BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang

Standar Nasional Pendidikan yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 telah menetapkan delapan Standar Nasional Pendidikan, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Standar-standar tersebut di atas merupakan acuan dan sebagai kriteria dalam menetapkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Salah satu standar yang memegang peranan penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah adalah standar pendidik dan tenaga kependidikan. Dalam standar pengelolaan dituntut juga ada pengevaluasi terhadap pendidikan dan tenaga kependidikan. Tentunya pelaksanaan pengevaluasian dituntut suatu profesionalitas. Pengevaluasian erat hubungannya dengan pengawasan. Pengawasan yang dilakukan sebagai langkah awal untuk mengevaluasi tindakan yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan. Pengawasan ini pun menuntut suatu profesionalisme agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Profesionalisme pengawasan yang dimaksud adalah kegiatan pengawasan sekolah baik yang berupa kegiatan akademis maupun manajerial. Dengan demikian pengawas sekolah dituntut mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang memadai untuk dapat menjalankan tugas kepengawasannya. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas perlulah untuk memberikan perhatian lebih terhadap peningkatan kinerja pengawas sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. B. 1.
2.

Rumusan Masalah Dari latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan beberapa masalah, antara lain: Mengapa diperlukan pengawasan dan pengawas dalam satuan pendidikan? Kompetensi apakah yang harus dimiliki seorang pengawas sekolah agar dapat Kualifikasi apakah yang harus dipenuhi oleh seorang pengawas sekolah agar dapat
1

pengawasan secara profesional? 3.

tentang profesionalitas pengawasan sekolah. makalah ini bermanfaat bagi pembaca terutama pada calon pendidik dan pendidik dalam menambah pengetahuannya agar dapat mempersiapkan diri untuk melakukan pengawasan terhadap sekolah di mana pendidikan formal berlangsung. 1. 2. pengawas profesional dalam pengawasan sekolah. kompetensi serta kualifikasi yang harus dipenuhi oleh seseorang agar dapat dapat melakukan pengawasan secara profesional. C. dan kualifikasi seorang pengawas dapat memberikan evaluasi atau pengawasan secara maksimal terhadap dunia pendidikan. Manfaat Manfaat Teoritis Secara teoritis. makalah ini bermanfaat bagi pembaca untuk mengetahui dan memahami tentang profesionalisme pengawasan sekolah. 1. Manfaat Praktis Secara praktis. 3. 2. kompetensi.melakukan pengawasan secara profesional? C. Sehingga dengan diketahuinya tugas pokok. Memberikan acuan betapa pentingnya peran pengawas dalam pengawasan di suatu Memberikan gambaran tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Membantu pemahaman calon pendidik dan pendidik serta tenaga kependidikan satuan pendidikan atau sekolah. Tujuan Makalah ini disusun dengan tujuan sebagai berikut. 2 . fungsi.

Hal ini pun harus jelas sehingga diketahuilah apa yang akan diperbuat terhadap sasaran tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam pengawasan harus jelas karena akan memberikan arah yang pasti terhadap segala tindakan pengawasan yang dilakukan. kepengawasan sekolah yang profesional dapat dibentuk dengan memperhatikan beberapa hal. Fungsi Pengawas Sekolah Kewenangan dan Hak Pengawas Sekolah Kompetensi Pengawas Sekolah Sebagai Tenaga Profesional Kualifikasi Pengawas Sekolah BAB III PENUTUP A. Sasaran pengawasan merupakan obyek yang harus diawasi. Tak pelak lagi bahwa setiap kegiatan yang dilakukan harus dievaluasi dan ditindaklanjuti agar segala tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud yaitu tercapainya tujuan pendidikan. Simpulan Berdasarkan tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah.BAB II PEMBAHASAN A. (3) karakteristik pengawas. (4) kompetensi pengawas. antara lain (1) tujuan pengawasan. guru dan pengawas yang melaksanakan pendidikan. (2) sasaran pengawasan. (5) evaluasi pengawasan. . D. Saran Tercapainya tujuan pendidikan bisa lepas dari seluruh komponen yang ada pemerintah sebagai pemegang kebijakan dan penyelenggara pendidikan. C. D. serta masyarakat sebagai konsumen harus saling bersinergi 3 E. B. Karakteristik pengawas merupakan suatu tuntutan moral yang harus dipenuhi oleh seorang pengawas dalam melakukan pengawasan dalam bidang pendidikan di samping kompetensi yang diperolehnya secara akademik maupun pengalaman sebagai guru. Pengertian Pengawasan Tugas Pokok Pengawas Sekolah B.

karena hanya akan menjadi ajang untuk mencari keuntungan pribadi dan mengabaikan tujuan pengawasan tersebut. Tenaga pengawas profesional dalam pendidikan akan dapat berfungsi dengan baik bila adanya sinergi yang baik dan terbuka dalam melakukan pengawasan. Tanpa sinergi dan keterbukaan tugas pengawasan yang dilakukan tidak akan terlaksana secara profesional. 4 .untuk melakukan pengawasan.

Setjen Depdiknas. Dr. Penyusunan Program Pengawasan Sekolah.Pd. Sudarwan Danim. 2009 . dan H. 2009. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Khairil. Jakarta: Depdiknas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. Tita Lestari. 5 . M. Standar Mutu Pengawas. Prof.DAFTAR PUSTAKA Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Nana Sudjana. 2010. 12 Tahun 2007 tentang Standnar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta: Biro Kepegawaian.Si. Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial (Bahan Belajar Mandiri Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah).M.. Profesi Kependidikan. 2006. Bandung: Alfabeta. Jakarta: Depdiknas. Dr. Dr.

baik terhadap 10) Aparat binaan maupun terhadap sesama pengawas sekolah 6 . serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 2) Merasa bangga mengemban tugas sebagai pengawas sekolah 3) Memiliki pengabdian yang tinggi dalam menekuni tugas sebagai pengawas sekolah 4) Bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dalam tugasnya sebagai pengawas sekolah 5) Menjaga citra dan nama baik selaku pembina dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas sekolah 6) Memiliki disiplin yang tinggi dalam melaksanakan tugas profesi sebagai pengawas sekolah 7) Mampu menampilkan keberadaannya sebagai aparat dan tokoh yang diteladani 8) Sigap dan terampil untuk menaggapi dan membantu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi aparat binaannya 9) Memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi.Lampiran 1 KODE ETIK PENGAWAS SEKOLAH 1) Dalam melaksanakan tugas. senantiasa berlandaskan iman dan taqwa.

Kompetens i Supervisi Akademik 3.7 Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil-hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melak.1 Menguasai metode. teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Kompetensi Kepribadian 1. karakteristik.4 Menumbuhkan motivasi kerja pada dirinya dan pada stakeholder pendidikan. 1. teknologi dan seni yang menunjang tugas pokok dan tanggungjawabnya. dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI.1 Memiliki tanggungjawab sebagai pengawas satuan pendidikan.kolah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah. 3. 1.Lampiran 2 Kompetensi Pengawas Taman Kanak-Kanak/Raudatul Athfal (TK/RA) dan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) 1.1 Memahami konsep. 2.8 Memantau pelaksanaan stan. dan kecenderungan perkem.dar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala se. DIMENSI KOMPETENSI KOMPETENSI 1. standar kompetensi dan kompetensi dasar. 2. prinsip. 1.3 Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan di sekolah.4 Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di sekolah. 1. 1. teori/teknologi.5 Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah.3 Memiliki rasa ingin tahu akan hal-hal baru tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan. 3. 1.6 Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah. prinsip. misi.2 Memahami konsep. 1. teori dasar.2 Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi.3 Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI berlandaskan standar isi. mpetensi Supervisi Manajerial Ko 1. 7 .bangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI. tujuan dan program pendidikan di sekolah.sanakan tugas pokoknya di sekolah. 1. dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.2 Kreatif dalam bekerja dan memecahkan masalah baik yang berkaitan dengan kehidupan pribadinya maupun tugas-tugas jabatannya. karakteristik. 1. 1.

3 Menilai kinerja kepala sekolah.milih dan menggunakan stra.DIMENSI KOMPETENSI KOMPETENSI 3.bangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI. Pengembangan 5.5 Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksa. guru dan staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran/bim tiap bidang pengem. 4. dan metode penelitian dalam Penelitian pendidikan.6 Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah. kinerja guru dan staf sekolah.jaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI.4 Memantau pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI.tegi/metode/teknik pembela. mengem.1 Menguasai berbagai pendekatan.belajaran/bimbingan (di kelas. Kompetensi Evaluasi Pendidikan 4.1 Menyusun kriteria dan indika. Kompetensi 5. laboratorium.5 Membina guru dalam meman.8 Memotivasi guru untuk me. 3.bangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di TK/ RA atau mata pelajaran di SD/ MI. 3.4 Membimbing guru dalam me. 4. 4. 3. merawat.2 Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas 8 .bangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI 4. jenis.jaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui bidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI. 4.2 Membimbing guru dalam me. dan/atau di lapangan) untuk mengem. 5.6 Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pem.naan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengem.faatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI 4.tor keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/ bimbingan di sekolah.manfaatkan teknologi infor. 3.bangkan potensi siswa pada tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI.7 Membimbing guru dalam me.ngelola.nentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembela.masi untuk pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran SD/MI.

Kompetensi Pengawas Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan Pengawas Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dalam Rumpun Mata Pelajaran yang Relevan (MIPA dan TIK. 6.4 Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan.1 Bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kualitas diri untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.2 Menyusun program kepenga. IPS. Kompetensi Supervisi Manajerial 2.7 Menyusun pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di sekolah. atau Seni Budaya) DIMENSI KOMPETENSI 1.1 Menguasai metode. Kompetensi Sosial 6.2 Aktif dalam kegiatan asosiasi pengawas satuan pendidikan. 1.3 Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif.didikan dan ilmu pengetahuan. 5. dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya.holder pendidikan. 5.nunjang tugas pokok dan tanggung jawabnya.8 Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas. 5. 5. misi. baik peren. 6. 9 .4 Menumbuhkan motivasi kerja pada dirinya dan pada stake.3 Memiliki rasa ingin tahu akan hal-hal baru tentang pen. 5.an di sekolah menengah yang sejenis.wasan berdasarkan visi. 1.bagai pengawas satuan pen.2 Kreatif dalam bekerja dan me. 1. teknologi dan seni yang me. 2.canaan maupun pelaksanaan.6 Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan.didikan.5 Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatif.hidupan pribadinya maupun tugas-tugas jabatannya. 2. Bahasa. Olahraga Kesehatan. 2. tujuan dan program pendidik.DIMENSI KOMPETENSI KOMPETENSI 5. teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah menengah yang sejenis.an sekolah menengah yang sejenis. 2. Kompetensi Kepribadian KOMPETENSI 1.3 Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawas.nya di sekolah.mecahkan masalah. baik yang berkaitan dengan ke.1 Memiliki tanggung jawab se.

bangan proses pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pela. 3. prinsip. teori/teknologi. 10 .4 Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di sekolah menengah yang sejenis.prinsip pengembangan KTSP.dar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasilhasilnya untuk membantu kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah menengah yang sejenis.jaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. standar kompetensi dan kom. teori dasar. karakteristik. 2. 3.5 Membina kepala sekolah da.8 Memantau pelaksanaan stan. karakteristik.7 Membimbing guru dalam mengelola.1 Memahami konsep.pangan) untuk tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. 3. laboratorium. 3.laksanakan tugas pokoknya di sekolah menengah yang sejenis.kolah menengah yang sejenis berlandaskan standar isi. dan kecenderungan perkembang. merawat.lam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah menengah yang sejenis.7 Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil-hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam me..3 Membimbing guru dalam me.DIMENSI KOMPETENSI KOMPETENSI 2. 3.petensi dasar. dan kecenderungan perkem. 2.2 Memahami konsep. dan atau di la. Kompetensi Supervisi Akademik 3.4 Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui mata-mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. 3.6 Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan (di kelas. 2. mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. dan prinsip. 2.6 Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah menengah yang sejenis. 3.5 Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. prinsip.nyusun silabus tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di se.an tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.

2 Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas. 5.3 Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif.belajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa serta mengana.5 Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatif. 5. jenis. dan metode penelitian dalam pendidikan. 5. Kompetensi 5. baik perenca.7 Menyusun pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di sekolah menengah yang sejenis. dan peru.musan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya. Penelitian Pengembangan 5. kinerja guru dan staf sekolah lainnya dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pem.8 Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas. 11 .8 Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaan yang relevan di sekolah menengah yang sejenis. 4.6 Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah.1 Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.4 Memantau pelaksanaan pem. 4.3 Menilai kinerja kepala sekolah. 5.faatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.1 Menguasai berbagai pendekatan.6 Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan 5.didikan untuk pemecahan ma.2 Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.salah pendidikan. 4.naan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah yang sejenis. 4.belajaran/bimbingan pada tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.5 Membina guru dalam meman.DIMENSI KOMPETENSI KOMPETENSI 3. 4. 5. 5. 4. Kompetensi Evaluasi Pendidikan 4.lisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah yang sejenis.4 Melaksanakan penelitian pen. kinerja guru dan staf sekolah di sekolah menengah yang sejenis.

2.4 Menumbuhkan motivasi kerja pada dirinya dan pada stakeholder pendidikan.1 Bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kualitas diri untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. teknologi dan seni yang menunjang tugas pokok dan tang. 2. 1. 1. Seni Budaya. Olahraga Kesehatan. 2. teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah menengah kejuruan. IPS. 3. Pariwisata. Kompetensi Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dalam Rumpun Mata Pelajaran yang Relevan (MIPA dan TIK. Kompetensi Supervisi Manajerial 2.3 Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan di sekolah menengah kejuruan. 2. Kesejahteraan Masyarakat. tujuan dan program pendidikan di sekolah menengah kejuruan. Teknik dan Industri.2 Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi. 2.2 Aktif dalam kegiatan asosiasi pengawas satuan pendidikan. Bisnis dan Manajemen. 2.misi. atau Seni dan Kerajinan) DIMENSI KOMPETENSI 1. Kompetensi Kepribadian KOMPETENSI 1.3 Memiliki rasa ingin tahu akan hal-hal baru tentang pendidikan dan ilmu pengetahuan.1 Memiliki tanggung jawab sebagai pengawas satuan pendidikan.8 Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasilhasilnya untuk membantu kepala sekolah dalam mempersiapkan akreditasi sekolah menengah kejuruan. Pertanian dan Kehutanan.5 Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan admi.4 Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di sekolah menengah kejuruan. 6. Bahasa.nistrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah menengah kejuruan 2. 1.2 Kreatif dalam bekerja dan memecahkan masalah baik yang berkaitan dengan kehidupan pribadinya maupun tugas-tugas jabatannya.gung jawabnya.1 Menguasai metode. 12 .6 Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah menengah kejuruan. 2. Kompetensi Sosial KOMPETENSI 6.DIMENSI KOMPETENSI 6.7 Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil-hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di sekolah menengah kejuruan.

2 Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pem.nyusun silabus tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan berlandaskan standar isi.belajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan 4. 3.belajaran/bimbingan (di kelas.6 Membimbing guru dalam me. dan kecenderungan perkembang.1 Memahami konsep. merawat.bangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan.petensi dasar.laksanakan kegiatan pem.3 Menilai kinerja kepala sekolah. teori dasar. 3. 3. 3. 3.prinsip pengembangan KTSP. prinsip.1 Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan.4 Memantau pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan 13 . Kompetensi Supervisi Akademik KOMPETENSI 3. dan prinsip. Kompetensi Evaluasi Pendidikan 4.3 Membimbing guru dalam me. standar kompetensi dan kom. 4. 3.nya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran/ bimbingan pada tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan.5 Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap mata p e l a j a r a n dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan. laboratorium. prinsip.8 Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan. karakteristik.DIMENSI KOMPETENSI 3.an tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan. dan atau di lapangan) untuk tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan.4 Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan s t r a t e g i / m e t o d e / t e k n i k pem belajaran/ bi mbinga n yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui mata-mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan. 3. teori/teknologi. 4. dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan. mengem.7 Membimbing guru dalam mengelola. 4. karakteristik.2 Memahami konsep. kinerja guru dan staf sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawab.

5 Membina guru dalam meman.7 Menyusun pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di sekolah menengah kejuruan. dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya.2 Aktif dalam kegiatan asosiasi pengawas satuan pendidikan.an baik data kualitatif maupun data kuantitatif.3 Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun pene.faatkan hasil penilaian untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan di sekolah menengah kejuruan 4.4 Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan. 5. 5. 5.1 Bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kualitas diri untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. jenis. 6.DIMENSI KOMPETENSI KOMPETENSI 4. 5. Kompetensi 5. 5.2 Menentukan masalah ke. kinerja guru dan staf sekolah di sekolah menengah kejuruan.6 Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah.pengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas. dan metode penelitian dalam pendidikan.5 Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidik. 14 . baik perencana.litian kuantitatif. 6. Kompetensi Sosial 6.6 Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan 5.an maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan.1 Menguasai berbagai pendekatan. Penelitian Pengembangan 5. 5.8 Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful