Pertandingan futsal memiliki beberapa hukuman jika terjadi kesalahan ataupun pelanggaran keras diantaranya; Tendangan bebas Langsung

Tendangan bebas langsung diberikan kepada tim lawan jika seorang pemain melakukan salah satu dari enam bentuk pelanggaran berikut, yang dianggap wasit sebagai sebuah tindakan kurang berhati-hati, kasar, atau bermaksud mencederai lawannya. - Menendang atau berusaha menendang lawan. - Mengganjal lawan dengan cara sliding(menyorongkan kedua kaki menyusur tanah) dari arah samping, depan, atau belakang. - Melompati badan lawan - Mendorong lawan, baik dengan tangan maupun bahu. - Memukul atau mencoba memukul lawan. Tendangan bebas langsung juga diberikan kepada tim lawan jika seorang pemain melakukan salah satu pelanggaran berikut. - Menahan badan lawan. - Meludahi lawan. - Melakukan sliding tackle untuk merebut bola yang dikuasai lawan. - Menyentuh lawan sebelum bola ketika berusaha menguasai bola. - Memegang bola secara sengaja, kecuali oleh seorang kiper di daerah penaltinya. Tendangan Bebas Tidak Langsung Tendangan bebas ini diberikan kepad tim lawan jika seorang kiper melakukan salah satu pelanggaran berikut. - setelah mengamankan bola, dia kembali menyentuhnya dengan tangan sebelum dimainkan atau disentuh pemain lawan, - menyentuh atau menguasai bola yang di oper oleh rekan setim kepadanya, - menyentuh atau menguasai bola dengan tangan setelah menerima bola langsung dari tendangan kedalam yang dilakukan rekan satu tim, - menyentuh atau menguasai bola dengan tangan atau kaki lebih dari empat menit, - bermain dengan cara yang membahayakan, - sengaja menghalang-halangi lawan, - melakukan suatu pelanggaran ketika permaianan dihentikan untuk memberi peringatan atau mengeluarkan seorang pemain. Posisi Tendangan Bebas = Pemain lawan harus berdiri dengan jarak 5 m dari bola. = Bola kembali berada dalam permainan setelah ditendang, tersentuh, atau dimainkan pemain lawan. = Ketika tim bertahan melakukan tendangan bebas dari dalam area penalti sendiri, semua pemain lawan harus berada diluar area penalti.

yakni: = mengaktifkan penghitung/pencatat waktu setelah kick off. tendangan sudut. . serta akhir timeout dengan meniupkan peluit yang berbeda bunyinya dari wasit utama. Wasit kedua juga memiliki kewenangan berikut. Dan penggunaan wasit kedua diwajibkan pada pertandingan futsal internasional. = menghentikan jam ketika bola tidak dalam permainan. dimana pun posisi bola asalkan dalam kondisi bergerak atau bola hidup. = mencatat seluruh time out yang tersisa bagi masing-masing tim. = menghitung tepat dua menit sewaktu menghukum kartu merah ketika pemain telah dikeluarkan. tendangan bebas. keputusan wasit kedua sering keliru sehingga dibebastugaskan dan dilaporkan kepada otoritas yang berkepentingan.Memiliki kewenangan untuk menghentikan permainan untuk setiap pelanggaran. = memeriksa waktu time out satu menit. . memberitahukan wasit dan tim dengan cara yang benar. serta memberikan izin untuk time out ketika .Tendangan Penalti Tendangan penalti dalam permainan futsal diberikan jika seorang pemain melakukan pelanggaran di daerah penalti sendiri. Pencatat Waktu (Time Keeper) Pencatat waktu futsal bertugas untuk memastikan durasi permainan yang disesuaikan dengan ketentuan pada peraturan futsal nomor.Memastikan pergantian pemain dilakukan sesuai dengan aturan. terjadi gol. waktu time out atau drop ball. = menunjukan akhir babak pertama dan kedua waktu normal. Dia juga diizinkan untuk menggunakan peluit. akhir perpanjangan waktu. Wasit kedua akan membantu wasit untuk mengawasi pertandingan sesuai dengan peraturan permainan dalam futsal. Pencatat Waktu dan Wasit Ketiga Futsal Tugas dan kewajiban seorang pencatat waktu dalam futsal (time keeper) dan wasit ketiga sangat diperlukan. = memulai kembali permainan setelah tendangan kedalam. Wasit Kedua Futsal Dalam futsal wasit kedua diberi wewenang untuk menjalankan tugasnya di sisi lapangan yang berlawanan dengan posisi wasit. Mereka ditempatkan di sisi luar pertengahan lapangan. tendangan dari titik penalti atau titik kedua penalti. Namun. tepatnya di area pergantian pemain.

Pemain yang telah digantikan bisa kembali ke lapangan untuk menggantikan rekan pemain lain.Pemain yang akan meninggalkan lapangan harus melakukannya di daerah pergantian sendiri.Pemain yang akan memasuki lapangan harus melakukannya pada daerah pergantiannya sendiri. baik saat bola dimain ataupun sebaliknya. .Mencatat lima kesalahan pertama yang dilakukan oleh masing-masing pemain di setiap babak dan memberi sinyal jika kesalahan kelima sudah dilakukan oleh salah satu tim. Pergantian ini bisa dilakukan kapan saja.diminta pelatih kedau tim. Wasit Ketiga Futsal Wasit ketiga memiliki tugas untuk membantu mencatat waktu.Mencatat nomor punggung pemain yang mencetak gol. .Mencatat penghentian permainan dan alasan-alasannya. Jumlah pemain cadangan maksimal tujuh orang. Dengan mengikuti persyaratan futsal pergantian pemain bisa dilakukan pada saat bola didalam atau luar permainan. . = mencatat lima kesalahan pertama yang dilakukan oleh masing-masing tim yang dicatat wasit dalam setiap babak dan memberitahu ketika kesalahan kelima sudah dilakukan oleh salah satu tim. tetapi dilakukan setelah pemain yang diganti telah melewati batas lapangan. .Pergantian dianggap sah ketika pemain pengganti telah masuk lapangan. dimana pada saat pemain tersebuttelah menjadi pemain aktif dan pemain yang digantikan telah keluar dan berhenti menjadi pemain aktif. atau asosiasi futsal. Prosedur Pergantian Pemain Pergantian pemain futsal bisa dilakukan kapan saja selama pertandingan futsal berlangsung dengan mengikuti peraturan kompetisi futsal resmi yang ditetapkan FIFA. konfederasi. . . .Mencatat nama serta nomor pemain yang mendapat peringatan dan dikeluarkan. tetapi pergantian pemain selama pertandingan tidak dibatasi.menyediakan informasi yang relevan mengenai permainan futsal. apakah dipanggil atau tidak. Kiper boleh berganti posisi atau peran dengan pemain lain. .Pergantian pemain sangat tergantung pada kewenagan wasit. . .

Namun. Pada awal pertandingan futsal. . . .. warnanya harus sama dengan celana.celana pendek.Pertandingan akan dilanjutkan dengan tendangan bebas (tidak langsung) bagi tim lawam dengan menempatkan bola diposisi saat pergantian dihentikan. Perlengkapan Pemain Keselamatan Seorang pemain tidak boleh menggunakan perlengkapan atau aksesoris apapun yang bisa membahayakan dirinya atau pemain lain.pertandingan akan dihentikan.. pertandingan harus dihentikan. Jika saat pertandingan pemain diganjar kartu merah dan sebuah tim memiliki kkurang dari tiga pemain (termasuk kiper).seragam atau kostum dengan nomor. dihukum dengan kartu kuning. .Pemain yang diganti harus segara meninggalkan lapangan. catatan: Sanksi serupa diberlakukan kepada pemain pengganti atau yang digantikan jika masuk atau meninggalkan lapangan tidak diarea pergantian tim sendiri. ofisial tim tidak boleh memengaruhi pemain dan wasit serta bersikap sopan. . setiap tim harus tampil dengan lima pemain. 3. dan diminta meninggalkan lapangan.. Ketetapan FUtsal 1. Ofisial tim boleh memberikan intruksi taktik kepada para pemainnya selama pertandingan berlangsung.kaus kaki.Pemain pengganti diberi peringatan. . 2. Jika menggunakan stretch pants. Perlengkapan Dasar Perlengkapan dasar yang harus dipenuhi: .Pelanggaran dan Sanksi pada Futsal Jika pemain cadangan masuk lapangan ketika rekannya yang akan diganti belum meninggalkan lapangan. .

Durasi Pertandingan Futsal Pertandingan futsal dimainkan dua babak dengan durasi 2 x 20 menit. Untuk pertandingan internasional. . Time Out (waktu jeda) Dalam futsal setiap tim berhak meminta waktu untuk time out selama satu menit disetiap babak. Gol bisa dicetak langsung dari kic off. Durasinya bisa lebih untuk memberi waktu dilakukan tendangan penalti atau tendangan bebas langsung terhadap tim yang melakukan lebih dari lima kali pelanggaran. semua pemain harus tetap di dalam lapangan. cara ini hanya dapat dilakukan dipinggir lapangan dan ofisial yang memberi intruksi tidak boleh memasuki lapangan. Memulai dan Melanjutkan Permainan Kick off Kick off adalah cara untuk memulai pertandingan. baik di waktu normal maupun perpanjangan waktu. nomornya juga harus tampak pada bagian depan kostum dalam ukuran yang lebih kecil.ofisial tim dapat meminta time out kepada wasit selama satu menit. tetapi diizinkan pada saat tim yang meminta dalam kondisi menguasai bola. .sepatu yang sudah ditentukan harus terbuat dari kulit lunak atau sepatu gimnastik dengan sol karet atau bahan yang sejenisnya. Kodisi berikut dapat diberlakukan untuk mendapatkan time out.pelindung kaki (shinguards). . catatan: Kiper diizinkan untuk memakai clena panjang dengan corak warna yang membedakan dari pemain lain dan wasit. Hal ini dilakukan diawal babak pertama dan kedua. .jika masa time out pemain ingin menerima intruksi dari ofisial tim. .wasit akan memberi izin untuk time out ketika bola tidak dimainkan dengan dengan membunyikan peluit atau sinyal lain. .ketika time out diberikan. serta setelah tercipta gol.. .time out dapat diminta kapan saja. prosedur pada Kick Off . Penggunaan sepatu adalah wajib. Pemain tidak boleh mengenakan kaus-dalam bertulis slogan atau iklan karena akan mendapat sanksi dari panitia pertandingan. Untuk futsal ini jarak waktu istirahat antarbabak tidak boleh lebih dari 15 menit.tim yang tidak meminta time out pada babak pertama bisa mendapatkannya pada babak kedua.

bola ditempatkan di titik tengah lapangan. . tendangan bebas tidak langsung diberikan kepada tim lawan dari tempat terjadi kesalahan. Tim yang tidak melakukan kick off harus berada dalam jarak 3 m dari bola. tidak keluar lapangan atau garis gawang. . dropped ball dilakukan ketika tidak melihat suatu insiden yang bukan pelanggaran saat bola dalam kondisi bergerak. .untuk setiap pelanggaran kick off. tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah penalti dari tempat terdekat tempat terjadinya pelanggaran tersebut. maka kick off harus diulang. .pada saat memulai pertandingan lakukan kick off dengan benar. . . bola ditendang dan bergerak ke arah depan.jika penendang menyentuh bola untuk kedua kalinya sebelum tersentuh/disentuh pemain lain. .seluruh pemain masing-masing tim berada dalam area setengah lapangan sendiri..penendang tidak boleh menyentuh bola untuk kedua kalinya hingga bola menyentuh/disentuh pemain lainnya.jika pelanggaran dilakukan oleh pemain di dalam area penalti lawan. Dropped Ball Di futsal wasit akan menjatuhkan bola ke tanah untuk memulai kembali pertandingan setelah dihentikan sementara karena suatu alasan yang tidak disebutkan dalam dalam aturan permainan. Dalam perspektif wasit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful