*ö*V

-

BUDAYA BAH ARI
Djoko Pramono GM 213-05.00L Desain Sampul: Sofnir Ali Setting: Fitri Yuniar Copyright © 2005, Djoko Pramono Diterbitkan pertama kali oleh Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jl. Palmerah Barat 33-37, Jakarta 10270 Anggota IKAPI, Jakarta 2005. Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari Penerbit.

Bahan dengan hak cipta

Dicetak oleh Percetakan PT SUN, Jakarta Isi di luar tanggung jawab Percetakan

Bahan dengan hak cipta

.....ix 64 85 10 11 11 11 Gamba r 5 Gamba r 6 SEBUAH MERIAM UNTUK SANG MENANTU..DAFTAR TABEL DAN Q AM BAR TABEL DAFTAR TABEL DAN DAFTAR BOKS....41 Tab 1 Beberapa Peperangan Laut di Tab 2 Kapal Karam di Wilayah Periode Tahun 1500 -1800 Tab 3G Volume Perdagangan Laut Abad XV-XVII AMBA Tab 4 Kegiatan Pelayaran Kapal R Periode 1774-1777 Tab 5Gamba dan Volume Kapal Ukuran Awak1Kapal Periode 1774 -1777 r Tab 6Gamba Komoditas Pertanian Ekspor Periode 1200-1700 r 2 Gamba r 3 Q AM BAR.. . .....69 Gambar 7 ix Bahan dengan hak cipta .xi Gambar Saksi 4 Bisu Lautan di Borobudur ...

.xi Saksi Bisu Lautan di Borobudur...............69 Pramono yang telah memberikan sumbangsihnya dalam mewujudkan buku BUDAYA BAHARl ini............................ Saya yakin buku ini akan bermanfaat bagi perkembangan kebaharian di tanah air...................41 SEBUAH MERIAM UNTUK SANG MENANTU.........................................................DAFTAR BOKS DAFTAR TABEL DAN Q AM BAR. khususnya xi Bahan dengan hak cipta ...................................ix DAFTAR BOKS........

xii Bahan dengan hak cipta .bagi generasi muda. sehingga pepatah ’Nenek moyangku orang pelaut” benar-benar menjiwai kehidupan setiap anak bangsa Indonesia. Terima kasih.

Mereka sejak ribuan tahun sebelum Masehi ternyata sudah mampu mengarungi d uni a sampai ke 4 Bahan dengan hak cipta . 17 Desember 2004 Menteri Kelautan dan Perikanan DJOKO PRAMONO Freddy Numberi ditemukan di wilayah Madagaskar. ternyata jejak kebudayaan prasejarah bercirikan bahari Nusantara juga telah ditemukan di kawasan Austronesia. Jejak kebudayaan prasejarah Nusantara selain berwujud perahu cadik juga berupa rumpun bahasa Austronesia yang telah dipengaruhi sangat kuat oleh bahasa Nusantara. Bukti ini menunjukkan dengan jelas bahwa nenek moyang bangsa Indonesia pada masa itu ternyata telah dapat membangun kapal-kapal layar yang mampu mengarungi lautan sejauh kurang lebih 6. Paralel dengan bukti sejarah di atas. Berbagai temuan bukti dan fakta masa prasejarah Indonesia di atas dapat memberikan pemahaman pada kita bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah asli bangsa pelaut atau pengembara.Jakarta.500 km yang merentang dari wilayah Nusantara sampai ke Madagaskar. Pengaruh bahasa Nusantara ini ternyata ditemukan lebih dominan bila dibandingkan dengan pengaruh rumpun bahasa Indochina dan Vunan.

DJOKO PRAMONO 5 Bahan dengan hak cipta . tercatat yang paling mempunyai dasar dan bercirikan kemaritiman yang kuat adalah Kerajaan Sriwijaya (683 sampai 1030) dan Kerajaan Majapahit (1293 sampai 1478). Pada catatan perkembangan sejarah peradaban kebudayaan Nusantara selanjutnya ditemukan berbagai kerajaan yang pernah berdiri di wilayah Nusantara yang pada umumnya juga memiliki dasar nilai-nilai kebudayaan kebaharian. sebagai sarana untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan kepentingan antarbangsa. Yaitu. diceritakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia telah memahami dan menghayati arti dan kegunaan laut.kawasan-kawasan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik sebagai pelaut-pelaut ulung yang kebudayaannya masih dapat dilacak sampai saat ini. Dalam catatan sejarah kebudayaan kemudian. seperti halnya untuk perdagangan dan transportasi dan komunikasi dengan bangsa-bangsa yang menjadi tetangganya. Dari kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri di wilayah Nusantara tadi.

Pada tahun 1998. Secara berkesinambungan. u dara. dasar laut dan tanah yang ada di ba. pada tahun 1982 gagasan mengenai "Negara Nusantara' tadi berhasil mendapatkan pengakuan secara internasional.den Soekarno telah mendeklarasikan Wawasan Nusantara (oleh Perdana Menteri Juanda). Presiden BJ. pada masa pemerintahan Presiden Soeharto telah dilaksanakan perjuangan diplomatis yang sangat gencar serta berkelanjutan. Alhasil. Habibie kembal i mendeklarasikan visi pembangunan kelautan bangsa Indonesia dalam sebuah ” Deklarasi Bunaken'. tepatnya dalam forum konvensi PBB tentang hukum laut tahun 1982 ( UNCLOS '82). untuk memperoleh pengakuan dari dunia internasional tentang konsep ” Negara Nusantara". serta berlaku efektif sebagai hukum internasional positif sejak 16 November 1984. Wawasan Nusantara memandang wilayah laut merupakan satu keutuhan dengan wilayah darat. serta seluruh kekayaan yang terkandung di dalamnya yang tidak bisa dipisah-pisahkan. tanta8 Bahan dengan hak cipta DJOKO PRAMONO . Inti Wawasan Nusantara tadi adalah wawasan kebangsaan bangsa Indonesia yang mengetengahkan dite.guhkannya asas ’’Negara Nusantara” (arebipelagie state). baik di forum internasional maupun regional. perjuangan untuk mengembangkan kebaharian Nusantara terus dilakukan. Inti deklarasi tersebut adalah pemahaman bahwa laut merupakan peluang.wahnya. Kemudian dalam perkembangan selanjutnya.

dan harapan untuk masa depan persatuan.ngan. dan pembangunan bangsa Indonesia. Komitmen pembangunan di bidang maritim makin menampakkan harapan yang cerah dengan dibentuknya Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) dan dikembangkannya Dewan Kelautan Nasional (DKN) menjadi Dewan Maritim Indonesia (DMI). DJOKO PRAMONO 9 Bahan dengan hak cipta . kesatuan. Terutama ditandai oleh Presiden Abdurrahman Wahid yang menyatakan komitmennya terhadap ” Pembangunan Kelautan' di Indonesia. Perkembangan budaya bahari Nusantara selanjutnya terjadi pada tahun 1999.

pada tataran global arus meningkatnya tuntutan terhadap kesejahteraan dan pemenuhan kepentingan ekonom i ma. dan yang lebih penting dapat memosisikan diri agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. telekomunikasi. seperti masalah keamanan dalam negeri ( terorism) dan kasuskasus pencemaran lingkungan laut. ataupun membendungnya.losok wilayah dunia. Indonesia tidak mungkin menutup diri. telekomunikasi. Sebagai Negara dan Bangsa Bahari. Akan tetapi. dan adat istiadat di antara bangsa-bangsa di planet bumi ini. dan pariwisata bahari khususnya. merupakan faktor yang dapar melemahkan pariwisata Indonesia. justru harus terus terlibat secara proaktif. dalam rangka menyikapi proses globalisasi seperti tadi. Melalui transportasi. Kebanyakan di antara mereka telah membentuk 12 Bahan dengan hak cipta DJOKO PRAMONO . arus globalisasi akan semakin deras tersebar ke seluruh pe. menahan. ide. dan pariwisata bahari seperti dikemukakan di atas akan memudahkan terjadinya proses interaksi dan pertukaran tata nilai.nusia telah dengan cepat mengubah tatanan dunia yang semula bersilat bipolar menjadi multipolar. Sementara itu. khususnya di bidang pariwisata bahari. Kelompok-kelompok negara yang mempunyai kepentingan sama telah saling menjalin kerja sama di bidang politik dan perdagangan. Interaksi antarbangsa melalui sarana transportasi.dan penurunan citra pariwisata Indonesia yang marak belakangan ini.

Eropa Barat.blok-blok kerja sama ekonom i dan perdagangan yang tersebar di seluruh dunia. DJOKO PRAMONO 13 Bahan dengan hak cipta . Asia Pasifik. dan Asia Tenggara merupakan kawasan-kawasan yang paling cepat mengalami pertumbuhan ekonomi. trilateral. Bentuk multipolar dan persekutuan regional berdasarkan kepentingan ekonomi telah membuat peta kekuatan dunia terbagi menjadi beberapa kawasan. Asia Timur. dan multilateral telah menjadi diskursus (wacana) dalam tiga dekade terakhir. Kerja sama ekonomi bilateral.

yang paling tidak masih akan bertumpu dan digantungkan pada modal kekayaan kemaritiman/kelautan tadi. Aspek Pemukiman 16 Bahan dengan hak cipta . dapat mengalahkannya maka bergabunglah . meskipun belum banyak memiliki keunggulan kompetitif bila dibandingkan dengan negara-negara lain yang telah maju. hal ini tidak membuat Singapura takut bahkan justru secara proaktif ikut menanamkan modalnya di terusan tersebut.(// you DJOKO PRAMONO can't defeat them. Oleh karena itu."jika Anda tidak. masih sangat dibutuhkan kemampuan pengelolaan serta ketersediaan tenaga kerja yang profesional. Meskipun pembangunan terusan tersebut akan mengurangi jumlah kapal-kapal besar seperti super tanker dan kapal peti kemas yang melintasi Selat Singapura. sebetulnya Indonesia telah memiliki keunggulan komparatif. Berbagai kepentingan nasional Indonesia. secara singkat dapat digambarkan sebagai berikut: A.Dengan surnber daya kelautan yang melimpah. Langkah Singapura untuk ikut serta menanamkan modalnya dalam pembangunan Terusan Kra (Kra Channel) adalah langkah yang sangat strategis. Teori strategi yang paling tepat untuk menjelaskan langkah strategis Singapura ini adalah: . then join them)". Kebijakan di bidang kemaritiman yang sangat baik untuk disimak dan bahkan untuk ditiru adalah apa yang sudah dilakukan oleh negara Singapura.

dup dan bermukim di daerah pesisir.735 desa dari 64.Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki daerah pesisir yang sangat luas diperkirakan memiliki 22% penduduk yang hi. Pada umumnya mereka merupakan masyarakat pedesaan pesisir yang menggantungkan kehidupannya pada laut. Sebagian di antaranya terletak di wilayah perkotaan dengan 75% berada DJOKO PRAMONO 17 Bahan dengan hak cipta .439 desa di Indonesia yang dapat dikategorikan sebagai desa pesisir. Ada sekitar 4.

Beberapa keunggulan di bidang keanekaragaman produk wisata bahari ini antara lain bertumpu pada keanekaragaman hayati kelautan yang ada. Walaupun secara keseluruhan sumber penangkapan di laut masih memberikan kemungkinan yang besar bagi pengembangan perikanan. Sejalan dengan kenaikan produksi ikan dalam negeri.nyak taman laut nasional. Banda Neira (Maluku). impor hasil olahan ikan laut dari rahun 1983 sampai dengan 1998 menunjukkan kecenderungan menurun. Sumber perikanannya sudah mendekati atau mencapai tingkac pemanfaatan penuh sehingga status sumber tangkapan tersebut digolongkan sudah kritis. DJOKO PRAMONO D.wasan taman laut 20 Bahan dengan hak cipta .yang telah diolah. beberapa daerah telah diusahakan sangat intensif. Tidak kurang dari 350 spesies ikan dan 250 jenis terumbu karang akan dengan mudah dinikmati di ba. yaicu pemanfaatan baru sekitar 35% dari potensi di perairan Nusantara dan ZEE. Kepulauan Togian (Sulteng). Cenderawasih (Papua). serta ka. Kepulauan Tukang Besi (Sultra). Pantai Merah (NTT). Aspek Pariwisata Baliari Dilihat dari sisi analisis pasar maupun produk pariwisata potensi nasional dalam aspek kepariwisataan bahari tercatat sangat menjanjikan. seperti Bunaken (Sulut). Daerah yang digolongkan kritis tersebut ialah daerah perairan pantai atau selat-selat yang sempit dan padat jumlah nelayannya. baik dalam volume maupun dalam nilai.

Berbagai usaha wisata DJOKO PRAMONO 21 Bahan dengan hak cipta . ancaman perusakan habitat laut yang terkesan tidak terkendali sekarang ini dikhawatirkan akan berdampak kepada menurunnya citra wisata bahari Indonesia. Namun demikian. Permasalahan lain yang menghinggapi kepariwisataan bahari kita adalah adanya kecenderungan pendapatan dari industri wisata bahari belum mampu berfungsi sebagai mata pencaharian yang bisa dinikmati oleh masyarakat setempat.lain yang sudah sangat populer di pasar global pariwisata bahari.

sumber kekayaan laut lain yang dapat dimanfaatkan adalah potensi perbedaan suhu air laut. Untuk pengembangan sumber energi dari pasang surut dan gelombang laut kiranya masih diperlukan usaha keras dan waktu yang cukup lama. Di samping minyak bumi dan gas alam.dang dikembangkan di wilayah pantai utara Pulau Bali oleh BPPT.Mangan yang berserakan di dasar laut pada kedalaman 2. atau yang lebih dikenal dengan nama OTEC (Ocean Thermal Energy Conversion). dan 7. Cadangan minyak yang belum terjamah masih mencapai ± 89. Di samping beberapa potensi di atas. yang bekerja sama dengan konsultan rekayasa kelautan dari Belanda. karang. Pada kurun waktu belakangan.000.Berdasarkan dara tahun 1990.76 miliar barel.3 miliar barel terdapat di lepas pantai. yang berupa gelomhang laut dan pasang surut. Oleh 24 Bahan dengan hak cipta DJOKO PflAMONO . di mana sebesar 57. realisasi yang diketahui dengan pasti baru sejumlah 16. suatu Pilot Plant OTEC se. pasir besi.5 miliar barel di antaranya telah mulai deksploitasi.5 miliar barel. dari jumlah cekungan itu diperkirakan akan dapat dihasilkan minyak sejumlah 106.5.000 m di wilayah Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Namun. seperti antara lain bijih besi. beberapa bahan tambang mineral lainnya juga telah diketahui terkandung dalam wilayah perairan laut Nusantara.2 miliar barel. Berbagai penelitian banyak menemukan kandungan Nodul. dan pasir.

Paparan akan dikelompokkan ke dalam tiga pengelompokan matra. yang ternyata merupakan jenis komoditas tambang yang sangat penting serta mempunyai nilai jual sangat tinggi di pasaran internasional.karena itu. mangan. diduga keras wilayah kelautan Indonesia sangat berpotensi memiliki berbagai jenis mineral tersebut. DJOKO PflAMONO 25 Bahan dengan hak cipta . tembaga. perak. kobalt. seng. dan besi. Bahan tambang mineral Nodul-Mangan merupakan batu-batuan yang terdiri atas nikel. Dalam bab-bab berikut akan dipaparkan latar belakang historis dalam berbagai aspek/matra kebudayaan bahari Nusantara.

Tony. Kedalaman 8ft (2.kapal niaga di pelabuhan Yunani seketika dapat berfungsi menjadi armada kapal perang yang siap sedia menolong kapal niaga Yunani yang mendapat serangan perompak laut. Pada bagian buritan terdapat kemudi berbentuk dayung sedangkan pada bagian lain dibangun semacam rumah dari bawah geladak sampai ke atas melewati pagar kapal. * • f • 1 • Encyclopedia of SHIPS over 15(H) Military and Civilian Sh/f>j from 5000 BC to the Present Day.. Greenwich. Laut Hitam. The Encyclopedia of SHIPS Over 1500 Military and Civilian Ships from 5 OOO BC to the Present Day. kedalaman=6 ft (1. anggur. Berat = 80-80 ton.8m) Kapal Niaga Yunani diperkirakan berlayar sekitar tahun 500 SM. Director of National Maritime Museum. United Bahan dengan hak 29 cipta . 2001. Sumber: Gibbons. Awak kapal=8-10 orang..3 m).P OLITIK K EBUDAYAAN B AHARI I persediaan peralatan tentara. Ukuran Kapal: panjang = 50 ft (15.400 Masehi atau Abad I s/d Abad IV. Komoditas perniagaan : Padi.4 m). dalam keadaan darurat kapal. 77* Kapal Niaga Romawi Kapal ini jamak dipakai Romawi untuk merentangkan sayap kekuasaannya lewat perniagaan laut. butir padi. Rute pelayaranan niaga : Mediterranea. Kapal ini memiliki kapasitas muatan cukup besar pada zaman itu dan kokoh. kayu.2 m). Ancaman peperangan di laut dan para perompak menyebabkan kapal niaga Yunani juga dilengkapi dengan persenjataan. Director of National Maritime Museum. lebar=14 ft (4. sekitar tahun 500 SM. kain dari bahan 1 Gambarwol dan kulit. Kapal Niaga Romawi diperkirakan berlayar sekitar tahun 100 . Panjang = 80 ft (24. barang kebutuhan sehari-hari (umum). Lebar = 20ft (6. 2001. Alhasil. Rute pelayaran niaga : Laut Hitam. • # Kapal Niaga Yunani Sungguh tipis perbedaan antara kapal pedagang dengan kapal perang ketika itu. United Kingdom. Laut Aegea dan lonia Komoditas perdagangan : Anggur.4 m).1 m). Tony. Sumber: Gibbons. buah-buahan. kayu bakar. dan pantai Eropa. Greenwich.

N Bahan dengan hak Gambar 1 30 cipta .m Kingdom.

P OLITIK K EBUDAYAAN B AHARI nyergap dan membunuh orang-orang Belanda. (1996) Indonesian Heritage: Early Modern History . Banten merupakan musuh yang memusingkan karena letak Banten yang dekat dengan Batavia memudahkan mereka untuk menyerang VOC. Didier 33 Bahan dengan hak cipta . Kapal Banten Menyerang Kapal VOC Kapal Banten yang lebih kecil ukurannya kerap menyulitkan armada kapal VOC yang berukuran besar. Kapal-kapal Banten yang lebih kecil ukurannya kerap menyulitkan armada VOC yang berukuran besar. A. armada VOC yang menggunakan persenjataan lebih canggih berupa meriam berukuran besar akhirnya berhasil menggagalkan serbuan pasukan Banten. Jakarta: Archipelago Press. Anak bangsa dari armada laut Banten tak pernah gentar.000 pasukan Banten bermaksud menyerang Batavia di daerah Angke dan Tangerang. l i Sumber : Reid. Namun demikian. Bagi VOC. karena lebih lincah bergerak dalam pertempuran. Kapal yang kecil ternyata justru lebih lincah bergerak dalam medan pertempuran laut. (Lihat Gambar 2 halaman 33) Pertempuran semakin sengit ketika 5.

perlawanan sengit terhadap penjajah Belanda oleh anak-anak bangsa dari Jawa terus berlangsung di masa itu. Gambar 2 menggunakan taktik pertempuran gerilya. Ltd. Di antaranya adalah perlawanan Dengan 34 Bahan dengan hak cipta .Millet Pte.

dan golok.nya menjadi 'Jayakart a ". Jakarta Utara. seperti panah.PnuTik K F R I J D A Y A A N B A H ARI jata perang sederhana.nya kemenangan berpihak kepada Fatahillah. alih kekuasaan atas kota Bandar Jayakarta terjadi dan jatuh kepada Pangeran Jayawikarta yang masih keturunan Sultan Banten. tombak. Meskipun kalah dalam persenjataan. Tepat ketika menginjak pantai. pedang. Setelah dikuasai oleh Fatahillah. Sejarah peristiwa banjir darah ini terjadi di Jakarta. Setelah berhasil menduduki Sunda Kelapa dan pada tahun 1526 mengubah nama. Demi mempertahankan kota pelabuhan Sunda Kelapa. yang artinya " kemenangan gemilangf\ Fatahillah juga berhasil membantai awak kapal Brigantin milik armada Portugis yang terempas badai dan karam di dekat Pelabuhan Sunda Kelapa. yang kecanggihannya jauh berbeda dengan Portugis yang sudah dipersenjatai dengan senapan/bedil dan meriam dalam jumlah yang jauh lebih besar. dan akhir. yang sekarang adalah kawasan sebelah selatan rel kereta api dan jalan tol Tanjung PriokPluit di wilayah Kota. Pangeran Jayawikarta membangun kubu pertahanan yang dilengkapi dengan senjata meriam dengan hak cipta Bahan 37 . namun semangat perlawanan tetap menggelora sampai titik dara h penghabisan . para pelaut Portugis mendapat serangan dari pasukan Cirebon-Demak (di bawah pimpinan Fatahillah) yang baru saja merayakan kemenangannya atas Sunda Kelapa.

Alhasil. mesiu. terjadi kekeliruan besar yang dilakukan oleh Pangeran Jayawikarta. dan serdadu. sejak itu kapal Belanda yang singgah di Pelabuhan Jayakarta ternyata tidak sekadar kapal dagang.di kawasan muara Sungai Ciliwung. Hal ini dilakukan agar Pasukan Jayawikarta dapat leluasa mengawasi gerakan musuh yang hendak melakukan penyerangan ke Jayakarta.200 reaal. 38 Bahan dengan hak cipta . Pada kurun waktu selanjutnya. namun juga kapal-kapal perang yang bermuatan senjata. yang mengizinkan armada kapal Belanda merapat di Pelabuhan Jayakarta setelah membayar pajak sebesar 1.

dengan menguasai pelayaran dan perdagangan di wilayah barat Indonesia. i Sumber : Repro foto dari Dwiyanto. D. sebagai buah karya terbaik putra-putri bangsa Indonesia Sumber : Repro foto dari internet http:// www.id/kej awen/ dewaruci. Prototip gambaran kapal pada relief Candi Borobudur.P O LI T I K K EB U D A YA A N B A H A R I Saksi Bisu Lautan di Borobudur Merupakan salah satu gambaran relief kapal di Candi Borobudur. 41 Bahan dengan hak cipta . (1976).joglosemar.html (2004) Gambar 5 dan pusat kekuasaan. Jawa Tengah.co.

Selat Malaka. Aceh. Berdasarkan tulisan yang dimuat pada Berita China. Chau J u Ki/ay waktu itu diberitakan secara lengkap wilayah kekuasaan Sriwijaya telah meliputi Palembang. Sumatera Utara. dan Selat Sunda telah masuk pada wilayah kekuasaan Sriwijaya. Batak.Waktu itu. sebagian besar Semenanjung Malaya. 42 Bahan dengan hak cipta .

nya ditawan dan dibawa ke Singasari. Daerah-daerah yang tunduk di bawah kekuasaan raja Kertanegara telah meliputi seluruh Pahang. Pahang terletak di Malaysia. raja. Singasari kedatangan utusan dari daratan China yang dipimpin oleh Kubilai Khan. Pada kurun waktu berikutnya. dan Indonesia bagian timur. Melayu. Hal ini bukan saja ditolak. Selanjutnya.sama dapat menghambat gerak maju Kerajaan Mongol ke arah Asia Tenggara. Gurun. (Lihat Gambar 7 halaman 46) Pendapat terakhir telah mengatakan bahwa yang dimaksud dalam Negarakertagama dengan nama Dwipantara tadi adalah seluruh wilayah Malaysia. dengan maksud menuntut agar seorang pangeran dari Kerajaan Singasari dikirim ke China sebagai tanda tunduk kepada kaisar China. seluruh Sumatera. Gurun adalah nama pulau di Indonesia bagian timur. Alhasil. Melayu terletak di Sumatera Barat. Sunda dan Madura. tetapi Nusantaranya itu belum sempat tercapai. serta seluruh Pulau Jawa. Bakulapura. dan Bakulapura atau Tanjungpura terletak di bagian barat daya Kalimantan. terjadi sekitar tahun 1280. Kertanegara mengirimkan ekspedisi ke Kerajaan Melayu dan Campa untuk menjalin persahabatan agar bersama. seluruh Kalimantan. Inilah yang menjadi gagasan Kertanegara.P O LI T I K K EB U D A YA A N B A H A R I Dengan kekuatan armada laut yang tidak ada tandingannya pada tahun 1275. kebijakan ekspansi yang didasarkan pada dua pilar kekuatan kerajaan telah banyak membuahkan hasil. tahun 1284 menaklukkan Bali. tetapi justru akhirnya 45 Bahan dengan hak cipta .

46 Bahan dengan hak cipta . tidak hanya berorientasi di Pulau Jawa ( Yawadwipamandala).memperkokoh pandangan Raja Kertanegara untuk memperluas wilayah kekuasaannya. tetapi sampai ke daratan China dan pulau-pulau di sebelah selatannya.

Kerajaan Majapahit yang juga berlandaskan pada pilar kekuatan laut dan agraris telah berkembang pesat menjadi kerajaan besar dan mampu memberikan jaminan bagi keamanan perdagangan di wilayah Nusantara.man Majapahit. 49 Bahan dengan hak cipta . Visi dan keinginan kuat untuk membangun kerajaan yang mengedepankan kekuatan laut dan agraris rupanya telah menjadi te. keseluruhan pemikiran tadi sudah mereka terapkan jauh sebelum teori sea potver itu sendiri lahir. pendiri Kerajaan Majapahit.kad Raden Wijaya. Visi tersebut telah dijabarkan dalam pemilihan lokasi Kerajaan Majapahit di daerah Tarik (sekitar Sungai Brantas). Hal ini semakin memperkuat kedudukan Majapahit yang berlokasi di sekitar Sungai Brantas.P O LI T I K K EB U D A YA A N B A H A R I Apabila gagasan tersebut kita coba proyeksikan pada situasi dan kondisi Kerajaan Nusantara abad VI sampai dengan XV maka dapat dipahami bahwa kerajaankerajaan Nusantara ketika itu telah mampu menguasai wilayah lautan. Hal tersebut dikarenakan hampir seluruh unsur kekuatan laut (Sea Power) telah mereka miliki sehingga pantas untuk tumbuh dan berkembang menjadi negara bahari. Dari sejarah pasang surut budaya bahari Nusantara maka dapat diketahui bahwa puncak kejayaan bahari berhasil dicapai pada za. dengan maksud memudahkan pengawasan perdagangan pesisir dan sekaligus dapat mengendalikan produksi pertanian di pedalaman. Jawa Timur. Ironisnya. Komoditas agraris telah memberikan daya tarik tersendiri kepada kapal-kapal dagang mancanegara untuk singgah dan berlabuh.

dapat disimpulkan bahwa dua pilar kekuatan. justru dapat memacu semangat masyarakat pedalaman untuk mengolah lahan menjadi areal pertanian yang hasil produksinya dapat diperdagangkan melalui jalur perdagangan laut. merupakan faktor utama bagi penentu kejayaan kerajaan Nusantara. Pengembangan sektor kelautan tidak akan menyurutkan sektor pertanian.Belajar dari sejarah bahari Nusantara. laut dan agraris. Dari uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa ”lumbung 50 Bahan dengan hak cipta .

. Palembang. seperti armada Kerajaan Sriwijaya. Kelompok pertama meliputi wilayah-wilayah Negeri Melayu dan wilayah Pulau Sumatera (Jambi.• I ►A« A.. ' ' . I ■ aA J * » l l A 1. mulai dari wilayah Nusantara sampai mancanegara.»U _ AI*« . V 1 « III ■ W M » ■ ■ keruntuhan kerajaan-kerajaan di luar Jawa adalah karena hanya bertumpu pada satu pilar saja (kekuatan laut). Selain itu. 53 Bahan dengan hak cipta .lli ' *! »— •!■* *. Ini ditunjukkan dari kemampuannya melakukan ekspansi pelayaran menjelajahi samudra. Dari sejarah dapat diketahui bahwa armada laut. Begitu juga yang dilakukan oleh armada Kerajaan Singasari ketika Raja Kertanegara melakukan ekspedisi-ekspedisi pelayaran ke seantero Nusantara.* 1 1 M % « .P O LI T I K K E B U DA Y A A N B A H A R I —I II ■I I I ■M » . AI . hampir seluruh armada laut Nusantara pada zaman kejayaan kerajaan-kerajaan mengandalkan armada kapal bercadik. Terlepas dari dinamika budaya politik bahari yang ditandai oleh puncak kejayaan dan keruntuhan kerajaankerajaan besar di Nusantara. » I. mempunyai kebiasaan berlayar dengan menggunakan ka. kita telah mendapatkan banyak bukti sejarah tentang kejayaan anak bangsa Indonesia di laut.---. Hal sama berlaku pada armada Kerajaan Majapahit yang telah berhasil memperluas wilayah Kerajaan Nusantara sampai wilayah negara tetangga.--.■■■ I M ■ .■■ . mulai dari lautan Nusantara sampai ke daratan China. Ekspansi yang telah dilakukan anak bangsa ini salah satu di antaranya tercatat dalam karya besar Mpu Prapanca..»M « lU M i i I _I . yang menceritakan ada empat kelompok wilayah yang sudah berhasil ditaklukkan semasa kejayaan Kerajaan Majapahit.14 0 « f^ > * • Uk-A * U * i U Ui « * . yaitu Negara Kertagama.pal-kapal bercadik yang mengarungi lautan.

Menurut Jawaharlal Nehru dalam bukunya 54 Bahan dengan hak cipta . dan Tringgano (Trengganau). seperti yang sekarang masih sering dipakai oleh masyarakat Tionghoa dalam memeriahkan perayaan Tahun Baru China {Gong X/ Fa Cai).P O L I T I K K E B U DA Y A A N B A H A R I Samudra. meliputi wilayah sebelah timur Pulau Jawa. Di samping memiliki banyak daerah taklukan. sampai Irian. sedangkan kelompok ketiga meliputi wilayah di sekitar Tumasik (Singapura). dan La. Roket yang melesat ke udara dan meledak setelah sampai di sasaran yang dituju telah terbukti ampuh sebagai senjata perang.pahit juga banyak mendapatkan upeti (pemberian sebagai tanda berserikat). Sulawesi. Yang terakhir. kelompok keempat. kelompok kedua meliputi wilayah Negeri di Pulau Tanjung Negara yang terletak di Pulau Kalimantan. Kemudian. Beberapa kerajaan yang tercatat telah memberikan ekspedisi Kubilai Khan melewati Kali Brantas dilakukan oleh armada Perang Tartar yang ingin menjatuhkan Raja Kertanegara (untuk membalas dendam atas tindakan perusakan wajah delegasi Meng Ch’I) dengan bersenjatakan roket. Hal ini menjadi inspirasi bagi pasukan Raden Wijaya (raja Majapahit pertama) dalam mengembangkan persenjataan. Nusa Tenggara. Maluku. Kerajaan Maja. Tentara utusan Kubilai Khan dari China telah sejak lama mengenal senjata roket berupa roketroket kecil.mori di Aceh). yang meliputi Bali. yang akhirnya menjadi andalan armada perang Kerajaan Majapahit.

berupa meriammeriam hasil rampasan armada ekspedisi Kubilai Khan. yang bermanfaat dalam memperkuat pasukan melakukan misi ekspansi kerajaan atau penyebaran agama. ada dugaan kuat bahwa ekspedisi Kubilai Khan ke Pulau Jawa telah membawa pengaruh besar bagi perkembangan dan kemajuan teknologi persenjataan Kerajaan Majapahit. Memanfaatkan persenjataan meriam juga dilakukan oleh armada laut Kerajaan Demak ketika menyerang Portugis di Malaka. armada laut yang berkekuatan sekitar 100-200 kapal perang yang masih menggunakan cadik dan layar tradisional. Ekspedisi bersama dengan pasukan Raden Wijaya merupakan pengalaman baru berperang dengan senjata api. di antaranya jenis junk (kapal perang). Kemudian. Kerajaan Majapahit di bawah Mahapatih Gadjah Mada juga memanfaatkan teknologi tersebut.Glimpse of World History. sebagai persenjataan modern sehingga armada laut Kerajaan Majapahit semakin tangguh. Armada Kerajaan Majapahit di bawah komando Mahapatih Gadjah Mada telah mewariskan teknologi persenjataan perang kepada generasi berikutnya di Nusantara. lancharas 55 Bahan dengan hak cipta . Di bawah komando Pati Unus.

nya diperkirakan tidak kurang dari 500 ton. Pada zaman itu keunggulan senjata artileri Portugis cukup disegani kawan dan lawan seperti yang diceritakan dalam catatan sejarah perjalanan d'Albuquerque tentang kejatuhan Malaka ke ta. Pati Unus memperkuat armada lautnya dengan meriam dan mesiu yang bobot. Menurut seorang ahli strategi perang Portugis mengatakan "Un cannon surterre en vaut cent sur mer" (satu meriam di darat mengimbangi seratus meriam di laut).SEBUAH MERIAM UNTUK SANG MENANTU Dalam menaklukkan Portugis di Malaka. bahkan meriam-meriam pantai Portugis berhasil menenggelamkan sebagian besar kapal-kapal perang armada laut Demak yang hancur dan tenggelam bersama para pelaut yang gagah berani termasuk Panglima Armada perkasa Pati Unus. Untuk itu tidaklah salah apabila Sultan Trenggana menghadiahkan beberapa meriam besar yaitu Ki Amuk dan Ki Danaraja kepada menantunya di Banten yang kemudian dipasang pada pertahanan pelabuhan.ngan Portugis. Tetapi ternyata kapal-kapal Jawa yang bersatu dengan sisa-sisa armada laut Kerajaan Sriwijaya di perairan Palembang meskipun sudah dipersiapkan dengan peralatan dan senjata lengkap. Bahari dengan hak cipta . yang digunakan untuk melindungi dan menghalau kapalkapal Portugis agar pergi menjauh dari Teluk Banten. ternyata masih belum dapat menandingi kapal-kapal Portugis.

hampir dua pertiga justru berasal dari Kerajaan Malayu di Sumatera dan gabungan beberapa prajurit dari kerajaan kerajaan di wilayah Jawa yang sudah mengakui kekuasaan Kerajaan Majapahit.P O LI T I K K E B U DA Y A A N B A H A R I 1 r1 Sumber: Buku Stjjrab Nasiotul I rt Jones t a II oleh Marwati Djocned Pocspone^oro. Armada Majapahit dengan kekuatan 40. Kemudian menaklukkan Langkasuka. Dengan demikian Nusantara bagian barat sepenuhnya sudah bersatu di bawah panji Selanjutnya mendarat di Kerajaan Majapahit. Sumbawa. Nugroho Notosusanto. Kedah.kerajaan itu antara lain Bali. Pasir. Selangor. 1343 Mahapatih Gadjah Mada dibantu oleh Laksamana Nala memimpin armada laut Majapahit dengan kekuatan 3. Seluruh wilayah Timur Nusantara telah disatukan. sampai 65 Pasukan Kerajaan Majapahit berkekuatan 3. Jakarta 1993TAHUN -r PEWSTJWA URAIAN '9 r w.r. Mulanya menghancurkan Kerajaan Pasai selanjutnya menuju Jambi dan Palembang yang juga menyerah.000 prajurit menjadi suatu kekuatan dahsyat tak ada tandingannya di Asia Tenggara ketika itu masa kejayaan Kerajaan Majapahit. 1343 Bali diserang dan berhasil ditaklukkan Kerajaan Majapahit. Balai Pustaka. Namun. Lombok. tidak semuanya berasal dari pusat pemerintahan.y»i-r » m rr * i in•ii- 1*—L••*L• Boks 2 1339 . Banjarmasin.000 prajurit menuju wilayah timur Nusantara untuk menaklukkan kerajaankerajaan yang bersikap dingin atau mencoba melepaskan diri. dan Kutai. Kerajaan. Kalimantan dan pulau-pulau di sekitarnya sudah menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Dalam waktu 7 (tujuh) tahun setelah dikumandangkan SUMPAH PALAPA. Serangan ini dilaksanakan pada masa pemerintahan Raja Adityawarman oleh armada Kerajaan Majapahit di bawah Komando Mahapatih Gadjah Mada. Seram. Sulawesi. Tumasik (Singapura). Kelantan. Bahan dengan hak cipta .1341 Seluruh Nusantara bagian barat berturut-turut diserang dan ditaklukkan Armada Kerajaan Majapahit. seluruh Sumatera.t i rr.000 prajurit. Semenanjung Melayu. Depdikbud. termasuk Pulau Irian. Tanjungpura. Sangir Talaud. Dompo. menundukkan Sambas.

negara-Sriwijaya-Singasari dan klimaksnya Majapahit. Berdasarkan panggilan jiwa yang begitu bersemangat dan cinta akan tanah air dan bahari Nusantara. mulai dari menjadi pimpinan klub sampai menjadi pimpinan Induk Organisasi Nasional. Walaupun dalam perkembangan sampai saat ini. pada tahun 1966 ia mantap meniti karier sebagai prajurit Marinir TNI AL.1 2130500 1 .IP. ia dipromosikan menjadi Sekretaris Jenderal Departemen Pariwisata Seni dan Budaya.elalui buku ini. Ia senantiasa optimis dalam berkarya. Kemudian. Di sinilah ia mengakhiri pengabdiannya sebagai pegawai negeri. ia mengkhawatirkan semakin lunturnya nilai kebesaran budaya bahari tersebut. Buku yang diprakarsainya dan telah diterbitkan pada Penerbit tahun 1996 Pustaka salah satu saja bukti semangat dan cintanya pada budaya PT Gramedia adalah Utama Jl. regional. layar. petikan hasil tangan dinginnya telah melahirkan atlet-atlet tingkat nasional. Buku ini merupakan salah satu upaya menggugah semangat generasi muda untuk terus menggali kebesaran nilai kebaharian bangsa Indonesia. MBA. antara lain selam. Ia juga berkarya. bahkan dunia. Mayor Jenderal MARINIR (Purn) Djoko Pramono. dan bahkan di tingkat KONI Pusat.gramedia. renang. Sepanjang kariernya.. hingga saat ini.com 2 2 3 51 . Djoko Pramono usai menamatkan Sekolah Menengah Atas pada tahun 1962 melanjutkan ke Akademi Angkatan Laut di Jawa Timur. pria tersebut tidak pernah memiliki waktu kosong. 33-37. 2-3 Marinir Jakarta 10270 1 www. Lt. Olimpiade. dan ditutup di TNI AL sebagai Inspektur Jenderal TNI AL. kecintaannya pada dunia bahari tidak akan ada akhirnya. \' Mengawali langkahnya di bidang kelautan. Seluruh waktunya dimanfaatkan untuk membina olahraga di tanah air. Palmerah Barat bahari Nusantara. berniat dan mencoba menelusuri kebesaran semangat bahari bangsa Indonesia yang ia percaya telah menggelorakan warisan nilai kearifan dan kebangsaan yang tak ternilai sejak zaman Kerajaan Salaka. Pria kelahiran Surabaya ini senantiasa memberikan bimbingan dan semangat. Tak pernah lelah dan tak lekang oleh waktu. Ia kemudian melanjutkan berkarya dalam pemerintahan dengan menjadi Inspektur Jenderal Departemen Pariwisata Pos dan Telekomunikasi. dan lain-lain. khususnya olahraga perairan. Puncak karier berhasil dicapainya di Korps Marinir sebagai Komandan Korps Marinir. v S.

67 Bahan dengan hak cipta .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful