8 Pertanyaan Jebakan Saat Wawancara Kerja 1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Ini peluang Anda untuk menjual diri Anda. Uraikan dengan singkat dan jelas kelebihan yang Anda miliki, kualifikasi Anda dan apa yang dapat Anda sumbangkan bagi perusahaan tersebut. Hati-hati , jangan memberikan jawaban yang terlalu umum. Hampir setiap orang mengatakan mereka merupakan seorang pekerja keras dan memiliki motivasi. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang Anda miliki.

2. Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini? Pertanyaan ini merupakan salah satu alat bagi si pewawancara untuk mengetahui apakah Anda mempersiapkan diri anda dengan baik. Jangan pernah datang untuk sebuah wawancara pekerjaan tanpa mengetahui latar belakang perusahaan. Dengan memiliki informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan tersebut maka pertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada Anda untuk memperlihatkan inisiatif, dan menunjukkan apakah pengalaman serta kualifikasi yang Anda miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan.

3. Apa kelemahan utama Anda? Rahasia dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan berkata jujur mengenai kelemahan Anda, tapi jangan lupa menjelaskan bagaimana Anda mengubah kelemahan tersebut menjadi kelebihan. Misalnya, bila Anda memiliki masalah dengan perusahaan terdahulu, perlihatkan langkah yang Anda ambil. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda memiliki kemampuan dalam mengenali aspek yang perlu diperbaiki dan inisiatif dalam memperbaiki diri Anda.

4. Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu? Walaupun Anda berhenti dari pekerjaan terdahulu dengan cara yang tidak baik, Anda harus berhati-hati dalam memberikan jawaban. Usahakan untuk memberikan jawaban yang diplomatis. Bila Anda memberikan jawaban yang mengandung aspek negatif, kompensasikan jawaban tadi dengan jawaban yang positif. Bila anda mengeluhkan tentang pekerjaan terdahulu, maka hal ini tidak memberi poin apaapa buat Anda.

5. Bagaimana Anda mengatasi masalah? Tidak mudah memberikan jawaban bila Anda mendapatkan pertanyaan seperti di atas, terutama bila Anda baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja. Pewawancara ingin melihat apakah Anda dapat

7. . Hal ini memperlihatkan bahwa Anda bertanggungjawab dan tetap dapat berpikir jernih walaupun sedang menghadapi masalah. Walaupun Anda pernah menjuarai bola basket pada waktu kuliah. Bisa ceritakan mengenai diri Anda? Mungkin pertanyaan di atas tampaknya mudah tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah yang Anda bayangkan.Yang perlu Anda lakukan sebelum wawancara adalah mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yang ditawarkan agar Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Berapa gaji yang Anda harapkan? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang tersulit terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup. baik pengalaman kerja maupun sasaran karir Anda dan tetap konsisten. Bila memiliki jawaban yang mantap maka hal ini dapat membawa Anda pada pembicaraan yang memperlihatkan kualifikasi Anda. Gambarkan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam memprioritaskan pekerjaan. Yang pasti Anda harus menyadari bahwa pewawancara tidak tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan di akhir pekan ataupun dari daerah mana Anda berasal. bukan angka tertentu. Pewawancara berusaha mengetahui Anda secara profesional. Rangkum jawaban Anda dengan mengungkapkan keinginan Anda sebagai bagian dari perusahaan tersebut.berpikir kritis dan mengembangkan solusi tanpa melihat jenis permasalahan yang Anda hadapi. berikan jawaban yang berupa kisaran angka. WAWANCARA merupakan bagian dari proses seleksi karyawan yang sering membuat siapa pun yang menghadapinya ketar-ketir. Beritahu pewawancara bahwa Anda terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Berikan jawaban yang lebih profesional dan lebih relevan. Prestasi apa yang dibanggakan? Rahasia dari pertanyaan di atas adalah dengan menyeleksi dan memilih secara spesifik prestasi yang berhubungan dengan posisi yang sedang ditawarkan. Berbeda dengan proses lainnya yang mungkin masih bisa ditebak. bahkan walaupun Anda tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Pikirkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan kembangkan contoh yang memperlihatkan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. 8. wawancara kerja sama sekali tak terduga. Siapkan dua atau tiga poin mengenai diri Anda. tetapi ini bukan merupakan sebuah jawaban yang diharapkan. 6. Bila terpaksa. terutama pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan.

Membuat Anda harus keluar arena. apa pun jawaban Anda terhadap pertanyaan ini.Bertanya dulu tentang relevansi dari pertanyaan yang diajukan dengan jabatan yang dilamar.Anda bisa menolak untuk menjawab jika dirasa sangat mengganggu privasi. pewawancara sering mengorek masalah yang bersifat pribadi.Namun. ada orang-orang yang tidak suka kehidupan pribadinya dikorek-korek. saudara. tapi berikan jawaban secara diplomatis. Saya sudah bete dengan perusahaan itu. Selama Anda melakukan persiapan matang. Anda dapat langsung menjawabnya dengan baik. bosnya itu lho. . Cara terbaik adalah mengungkapkannya. Seberapa pun mepetnya waktu Anda sebelum menghadapi wawancara kerja. dan terus terang sehingga kepindahan Anda terkesan tidak bersifat pribadi. Anda tidak akan ditawari pekerjaan. Pertanyaan apa saja yang dianggap sulit oleh sebagian besar pencari kerja dan bagaimana berkelitnya? . Anda dapat memilih cara berikut: . Gunaka cara-cara halus dan diplomatis agar si penanya tak merasa dilecehkan. Sebaliknya. Hindari jawaban emosional. Kalau alasan Anda karena adanya perampingan di tubuh perusahaan. semuanya dapat diantisipasi. Sayangnya. Terkadang. Perlu Anda camkan. status. sesuai konteksnya. jawaban yang terkesan negatif atau lemah mampu menyisihkan Anda dari persaingan. berhati-hatilah menjawabnya. Kalau Anda berhenti dari perusahaan kemarin tidak terlalu baik. tak ada alasan untuk tak menyiapkan diri dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan sulit. . misalnya menanyakan latar belakang Anda (orangtua. suami. Saya memilih berhenti karena saya sudah tidak tahan lagi dengan manajemennya. seperti.Mengapa Anda meninggalkan perusahaan yang terakhir/Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda yang sekarang? Ini adalah pertanyaan sulit yang harus Anda tangani secara efektif.Menjawab langsung secara diplomatis dengan kesadaran bahwa pertanyaan tersebut tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan/jabatan yang dilamar. . Setelah itu baru berikan jawaban yang tepat. aduh saya tidak cocok dengan beliau karena tidak capable banget sebagai atasan. . singkat. anak.Pertanyaan Bersifat Pribadi Pertanyaan yang menyangkut rahasia pribadi sangat sulit untuk dijawab. Wajar saja saya minta berhenti. Atau Anda menjawab. tak berarti Anda boleh menyerah begitu saja. dan sebagainya). Untuk merespons pertanyaan yang bersifat pribadi.

Mengapa Kami Harus Merekrut Anda? Ini adalah kesempatan Anda untuk menjual diri. mengangkat suatu kelemahan yang akan dirasakan sebagai kekuatan Anda. . Jangan lupa tambahkan potensi yang ada dalam diri Anda. Cari tahu kabar terakhir perusahaan yang dituju. dan pelatihan yang telah saya dapat di bidang (sebutkan). Pastikan Anda mengatakannya dengan tepat mengapa mereka harus memberikan pekerjaan itu kepada Anda. Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada si pewawancara. . Kedengarannya terlalu biasa. Saya ini pekerja keras dan punya motivas yang tinggi terhadap pekerjaan. Saya juga bisa bekerja di bawah tekanan. seperti. Anda bisa menjawab.Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan ini? Tujuan dari pertanyaan ini sebenarnya. karena suka saja. Berilah jawaban yang lebih spesifik apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan. Catatlah apa saja yang membuat Anda unik. yang akan membantu membedakan Anda dari semua calon lain. Untuk dapat menjawab pertanyaan ini.Apa kelemahan Anda? Anda boleh saja mengungkapkannya secara jujur. Hindari memberikan jawaban yang umum. Kuncinya. mereka ingin tahu minat Anda bergabung di perusahaan tersebut dan apa yang membuat posisi itu begitu menarik perhatian Anda. Karena itu menunjukkan secara jelas ketidaksiapan Anda. tapi jelaskan juga bagaimanaa Anda memperbaiki kelemahan sehingga jadi kelebihan. . dibutuhkan informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan dan posisi tersebut.. jawablah poin per poin tentang apa saja yang ingin Anda berikan pada mereka. Sebenarnya ini adalah alasan utama mengapa mereka perlu mewawancarai Anda. Untuk mengalihkan pertanyaan dan menunjukkan Anda benar-benar tertarik. Jangan hanya menjawab Ya. saya yakin dapat dengan cepat memberi kontribusi yang dibutuhkan setiap anggota tim di divisi ini. Untuk menyiasatinya. Dengan keahlian dan pengalaman saya sekian tahun di perusahaan sejenis. sehingga di mata mereka Anda terlihat lihai dan sungguh-sungguh berminat.

serta menempatkan Anda dalam posisi yang baik di depan pewawancara. saya tetap tidak bisa menolaknya.Apa kegagalan terbesar Anda? Pertanyaan ini bertujuan untuk mencari tahu mengapa hal itu penting. Anda dapat mengidentifikasi sebuah situasi di mana pada awalnya Anda gagal. tapi pada akhirnya Anda menuai keberhasilan.Berapa gaji yang Anda harapkan? Inilah bagian tersulit dari wawancara. Anda boleh tidak langsung menyebutkan angka saat itu. Kalau Anda selalu punya jawaban untuk pertanyaan sulit. Atau. hindari menyebut angka yang terlalu rendah yang mengesankan Anda murahan. . kira-kira dengan kemampuan Anda berapa harga yang layak diberikan perusahaan untuk Anda. sah-sah saja Anda bertanya balik kepada si pewawancara. cari tahu standar gaji perusahaan sejenis. Jangan menyebut angka yang terlalu tinggi karena membuat mereka mengangkat dahi.Kelemahan saya adalah tidak bisa mengatakan tidak. maka 80 persen keberhasilan berada di tangan Anda. Anda bisa mengungkapkan suatu kejadian di mana Anda telah berusaha sekuat tenaga. tapi katakan Anda akan bernegosiasi bila Anda yakin diterima di perusahaan tersebut. Bila memungkinkan. jangan sebutkan angka pasti. dan apa yang telah Anda pelajari dan capai dari kegagalan tersebut. Sesulit apa pun pertanyaan yang diajukan. namun kegagalan itu tetap terjadi karena itu di luar kuasa Anda. . Padahal ini kurang baik karena membuat orang lain tidak disiplin pada jadwal. melainkan kisarannya. . Kalaupun Anda ingin mengatakan. Seberat apa pun tugas yang diberikan. jadi saya memilih mengambilnya. Ketekunan dan kemampuan Anda dalam menyelesaikan persoalan akan terlihat. melakukan semuanya sesuai prosedur dan menunjukkan kreativitas Anda dalam mengambil keputusan. Namun. Untuk amannya. meski dengan tenggat yang tidak realistis. pasti akan terasa mudah kalau Anda mempersiapkan diri. Mungkin karena saya menganggap ini adalah tantangan.

Perusahaan yg punya peraturan yg jelas. nya. Persiapkan jawaban anda terbatas pada bidang pekerjaan yang anda kuasai sebelumnya. alias suasana yg ada ga bikin darah naek ke otak terus tiap hari. 2. prestasi yang anda raih. ada jaminan bahwa kerja di prsh tsb kita ga kerja rodi alias ga tekor dan bisa memperbaiki taraf kehidupan 15 Contoh Pertanyaan & Jawaban Interview Kerja Untuk mendapatkan karir atau pekerjaan yang sesuai segala sesuatunya memang harus kita persiapkan terlebih dahulu. pastinya kenyamanan hati. terutama yang berkaitan dengan teknis wawancara atau interview.Selain uang apa yang anda harapkan dari perusahaan anda? tolong jawab yang serius. Jawaban Terbaik . kalo dah nyaman pastinya kerjaan sebanyak apapun bisa terselesaikan dengan baik. dan jawabannya jujur. alias jangan pernah kasih tempat buat orang yg penjilat dan suka cari muka sama atasan. 2. 3.nya 4. visi misi yg jelas dan jobdesc yg jelas wat setiap kary. hobi dan aktivitas terakhir yang anda jalani. Kenapa anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya? Jawablah dengan positif jenis pertanyaan ini. Team yg solid yg saling mendukung bukan menjatuhkan. 1. Ceritakan tentang diri anda! Pertanyaan yang sangat sering muncul pada saat interview kerja. Meskipun anda berhenti karena ada masalah dengan perusahaan atau kantor sebelumnya jangan . Silakan pelajari beberapa contoh pertanyaan interview di bawah ini dan kembangkan pertanyaan tersebut sesuai dengan bidang kerja yang anda minati. ga maen seenaknya aja nyuruh2 kary.Dipilih oleh Penanya 1. Bicarakan tentang karir anda sebelumnya.

namun maaf bisakah Bapak/Ibu menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini?" Biasanya pihak perusahaan akan memberikan rentang gaji yang anda tanyakan. Jawab tentang aktivitas perusahaan tersebut seperti produk yang dijual atau sistem pemasarannya. Jadi jangan dijawab. Apakah anda bisa bekerja dalam satu tim? Selalu jawab "Iya" dan sebutkan pengalaman yang pernah anda lakukan saat bekerja sama dengan banyak orang. anda bisa bertanya balik mengenai detail pekerjaan yang akan anda jalani serta tanggung jawabnya. Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang ini? Jawab se-spesifik mungkin mengenai keahlian anda di bidang yang anda lamar.ceritakan permasalahan tersebut. 8. 4. 9. Apa yang telah anda lakukan untuk mengembangkan pengetahuan anda terakhir ini? Jawab ragam kegiatan positif yang telah anda lakukan tentu saja yang berhubungan dengan pencapaian karir anda. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami? Pertanyaan ini hanya bisa dijawab jika anda telah melakukan penelitian terlebih dahulu tentang perusahaan tempat anda melamar. Itu pun masih kisaran saja. 6. Jelaskan keberhasilan yang telah anda capai dalam hidup ini terutama dalam hal karir. 5. Katakan sambil tersenyum "Pertanyaan yang cukup sulit. 3. Apakah anda menganggap diri anda sukses? Selalu jawab "Iya" dan antusias untuk pertanyaan ini. Katakan saja kalau saat ini anda ingin mencari kesempatan kerja yang lebih baik atau peluang melakukan sesuatu yang istimewa dalam karir anda. baru kemudian bisa memperkirakan gaji yang anda harapkan plus mempertimbangkan tunjangan-tunjangan lain. Kenapa anda tertarik bergabung dengan perusahaan ini? Hati-hati menjawab ini karena memerlukan pengetahuan anda tentang perusahaan dan karir jangka panjang yang ingin anda raih. 7. Jika tidak memiliki pengalaman yang khusus setidaknya berikan jawaban yang mendekati keahlian yang dimaksud. Berapa gaji yang anda harapkan? Pertanyaan mudah yang sangat sulit menjawabnya karena sangat sensitif. jadi anda sebelumnya harus tahu kisaran gaji untuk posisi seperti anda. . Jika tidak.

seperti "Saya kurang percaya diri jika berbicara di hadapan orang banyak. . Apa kelemahan anda? Jangan pernah menjawab kalau anda orang malas atau susah bangun pagi. 11. Jawablah dengan jujur dan berikan alasan yang tepat. kemampuan memimpin. jadi harus membangun teamwork yang solid". Kenapa kami harus mempekerjakan anda? Jelaskan keahlian atau kemampuan yang anda miliki dan kaitannya dengan kebutuhan perusahaan. berapa lama anda ingin bergabung di perusahaan ini? Jawaban jangan terlalu spesifik. Anda bisa menjawab seperti ini " Saya ingin selamanya bisa bekerja di sini dengan catatan perusahaan puas dengan hasil kerja saya". Contoh pertanyaan seperti deskripsi pekerjaan yang akan anda jalani atau proyek seperti apa yang saat ini dikerjakan perusahaan. Jawab dengan diplomatis. 13. 12. 15. atau "Kelemahan saya kurang bisa bekerja sendiri. 14. kesanggupan bekerja di bawah tekanan atau kemampuan berorganisasi. sertakan usaha yang telah anda lakukan untuk mengatasi kelemahan anda tersebut. Jangan mencontohkan kandidat lain sebagai perbandingan kemampuan anda.10. Ini menunjukkan antusias anda bergabung di perusahaan. Apakah anda ada pertanyaan untuk saya? Selalu siapkan pertanyaan anda. Jika anda diterima. perilaku positif anda. Intinya setelah mengatakan kelemahan anda. Apakah anda bersedia kerja lembur kapan saja bila diperlukan? Jawaban untuk ini ada di anda. Apa kelebihan anda? Pertanyaan yang memerlukan jawaban luas tapi tetap fokus seperti misalnya kemampuan anda dalam memecahkan permasalahan. tapi saat ini saya dalam proses mengatasinya karena ini sangat berkaitan dengan karir saya ke depan dan saya yakin bisa mengatasi hal ini".

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful