MAKALAH EKONOMI SANITASI LINGKUNGAN TEORI EKONOMI MIKRO ³TEORI PRODUKSI, KONSUMEN DAN KESEJAHTERAAN

DISUSUN OLEH MIKO SUDIHARTO NIM : PO 5160009001 026

KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA POLITEKNIK KESEHATAN BENGKULU JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN 2011/2012

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan. SKM. SKM. KONSUMEN DAN KESEJAHTERAAN). MPH yang telah membimbing kami dalam pembuatan makalah ini serta teman ± teman yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini. Terima kasih. oleh karena itu kritik dan saran selalu kami harapkan. atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ³ekonomi sanitasi lingkungan´ ini yang berjudul ³ TEORI EKONOMI MIKRO (TEORI PRODUKSI .KATA PENGANTAR Dengan memajatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk pihak-pihak yang membutuhkan. Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas yang telah diberikan oleh dosen pembimbing kami ³ IBU YUSNIDIARTI. MPH ³ Ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya penulis sampaikan kepada IBU YUSNIDIARTI. .

Pengertian lain bahwa ilmu ekonomi mempelajari bagimana cara setiap individu atau segolongan masyarakat mengalokasikan sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. 2) How : Bagaimana menghasilkan barang dan jasa tersebut. Bagaimana pembagian barang dan jasa tersebut sepanjang waktu dapat dipergunakan secara efisien ? Selain pengertian di atas bahwa ilmu ekonomi dapat juga didefenisikan sebagai berikut: . Keterbatasan sumber daya seperti alat produksi. konsumen sekaligus pemilik factor faktor produksi. Yang dimaksud dengan manusia disini adalah produsen. barang dan jasa menyebabkan perlu adanya pilihan rasional untuk memenuhi kebutuhan secara optimal. Latar Belakang Secara umum ilmu ekonomi atau ekonomika dapat diartikan sebagai suatu ilmu tentang usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan adanya alat-alat pemuas kebutuhan yang langka (scarce). Karena sumber daya yang dimiliki masyarakat terbatas atau langka. 3) For Whom : Untuk siapa dihasilkan barang dan jasa atau bagaimana barang dan jasa tersebut dibagikan bagi masyarakat. seluruh masyarakat menghadapi berbagai masalah ekonomi yaitu: 1) What : Barang dan jasa apa yang harus diproduksikan dan berapa jumlahnya.BAB I PENDAHULUAN 1. Karena alat-alat pemuas (sumber daya) terbatas maka manusia harus berusaha memaksimumkan kepuasannya baik produsen maupun konsumen. maka kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa juga akan terbatas. Akibat kelangkaan (scarcity). 4) When : Harus ditentukan bila barang dan jasa tadi harus diproduksi. konsumsi.

Rumusan Masalah 1) Apa pengertian dari ekonomi dan ekonomi mikro 2) Pengertian teori produksi. konsumsi. Dalam hal ini ada dua (2) aspek masyarakat yang penting yaitu: Pertama : Sumber-sumber produksi adalah langka (scarce) artinya tidak mampu memuaskan kebutuhan manusia.1) Ilmu Ekonomi yaitu sebagai alokasi sumber-sumber yang langka diantara berbagai altenatif tujuan penggunaan. dan kesejahteraan 3. dan kesejahteraan . Setiap masyarakat jumlah produksinya dibatasi oleh jumlah: tanah. 2) Ilmu Ekonomi adalah sebagai studi bagaimana masyarakat menentukan pilihannya (study of the ways which society makes choice). Tujuan Tujuan dari membuat makalah ini adalah 1) Mengetahui apa pengertian ekonomi 2) Mengetahui apa pengertian teori produksi . 2. Kedua : Sumber-sumber produktif yang tersedia dapat dipakai untuk berbagai tujuan. Misalnya: memilih barang yang akan dibeli 3) Ilmu Ekonomi adalah sebagai apa yang dilakukan para ekonom (what economists do). modal dan teknologi untuk mengolah sumber produksi tersebut. konsumsi. Semua individu dalam masyarakat bebas mengadakan pilihan tentang alokasialokasi sumber daya yang dimilikinya. tenaga kerja.

rumah tangga" dan (nomos) yang berarti "peraturan. Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. teori ekonomi dibedakan dalam dua bagian pokok yaitu: 1. artinya kecil. Beberapa faktor yang memengaruhi sehingga jumlah kebutuhan seseorang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain: y y y y y Faktor ekonomi Faktor lingkungan sosial budaya Faktor fisik Faktor pendidikan Faktor moral Dalam literatur ekonomi." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. distribusi. Teori ekonomi mikro sering mendapat perhatian yang lebih besar . dan konsumsi barang dan jasa.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 1. Mikro berasal dari kata Yunani. Micros. Pengertian Ekonomi Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi. hukum". Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas. yaitu (oikos) yang berarti "keluarga. Teori mikro sama dengan tidak berarti bahwa teori harga itu kecil atau tidak penting. ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga. sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Teori Makro Ekonomi (Macro Economic Theory) 2. Secara garis besar. aturan. Teori Mikro Ekonomi (Micro Economic Theory) Ekonomi mikro muncul pada abad 18 yang sering dinamakan teori harga (prices theory).

F UNGS I PR OD UK S I Sebagai langkah permulaan untuk menerangkan kegaitan firma dalam memproduksi menerangkan tentang dan mencari keuntungan. teori ekonomi pendek. yang digambarkan adalah hubungan diantara jumlah tenaga kerja yang digunakan dan jumlah produksi yang Fungsi dicapai. L adalah jumlah tenaga kerja dan ini meliputi berbagai jenis tenaga kerja dan keahlian tingkat kewirausahaan. TEORI PRODUKSI Teori produksi merupakan analisa mengenai bagaimana seharusnya seorang pengusaha atau produsen. seefisien mungkin (Suherman. sehingga nilai barang tersebut bertambah.dari pada teori ekonomi makro. R. investasi dan tabungan. Produksi adalah suatu proses mengubah input menjadi output. Faktor produksi yang lainnya dianggap tetap. yaitu Q = f (K. Dengan demikian. 2000). R adalah kekayaan alam. T) Dimana K adalah jumlah stok modal. dalam menggambarkan hubungan antara Factor produksi yang digunakan dan tingkat produksi yang dicapai jangka pendek. fungsi produksi dalam jangka Hubungan diantara factor-faktor produksi dan tingkat produksi yang diciptakannya dinamakanf ungsi p rod uksi. Teori mikro ekonomi mengadung pemecahan atau disagregasi dari variable makro ekonomi seperti konsumsi. Penentuan kombinasi faktor-faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi sangatlah penting agar proses produksi yang dilaksanakan dapat efisien dan hasil produksi yang didapat menjadi optimal. produksi selalu dinyatakan dalam bentuk rumus. L. dan T adalah . 2. dalam teknologi tertentu memilih dan mengkombinasikan berbagai macam faktor produksi untuk menghasilkan sejumlah produksi tertentu. Juga dapat menjelaskan susunan (komposisi) dan alokasi dari total produksi.

maka semakin tinggi pula konsusi (Yd ) dan sebaliknya. Besarnya konsumsi adalah : .teknologi yang digunakan. Pada umumnya pengeluaran konsumsi ini lebih besar dari atau sama dengan 50% (> 50%) dari pendapatan nasional. Semakin besar pendapatan. Keynes menyatakan tentang hubunhgan pengeluaran konsumsi dengan pendapatan nasional yang diukur berdasarkan harga konstan. makin kecil APC.M. Yd = Y Tx + Tr Tx = Pajak . Pendapat beberapa ahli tentang teori konsumsi antara lain : 1) J. Sedangkan Q adalah jumlah produksi yang dihasilkan oleh berbagai jeis factor-faktor produksi tersebut. Teori konsumsi Teori konsumsi yang dibahas pada tulisan ini adalah seluruh pengeluaran rumah tangga keluarga (masyarakat). Tr = Transper Payment (seperti Subsidi) Dari persamaan diatas dapat dilihat bahwa besarnya konsumsi sangat tergantung pada besarnya pendapatan (Yd). Keynes mengatakan: Apabila pendapatan makin tinggi/meningkat MPC tetap sedangkan APC akan menurun. Jadi makin tinggi income. Keynes Terkenal dengan Absolut Income Theory (Teori pendapatan absolut). Jadi : C=f(Yd) C = Konsumsi F = Fungsi Yd = Disposisi income (pendapatan yang benar-benar dapat dinikmati oleh rumah tangga). 3.

jadi besarnya hubungan antara pendapatan nasional nominal dengan pengeluaran konsumsi nominal.C = a + bYdatau C = a + bYd atau C = Co + bYd a atau a atau Co : adalah alpa atau dengan kata lain konsumsi terendah. konsumsi sebesar a/a/Co. Penemuan ini sekedar untuk menunjukkan bahwa yang . b/B = Beta = MPC = Marginal Propensity to Consume Yd = Disposible Income Catatan : UC MPC = UY APC = (Avarage Profensity to Consume) =c/y MPC + APC = 1 Besarnya MPC = 0 sampai 1 atau 0 < MPC < 1 Secara singkat berikut ini disajikan beberapa catatan mengenai fungsi consumsi Keyness yang banyak disebut dalam literatur: a Variabel nyata . Yang dimaksud adalah bahwa fungsi konsumsi Keyness menunjukkan hubungan antara pendapatan nasional dengan pengeluaran konsumsi yang kedua-duanya dinyatakan dengan menggunakan tingkat harga konstan. b Pendapatan yang terjadi Dalam literatur banyak disebut bahwa pendapatan nasional yang menentukan besar kecilnya pengeluaran nasional yang terjadi (Current National Income). Jadi meskipun pendapatannya nol.

Keyness Penemuan empiris Keuzen. Atau secara rinci penemuan adalah : kenzen tersebut . mengenai fungsi consumsi jangka panjang nilai APC trennya tidak menurun akan tetapi konstant. c Pendapatan Absolut. bukan pula pendapatan yang diramalkan akan terjadi dimasa yang akan datang. Dalam lliteratur banyak pula disebut-sebut bahwa fungsi konsumsi Keyness.dimaksud Keyness bukannya pendapatan yang terjadi sebelumnya. seperti yang diasumsikan Keyness. mengalami perubahan dari waktu kewaktu.M. pendapatan absolut Keyness. Inter lep fungsi konsumsi yaitu CO. C ( harga Konstan ) Y= C C Co 0 Y ( harga Konstan ) Fungsi konsumsi menurut Keyness. pendapatan permanen dan sebagainya. Ini berarti berbeda dengan yang diasumsikan Keynes yang kedua adalah bahwa untuk fungsi konsumsi jangka pendek sekalipun berlaku MPC < APC. Kritik Keuzen terhadap teor J. variabel pendapatan nasional yang perlu di interprestasikan sebagai pendapatan nasional absolut. yang dapat dilawankan pula misalnya dengan pendapatan relatif. Bergesernya inter lep keatas ini tidak tertampung oleh hipotesis.

2) Milton Fridman (Permanent Income Hipotesis) Dengan menggunakan asumsi bahwa: konsumen bersikap rasional dalam mengalokasikan pendapatan yang diperoleh selama hayatnya diantara kurun waktu yang dihadapinya serta menghendaki pola-pola konsumsi yang kurang lebihnya merata dari waktu kewaktu. berbeda dengan pendapat Irving Fisher yang mengamati dan melihat dari individu-individu (single consumtion). Fungsi konsumsi jangka pendek ternyata mengalami pergeseran keatas. Dalam bentuk matematis dapat diungkapkan : Cp = K Yp Cp = Consumsi permanen K = Angka konstan yang menunjukkan bagian pendapatan permanen yang dikonsumsi. 2. Jadi dari uraian diatas dapat dilihat bahwa baik keynes maupun Keuzen melihat dari agregat. Konsumsi jangka panjang dimulai dari nol dan konsumsi masyarakat jangka pendek berubah setiap masa/setiap saat. Dari penemuan inilah maka Kuezen. Milton Fridman menarik kesimpulan bahwa konsumsi permanen seseorang konsumen atau suatu masyarakat mempunyai hubungan yang positif dan proporsional dengan pendapatannya/pendapatan mereka yang bersangkutan. dapat dikatakan bahwa nilai Co tendensinya meningkat dari waktu kewaktu.1. menyatakan bahwa yang dibahas oleh Keyness adalah konsumsi jangka pendek. kesimpulan ini apabila diungkapkan dengan menggunakan bentuk standar persamaan fungsi konsumsi : C = CO + by. Ini berarti 0 < k < 1 . Perlu dibedakan antara fungsi konsumsi jangka (Long run Consumtion Fungtion) dan fungsi konsumsi jangka pendek (Short run Consumtion Fungtion) karena kedua macam fungsi konsumsi tersebut dari hasil struktur empirisnya mempunyai bentuk yang berbeda. Perubahan asset ini akan menambah CO jadi dalam jangka panjang MPC = APC.

alat liquit. dalam keadaan sehat dan damai.Yp = Pendapatan permanen . James Desenbery mengemukakan pendapatnya bahwa pengeluaran konsumsi suatu masyarakat di tentukan terutama oleh tingginya pendapatan tertinggi yang pernah dicapainya. konsumen tidak akan banyak mengurangi pengeluarannya untuk konsumsi. Banyaknya kekayaan masyarakat dalam bentuk alat. Ia berpendapat bahwa apabila pendapatan berkurang. y Dalam istilah umum. Teori Kesejahteraan Kesejahteraan atau sejahtera dapat memiliki empat arti. Selanjutnya Desenbery juga sependapat dengan penemuan kuznets bahwa untuk setiap income yang dicapai mempunyai fungsi konsumsi jangka pendek sendiri± endiri. b. kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur.Untuk mempertahankan tingkat konsumsi yang tinggi ini. mereka terpaksa mengurangi saving. Banyaknya barang±barang konsumsi tahan lama dalam masyarakat 4. . Catatan . Milton Fridman dan begitu juga nantinya Desenbery berhasil memberikan dasar teoritik untuk kedua fungsi konsumsi yang ditemukan secara empirik oleh Simon Keuze. Distribusi pendapatan nasional. Dari uraian di atas jelaslah sekarang bahwa seperti halnya Ando- Brimburg ± Modigliani. Faktor±faktor yang berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi : a. c. 3) James Desenbery. sejahtera menunjuk ke keadaan yang baik.

sejahtera dihubungkan dengan keuntungan benda. yang mencegahnya untuk dapat bekerja. atau yang keadaannya pendapatan yang diterima untuk memenuhi kebutuhan dasar tidak berkecukupan. Di beberapa kasus penerima dana bahkan diharuskan bekerja.y Dalam ekonomi. dan juga memiliki kondisi khusus. sejahtera menunjuk ke uang yang dibayarkan oleh pemerintah kepada orang yang membutuhkan bantuan finansial. y Di Amerika Serikat. tetapi tidak dapat bekerja. . seperti dalam istilah fungsi kesejahteraan sosial. Sejahtera memliki arti khusus resmi atau teknikal (lihat ekonomi kesejahteraan). seperti bukti sedang mencari pekerjaan atau kondisi lain. seperti ketidakmampuan atau kewajiban menjaga anak. dan dikenal sebagai workfare. kesejahteraan sosial menunjuk ke jangkauan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. y Dalam kebijakan sosial. Jumlah yang dibayarkan biasanya jauh di bawah garis kemiskinan. Ini adalah istilah yang digunakan dalam ide negara sejahtera.

Kesimpulan 1) Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi. Pada umumnya pengeluaran konsumsi ini lebih besar dari atau sama dengan 50% (> 50%) dari pendapatan nasional 4) Dalam istilah umum. dalam keadaan sehat dan damai. dalam teknologi tertentu memilih dan mengkombinasikan berbagai macam faktor produksi untuk menghasilkan sejumlah produksi tertentu. sejahtera menunjuk ke keadaan yang baik. seefisien mungkin 3) Teori konsumsi yang dibahas pada tulisan ini adalah seluruh pengeluaran rumah tangga keluarga (masyarakat). kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur. . dan konsumsi barang dan jasa 2) Teori produksi merupakan analisa mengenai bagaimana seharusnya seorang pengusaha atau produsen.BAB III PENUTUP 1. distribusi.

DAFTAR PUSTAKA http://usupress.org/wiki/Kesejahteraan http://repository.wikipedia.usu.pdf http://id.ac.ac.pdf .usu.id/files/Teori%20Ekonomi%20Mikro_Sahat%20Simbolon_Pro of-final_normal_bab%201.id/bitstream/123456789/26156/4/Chapter%20II.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful