Konstruksi kapal merupakan proses pembangunan kapal di galangan kapal yang didahului oleh desain dan dilanjutkan dengan

pembangunan konstruksi kapal yang diawali dengan peletakan lunas, dilanjutkan dengan konstruksi rangka/gading-gading, geladak, anjungan, kulit kapal. Setelah kapal selesai dikonstruksi selanjutnya diluncurkan ke laut untuk selanjutnya dilakukan finishing.

Sistem konstruksi di kapal dapat dibagi tiga yaitu: 1. sistem konstruksi memanjang (longitudinal framing system) 2. sistem konstruksi melintang (transverse framing system) 3. sistem konstruksi campuran (mixed framing system)

Konstruksi kulit ganda
Aturan baru yang diterapkan khusus untuk kapal tangker adalah kewajiban untuk menggunakan kulit ganda (double hull) untuk mengurangi peluang pencemaran lingkungan karena kebocoran yang mungkin terjadi. Kebocoran kapal tangker dapat mengakibatkan terganggunya lingkungan khususnya terhadap biota laut dan hewan yang hidup dilingkungan laut dan garis pantai

Lunas adalah bagian terbawah dari kapal, lunas terdiri dari berbagai jenis yaitu lunas dasar, lunas tegak dan lunas lambung. Lunas dasar merupakan lajur kapal pada dasar yang tebalnya +/- 35 % dari pada kulit kapal lainnya.Sedangkan lunas tegak ialah lunas yang tegak sepanjang kapal , tebalnya 5/8 lebih besar daripada lunas dasar pada 4/10 bagian lunas tegak di tengah-tengah kapal. Kapal besar pada umumnya memiliki lunas lambung yang berfungsi untuk melindungi kapal bila kandas. Lunas lambung ini biasanya terdapat 1/4 - 1/3 dari panjang kapal pada bagian tengah yang berfungsi juga untuk mengurangi olengan kapal. Peletakan lunas merupakan awal dari konstruksi kapal, yang biasanya diupacarakan karena merupakan hari kelahiran kapal, diawali dengan pembuatan rangka lunas kapal. Untuk kapal besipelaksanaan peletakan lunas kapal ditandai dengan pengelasan pertama. Umur kapal dihitung sejak tanggal peletakan lunas (keel laying) yang dilakukan di galangan kapal(shipyard).

Pengawasan BKI
Pengawasan pembangunan kapal baru dimulai dari peletakan lunas sampai dengan kapal diresmikan untuk dioperasikan dilakukan oleh Biro Klasifikasi, khusus di Indonesia dilakukan olehBiro Klasifikasi Indonesia, dan untuk itu dibuatkan erita acara peletakan lunas.

Pada umumnya geladak yang berada dibawah sendiri dinamakan geladak dasar serta geladak yang di atas dinamakan geladak atas atau geladak utama ( main deck ) Bila antara geladak dasar dan geladak atas terdapat geladak lagi. Geladak dalam bahasa Inggrisnya deck adalah lantai kapal. Nama dari gading disesuaikan dengan tempatnya. Gading yang terletak pada tempat yang terlebar dari kapal disebut gading besar dan gading yang terletak di sarung poros baling ± baling disebut gading kancing . Gading yang terletak disekitar haluan tersebut gadinghaluan.Gading-gading merupakan struktur rangka dari kapal dimana kulit ± kulit kapal diletakkan. Gading ± gading ini mempunyai jarak antara satu dan lainnya kira ± kira antara 500 sampai 1000 mm disesuaikan dengan ukuran kapal dan diberi nomor urut mulai nol yang dimulai dari belakang. maka geladak tersebut dinamakan geladak antara. Geladak kayu digunakan pada kapal-kapal pinisi. . Geladak kayu Geladak terbuat dari papan kayu tahan air yang disusun berdampingan dan bertumpu ke gadinggading kapal. Untuk membuat geladak kedap air. Konstruksi geladak Geladak besi Kapal-kapal besi umumnya menggunakan geladak dari plat baja. nama ± nama geladak ini tergantung dari banyaknya geladak yang ada dikapal tersebut. celah di antara papan yang digunakan disi dengan serat tahan air dan diikat dengan tar. juga dapat menggunakan damar. Pada kapal RoRo/penyeberangan geladak nya harus kokoh agar mampu untuk menahan beban beratkendaraan beserta muatannya. Plat baja ini bertumpu pada gading-gading (kerangka)kapal. yach atau kapal kayu. yang dilas satu dengan plat lainnya dari kedua arah.

Anjungan biasanya ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang baik kesegala arah.b. Lajur kulit kapal diberi nama dengan abjad a. 7: Haluan.5: Jangkar. Untuk memberikan kekuatan struktur membujur kapal 2.[sunting]Geladak serat kaca Bahan modern yang banyak digunakan pada kapal-kapal kecil adalah geladak yang terbuat darikaca serat atau yang dikenal fiber glass yang mudah untuk dibuat dan ringan. Serat kaca juga digunakan untuk melapis geladak kayu agar lebih kedap air serta tahan lebih lama. Radar Global Positioning Satelite atau dikenal sebagai GPS. peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada dan biasanya terdapat kamarnahkoda dan kamar radio.3 dan seterusnya dari depan ke belakang Bagian utama kapal. 4: Kulit kapal. 1: Cerobong. Alat-alat yang melengkapi anjungan modern antara lain:        Roda kemudi.2.8: Geladak. Menerima beban dari kapal dan muatannya 3. 6: Bulbou haluan.2: Stern. Merupakan penutupan kedap air dari dasar hingga bagian atas kapal 4. Radio komuniasi Perangkat komando ruang mesin Kompas Teropong Kulit kapal adalah plat ± plat yang disambung menjadi lajur yang terdapat pada badan kapal biasa disebut dengan kulit kapal atau disebut juga ship shell. 3: Propeler. 9: Superstructure . : 1.c. Anjungan (bahasa Inggris: bridge) adalah ruang komando kapal dimana ditempatkan roda kemudikapal.d dan seterusnya mulai dengan lajur dasar 5. Sambungan plat diberi nama dengan angka 1. Guna kulit kapal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful