saham perusahaan tersebut sehingga perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan kredibi1itas. yang laiu Islam sudah memberikan porsi perhatian kepada masalah keterbukaan dan transparansi informasi baik menyangkut kepentingan bagi orang banyak maupun diri sendiri selama keterbukaan tersebut memberi kannilai maslahat. puasa. dan haji tetapi juga memberikan perhatian terhadap masalah kejujuran informasi. Tetapi perhatikanlah kejujurannya dalam menyampaikan informasi dan menjalankan amanat. profitabilitas. Vol. Salah satu cara membangun kredibilitas adalah dengan informasi yang disampaikan melalui laporan tahunan perusahaan yang berupa mandatory dan voluntary information. DESEMBER 2009. leverage. Nairn dan Rakhman (2001). Dalam penelitian-penelitian sebelumnya sepertinya yang dilaku kan oleh Suripto (1998). "(AI Hadits) Agama Islam mengatur kehidupan manusia dengan ketentuan-ketentuan yang semestinya.JOURNAL OF ISLAMIC BUSINESS AND ECONOMICS. salah satu caranya dengan menerbitkan saham. misa1 investor. investor yang akan dan telah mena- . ukuran perusahaan. Perusahaan di era bisnis modem saat inijika ingin meningkatkan kapasitas produksi dan memperlancar 121 proses ekspansi pada umumnya membutuhkan tambahan modal bagi usahanya. RUMUSAN MASALAH Stakeholders memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terhadap laporan tahunan perusahaan. Dengan kata lain. Islam menganjurkan penyampaian informasi secara jujur dan proporsional. jangan pula kamu perhatikan banyaknya haji dan kesholihannya. Chow (2007) didapatkan bahwavoluntarydisclosuredipengaruhi oleh karakteristik perusahaan. Peneliti akan memfokuskan penelitian mengenai voluntary disclosure pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (HI). Keberadaan aturan itu semata-mata untuk menunjukkan jalan bagi manusia dalam memperoleh kemuliaan. 3 No. 2007). sejak lebih dari 1400 tahun. Mak (2003). Kemuliaan hanya bisa didapatkan dengan jalan melakukan kegiatan yang diridhoi Allah SWT (Sudarsono. Karakteristik perusahaan antara lain seperti umurperusahaan.2 PENDAHULUAN "Janganlah kamu memperhatikan banyaknya shalat dan puasanya. dan prosentase saham yang dimiliki oleh pub1ik.likuiditas komposisi struktur organisasi.struktur kepemilikan.

Selain itu. namkan modaInya dalam pasar modal membutuhkan informasi yang relevan. Namun perusahaan mempertimbang kan banyakhal dalam mengungkapkan informasi keuangan dan non-keuangan perusahaan mereka karena ada beberapa sisi perusahaan yang tidak bisa diungkap. profitabilitas. Agar transaksi dapat berjalan dengan prinsip keadilan dan kejujuran maka dibutuhkan informasi yang jujur. dan transparan dari perusahaan terutama kemampuan perusahaan menghasilkan laba. 2. dan proporsional pada kedua belah pihak yang melakukan transaksi tersebut dan informasi mengenai kondisi perusahaan baik dari aspek keuangan maupun nonkeuangan dapat diakses melalui salah satunya dengan laporan tahunan yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan yang bersangkutan. dan prosentase saham yang dimiliki oleh publik. 2. antara lain: I. kemampuan menghasilkan laba inilah yang menjadi penilaian para investor terhadap tingkat kestabilan keuangan perusahaan. Berdasarkan uraian latar belakang dan permasalahan tersebut maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: "Apakah karakieristik perusahaan berpengaruh pada luasnya pengungkapan sukarela informasi perusahaan? " LANDASAN TEORI Islammengaturtransaksi begitu pula dengan transaksi di pasar modal. Saham dipilih dengan nilai transaksi rata-rata tertinggi harian {3/ . wajar. Karakteristik perusahaan diukur dari beberapa hal seperti umur perusahaan. solvabilitas. Penelitianpenelitian sebelumnya mendapatkan hasil bahwa karakteristik perusahaan memiliki pengaruh yang cukup signi fikan terhadap luas voluntary disclosure. Dewan Syariah Nasional CDSN) MUI memberikan kriteria bagi indeks yang berbasis syariah antara lain (dalamhal ini khusus kepada JII): I. ukuran perusahaan. 3.Dimas Hananfo :Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadllp . DSN juga mengatur persyaratan dalam masuk ke Jakarta Islamic Index.. Kapitalisasi pasar JII menggunakan kapitalisasi pasar harlan rata-rata selama satu tahun. struktur kepemilikan. Artinya dengan melihat karakteristik perusahaan. sesungguh nya dapat diprediksi seberapa luasnya informasi sukarela yang diungkapkan oleh perusahaan tersebut. Pertimbangan tersebut dipengaruhi oleh karakterisitik perusa haan tersebut. Saham dipilih denganjumlah kapitalisasi tertinggi sejumlah 60 saham. Listing di JII selama 3 bulan berturut-turut. dipercaya. leverage. likuiditas. Perdagangan pasar di bursa meng gunakan rata-rata harian perdagan gan regular saham di bursa selama satu tahun. komposisi struktur organisasi. kecuali yang termasuk 10 kapitalisasi besar.

JOURNAL Of ISLAMIC BUSINESS AND ECONOMICS. aktiva cenderung memiliki kestabilan lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan dan kapitalisasi pasar. Pengungkapan berkaitan dengan laporankeuangan utama dan tidak berkaitan dengan laporan keuangan. Val. dan kapitalisasi pasar. Dalam fatwa DSN-MUI. emiten boleh 141 Pengungkapan Sukarela (Voluntary Disclosure) Pengungkapan dapat diartikan sebagai penyampaian informasi. Perusahaan yang memiliki return yang tinggi cenderung lebih terbuka dalam menyampaikan informasi perusahaan dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki return lebih keeil. Profitabilltas Profitabilitas merupakan indi kator kinerja yang dilakukan manaje men dalam mengelola kekayaan peru sahaan yang ditunjukkan oleh laba yang dihasilkan. memiliki kewajiban namun tidak boleh lebih dari 90% dari total aktiva.2 sejumlah 30 saham. atau kecil. medium. 3 No. Memilih saham berdasar laporan keuangan tahunan dengan rasio kewajiban terhadap aktiva maksi mal 90 %. DESEMBER 2009. 5. Ukuran Perusahaan Ukuran perusahaan adalah suatu skala dimana perusahaan dapat diklasifikasikan besar. Prosentase kepemilikan saham oleh publik Salah satu eiri perusahaan yang terdaftar dalam bursa efek atau pasar modal adalah perusahaan tersebut sudah melakukan proses Initial Public Offering (IPO) yaitu menjual sebagian sahamnya kepada masyarakat umum agar masyarakat juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam perusahaan tersebut dalam bentuk investasi atau penanaman modal. penjualan. Besar ukuran perusahaan dapat dinyatakan dalam total aktiva. Leverage Leverage merupakan pengukur besarnya aktiva yang dibiayai dengan dana pihak ketiga atau hutang. Semakin besar struktur modal yang dibiayai daripihakluarmakaperusahaan memiliki tanggung jawab untuk meng ungkapkan informasi kinerja perusaha an seeara lebih luas. Dari ketiga variabel ini. Evaluasi terhadap komponen indeks setiap enam bulan sekali. Beberapa hal yang perIu untuk diperhatikan . Dengan penjelasan seperti disampaikan diatas semakin banyak saham yang dijual kepada publik akan semakin menuntut perusa haan untuk dapat mengungkapkan informasi perusahaan secara lebih luas dibandingkan perusahaan yang sahamuya sebagian besar dimiliki oleh perusahaan tersebut. 4.

yaitu pengungkapan minimum yang disya ratkan oleh standar akuntansi yang berlaku.co. 2001). Ada dua jenis pengungkapan yang disyaratkan oleh pengelola pasar modal dalam hal ini Bapepam LK. /5/ . meningkatkan akurasi ekspektasi pasar. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (ANTM) 2. Adapun kriteria perusahaan yang akan diteliti adalah perusahaan yang secara konsisten terdaftar di HI dalam rentang waktu tahun 2004 s.. dalampengungkapanlaporankeuangan antara lain (1) untuk. METODOLOGI Penentuan Sampel dan ukurannya Metoda pemilihan sampel adalah dengan purposive sampling artinya penentuan sampel memper timbangkan kriteria-kriteria tertentu yang telah dibuat terhadap obyek yang sesuai dengan tujuan penelitian dalam hal ini penelitian dilakukan pada perusahaan yang terdaftar pada HI. Lang dan LudhoIm (1996) juga menyatakan bahwa pengungkapan yang lebih luas akan menarik lebih banyak analis. BUM! Resources Tbk. Keterbukaan dan transparansi merupakan prinsip yang sangat mendasar bagi perusahaan yang menyampaikan informasi keuangannya kepada publik. pengungkapan sukarela yang Iebih luas akan meningkatkan kredibilitas perusahaan.id dan situs resmi perusahaan yang diteliti. pengungkapan wajib (enforced/mandated disclosure). Dari data didapatkan 10 perusahaan yang bersesuaian dengan aspek -aspek yang telah ditentukan. International Nickel Ind. fair.d. 2001). 2007. tanpa tahun). dan full disclosure (Hendriksen. Pengungkapan sukarela dapat membantu investor dalam memahami strategi bisnis perusahaan. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah: 1. (INTP) 4.idx. (BUM!) 3. Aspek konsistensi dipilih karena pertim bangan untuk tujuan mengolah data sedangkan rentang waktu tahun 2004 s. Kedua. menurunkan ketidaksimetrisan pasar dan menurunkan kejutan pasar (Hanafi.Dimas Hananfo :Analisis Pengaruh Karakferistik Perusahulln Terhadllp . Pertama. Tiga konsep dalam pengungkapan pada umumnya ada tiga hal yaitu adequate. siapa informasi itu diungkapkan? (2) apa tujuan informasi itu diungkapkan? (3) berapa banyak informasi yang perlu untuk diungkapkan? (Hendriksen. pengungkapan suka rela (voluntary disclosure) yaitu peng ungkapan yang dilakukan secara suka rela tanpa diharuskan oleh peraturan yang berlaku bagi perusahaan publik. Tbk. Aneka Tambang Persero Tbk.d. 2007 dipilih karena keterbatasan peneliti dalam mengakses data terutama data laporan tahunan perusaha perusahaan-perusahaan yang diterbit kan oleh situs resmi www.

Sedangkan time series dalam penelitian ini sebanyak 4 peri ode yaitu dari tahun 2004 sampai 2007. (UNVR) 9. Semen Cibinong/Holcim (SMCB) Model Ekonometrika Model ekonometrika atau persamaan yang menunjukkan hubungan antar variabel yaitu: INDEKSit= ao+ ~lSIZEit+~2PROFITit+1 fhLEVit+~4STOCKSit+ ei! Ket erangate INDEKS = Indeks luas voluntary disclosure perusahaan i dalam waktu t SIZE ukuran perusahaan i pada saat waktu t PROFIT = profitabilitas perusahaan i pada saat waktu t LEV = leverage perusahaan i pada saat waktu t STOCKS = saham yang dimiliki pihak diluar perusahaan i pada saat waktu t a = konstanta e = error terlebih dahulu adalah masalah karakteristik data yang digunakan. DESEMBER 2009. Uji Hausman merupakan salah satu bentuk chi-square test dan dilakukan berdasarkan bentuk kuadrat dan selisih antara konsisten estimator dengan efisien estimator. Tambang Batubara Bukit Asam Tbk.2 (INCO) 5. Telekomunilcasi Indonesia Tbk.JOURNAL OF ISLAMIC BUSINESS AND ECONOMICS. (PTBA) 6. (KLBF) 10. Crosssectiondalampenelitianiniadalah sepuluh perusahaan yang terdaftar pada JII. Syarat uji ini adalah jumlah data cross section harus lebih besar dibandingkan time series. Kalbe Fanna Tbk. (TLKM) 7. Unilever Indonesia Tbk.Untuk penelitian ini data yang dibutuhkan adalah data antar waktu (time series) dan data antar perusahaan (cross section) secara bersamaan. Uji Hausman menggunakan hipotesis sebagai berikut: HO: ada gangguan antar individu --> metode random effects HI: tidak ada gangguan antar indi vidu --> metode fixed effects Kesimpulan: HO ditolak jika chi-squarehitung < chi-squaretabel atau Teknik Analisis Data Dalam memakai metode ekonometrika untuk mengestimasi suatu model maka yang harus diketahui 16/ . (UNTR) 8. Vol. 3 No. Maka pengamatan yang didapatkan sebanyak 40buah. United Tractors Tbk. Uji Hausman diperlukan untuk mengetahui pendekatan apa yang paling sesuai bagi penelitian ini sehingga data yang sudah dikumpul kan dapat diregresi dengan metode tertentu. Estimasi yang dilak:ukan dengan menyatukan kedua macam data tersebut disebut dengan data pooling atau data panel.

•. apabila p-value lebih tinggi daripada tingkat signifikansi yang dipilih artinya tidak berhasil menolak HO.. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini seperti yang telah dipa 17/ . hal ini terlihat dari tabel diatas bahwa hipotesis awal (HO) diterima karena p-value nya lebih besar dari tingkat a 5% selain itu dikarenakan pendekatan im memiliki tingkat realitas yang lebih baik dibandingkan dengan regresi data panel biasa! pooled least square dan memenuhi syarat bahwa jumlah cross section lebih banyak daripada koefisien.f.. pendekatan Tabe13. Penelitian ini menguji p-value tersebut dengan menggunakanregresidatapaneldengan pendekatan random effect.Hausman Test Pool: EQI Test cross-section random effects Chi-Sq...1 Tabel Uii Hausman Correlated Random Effects . Uji Hipotesis Dalam penelitian ini dilakukan pengujian terhadap 4 buah hipotesis. Data kemudian diolah dengan bantuan program Microsoft Excel versi 2007.. Uji Hausman berikut ini diolah dengan program Eviews 6.Dimas Hananto :Analisis Pengaruh Karakteristik Perusohaan Terhadop . d.632962 4 yang digunakan adalah pendekatan random effect. ANALISIS DAN PEMBAHASAN Deskripsi statistik data penelitian Berikut ini akan dipaparkan terlebih dahulu deskripsi statistik data terhadap seluruh variabel pene1itian yang digunakan di dalam model ekonometrika... Penelitian ini menggunakan level signifikansi 95%. Uji Hipotesis Dalam penelitian ini dilakukan pengujian terhadap 4 buah hipotesis.•. Cross-section random 6..•• p-value < Ct 5% Berikut ini adalah tabel uji hausman yang digunakan untuk mengetahui pendekatan yang akan digunakan. Dalam penelitian ini. Test Summary Statistic Chi-Sq.

Pada umumnya perusahaan yang terdaftar di HI 2004 s. antara lain: a.13 82.JOURNAL OF ISLAMIC BUSINESS AND ECONOMICS. Hal ini tidak konsisten dengan penelitian 18/ .108673 0.O. Pengujian Hipotesis 1 Tabel 4.07 0. 2007 juga terdaf- . Suripto (1998). sebelumnya yang dilakukan oleh Cooke (1989).15 STOCKS -0.46 0.185211 (positif) dan probability value sebesar 0.77E-06 .Perusahaan dengan total aset kecil yang terdaftar di TIl masih tergolong mampu untuk menyediakan laporan tahunan yang cukup lengkap baik laporan wajib maupun sukarela.05 (signifikan).05 (tidak signifikan) parkan pada bab sebelumnya adalah dengan pendekatan random effect. dan Gunawan (2002) tetapi konsisten dengan penelitian yang dilakukan Sudarmadji dan Sularto (2007). 1. Error 1. Hal ini menunjukkan bahwa hasil t-test tidak berhasil menerima Ha. Uji hipotesis berikut ini diolah dengan program Eviews 4. Deviasi Maximum Minimum Median Average Indeks VD 0.16928 0. .O.02 0.O.25 0. 2 Tabe1 4.559.05 (tidak signifikan) lihat bahwa variable total asset memiliki nilai t-statistik 1.17 LEV 1. SIZE 19. jika p:S.Ol(sangat signifikan). Hal ill berdasar pada hasil uji hipotesis 1 dengan data panel.059.2439 un t-test Std. jika p:S.765364 8..57 1.14 0. terUntuk Bipotesis 1 t-Statistic 1.62 -0.05(signifikan). 2007.O. Dari hasil pengujian diatas.73 0.34 PROFIT 0.. Vol.1 Deskripsi Statistik Data Std.30 Hipotesis 1: Ukuran perusahaan mempengaruhi secara positifluas pengungkapan sukarela pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2004 s.00 2.145974433 0. Total aset tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan sukarela laporan tahunan bisa disebabkan karena oleh beberapa hal.Ol(sangat signifikan). DESEMBER 2009. 3 Nil. jika p>O. b.20 15.39 0. Besamya nilai total aset tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan sukarela laporan tahunan perusa haan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index.457..l atau dapat dikatakan bahwa total asset tidak berpengaruh terhadap luas peng ungkapan sukarela laporan tahunan perusahaan.09 0.367.25 8.2439.d.1. 0.26 0. jika p>O.49E-06 Jika p:S.185211 Prob.d.71 0.354.2 Basil Variable SIZE? Coefficient 1.44 Jika p:::.

2.175587 (positif) dan probability value sebesar 0. dengan terbukanya informasi bukan hanya tentang keuangan namun juga terkait dengan strategi. jika p:::. Hal inikonsisten dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan olehNaimdanRakhman(2001). Dengan tingginya iklim tersebut membuat perusahaan pada umumnya berlomba untuk lebih informatif. 2007. 2007.O. good governance dan sebagainya akan semakin meningkatkan kepercayaan dan ekspektasi atau harapan para investor maupun pemegang pancang (stakeholders) lainnya.3 Basil Uii t-test Untuk Hipotesis 2 Variable Coefficient 0.Ol (sangat signifikan).0364. ditandai denganjumlah perusahaan yang terdaftar lebih besar dati jumlah perusahaan yang terdaftar di m.175587 Prob.0364 PROFIT? Jika p:::.Dimas Hananto :Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap . tar di pasar modal yang tidak berbasis syariah (pasar modal konvensional) dan ildim kompetisi di pasar modal konvensional cukup tinggi.05 (signifikan). Pengujian Hipotesis 2 Hipotesis 2: Profitabilitas perusahaan mempengaruhi secara positifluas pengungkapan sukarela pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2004 s. jika p>O. Error 0.A1asan profitabilitas berpengaruh positif terhadap luas pengungkapan sukarela laporan tahunan karena profitabilitas yang besar adalah nilai tambah bagi sebuah perusahaan sehingga akan meningkatkan daya tarik bagi investor maupun calon investor untuk terus menanamkan modalnya.. 3.05 (tidak signifikan) terlihat bahwa variable profitabilitas . Dati hasil pengujian diatas. Berdasar pengujian hipotesis 2 ditemukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap luas pengungkapansukarelalaporantahunan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index.d. 0. Tabe14.106318 t-Statistic 2.memiliki nilai t-statistik 2. Dari hasil pengujian diatas.231305 Std. Pengujian Hipotesis 3 Hipotesis 3: Leverage perusahaan mempengaruhi secara positif luas pengungkapan sukarela pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2004 s.O. Hal ini menunjukkan bahwa hasil t-test menerima H2 atau dapat dikatakan bahwa tingkat kemampuan menghasilkan laba atau profitablitas berpengaruh positif signifikanterhadap luas pengungkapan sukarela laporan tahunan perusahaan.d. /9/ .

2610.2928. DESEMBER 2009. hal ini juga berlawanan denganteorikeagenanyangmenyatakan bahwa semakin tinggi nilai leverage suatu perusahaan maka informasi yang diungkapkan perusahaan juga semakin luas. Hal ini menunjukkan bahwa hasil t-test tidak berhasil menerima H3 atau dapat dikatakan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan sukarela laporan tahunan perusahaan.Ol (sangat signifikan).2003). Suripto (1998).068048 Prob. Error 0.O.4 HasH Uii t-test Untuk Hipotesis 3 Variable LEV? Coefficient -0. Leverage perusahaan tidak berpengaruh positif terhadap luas pengungkapan sukarela. Vol. Marwata memberikan alasan bahwa perusahaan mempunyai mekanisme lain untuk mengurangi biaya keagenan selain dari pengungkapan informasi melalui laporan tahunan (prasetyo.d. Pengujian Hipotesis 4 Hipotesis 4: Prosentase saham perusahaan yang dimiliki publik mempengaruhi secara positif luas pengungkapan sukarela pada perusa haan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2004 s.JOURNAL OF ISLAMIC BUSINESS AND ECONOMICS.010138 Std.O. 4. jika p:::. jika p>O. 0. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh Karpik dan Belkaoui (1998) mengenai earning management yang menyebutkan bahwa semakin tinggi tingkatleveragesemakinbesar kemungkinan akan melanggar perjanjian kredit sehingga perusahaan akan berusaha untuk melaporkan lab a sekarang lebih tinggi. hal ini bisa disebabkankecenderungan perusahaan untuk menyembunyikan hal-hal tertentu kepada pihak ketiga yang memberikan pinjaman atauhutang. 2007.05 (tidak signifikan) terlihat bahwa variable leverage memiliki nilai t-statistik -1.068048 (negatit) dan probability value sebesar 0. Hal ini menun jukkan bahwa hasil t-test tidak berhasil menerima H4 atau dapat dikatakan bahwa prosentase saham yang dimiliki oleh publik tidak .009492 t-Statistic -1. terlihat bahwa variable saham yang dimiliki publik memiliki nilai t-statistik 1. 3 No. Hasil ini penelitian ini konsisten dengan penelitian yang dilakukan oleh Susanto (2004). dan Marwata (2000). Dari hasil pengujian diatas.2 Tabe14.2928 Jika p:::.05 (signifikan).142496 (positit) dan probabilityvalue sebesar 0. Marwata (2000) menjelaskan bahwa terdapat arah hubungan yang berlawanan dari yang diprediksikan antara /10/ leverage dengan luas pengungkapan sukarela.

KESIMPULAN Berdasarkan tabel analisis data dan pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa probability value variabel independen antara lain SIZE.199948 Std. dan Sudarmadji dan Sularto(2007) yang tidak menemukan hubungan yang signifikan antara prosentase saham yang dmiliki oleh publik dengan luas pengungkapan sukarela laporan tahunan perusahaan. Error 0. jika p~O.05 (signi£kan). Sedangkan probability value PROFIT dibawah a 0.Dimas Hananto :Analisis Pengllruh Karllkteristik Perusllhalln Terhadllp . Halinikonsisten dengan penelitian yang dilakukan Adhikari (1992). Nairn dan Rakhman (2001)..05 yang artinya perubahan nilai pada variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap variabel dependennya. dapat dikatakan kepemilikan ini tidak terlalu signifikan sehingga perilaku manajemen dalam mengungkapkan informasi sukarela bagi stakeholders khususnya pemegang saham tidak terlalu dipenga ruhi oleh hubungan hubungan antara manajemen dengan pemegang saham. 0.5 Basil Uji t-test Untuk Hipotesis 4 Variable STOCKS? Coefficient 0. LEY. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa karakterstik perusahaan yang terdiri dari ukuran -perusahaan. Bernard (1995). jika p>O.142496 Prob. hal ini ditemukan melalui deskripsi statistik data bahwa rerata kepemilikan saham oleh publik sebesar 30%. Tidak ditemukannya hubungan yang signifikan tersebut mungkin dapat juga disebabkan karena komposisi kepemilikan saham oleh publik tidak lebih dari 50%. dan prosentase saham yang dimiliki publik tidak mempengaruhi secara signifikan luas pengungkapan /11/ .2610 Jika p~O.Ol (sangat signifikan).175010 t-Statistic 1. Tabe14. leverage. dan STOCKS lebih besar dari a 0.05 (tidak signifikan) berpengaruh terhadap luas pengungkapan sukarela laporan tahunan perusahaan. Prosentase saham yang dimiliki oleh publik tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan sukarela laporan tahunan karena era bisnis modem sekarang yang menuntut transparansi dan akuntabilitas perusahaan sangat mempengaruhi kompetisi perusahaan dalam memberikan laporan terbaik dan terlengkap bagi para pemegang saham agar dapat memberikan keyakinan dan harapan yang tinggi kepada para pemegangsaham.05 maupun a 0.1 artinya perubahan pada variabelvariabel tersebut tidak mempengaruhi variabel dependennya.

Harapan peneliti. Vol. Menambah jumlah sampel perusahaan dengan memperluas populasi ke negara-negara lain di Iuar Indonesia. dan L. L. transaksi Islami. Disclosure level and the cost of equity capital. 2006. 2005.d. dan perilaku dari pelaku-pelaku ekonomi di dalam lingkup tersebut. C. maupun masyarakat mengenai dunia pasar modal Islami. A. Pedoman penyajian dan pengungkapan laporan keuanganemiten atau perusahaan publik. pp. 1997. Yogyakarta: Skripsi Program Swadaya FE UGM. untuk memperkaya variabel karakteristik perusahaan.323-349. b. 3 No. The Accounting Review. D. praktisi. Botosan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian penyajian laporan keuangan pada perusahaan yang terdaftar di BEJ.JOURNAL OF ISLAMIC BUSINESS AND ECONOMICS. c. Saran dan Implikasi Penelitian Berikut ini dipaparkan saransaran untuk pengemhangan penelitian serupa mengenai hubungan karakteris tik perusahaan dengan luas voluntary disclosure: a. S. Universitas Trisakti. Setiady. Vol 72. DESEMBER 2009. Faktor-aktor yang mempengaruhi Iuas pengungkapan laporan tahunan. 2002. No. /12/ .2 sukarela Iaporan tahunan perusahaan yang terdaftar di ill tahun 2004 s. 2007 namun karakteristik perusahaan yang lain yaitu profitabilitas perusahaan mempengaruhi secara signifikan dan memiliki arah positif terhadap Iuas pengungkapan sukarela Iaporan tahunan perusahaan.3. penelitianpenelitian mengenai luas pengungkapan sukarela dapat dikembangkan sehingga banyak referensi tambahan bagi para akademisi. Memperpanjang runtun waktu perusahaan yang dite1iti. July. Jakarta: Proceeding Seminar Nasional Good Corporate Governance. Perlunya penggunaan variabel independen selain empat variabel yang digunakan pada panelitian ini DAFTAR PUSTAKA Almilia. Andrian.. Bapepam. Studi empiris pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEJ.

Gujarati. Rosmasita. 2001. B.. Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Tujuan. Fatwa No:40/DSN-MUIIX/2003. Harahap. Simposium Nasional Akuntansi VITI. K. Prasetyo. E.S. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur di BEJ. 2005. 2008. M. Hendriksen. 2003. New York: McGraw-Hill. Michael F. Hubungan Antara GCG dan Struktur Kepemilikan dengan Kinerja Keuangan (Studi kasus pada perusahaan yang listing di BEJ). dan Tingkat Kepentingan Pengguna Informasi Akuntansi Syariah. S. Pengaruh Luas Ungkapan Sukarela dan Asimetri Informasi terhadap Cost of Equity Capital pada Perusahaan Publik di Indonesia. W. Yogyakarta: Skripsi FEB UGM. 2008. Accounting Theory. Unika Soegijapranata. Yogyakarta: Skripsi FE UGM.S. New York: McGraw- Hanafi. H. 2001. (tanpa tahun). Hill. Putri. Jakarta: Pustaka Quantum. Yogyakarta: Skripsi FE UII. Murni. Hastuti. Undang-Undang Nomor 8 tahun 1995. 4th Edition. 2007. D. Pasar Modal. 2003. Yogyakarta: Skripsi FEB UGM. 2003. 113/ . Pasar modal dan pedoman umum penerapan prinsip syariah di bidang pasar modal. Analisis Pengaruh Struktur Modal terhadap Kinerja Bank Syariah: Perspektif Agency Theory. S. H. Basic Econometrics.Dimlls Hllnllnto :Anillisis Pengllruh Kurllkteristik Perusahaan Terhadap . PhD. Menuju Perumusan Teori Akuntansi Islam. DSN MUI. dan van Breda. Simposium NasionalAkuntansi VI. T. Studi Empiris Laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di BEJ tahun 2001. Prasetyo.N. Ethical Screening pada Jakarta Islamic Index (ill): Antara Strategi Bisnis dan Bisnis Strategi. Republik Indonesia. Karakteristik. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap kualitas ungkapan sukarela dalam laporan tahunan. D.

Pengaruh Struktur Kepemilikan. Sudarsono.2 Sanjoyo. Pasar Modal Indonesia dan Prinsip Syariah Islam. Bandung: Laporan penelitian. Modul Analisis Data Panel. profitabilitas. Yogyakarta: Ekonosia UII. Yogyakarta: Program D3 FEB UGM. Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran. Sudarmadji. H. dkk. 2007. leverage. DESEMBER 2009. Jakarta: Proceeding PESAT. Konsep Ekonomi Islam. Universitas Gunadarma.JOURNAL OF ISLAMIC BUSINESS AND ECONOMICS. 1141 . 2007. 2007. dan tipe kepemilikan perusahaan terhadap luas voluntary disclosure laporan keuangan tahunan. Lana. Karakteristik Perusahaan dan Karakteristik Tata Kelola Korporasi Terhadap Kinerja Perusahaan: Studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. dan Sularto. 3 No.. 2008. A. M. Setiawan. Suatu Pengantar. Pengaruh ukuran perusahaan. Vol. Maman. 2006. Tim PT Danareksa Persero.