HEMOROID POST PARTUM (PNC

)

Dosen Pengajar : Rini Hayu Lestari, SST

Disusun Oleh: Dwi Fiky Retno Afiyah 100503011 / 2A

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN STIKES PEMKAB JOMBANG
TAHUN AJARAN 2011/2012

SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) 1. Tempat Balai Desa Bedah Lawak. Metode Ceramah dan Tanya jawab 9. Jombang 6. Sasaran Sasaran dalam penyuluhan ini adalah ibu-ibu post partum atau setelah melahirkan 4. Pokok Bahasan Post Natal Care (PNC) 2.00 WIB 5. jam 10. Waktu Hari Senin. mengobati & menyembuhkan Wasir / Ambeyen / Hemoroid? 8. Tanggal 20 November 2011. Kec. Media Leaflet dan Lembar Balik 10. Tujuan Umum Setelah dilakukan penyuluhan ibu dapat memehami lebih dalam tentang pentingnya Hemoroid Post Partum 7. Tujuan Khusus Setelah dilakukan penyuluhan ibu dapat mengetahui dan mengerti tentang: y y y Pengertian hemoroid / ambeyen? Macam-macam dari hemoroid / ambeyen? Faktor Pemicu Yang Menyebabkan atau Penyebab Wasir / Ambeien / Hemoroid? y y y Ciri Khas / Gejala Penyakit Wasir / Ambeien / Hemoroid? Apabila dengan penggunaan obat-obatan tradisional ? Untuk mengatasi. Sub Pokok Bahasan Hmoroid Post Partum 3. Tembelang. Kegiatan Operasional No 1 Kegiatan Penyuluhan Pembukaan Kegiatan Sasaran Waktu Sasaran mendengarkan serta 3 menit . Kab.

5 menit mendengarkan dan mengerti tentang materi yang telah disampaikan 3 Tanya Jawab Apa Sasaran menanyakan materi 10 menit pengertian yang tidak dimengerti hemoroid / ambeyen? Macam-macam dari hemoroid / ambeyen? Apakah faktor Pemicu Yang Menyebabkan atau Penyebab Wasir / Ambeien / Hemoroid? Bagaiman ciri Khas / Gejala Penyakit Wasir / Ambeien / Hemoroid? Bagaimana penggunaan dengan obat- obatan tradisional ? Bagaimana cara untuk mengatasi. . dan mengobati menyembuhkan Wasir / Ambeyen / Hemoroid? 4 Penutupan dan Evaluasi Sasaran dapat menyebutkan isi 2 menit materi yang telah disampaikan 11. Evaluasi Evaluasi dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan secara langsung dan ibu diharapkan ibu dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan materi yang disampaikan.memperhatikan penyuluhan 2 Ceramah / Penyampaian Sasaran Materi memperhatikan.

. Materi A. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati.Pertanyaan: 1. Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Bagaiman ciri Khas / Gejala Penyakit Wasir / Ambeien / Hemoroid? Bagaimana dengan penggunaan obat-obatan tradisional ? Bagaimana cara untuk mengatasi. Hemoroid intern ini merupakan bantalan vaskuler didalam jaringan submukosa pada rektum sebelah bawah. 3. kanan-belakang. 2. Jangan acuhkan dan remehkan penyakit wasir yang anda derita karena anda bisa dibuat menderita seumur hidup oleh wasir yang tidak ditanggulangi dengan baik sampai ke akarakarnya. 5. Selamat membaca artikel wasir dari organisasi. tetapi juga memberikan rasa minder dan malu karena mengidap penyakit ambeien. dan kiri-lateral. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Penyakit ambeien ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya.org semoga anda yang menderita wasir dapat segera sembuh.2 Lampiran a. Hemoroid yang lebih kecil terdapat diantara ketiga letak primer tersebut. Hemoroid intern adalah pleksus v. Sering hemoroid terdapat pada tiga posisi primer.hemoroidalis superior diatas garis mukokutan dan ditutupi oleh mukosa. Hemoroid dibedakan antara yang intern dan yang ekstern. Apa pengertian hemoroid / ambeyen? Macam-macam dari hemoroid / ambeyen? Apakah faktor Pemicu Yang Menyebabkan atau Penyebab Wasir / Ambeien / Hemoroid? 4. Selain itu adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan. Arti Definisi Pengertian Wasir / Ambeien / Hemoroid Hemoroid adalah pelebaran vena didalam pleksus hemoroidalis yang tidak merupakan keadaan patologik. diperlukan tindakan. Hanya apabila hemoroid ini menyebabkan keluhan atau penyulit. mengobati & menyembuhkan Wasir / Ambeyen / Hemoroid? 1. yaitu kanan depan. 6.

darah yang keluar berwarna merah segar karena kaya akan zat asam. Kadang perdarahan hemoroid yang berulang dapat berakibat timbulnya anemia berat. Pada stadium yang lebih lanjut . Kedua pleksus hemoroid. Hemoroid dapat menimbulkan gejala karena banyak hal. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal.Hemoroid ekstern yang merupakan pelebaran dan penonjolan pleksus hemoroid inferior terdapat disebelah distal garis mukokutan didalam jarigan dibawwah epitel anus. saling berhubungan secara longgar dan merupakan awal dari aliran vena yang kem bali bermula dari rectum sebelah bawah dan anus. dan obesitas. internus dan eksternus.hemoroidalis superior dan selanjutnya ke v. Macam-Macam Wasir / Homoroid / Ambeyen Wasir atau ambeien ada dua macam. pleksus hemoroid eksternus mengalirkan darah ke peredaran sistemik melalui daerah perineum dan lipat paha ke v.iliaka. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Walaupun berasal dari vena. yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Gejala wasir dalam adalah suka ada darah yang keluar dari anus saat bab / buang air besar. Pasien sering mengeluh menderita hemoroid atau ³wasir¶ tanpa ada hubungannya dengan gejala rectum atau anus yang khusus. Jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus diambil tindakan operasi untuk membuang wasir. Perdarahan umumnya merupakan tanda pertama hemoroid intern akibat trauma oleh feses yang keras. Factor yang memegang peranan kausal ialah mengedan pada waktu defekasi. Hemoroid yang membesar secara perlahan-perlahan akhirnya dapat menonjol keluar dapat menyebabkan prolaps. Darah yang keluar berwarna merah segar yang tidak tercampur dengan feses. Nyeri yang hebat jarang sekalinada hubungannya dengan hemoroid intern dan hanya timbul pada hemoroid ekstern yang mengalami thrombosis. konstipasi menahun. Pleksus hemoroid intern mengalirkan darah ke v. B. dapat hanya berupa garis pada feses atau kertas pembersih sampai pada perdarahan yang terlihat menetes atau mewarnai air toilet menjadi merah. Pendarahan luas dan intensif dipleksus hemoroidalis menyebabkan darah divena tetap merupakan ³darah arteri´. Jika tidak ditangani bisa terlihat muncul menonjol ke luar seperti wasir luar.porta. Pada tahap awalnya penonjolan ini hanya terjadi pada waktu defekasi dan disusul oleh reduksi spontan sesudah selesai defekasi. kehamilan.

Akhirnya hemoroid dapat berlanjut menjadi bentuk yang mengalami prolaps menetap dan tidak dapat didorong masuk lagi. Sembelit / konstipasi / obstipasi menahun 8. terjadi gesekan dan prolaps dari bantalan anus. C. Terlalu banyak duduk 2. Hubungan seks yang tidak lazim 6. Hal-hal yang menyebabkan rotasi tidak sempurna dari bantalan anus adalah usia. Penyakit yang membuat mengejan penderita 7. Keturunan penderita wasir 5. maka bantalan anus yang menempel secara longgar pada lapisan otot anus akan mengalami rotasi dan kembali kepada posisi semula. Diare menahun 3. Selain itu hemoroid dapat juga terjadi akibat sumbatan pembuluh darah balik /vena pada bantalan anus akibat dorongan masa kotoran yang keras. Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormone 4.hemoroid intern ini perlu didorong kembali setelah defekasi agar masuk kedalam anus. bantalan anus tidak mengalami rotasi sempurna sehingga sering terperangkap (terjepit dan terbendung) oleh sfingter anus. Keluarnya mucus dan terdapatnya feses pada pakaian dalam merupakan cirri hemoroid yang mengalami prolaps menetap. Penyebab wasir selalu dihubungkan dengan dua hal yaitu ketidak cukupan diet tinggi serat dalam menu sehari-hari dan kebiasaan mengejan saat BAB. Proses mengejan yang lama juga dapat mengakibatkan kenaikan tekanan dalam perut dan berakibat penekanan pada vena-vena otot anus. Nyeri hanya timbul apabila terdapat thrombosis yang luas dengan udem dan radang. Penekanan kembali aliran darah vena Hemoroid juga sering pada wanita hamil biasanya sifatnya temporer / sementara. Pada saat BAB. . Iritasi kulit perianal dapat menimbulkan rasa gatal yang dikenal sebagai pruritus anus dan ini disebabkan oleh kelembaban yang terus menerus dan rangsangan mukus. Jepitan dan bendungan ini yang mengakibatkan timbulnya benjolan. Seiring dengan keluarnya kotoran. Pada hemoroid. konstipasi serta proses mengejan lama. Faktor Pemicu Yang Menyebabkan atau Penyebab Wasir / Ambeien / Hemoroid Wasir dapat diakibatkan oleh hal-hal berikut di bawah ini sehingga perlu diwaspadai dan dihindari : 1.

Derajat 3: Derajat 1 disertai dengan benjolan yang tambah membengkak dan membesar. Merupakan hemoroid yang menonjol keluar dan tidak dapat didorong masuk. Derajat1 : Disertai dengan perdarahan pada saat BAB (buang air besar). Benjolan akan masuk sendiri usai BAB. Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus. Selain itu biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi. Pada stadium yang awal seperti ini tidak terdapat prolaps dan pada pemeriksaan anoskopi terlihat hemoroid yang membesar menonjol kedalam lumen.D. Derajat 2 : Derajat 1 yang disertai dengan timbulnya benjolan yang keluar pada saat BAB (buang air besar). Hemoroid menonjol saat mengedan dan harus didorong kembali sesudah defekasi. Benjolan dapat masuk kedalam anus dengan didorong oleh jari. Henonjol melalui kanalis analis pada saat mengedan ringan tetapi dapat masuk kembali secara spontan. Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden / mengejan yang bisa memperparah wasirnya. Klasifikasi Hemoroid intern dikelompokkan dalam empat derajat. Ciri Khas / Gejala Penyakit Wasir / Ambeien / Hemoroid Sebelum parah sebaiknya kita mengenal seperti apa penyakit wasir ada awal mulanya sehingga kita bisa obati sedini mungkin. . Hemoroid menyebabkan perdarahan merah segar tanpa nyeri pada waktu defekasi. Diagnosa Hemoroid:  Darah di anus  Prolaps  Perasaan tak nyaman anus (mungkin pruritus anus)  Pengeluaran lender  Anemia skunder (mungkin)  Tampak kelainan khas pada inspeksi  Gambaran khas pada anoskopi / rektoskopi E. Derajat 4 : Benjolan tambah membesar dan tidak dapat masuk kembali ke dalam anus.

Pemeriksaan Apabila hemoroid mengalami prolaps lapisan epitel penutup bagian yang menonjol keluar ini mengeluarkan mukus yang dapat dilihat apabila penderita diminta mengedan. Pemeriksaan yang diperlukan untuk menegakkan diagnosa hemoroid adalah pemeriksaan colok dubur. Selain itu bisa juga dengan anuskopi benjolan dapat terlihat lebih jelas atau proktoskop dapat melihat keseluruhan rektum dengan baik. Pada pemeriksaan colok dubur hemoroid intern tidak dapat diraba sebab tekanan vena didalamnya tidak cukup tinggi. banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat dan selain itu yang tidak kalah penting adalah jangan terlalu lama duduk / jongkok di toilet. dan biasanya tidak nyeri. Dokter akan menganjurkan pemeriksaan sigmoidoskopi atau kolonoskopi. Pada kasus yang mencurigakan adanya penyakit saluran cerna lainnya. Biasakan minum 8 gelas / hari. Feses harus dipersiksa terhadap adanya darah samar.karena hemoroid merupakan keadaan fisiologik saja atau tanda yang menyertai. selain anamnesa dan pemeriksaan fisik. dapat menurunkan insiden hemoroid. Hemoroid intern terlihat sebagai struktur vaskular yang menonjol kedalam lumen. tidak adanya pengaturan dalam hal waktu dan tempat defekasi serta tidak merasa terobsesi untuk defekasi secara regular misalnya dengan membaca koran/majalah atau rokok.F. Jika terjadi nyeri hebat dan adanya trombus perianal tidak diperkenankan untuk dilakukan colok dubur. . Penilaian dengan anoskop diperlukan untuk melihat hemoroid intern yang tidak menonjol keluar. Diet tinggi serat akan menyebabkan turunnya insiden hemoroid. Proktosigmoidoskopi perlu dikerjakan untuk memastikan bahwa keluhan bukan disebabkan oleh proses radang atau proses keganasan ditingkat yang lebih tinggi. Melalui pemeriksaan colok dubur teraba pembesaran benjolan di dalam dan disekitar anus. Kebiasaan defekasi / BAB sangat berpengaruh. Anaskop dimasukkan dan diputar untuk mengamati keempat kuadran. Apabila penderita diminta mengedan sedikit maka ukuran hemoroid akan membesar dan penonjolan atau prolaps akan lebih nyata. Colok dubur diperlukan untuk menyingkirkan kemungkinan karsinoma rectum.

Minum obat sesuai anjuran dokter 13. Jangan merokok. Jangan mengejan berlebihan 10. Mengobati & Menyembuhkan Wasir / Ambeyen / Hemoroid Untuk menghilangkan wasir secara total sebaiknya anda menjalankan beberapa tips menyembuhkan wasir serta melakukan konsultasi dengan dokter. Jangan melakukan aktifitas hubungan seks yang tidak wajar 7. Minum air yang cukup minimal 1. Makan-makanan berserat. 1. Bagaimana dengan penggunaan obat-obatan tradisional ? Prinsipnya pada pengobatan hemoroid diperlukan obat-obatan yang dapat melunakkan kotoran . Duduk berenam pada air yang hangat 12. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di WC/Toilet 5. Jangan suka menggosok atau menggaruk dubur berlebihan 9. BAB teratur minimal sehari sekali H. minum-minuman keras. Olahraga secara teratur. Jalankan pola hidup sehat 2. Jika kandungan obat tradisional sudah memenuhi kriteria diatas dan tentu saja telah melewati pelbagai uji klinik (bukan hanya sekedar testimonial saja) maka tentu saja obat tersebut dapat aman untuk dikonsumsi.5-2 liter /hari 8. memberikan efek relaksasi pada otot dubur sehingga tidak menimbulkan rasa sakit pada saat BAB. seperti senam. memberikan efek pengempesan pembuluh darah balik / vena pada anus sehingga mengurangi spasme selain juga dapat mengurangi nyeri.berjalan dan berenang 3.G. narkoba dan lain-lain 6. Mengatasi. . Jika tidak ingin BAB jangan dipaksa 11. sayur dan buah-buahan 4.

6. 19. 7. 20. 8. 16. 15. Nama Alamat TTD Mahasiswa Pembimbing Dwi Fiky Retno Afiyah Rini Hayu L. 12. SST . 5. 11. 13. 3. 10. 18. 14. 17. 9.b. 4. 2. Daftar Hadir No 1.

Buku Saku Ilmu Bedah.1997. Carpenito. Widya Medika. Sjamsuhidajat. A. Diagnosa Keperawatan Aplikasi pada Praktek Klinis.Wim. L.R. Jakarta. Yogyakarta . Jakarta Maurytania. Kuncara...Jakarta:EGC Brunner & Suddarth. EGC. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah.made karyasa. 2000.J. Juli. 2003.. I. 2002. alih bahasa: Waluyo Agung. EGC. Yasmin Asih.Buku Ajar Bedah... alih bahasa: Tim PSIK UNPAD Edisi-6.Daftar Pustaka R.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful