You are on page 1of 4

PEMERINTAH KOTA BANDUNG DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 12 BANDUNG
PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI PESAWAT UDARA Jalan. Pajajaran No. 92 Tlp./Fax022- 6038055 Bandung 40173 Home Page: www.terbang12.net Email:smkn_12bdg@ymail.com

JOBSHEET PRAKTIKUM
TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Mata Pelajaran Kompetensi Keahlian Kelas / Semester Pertemuan keAlokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar I. Judul Praktikum Mengukur parameter listrik dalam rangkaian pasif (resistor) : Kompetensi Kejuruan : Elektronika Pesawat Udara : X/2 :................................... : 4 x 45 menit : Menganalisis Rangkaian Elektronika : Mengukur Parameter Listrik Dalam Rangkaian Pasif

II. Tujuan Pembelajaran 1. 2. 3. 4. Peserta didik mampu merangkai rangkaian pasif Peserta didik mampu mengukur rangkaian pasif Peserta didik mampu menghitung rangkaian pasif Peserta didik mampu menganalisis rangkaian pasif

III. Landasan Teori Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir, berdasarkan hukum Ohm:     

Resistor digunakan sebagai bagian dari jejaring elektronik dan sirkuit elektronik, dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam kompon dan film, bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium). Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat dihantarkan. Karakteristik lain termasuk koefisien suhu, desah listrik, dan induktansi. Resistor dapat diintegrasikan kedalam sirkuit hibrida dan papan sirkuit cetak, bahkan sirkuit terpadu. Ukuran dan letak kaki bergantung pada desain sirkuit, kebutuhan daya resistor harus cukup dan disesuaikan dengan kebutuhan arus rangkaian agar tidak terbakar. Rangkaian Seri adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara sejajar (seri). Baterai dalam senter umumnya disusun dalam rangkaian seri.

•    Jumlah hambatan total rangkaian seri sama dengan jumlah hambatan tiap. Resistor dengan 4 cincin b.Sedangkan kabel hitam merupakan kutub negatif. Lampu yang dipasang di rumah umumnya merupakan rangkaian paralel.Hubungkan kedua ujung resistor masing-masing ke satu kabel multimeter.tiap komponen (resistor). Rangkaian Paralel adalah salah satu rangkaian listrik yang disusun secara berderet (paralel). Adapun kelebihannya adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak. Hal inilah yang menyebabkan susunan paralel dalam rangkaian listrik menghabiskan biaya yang lebih banyak (kabel penghubung yang diperlukan lebih banyak). Resistor dengan 5 cincin 2. Rumus daya:    Mengukur Nilai Resistor Ada dua cara untuk mengukur nilai resistor yaitu : 1.Volt. Semua komponen satu sama lain tersusun paralel. di mana semua input komponen berasal dari sumber yang sama. susunan paralel memiliki kelebihan tertentu dibandingkan susunan seri. Rangakain listrik paralel adalah suatu rangkaian listrik. Cara menggunakannya adalah : Pastikan sakelar multimeter / avometer berada pada posisi Ohm ( Ÿ ).Ohm meter ).Pastikan kalibrasi multimeter sudah tepat yaitu tepat di angka nol.       . maka komponen yang lain tetap berfungsi sebagaimana mestinya ’    Jumlah kebalikan hambatan total rangkaian paralel sama dengan jumlah dari kebalikan hambatan tiap. Selain kelemahan tersebut.Ingat ! kabel merah di multimeter merupakan kutub positif.Bacalah nilai yang ditunjukkan multimeter. Gabungan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel disebut rangkaian seri-paralel (kadang disebut sebagai rangkaian campuran. Mengukur Nilai Resistor dengan menggunakan alat pengukur Alat ukur yang akan digunakan adalah Multimeter atau Avometer ( Ampere. Menggunakan Aturan Kode Warna Pada umumnya resistor berdasarkan cincin warna terbagi 2: a.tiap komponen (resistor).

2. Hubungkan kedua resistor secara seri. 7. V AVO meter Power Supply Variable Board Resistor 15KŸ Resistor 22KŸ Resistor 33KŸ Rangkaian Percobaan Percobaan 1 Langkah Kerja 1. 6. 5. Ukur tegangan sumber (Vs) ! Ukur tegangan pada R1 dan R2 ! Ukur arus (I) pada rangkaian tersebut ! Hitung daya yang terdapat pada rangkaian ! Bandingkan hasil pengukuran dan hasil perhitungan. 3. 5.IV Alat dan Bahan 1. Rangkailah rangkaian seperti gambar diatas. jelaskan ! Percobaan 2 . 3. 6. 4. 4. 2.

2. 7.org/wiki/Daya http://belajarkomputersekarang. 2.wikipedia.files. 3. Hubungkan ketiga resistor secara paralel dan seri. jelaskan ! REFERENSI http://id.com/2010/09/14/resistor-sebagai-pembagi-tegangan/rumuspembagi-tegangan/ .wikipedia. Ukur tegangan sumber (Vs) ! Ukur tegangan pada R1 dan R2 ! Ukur arus (I) pada rangkaian tersebut ! Hitung daya yang terdapat pada rangkaian ! Bandingkan hasil pengukuran dan hasil perhitungan. 4. Hubungkan kedua resistor secara paralel.wordpress.wordpress. 6.com/2010/04/2363. 3. Rangkailah rangkaian seperti gambar diatas. 5.wordpress. 5. Ukur tegangan sumber (Vs) ! Ukur tegangan pada R1. 7.wordpress. R2 dan R3 ! Ukur arus (I) pada rangkaian tersebut ! Hitung daya yang terdapat pada rangkaian ! Bandingkan hasil pengukuran dan hasil perhitungan.pdf http://fahmizaleeits.Langkah Kerja 1. Rangkailah rangkaian seperti gambar diatas.org/wiki/Rangkaian_seri_dan_paralel kibogowonto.com/2011/05/10/rangkaian-seri-paralel-resitor/ http://yehez. 4.com/2009/06/21/pengertian-resistor/ http://id. jelaskan ! Percobaan 3 Langkah Kerja 1. 6.