LOMBA DOKTER KECIL SD TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2011 LEMBAR SOAL Hari/Tanggal : Kamis, 21 Juli

2011. Pukul : 19.00 – 20.30

PETUNJUK UMUM 1. Bacalah dengan teliti petunjuk cara mengerjakan soal. 2. Tulislah terlebih dahulu nomor Undian anda di tempat yang disediakan pada lembar jawaban. 3. Kerjakan soal pada lembar jawaban jangan menggunakan pensil atau spidol. 4. Jika ada jawaban yang anda anggap salah dan ingin dibetulkan, maka coretlah dengan dua garis lurus mendatar pada huruf jawaban yang diganti. Contoh: Pilihan Semula : a b c d

Jawaban a salah diganti c Dibetulkan menjadi : a b c d

PETUNJUK KHUSUS Soal No. 1 s.d 35, pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) Pada huruf a, b, c, atau d di lembar jawaban yang tersedia. 1. Kegiatan dokter kecil adalah menggunakan dan membimbing teman untuk melaksanakan…. a. Pengamatan kebersihan dan kesehatan pribadi b. Memeriksa temannya yang sedang sakit c. Bertindak sebagai dokter di sekolah d. Memanggil dokter jika ada teman yang sakit 2. Salah satu kegiatan pendidikan kesehatan dalam Trias UKS adalah . . . . a. Pemeriksaan kesehatan berkala b. Pencegahan dan pemberantasan penyakit menular c. Usaha kesehatan gigi sekolah d. Pembinaan hubungan antara guru, murid, orang tua, dan petugas UKS
1

Nyamuk culek 9. Daun katuk 7. Hutan 6. Nyamuk aides aegipty b. Kain pembalut yang berbentuk segienam 5. Lingkungan. Kain pembalut yang berbentuk segiempat c. a. Nyamuk anopheles d. . Kaca mulut d. . Lingkungan. a. . a. . a. perilaku. Bakteriologis 2 . Pantai d. dan keturunan b. Alat yang berguna untuk membersihkan karang gigi adalah . a. Sporadi d. . . . pelaksana kesehatan. Empat faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan adalah . Lingkungan. tenaga kesehatan. . Daunsirih b. Menolong orang yang pingsan c. Obat tradisional untuk mengompres penderita sakit panas adalah . Nyamuk mansonia c. Menolong orang yang terluka b. . a. . Yang bukan merupakan kegiatan P3K adalah . Pegunungan c.3. . . . Daun dadap serep d. tenaga medis. dan paramedic 10. pelayanan kesehatan. Daun papaya c. dan pelaksana kesehatan c. Bein b. . Schaller 4. perilaku. Kain pembalut yang berbentuk segitiga b. . Kain pembalut yang berbentuk segilima d. . Penyebab penyatakit malaria adalah . Kimiawi c. a. Mitella adalah . Menolong orang yang kecelakaan 8. Biologis b. Daratan b. . Menolong orang yang lumpuh d. Pinset c. . perilaku. a. Fogging/ penyemprotan sarang nyamuk pada pemberantasan vektor penyakit Demam Berdarah Dengue adalah merupakan upaya pemberantasan nyamuk yang bersifat …. Penyakit gondok banyak dijumpai di daerah . . . dan tenagamedis d. . Lingkungan. perilaku.

Gangguan Akibat Kekurangan Yodium d. Imunisasi polio adalah merupakan imunisasi yang diberikan dengan cara diteteskan ke mulut. sarapan pagi wajib kita lakukan sebelum berangkat ke sekolah. sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal adalah merupakan : a. 3 tetes d. Pendidikan UKS 14. a. Ruang Lingkup UKS d. Di bawah ini adalah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pengelolaan sampah yang kurang baik kecuali : a. Usus Buntu d. Gangguan Akibat Kelebihan Yodium b. Betadin Test c. 2 tetes c. Kolera b. Gangguan Akibat Kekeringan Yodium 12. ¼ dari porsi makan dlm satu hari b. GAKY adalah merupakan kepanjangan dari : a. Sasaran UKS b. ¾ dari porsi makan dalam satu hari 16. b dan c salah 3 . 1/3 dr porsi makan dlm satu hari c. derajat kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat. kita dapat menggunakan larutan : a. TBC b. berapakah dosis yang diberikan pada imunisasi tersebut… a. Gangguan Akibat Kekeringan Yodium c. 4 tetes 17. 1 tetes b. Kaki Gajah c. Iodina Test b. Diabetes Melitius/ DM c. Meningkatnya kemampuan hidup bersih dan sehat. Penyakit di bawah ini adalah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Tujuan Umum UKS c. Demam Berdarah 15. Agar kita dapat menangkap pelajaran dengan baik.11. berapakah porsi sarapan pagi yang diajurkan sesuai dengan PUGS : a. ½ dr porsi makan dlm satu hari d. kecuali : a. Polio d. Hepatitis 13. Untuk mengetahui kandungan Yodium yang terdapat dalam garam dapur. Yodium Tenture d.

Paradigma Sehat b. Kerusakan moral c. Agar kegiatan olahraga yang kita laksanakan memberi nilai yang bermakna bagi kebugaran tubuh maka sebaiknya kita melakukan olahraga minimal : a. a.18. kecuali : a. a. Perilaku di bawah ini adalah merupakan perilaku yang tidak dapat menularkan penyakit HIV/ AIDS kecuali : a. Di bawah ini adalah. Dua kali/ minggu d. 11 Nopember c. Kewajiban Khusus Dokter Kecil d. Achmad Suyudi b. Tiga kali/ minggu c. Jika ditinjau dari segi agama maka seorang pecandu narkoba akan mengalami : a. Makanan bau basi b. Tujuan Khusus Dokter Kecil b. Empat kali/ minggu 23. Kerusakan otak b. ciri dari makanan yang tidak layak dikonsumsi. Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri. Nama Menteri Kesehatan dalam susunan “ Kabinet Indonesia Bersatu II “ adalah : a. Cara pandang yang mengutamakan upaya promotif dan preventif dari pada upaya curatif rehabilitatif disebut a. Menggunakan jarum suntik bersama c. Salah satu upaya yang dilakukan dalam pemberantasan nyamuk DB dengan cara memelihara ikan di bak mandi lazim disebut pemberantasan secara 4 . Kerusakan hati 19. 31 Mei 24. Kerusakan saraf pusat d. Paradima Modern d. Tugas Khusus Dokter Kecil c. b dan c salah 26. b dan c benar 22. Endang Rahayu Sedyaningsih 21. Makanan yg berjamur c. Siti Fadilah Supari d. Makanan yang tidak kadaluwarsa d. Mandi bersama dalam kolam renang 25. Makan bersama b. 26 Juni b. 1 Desember d. adalah merupakan : a. Berjabatan tangan d. Makanan yg berubah warna 20. Farid Anfasa Moeluk c. Paradigma Sakit c. Satu kali/ minggu b. sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat. Hari tanpa tembakau sedunia kita peringati setiap tanggal : a.

Pengobatan sederhana oleh dokter kecil termasuk kegiatan. Di bawah ini adalah sifat-sifat nyamuk aedes agepty. Lordosis b. PSN 30. Di bawah ini adalah kelainan bentuk tulang belakang yang disebabkan oleh sikap duduk yang salah dalam menerima pelajaran. Berkembang biak di air yg kotor c. kecuali a.. A b. KMS – AS d. Kuratif/Penyembuhan 33. Nyamuk Aedes aegipty b. Rehabilitatif/Pemulihan b. Nyamuk Mansonia c. a. Penyebar penyakit malaria adalah. B c. b dan c salah 27.. Nyamuk Anopeles d. Skeleisis 29. Kimiawi c.... Nyamuk Culex 32. Bakteorologis d. Nopember d. Kiposis c. C d.. D 28.. Promotif/Peningkatan kesehatan c... PHBS c. Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dilaksanakan setiap bulan. Osteoporosis d. Suatu gerakan yang memotivasi dan mengajak kita semua agar dapat menerapakan norma-norma kesehatan dalam kehidupan sehari-hari secara nayata disebut a. Agustus c. Takut pada sinar matahari d. a. a. PUGS b. September 5 . a. Biologis b. Menggigit pd waktu pagi/ siang hari b. Vitamin yang paling berperan dalam proses pembentukan sel darah merah adalah a. Jentiknya tegak lurus jika berada dalam air 31. Februari b. kecuali : a.a. Preventif/Pencegahan d.

. 4.34. TT c. . Sebagai dokter kecil saran apa yang disampaikan untuk mencegah penularan influenza pada teman teman di sekolah a. . 5. . 1. 10. . Scorbut adalah penyakit akibat kekurangan vitamin . . . 3. . . Bagi yang sakit menggunakan masker c. 9. Semua siswa kelas VI SD mendapatkan immunisasi. Kedudukan Kepala Sekolah dalam tim pelaksana UKS adalah sebagai . . sebutkan! Sebutkan syarat-syarat menjadi dokter kecil! (minimal 4) 6 . Pada tanggal 12 November 2011 kita peringati Hari Kesehatan Nasional yang ke . . . Uraian 1.. . . 2. . Rachitis adalah penyakit akibar kekurangan Vitamin . . . 8. III. Cuci tangan sebelum makan b. Menghindari kontak dengan teman sakit d. . 5. Polio II. Yang dimaksud dengan gerakan 3M Plus adalah . Dapur umum dan tenda darurat diadakan apabila terjadi .. . . 6. BCG d. Pengukuran tinggi badan dan berat badan siswa SD dicatat dalam . . . . . 2. . . 7. . 3. a. Nama lain dari rabun senja adalah . DT b. Perbandingan pemberian bubuk abate pada air adalah . Isian Singkat Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jawaban singkat dan jelas . Menganjurkan minum obat 35. . Sebutkan 4 penyakit yang dapat dicegah dengan imunusasi ! Sebutkan vitamin yang larut dalam lemak! Bagaimanakah cara menangani pingsan saat upacara! Apa pedoman untuk melaksanakan UKS. Alat untuk memeriksa ketajaman mata adalah . . 4. . .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful