MIKROTEACHING SATUAN ACARA PEMBELAJARAN “Sikap dan Tahapan Komunikasi Terapeutik Perawat pada Remaja” MA PENDIDIKAN DALAM KEPERAWATAN

Disusun Oleh : Nama :Eliyana Imayasari NIM Blok : 3.2 :3 : 09/281839/KU/13157

Kelompok

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2011 SIKAP DAN TAHAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PADA REMAJA
1

b.10 WIB(10 menit) : Eliyana Imayasari 1. komponen dari komunikasi. dan sikap serta tahapan komunikasi terapeutik pada remaja. Memahami komponen-komponen dari komunikasi. Materi Materi yang akan disampaikan mengenai pengertian. 1.1 dapat:    Memahami pengertian dari komunikasi terapeutik. Tujuan Khusus Setelah perkuliahan mahasiswa PSIK FK UGM Semester I blok 1.1 : Selasa/08 November 2011 : 15.00-15. Pendekatan Secara deduktif 3. 2.1 diharapkan mengetahui dan mampu memahami tentang sikap dan tahapan komunikasi terapeutik perawat pada remaja. Metode 2 . Tujuan Umun Setelah proses belajar mengajar mahasiswa PSIK FK UGM semester 1 blok 1. Memahami bagaimana sikap dan tahapan komunikasi terapeutik perawat pada remaja.Mata Ajaran Pokok Bahasan Mahasiswa Semester Hari/Tanggal Waktu Dosen : Komunikasi Terapeutik : Sikap dan Tahap Komunikasi Terapeutik Perawat pada Remaja : PSIK FK UGM : I (satu) Blok 1. Tujuan Instruksional a.

Membuka pelajaran a) Membuka Yang dilakukan mahasiswa dengan Menjawab salam Menjawab sesuai kemampuan dan menyimak dan Waktu 2’ salam b) Memberikan apersepsi (menanyakan menceritakan 2. 4. 3 . Kegiatan belajar mengajar No.Metode dalam pembelajaran ini dengan ceramah dan tanya jawab. tentang sesuatu) Menyampaikan isi a) Memberi materi b) Memberikan c) Menjawab 6’ Mendengarkan dan mengajukan kesempatan pertanyaan pertanyaan 2’ dengan cara Menjawab salam mahasiswa untuk bertanya mahasiswa Menutup pelajaran a) Merangkum 3. menanyakan b) Menutup dengan salam 10’ 1. Komunikasi Keperawatan. Yang dilakukan dosen 1. 2005. Intansari. Yogyakarta: Mocomedika. Daftar Pustaka  Nurjanah. Evaluasi • • • Apa pengertian dari komunikasi terapeutik? Apa saja komponen-komponen dari komunikasi? Bagaimana sikap dan tahapan komunikasi terapeutik perawat kepada remaja? 1.

com/doc/44041381/Komunikasi-Terapeutik-Pada-AnakRemaja. From http://www.undip.  Ilya Putri Redhian (2011).id/wpcontent/uploads/2009/01/komunikasi_terapeutik.scribd.ac.id/url? sa=t&rct=j&q=komunikasi%2Bterapeutik%2Bpada %2Bremaja&source=web&cd=7&ved=0CEUQFjAG&url=http%3A%2F %2Fakpermuhmks.id%2Fdownload%2FTEKNIK%2520KOMUNIKASI %2520PADA %2520ANAK.google.p df. From http://www. From http://pustaka. November 2011.  Anonim. 04 November 2011.ppt&ei=sOGzTuaBGIGmiQKCyexM&usg=AFQjCNFaVDhVg 5o8g1HDFGmpizMTR65MlA&sig2=Dfqoj4I2jIMr_wEQt234-w. From http://eprints. Teknik Komunikasi pada Anak.  Anonim.co. Pengertian Komunikasi Terapeutik 4 . Komunikasi Terapeutik antara Perawat dengan Pasien.ac. Komunikasi Terapeutik pada Anak remaja. dan Orangtua. Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Pasien Anak 04 November 2011. Yanti Setianti (2007).ac.pdf. 04 LAMPIRAN MATERI A.unpad. 04 November 2011.id/28341/1/SUMMARY_PENELITIAN_Ilya_Putri.

gerakan dan sebagainya. dengan menyertakan kode atau lambang penyampaiannya itu sendiri melalui suatu proses. keluarga maupun kelompok yang mengambil inisiatif dalam menyelenggarakan komunikasi dengan individu atau kelompok lain yang menjadi sasarannya. perbuatan. sinar. namun maksudnya kurang lebih sama. Kelima faktor tersebut antara lain : a. atau ekspresi yang memfasilitasi proses penyembuhan. Komunikator (Pembawa berita) Bisa individu. atau tanda-tanda lain 5 . 1) Pengertian Terapeutik Menurut As Hornby (1974) terapeutik adalah merupakan kata sifat yang dihubungkan dengan seni dari penyembuhan. Phill Astrid Susanto : “Komunikasi adalah proses pengoperan lambang-lambang yang mengandung arti”. b. Komponen-komponen Komunikasi Ada 5 faktor yang berperan dalam berkomunikasi. Human Relation at Work. Dr. A. kibaran bendera. a. Komunikasi dalam teori dan praktek. pembicaraan. Keith Davis : “Komunikasi adalah proses lewatnya informasi dan pengertian seseorang ke orang lain. kalau kita simpulkan disini pengertian komunikasi adalah penyampaian dari seseorang kepada orang lain. b. suara lambaian tangan.1) Pengertian komunikasi Beberapa ahli komunikasi memberi pengertian yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Komunikator bisa juga berarti tempat berasalnya sumber pengertian yang dikomunikasikan. Jadi. Komunikasi terapeutik berarti mengkomunikasikan perkataan. Message (Pesan) Merupakan berita yang disampaikan oleh komunikator melalui lambang-lambang. Message bisa berupa gerakan.

penciuman (lambang berupa bau). Sikap Komunikasi Terapeutik pada Remaja Menyampaikan sikap komunikasi merupakan sesuatu yang harus dilakukan dalam komunikasi baik secara verbal maupun non verbal. pendengaran (lambang berupa suara). d. individu. penglihatan (lambang berupa gambar. rabaan (lambang yang berupa rangsangan rabaan). A. sikap komunikasi terapeutik antara lain: a. Sikap hormat 6 . Di rumah sakit message bisa berupa nasehat perawat. Feedback Merupakan arus umpan balik dalam rangka proses berlangsungnya arus komunikasi. dan sebagainya. Media Sarana tersebut bisa meliputi. Komunikan (Penerima berita) Merupakan objek sasaran dari kegiatan komunikasi atau orang yang menerima berita atau lambang. laporan. Sikap empati Bentuk sikap dengan cara menempatkan diri kita pada posisi anak dan orang tua. Hal ini bisa juga dijadikan patokan sejauh mana pencapaian dari pesan yang telah disampaikan. sinar). Bisa berupa pasien. hasil konsultasi pada status pasien. sikap kepercayaan kita pada anak. c. Sikap kesejatian Menghindari membuka diri yang terlalu dini sampai dengan anak menunjukkan kesiapan untuk berespon positif terhadap keterbukaan. b. keluarga maupun masyarakat. e. c.dengan interpretasi yang tepat akan memberikan arti dan makna tertentu.

d. Tahap Terminasi Menyimpulkan hasil wawancara meliputi evaluasi proses dan hasil. mengobservasi.Bentuk sikap yang menunjukkan adanya suatu kepedulian atau perhatian. melakukan validasi . memperkenalkan nama dengan tujuan. waktu dan menjelaskan kerahasiaan klien. Tahap Perkenalan Memberi salam dan senyum pada klien. kontrak. tindak lanjut. Tahapan dalam Komunikasi dengan Remaja a. Tahap Prainteraksi Mengumpulkan data tentang klien dengan mempelajari status atau bertanya kepada orangtua tentang masalah yang ada. dan mengakhiri wawancara dengan cara yang baik. selain itu juga menanyakan keluhan utama. Sikap Konkret Bentuk sikap dengan menggunakan terminologi yang spesifik dan bukan abstrak pada saat komunikasi. Misalnya : senyum pada saat yang tepat. c. rasa suka dan menghargai klien. melakukan jabat tangan atau sentuhan yang lembut dengan seizin komunikan. memberikan reinforcement positif. Tahap Kerja Memberi kesempatan pada klien untuk bertanya karena akan memberitahu tentang hal yang kurang dimengerti dalam komunikasi. 7 . b. d. mencari kebenaran data yang ada. A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful