Contoh RPP MATEMATIKA SMA- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMA Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : X / Genap Standar Kompetensi : 5. Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah. Kompetensi Dasar : 5. 1 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan fungsi, persamaan dan identitas trigonometri. Indikator : 1. Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku 2. Menentukan nilai perbandingan trigonometri dan sudut khusus 3. Menentukan nilai perbandingan trigonometri dari sudut di semua kuadran Alokasi Waktu : 6 x 45 menit A. Materi Pembelajaran : Trigonometri B. Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi C. Langkah-Langkah Kegiatan 1. Pertemuan Pertama a. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi : Guru mengingatkan kembali tentang segitiga siku-siku dan teorema phytagoras Motivasi : Guru menginformasikan tujuan pembelajara b. Kegiatan Inti 1). Guru menjelaskan materi tentang Perbandingan Trigonometri pada segitiga sikusiku. 2). Guru memberikan contoh soal tentang Perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku. 3). Siswa mengerjakan soal-soal tentang Perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku 4). Guru memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa selama pembelejaran Berlangsung c. Kegiatan Penutup 1). Salah satu siswa diminta untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2). Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan tersebut.

Guru membuat kelompok kecil yang anggotanya maksimal 5 orang 2). Salah satu siswa diminta untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Siswa mengerjakan soal-soal 4). 2). Siswa diminta untuk membaca buku tentang materi selanjutnya D. 3). Kegiatan Pendahuluan Apersepsi : Guru mengingatkan kembali tentang perbandingan trigonometri pada sudut khusus dengan tanya jawab Motivasi : Guru menginformasikan tujuan pembelajaran b. 2). Kegiatan Inti 1). Kegiatan Pendahuluan Apersepsi : Guru mengingatkan kembali tentang perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan menanyakan tentang sudut-sudut istimewaMotivasi : Guru menginformasikan tujuan pembelajaran b. Kegiatan Penutup 1). 3). Pertemuan Kedua a. Siswa diminta untuk membaca buku tentang materi selanjutnya. Salah satu kelompok diminta untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Guru memberikan contoh soal 3). Kegiatan Penutup 1). Sumber Belajar : Buku ajar siswa dan buku paket yang relevan E. Guru memberikan arahan dam bimbingan kepada siswa selama pembelejaran Berlangsung c. 3. Siswa berdiskusi mencari penyelesaian masalah yang diberikan oleh guru 3).3). Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan tersebut.Guru menjelaskan materi tentang Nilai perbandingan trigonometri pada sudut berelasi 2). Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan tersebut. Pertemuan Ketiga a. Penilaian Teknik : Tes . Kegiatan Inti 1). Wakil dari setiap kelompok mempresentasikan hasil disukusinya c. Siswa diminta untuk membaca buku tentang materi selanjutnya 2.

___________________ Guru. Sin 1500 b. 2 2 . garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga Indikator : a.3 Mengetahui Palembang. menentukan kedudukan antara dua garis dalam ruang d. garis dan bidang dalam ruang dimensi tiga Kompetensi Dasar : 6. menentukan kedudukan titik terhadap bidang dalam ruang c.Bentuk Instrumen : Tes tertulis (Uraian)' Contoh Instrumen : Tentukan nilai dari : a. _________ RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMA Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : X / Genap Standar Kompetensi : 6. menentukan kedudukan garis dan bidang dalam ruang e. Tan 3000 Jawab : a. Cos 2250 c.1 c. ½ b. Fitra Mayasari NIP. Menentukan kedudukan antara dua bidang dalam ruang Alokasi Waktu : 6 x 45 menit . Menentukan kedudukan. menentukan kedudukan titik terhadap garis dalam ruang b. Februari 2008 Kepala SMA ____________ _______________________ NIP. . jarak dan besar sudut yang melibatkan titik. 1 Menentukan kedudukan titik.

Kegiatan Penutup . Kegiatan Pendahuluan Apersepsi : Guru menanyakan macam-macam bangun ruang dan unsur-unsurnya b. c. Metode Pembelajaran : Ceramah. Guru memberikan contoh bangun ruang dan meminta siswa menyebutkan kedudukan garis terhadap bidang dalam ruang tersebut. Guru memberikan contoh bangun dan menanyakan kedudukan beberapa titik terhadap garis dan bidang dalam bangun ruang tersebut. Beberapa siswa menjelaskan kedudukan titik terhadap garis dan kedudukan titik terhadap bidang.Kegiatan Pendahuluan Apersepsi : Guru mengingatkan kembali tentang definisi garis. Siswa mengerjakan soal latihan c. Kegiatan Penutup 1). 3). Kegiatan Inti 1). 2). Guru memberikan contoh bangun ruang dan meminta siswa menyebutkan kedudukan dua garis dalam bangun ruang tersebut. Siswa mengerjakan latihan soal. Motivasi : Guru memberikan contoh hubungan dua garis dalam kehidupan sehari-hari b. Langkah-Langkah Kegiatan 1. 3). Siswa membaca buku tentang materi tentang kedudukan titik dalam ruang. 2). 4). Siswa diminta untuk membaca buku tentang materi yang akan dipelajari selanjutnya 2. Guru menjelaskan kedudukan garis terhadap bidang dengan menggunakan lidi dan selembar kertas. Pertemuan Kedua a. 5). 4). Pertemuan Pertama a. Materi Pembelajaran : Dimensi Tiga B.A. Kegiatan Inti 1). Tanya Jawab dan Diskusi C. Salah satu siswa diminta untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.Guru menjelaskan kedudukan dua garis dalam ruang dengan menggunakan alat Peraga 2).

Kedudukan garis AC dan EG c. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi : Guru mengingatkan kembali tentang definisi bidang dan kedudukan garis dalam ruang Motivasi : Guru menginformasikan tujuan pembelajaran b. 3. Guru membuat kelompok kecil yang anggotanya maksimal 5 orang 2). Siswa diminta untuk membaca buku tentang materi yang akan dipelajari selanjutnya. Kegiatan Penutup 1). Sumber Belajar : Buku ajar siswa. Siswa mengerjakan LKS 4). Guru menunjuk beberapa kelompok untuk membacakan kesimpulan mereka 2). 3). Salah satu siswa diminta untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan tersebut. 3). Kedudukan gari EG terhadap bidang BCFH . Kedudukan garis AB dan AE b. Guru membagikan dan menjelaskan cara mengerjakan LKS 3).1). buku paket yang relevan dan LKS E.TUVW. Pertemuan Ketiga a. D. Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan tersebut. Siswa diminta untuk membaca buku tentang materi yang akan dipelajari selanjutnya. Setiap kelompok membuat kesimpulan dari hasil mengerjakan LKS c. Perwakilan dari beberapa kelompok mempresentasikan hasil LKSnya sedangkan kelompok lain memberi tanggapan 5).. Kegiatan Inti 1). Penilaian Teknik : Tes Bentuk Instrumen : Tes tertulis (Uraian) Contoh InstrumenDiketahui Balok PQRS. 2). tentukan: a.

Mengetahui Palembang.___________________ Guru. _______ RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) (Tugas Dasar-dasar Kurikulum) Oleh : Wawan Junaidi 0713021053 PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2009 . Fitra Mayasari NIP. Februari 2008 Kepala SMA ____________ _______________________ NIP.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful