DESAIN GIGI TIRUAN SEBAGIAN LEPAS

FUNGSI: 1. Sebagai penuntun dari gigi tiruan sebagian lepas (GTSKL) yang akan dibuat 2. Sebagai sarana komunikasi antara dokter gigi dengan tekniker gigi dalam hal pendelegasian pembuatan gigi tiruan di laboratorium TUJUAN: Untuk mendapatkan suatu gigi tiruan dengan: Retensi yang baik Stabilisasi yang baik Pembagian beban kunyah lebih merata antara gigi penjangkaran dengan jaringan pendukung lainnya

PRINSIP DASAR DESAIN GTSL: Memelihara/ mempertahankan kesehatan jaringan pendukung gigi tiruan sebagian lepas dengan memperhatikan: 1. tekanan yang luas (melalui cengkram) 2. Mempersamakan tekanan (keseimbangan kiri dan kanan 3. Physiologic basing ( tekanan fisiologis pada mukosa di bawah basis)

karena basisnya dapat dibuat lebih kecil terutama pada kasus ujung bebas Lebih mudah dibersihkan. karena kehilangan gigi yang banyak tidak memungkinkan memakai cengkram paradental Cengkram S Sebagai indirect retainer mencegah gigi rotasi karena adanya fulcrum yang terbentuk Cengkram 3 jari Sebagai retensi dan menanggung beban kunyah Cengkram half Jackson paradental Sebagai retensi. 2.stabilisasi dan menanggung beban kunyah serta mengakomodasi kehilangan gigi anterior yang banyak Cengkram 2 jari gingiva Sebagai retensi dan stabilisasi. 4. 4. Bila terdapat daerah edentulous pada rahang Bila diperlukan gigi tiruan untuk memperbaiki estetik fungsi pengunyahan dan bicara Bila perawatan dengan gigi cekat tidak merupakan indikasi Bila keadaan social ekonomi pasien cukup. 3. karena basis kerangka logam tidak menyerap air Lebih stabil karena sifatnya kaku dan mempunyai satu arah pemasangan Bila jatuh tidak mudah patah . karena kehilangan gigi yang banyak tidak memungkinkan memakai cengkram paradental GTSKL Indikasi: 1. 3. karena biaya pembuatan gigi tiruan sebagian kerangka logam lebih mahal dibandingkan dengan gigi tiruan sebagian lepas akrilik 5. 2. Bila pasien tidak bersedia giginya diasah untuk perawatan gigi tiruan cekat Keuntungan gigi tiruan sebagian kerangka logam dibandingkan dengan gigi tiruan sebagian lepas akrilik: 1.Cengkram 2 jari gingiva Sebagai retensi dan stabilisasi. Lebih nyaman.

sehingga estetis dan tidak terjadi akumulasi plak. bracing dari lengan lingual. mencegah goyang karena pada saat berfungsi I bar dan proksimal plate menjauhi gigi penjangkaran sehingga beban yang diterima tidak besar Perluasan ke singulum Sebagai stabilisasi dan menahan beban kunyah. Komponen-komponen GTSKL dapat menyebabkan trauma langsung pada gigi sehingga dapat mengakibatkan abrasi gigi atau fraktur pada restorasi gigi 3. konektor minor dan res oklusal Cengkram RPI Baik untuk free end.Kerugian 1. cukup higienis. sehingga untuk mengurangi beban yang diterima gigi penjangkaran maka digunakan cengkram RPI. Memiliki support yang dihasilkan dari oklusal res. konektor minor dan res oklusal Cengkram RPI Karena terdapat long span di anterior. Bila OH kurang baik. dapat terjadi disfungsi otot pengunyahan Perluasan ke singulum Sebagai stabilisasi dan menahan beban kunyah. plak yang terkumpul pada gigi pejangkaran dapat menimbulkan dekalsifikasi dan menyebabkan inflamasi pada gingival dan membrane mukosa 2. sholder dari lengan bukal. Cengkram RPI Baik untuk free end. tanpa cengkram dengan lengan ke labial. AKERS Cengkram sederhana. Memiliki support yang dihasilkan dari oklusal res. . cukup higienis. selain gigi dapat goyang. Bila terjadi transmisi fungsional yang berlebihan. sehingga estetis dan tidak terjadi akumulasi plak. sholder dari lengan bukal. tanpa cengkram dengan lengan ke labial. sehingga lebih elastic. Bila terjadi kesalahan oklusi. bracing dari lengan lingual. gigi dapat menjadi goyang 4. Wrought Wire Sebagai retentive arm yang terbuat dari kawat. mencegah gigi penjangkaran goyang karena pada saat berfungsi I bar dan proksimal plate menjauhi gigi penjangkaran sehingga beban yang diterima tidak besar AKERS Cengkram sederhana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful