You are on page 1of 8

TUGAS INDIVIDU

SAP
SATUAN ACARA PENYULUHAH

“DIARE”

NAMA NIM KELAS

: KHUMAIDI : 70300110054 : KEPERAWATAN B

PROGRAM STUDI KEPERAWATAN FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR 2011

3. Materi Penyuluhan Perngertian Diare Penyebab Diare Tanda dan Gejala Diare . Tujuan Intruksional Khusus ( TIK ) Setelah diberi penyuluhan selama 30 menit diharapkan sasaran dapat : 1. sasaran mampu memahami penyakit diare II. 5. 4. 3. 2.SAP SATUAN ACARA PENYULUHAN Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Sasaran Waktu Tanggal Penyuluh Tempat : Diare : Penyakit Diare Pada Balita : Ibu-ibu yang memiliki Balita : 30 menit : 29 Desember 2011 : Khumaidi : Posyandu Suka Cinta RW 09 Kecamatan Sukacinta Kota Bima I. 1. 6. Tujuan Intruksional Umum ( TIU ) Setelah diberi penyuluhan. 2. Mendemonstrasikan cara pembuatan larutan gula garam dengan baik III. Menyebutkan pengertian diare dengan baik Menyebutkan 3 dari 5 penyebab terjadinya diare Menyebutkan 3 dari 6 tanda dan gejala penyakit diare dengan benar Menyebutkan 2 dari 3 bahaya diare Menyebutkan 4 dari 6 pencegahan terjadinya diare Menjelaskan cara penanggulangan diare pada balita dengan benar 7.

6. 6. 5. 5.4. 1. 2. media dan tempat . 2. pembuatan larutan gula garam 6. klien untuk bertanya 7. 3. 3. 4. Bahaya Diare Pencegahan Diare Cara Penanggulangan Diae Cara Membuat Larutan Gula Garam IV. 4. gula garam D.Kontrak waktu B. melakukan demonstrasi C. 2. 1. Kegiatan Belajar Mengajar • • Metode : Ceramah. Penutup Sasaran mencoba membuat larutan Kegiatan inti Penyuluh menyampaikan materi Sasaran menyimak materi Sasaran mengajukan pertanyaan Penyuluh menjawab pertanyaan Penyuluh mendemonstrasikan Memberikan pada klien untuk Membuka pembelajaran Memberi salam Perkenalan Menyampaikan pokok bahasan Menjelaskan tujuan Menyampaikan materi Memberikan kesempatan kepada Kegiatan Pra pembelajaran 1. 7. diskusi dan demonstrasi Langkah-langkah kegiatan A.Mempersiapkan materi. 5.

com  www. Sebutkan 3 dari 6 tanda dan gejala diare ? 4.1.com V. 3. lisan 2.wordpress. Sebutkan 3 dari 5 penyebab Diare ? 3. • Media dan Sumber   Melakukan evaluasi dengan memberikan pertanyaan secara Menyimpulkan materi bersama dengan sasaran Memberi salam Media : poster mini Sumber :  Buku Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak oleh Departemen Kesehatan R. Petrus Adrianto tahun 1995  Buku Marilah Memberantas Diare (Buku Pemberantasan Diare) oleh Departemen Kesehatan R. Sebutkan 2 dari 3 bahaya diare! 5.I tahun 1991  Buku Penatalaksanaan dan Pencegahan Diare Akut Edisi 2 oleh WHO Alih Bahasa dr. Apa yang disebut dengan Diare ? 2.artikelkesehatan.I tahun 1993  Buku Penuntun Untuk Tenaga Kesehatan Desa Dalam Pemberantasan Penyakit Diare oleh Departemen Kesehatan R.I tahun 1982  www. Evaluasi • • • Prosedur Jenis Tes Butir soal : Evaluasi setelah proses : Pertanyaan lisan : 1. Sebutkan 4 dari 6 pencegahan terjadinya diare ! .

cuci dari satu sumber yang tercemar akan menyebabkan diare ♥ Berak di sembarang tempat Pembuangan kotoran / berak di sembarang tempat akan menularkan penyakit diare. Tanda Dan Gejala Diare  Berak encer atau cair lebih dari 3 kali dalam 24 jam  Gelisah dan rewel . Pengertian Diare Diare adalah berak encer atau cair sebanyak 3 kali atau lebih dalam 24 jam.6. Bila tangan tersebut memegang makanan untuk dimakan. sungai.misalnya berak dihalaman rumah. Demonstrasikan cara pembuatan larutan gula garam ! Penyuluh Khumaidi LAMPIRAN MATERI DIARE 1. Penyebab Diare ♥ Pemberian susu pengganti ASI (PASI) Penberian PASI dengan botol yang kurang bersih akan menyebabkan diare ♥ Air yang tercemar Pemakaian air untuk keperluan sehari-hari. akan menyebabakan diare 3.rawa dll ♥ Makanan yang tercemar Makanan yang tercemar oleh kuman penyakit akan menyebabkan diare ♥ Tangan kotor Tangan yang kotor dapat mengandung kuman penyakit. Bagaimana cara penanggulangan diare ? 7. 2. mandi. misal : minum (tidak dimasak).

misal : • • • Cuci tangan (sebelum makan. air buah . masak dan sesudah buang air besar) Mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun Menggunakan pakaian yang bersih 6. karena ASI terjamin kebersihannya Gunakan air bersih Pemakaian air bersih untuk keperluan sehari-hari dapat mencegah diare Berak pada tempatnya Sebaiknya berak pada jamban atau kakus yang sehat Kebersihan makanan Perhatikan kebersihan makanan mulai dari mencuci. Pencegahan Diare ♣ Pemberian ASI Pemberian ASI pada bayi dapat mencegah diare. Badan lemah dan lesu  Muntah-muntah  Rasa haus  Menurunnya nafsu makan 4. memasak.    Bahaya Diare Penderita akan kehilangan cairan tubuh Penderita tersebut menjadi lesu dan lemas Penderita dapat meninggal bila kehilangan cairan tubuh lebih banyak 5. menghidangkan dan menyimpan makanan ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ Minum air yang sudah dimasak Kebersihan perorangan Biasakanlah cara hidup yang sehat sehari-hari. air kelapa muda. Cara Penanggulangan Diare  Segera berikan minum cairan yang ada di rumah seperti air sup / air sayur.air nasi.

bubur. Cara Membuat Larutan Gula Garam (LGG)  Bahan dan alat yang diperlukan   Gula pasir sebanyak 1 (satu) sendok teh munjung Garam dapur yang halus sebanyak ¼ (seperempat) sendok teh  Air masak atau air teh yang hangat (tidak selagi mendidih) sebanyak 1 (satu) gelas  Gelas belimbing / lainnya yang sama ukurannya. Tanda bila keadaan anak menjadi lebih parah : o Mengeluarkan banyak tinja o Berak disertai dengan darah o Sangat haus o Mempunyai mata cekung 7. Masukkanlah “gula pasir” dan “garam” menurut takaran yang telah ditentukan 4. dan sendok teh  Cara membuat larutan gula garam (LGG) 1. anak harus segera dibawa ke puskesmas / Rumah Sakit terdekat. Minumlah sebanyak anak mau. Sebelum membuat. Tuangkan air masak. Aduklah sampai gula dan garam menjadi larut semua 5. Minumkan segera larutan oralit atau larutan gula garam (LGG) sampai penderita tidak merasa haus lagi  Tetap berikan ASI bagi bayi yang masih menetek. atau air teh ke dalam gelas sebanyak 1 (satu) gelas 3. nasi tim tetap diberikan seperti biasa dan diberikan sedikit-sedikit tetapi sering / berulang-ulang  Bila sampai dengan hari kedua anak masih diare atau bila keadaan anak menjadi lebih parah. Bila habis dibuatkan lagi dengan cara yang sama. makin sering makin baik  Makanan lunak seperti pisang. cucilah tangan sampai bersih 2. .