Urin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa

Urin di dalam toilet di museum seni kontemporer Denver Urin atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Eksreksi urin diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh. Namun, ada juga beberapa spesies yang menggunakan urin sebagai sarana komunikasi olfaktori. Urin disaring di dalam ginjal, dibawa melalui ureter menuju kandung kemih, akhirnya dibuang keluar tubuh melalui uretra.

Daftar isi
[sembunyikan]
• • • •

1 Komposisi 2 Fungsi 3 Kegunaan lain 4 Sejarah

Komposisi
Urin terdiri dari air dengan bahan terlarut berupa sisa metabolisme (seperti urea), garam terlarut, dan materi organik. Cairan dan materi pembentuk urin berasal dari darah atau cairan interstisial. Komposisi urin berubah sepanjang proses reabsorpsi ketika molekul yang penting bagi tubuh, misal glukosa, diserap kembali ke dalam tubuh melalui molekul pembawa. Cairan yang tersisa mengandung urea dalam kadar yang tinggi dan berbagai senyawa yang berlebih atau berpotensi racun yang akan dibuang keluar tubuh. Materi yang terkandung di dalam urin dapat diketahui melalui urinalisis. Urea yang dikandung oleh urin dapat menjadi sumber nitrogen yang baik untuk tumbuhan dan dapat digunakan untuk mempercepat pembentukan kompos. Diabetes

dan Steve McQueen. Ayurveda. sehingga urinnya pun akan mengandung bakteri. Namun jika urin berasal dari ginjal dan saluran kencing yang sehat. Penggunaan urin sebagai obat telah dilakukan oleh banyak orang. Dahulu di Jepang. Jim Morrison. orang Kroyak meminum urin orang yang telah mengonsumsi fly agaric (sejenis jamur beracun yang menyebabkan halusinasi bahkan kematian) atau sejenisnya untuk berkomunikasi dengan roh halus. secara medis urin sebenarnya cukup steril dan hampir bau yang dihasilkan berasal dari urea. Di Siberia. Anggapan umum menganggap urin sebagai zat yang "kotor". Orang yang tidak menderita dehidrasi akan mengeluarkan urin yang bening seperti air. Urin seorang penderita diabetes akan mengandung gula yang tidak akan ditemukan dalam urin orang yang sehat. Hal ini berkaitan dengan kemungkinan urin tersebut berasal dari ginjal atau saluran kencing yang terinfeksi. Kegunaan lain Seorang Doktor sedang bereksperimen menggunakan urin Dukun Aztec menggunakan urin untuk membasuh luka luar sebagai pencegah infeksi dan diminum untuk meredakan sakit lambung dan usus. . di antara mereka adalah Mohandas Gandhi.adalah suatu penyakit yang dapat dideteksi melalui urin. Terapi urin Amaroli adalah salah satu usaha pengobatan tradisional India. Fungsi Fungsi utama urin adalah untuk membuang zat sisa seperti racun atau obat-obatan dari dalam tubuh. Penderita dehidrasi akan mengeluarkan urin berwarna kuning pekat atau cokelat. Sehingga bisa diakatakan bahwa urin itu merupakan zat yang steril Urin dapat menjadi penunjuk dehidrasi. Bangsa Romawi Kuno menggunakan urin sebagai pemutih pakaian. urin dijual untuk dibuat menjadi pupuk.

menemukan urea ketika ia mendidihkan urin hingga kering. kandung kemih. Sebelum menjadi urin. Pada manusia. . Para ahli kimia menghabiskan banyak waktu untuk mengekstrak emas dari urin yang akhirnya justru menghasilkan white phosporous. ahli kimia Perancis. Hennig Brand di tahun 1669 ketika ia sedang mendistilasi urin yang difermentasikan.Sejarah Warna kuning keemasan dalam urin pernah dianggap berasal dari emas. dan Augmentasi. yang disebut urin. yaitu: Filtrasi. dan uretra. yang ditemukan oleh ahli kimia Jerman. yang nantinya akan keluar dari nefron dalam bentuk suatu larutan. Sistem urin Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Sistem urin adalah sistem organ yang memproduksi. Pada tahun 1773. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Ginjal dilihat dari belakang tanpa tulang punggung. di dalam ginjal akan terjadi tiga macam proses. dua ureter. Proses Pembentukan Urin Urin dibentuk di nefron yaitu dengan menyaring darah dan kemudian mengambil kembali ke dalam darah bahan-bahan yang bermanfaat. Dengan demikian akan tersisa bahan tak berguna. menyimpan. Hilaire Rouelle. Reabsorpsi. dua otot sphincter. sistem ini terdiri dari dua ginjal. dan mengalirkan urin.

Urin primer yang berkumpul dalam kapsula Bowman masuk ke dalam tubulus kontortus proksimal dan terjadi proses reabsorpsi. . asam amino dan gula dapat disaring sehingga menjadi bagian dari filtrat glomerulus atau urin primer. terlebih dahulu akan dibahas tentang pengertian filtrasi. sedangkan molekul-molekul yang berukuran lebih kecil seperti: garam.Filtrasi Filtrasi terjadi di glomerulus. Proses filtrasi terjadi akibat mengkerut dan mengembangnya arteriol afferent dan arteriol efferent yang masuk dan meninggalkan glomerulus. kemudian urin primer akan memasuki kapsula Bowman. Reabsorpsi Reabsorpsi terjadi di tubulus kontortus proksimal yang nantinya akan menghasilkan urin sekunder. Mula-mula darah masuk ke glomerulus melalui arteriol afferent dan terjadi filtrasi sehingga menghasilkan urin primer. Filtrasi adalah proses penyaringan darah yang mengandung zat-zat sisa metabolisme yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang filtrasi. Proses filtrasi ini terjadi di glomerulus dan kapsula Bowman yang menghasilkan filtrat gromerulus atau urin primer. Selama terjadi filtrasi sel-sel darah dan molekul protein tidak dapat disaring.

SO4-3). Zat sisa yang dikeluarkan dari pembuluh darah kapiler adalah ion hidrogen (H+). Hasil dari reabsorpsi urin primer adalah urin sekunder yang mengandung sisa limbah nitrogen dan urea. kemudian dialirkan ke vesica urinaria untuk ditampung sementara waktu. Dengan demikian konsentrasi garam di luar tubulus meningkat. HCO3-. garam (Na+) dipompa keluar. Pengeluaran (H+) ini membantu menjaga pH yang tetap dalam darah. Di dalam tubulus distal urin sekunder mengalami augmentasi yaitu proses penambahan zat –zat yang tidak diperlukan oleh tubuh ke dalam tubulus kontortus distal. berat jenisnya antara 1. Selama melewati tubulus distal dan tubulus kolektifus.Pada proses ini terjadi penyerapan kembali zat yang berguna oleh dinding tubulus. Bila produksi urin sedikit urin itu pekat dan berat jenisnya naik sedangkan warnanya . Setelah itu urin memasuki pelvis renalis dan menuju ureter. Zat-zat yang diserap kembali oleh darah antara lain: glukosa. urin kehilangan banyak air (H2O) sehingga konsentrasi urin semakin pekat. Dengan demikian urin sekunder adalah hasil saringan dari urin primer yang mengandung limbah nitrogen dan urea. air berosmosis keluar sehingga volume urin sekunder menurun dan menjadi pekat. sehingga kepekatan urin berkurang tetapi volume urin tetap. Cl-. jernih. urin sekunder akan masuk ke tubulus distal. Augmentasi Dari lengkung Henle asenden. Urin normal Posted on April 16. NH3dan kreatinin.030 tergantung pada konsentrasi bahan solid yang larut dalam urin. Ca++. Urine sekunder akan masuk ke lengkung Henle menuju tubulus kontortus distal. asam amino dan ion-ion anorganik (Na+. 2011 by Administrator Pemeriksaan Urin Warna urin normal adalah kuning muda atau kuning jerami. HPO4-3. Proses ini terjadi karena transpor aktif. lalu masuk ke pembuluh darah yang mengelilingi tubulus. Kadung kemih di kendalikan oleh saraf pelvis dan serabut saraf simpatis dari plexus hipogastrik.K+. Pengeluaran urin diatur oleh otot-otot sfingter. Saat melewati lengkung Henle asenden. ion kalium (K+). Pada saat melewati lengkung Henle desenden. Kandung kemih hanya mampu menampung kurang lebih 300 ml. Pada produksi urin yang banyak.015-1.

bisa juga karena adanya darah saat menstruasi atau bisa juga karena penyakit saluran kencing. Urin normal mengandung urea. yang diperiksa apakah ada butir darah merah maupun butir darah putih. diabetes mellitus atau makanan (petai. garam. • • • • • • • • Beranda Kategori Blog Fotografi Fotokita Pembaca Arsip Forum Deteksi Penyakit Lewat Warna dan Bau Urin Oleh Ni Ketut Susrini | 18-08-2011 | http://ngi. Urin dikatakan tidak normal apabila mengandung albumin. Dalam keadaan normal orang buang air kecil setiap 34 jam. Mikroskopi Pemeriksaan urin di bawah mikroskop. infeksi. Urin normal agak asam atau pH nya kurang dan 7. kreatinin. aseton. Urin yang berbau bisa disebabkan minum obat. Urin yang berwama coklat disertai buih biasanya disebabkan penyakit liver ataupun saluran empedu. bakteri. asam urat.cc/ntt | kesehatan . Urin berwarna merah karena makan obat-obatan. jengkol). Bila berat jenisnya turun berarti urin lebih encer dan menjadi tidak berwarna seperti yang terjadi pada diabetes insipidus. nanah ataupun butir darah serta kast* positif. dan asam oksalat. pigmen empedu.lebih gelap. dan kristal. Bila urin normal ini disimpan maka akan bereaksi menjadi bersifat alkalis karena urea diubah menjadi amonia. sel nanah. kast. gula.

Kerusakan hati juga bisa menyebabkan warna urin menjadi kecoklatan. Perbedaan warna dan bau urin bisa dipengaruhi berbagai faktor mulai dari hal-hal biasa." kata Stoller. "Bisa saja itu bukan pertanda apa-apa. Urin berwarna oranye bisa jadi mengindikasikan seseorang telah mengonsumsi penawar sakit yang mengandung phenazopyridine. Warna itu bisa muncul karena darah tua dari tumor atau batu ginjal. mulai dari infeksi sampai kanker.Steven Fruitsmaak Warna dan bau tertentu pada urin bisa menjadi tanda-tanda sejumlah penyakit. seperti makanan dan obat. Konsumsi vitamin larut air yang terlalu banyak bisa menyebabkan urin berwarna kuning cerah. Itulah sebabnya dokter kerap meminta pasien melakukan tes urin meski pasien tidak memiliki keluhan yang berkaitan dengan urin. sampai hal-hal luar biasa seperti infeksi atau kanker. urin berwarna kemerahan wajib diwaspadai. Proses tersebut dilakukan untuk mengetahui zat-zat yang terkandung dalam urin. meski hanya sekali. Terlalu banyak makan bit atau buah beri hitam (blackberry) bisa menyebabkan urin berwarna merah atau merah muda. segera temui dokter. Tapi tidak selamanya urin berwarna gelap merupakan pertanda bahaya. dokter dapat mengetahui berbagai hal yang terjadi di dalam tubuh. Sementara mehylene blue. profesor urologi dari University of California. obat yang lazim digunakan untuk masalah kandung kemih. Obat pencahar tertentu juga bisa mengubah warna urin jadi merah. San Francisco. atau gumpalan darah di ginjal yang biasa terjadi pada orang yang mengidap sel sabit. Terlalu banyak makan kacang fava (fava bean) atau klembak (rhubarb) juga bisa menyebabkan urin berwarna coklat tua atau hitam. salah satu bentuk kelainan darah bawaan. "Kadang ada juga urin yang warnanya seperti minuman Coca-Cola." kata Marshall Stoller." Urin berwarna merah bukan satu-satunya tanda bahaya. Analisis terhadap urin untuk mengetahui kondisi kesehatan dilakukan lewat proses yang disebut "urinalisis". "Jika ada darah dalam urin. bisa menyebabkan urin berwarna biru atau hijau. Contohnya. begitu juga dengan porphyria. sebuah kelainan darah bawaan yang membuat sel darah normal berubah bentuknya menjadi seperti bulan sabit. terjadi karena ketidakmampuan tubuh mencerna asam amino . Bau Urin Urin yang baunya manis seperti sirup maple merupakan indikasi penyakit "maple syrup urine". tapi bisa jadi itu adalah indikasi awal batu ginjal atau bahkan kanker. Lewat urin.

yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Jangan anggap sepele dehidrasi. jika urin berwarna kuning pekat maka hal itu mengindikasikan kita kurang minum atau dehidrasi. karena bisa menyebabkan masalah pada ginjal dan kondisi organ tubuh lainnya. setiap bayi dites untuk mendeteksi penyakit ini. Urin dapat dievaluasi dari penampilan fisiknya. urin juga berisi informasi mengenai apa yang terjadi di tubuh Anda. Kondisi ini biasa terjadi pada bayi dan ditindaklanjuti dengan diet tertentu. Tes urin rutin dapat dilakukan ketika Anda dirawat di rumah sakit atau menjadi bagian dari medical checkup. dokter atau staf laboratorium dapat mengamati warna. Selama pemeriksaan visual. terlalu banyak protein. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan. Tes urin digunakan secara luas untuk skrining. makin banyak air yang harus dikonsumsi. Semakin banyak air yang kita konsumsi.5 liter per hari. warna kuning para urin akan semakin pudar. Penampilan fisik urin Penampilan fisik urin bisa dilihat dengan pemeriksaan visual. Sebaliknya. selain membuang limbah. uji kehamilan atau persiapan operasi. Sedemikian banyak informasi yang dapat kita peroleh dari urin sehingga ada lebih dari 100 tes yang berbeda dapat dilakukan pada urin. Urin berbau manis juga bisa mengindikasikan penyakit diabetes. Penampilan fisik urin yang dapat dilihat dengan observasi langsung adalah: . diagnosis dan memantau efektivitas pengobatan. atau zat lainnya dapat menjadi pertanda masalah kesehatan. gula yang larut di urin juga menyebabkan rasa urin menjadi manis. Namun.tertentu. Urin yang mengandung glukosa. Di beberapa negara. Orang dewasa disarankan minum sebanyak 1. kandungan zat kimia dan zat mikroskopik di dalamnya. Urin yang sehat terdiri dari produk buangan sisa metabolisme berwarna kuning yang larut dalam air. kejernihan dan baunya yang akan dikonfirmasi dengan pemeriksaan kimia dan mikroskopis. yang harus dimulai sedini mungkin agar terhindar dari kerusakan otak dan masalahmasalah lainnya. Air seni atau urin berisi berbagai zat limbah yang dikeluarkan dari tubuh. Selain mempengaruhi bau.

Kandungan urin yang dapat diketahui dengan pemeriksaan kimia antara lain: 1. sperma dan cairan prostat. semakin tinggi berat jenis urin. Dehidrasi dan demam juga menyebabkan urin lebih pekat sehingga berwarna lebih gelap. warna urin cenderung gelap. Urin berbau sedikit pesing yang khas. Staf laboratorium atau komputer akan membandingkan perubahan warna pada setiap reaksi dengan bagan warna masing-masing strip penguji untuk menentukan hasil tes. Zat kimia di urin Komposisi kimia urin diketahui dengan pemeriksaan kimia. Zat lain yang bisa membuat urin keruh dan mengindikasikan penyakit adalah sel darah merah. Urin yang bersifat asam berkaitan dengan risiko penyakit asam . Banyak zat yang dapat menyebabkan urin menjadi keruh. Keasaman diukur dengan pH. bersifat basa jika pH-nya lebih dari 7. misalnya infeksi bakteri E. dan kontaminan seperti salep dan bedak. Berat jenis adalah perbandingan berat urin dengan air murni dalam volume yang sama. Jenis dan tingkat perubahan warna memberikan jenis dan kadar zat-zat kimia tertentu yang hadir di urin. Suplemen vitamin B dapat membuat urin berwarna kuning cerah. sel darah putih atau bakteri. 2. Oleh karena itu. warna urin Anda akan kemerahan karena pigmen bit yang dikeluarkan. Warna urin dapat bervariasi dari bening kekuningan sampai gelap kecoklatan. staf laboratorium menggunakan strip-strip reagan yang berisi bahan kimia tertentu. coli menyebabkan bau tidak sedap dan diabetes menyebabkan bau amis. termasuk banyaknya cairan yang Anda minum. Bila Anda kurang minum. Ginjal berperan penting dalam menjaga keseimbangan asambasa tubuh. sel-sel kulit. Kepekatan urin (disebut juga osmolalitas atau specific gravity) dapat dihitung dengan berat jenisnya. Ketika strip dicelupkan ke dalam urin. Kepekatan. obatobatan yang Anda ambil dan penyakit tertentu yang Anda miliki. Untuk keperluan ini. Ketika Anda minum banyak cairan. strip akan menyerap urin dan reaksi kimia akan mengubah warnanya dalam hitungan detik atau menit.1. Keasaman. Zat yang menyebabkan kekeruhan namun dianggap normal adalah lendir. jika mereka mencari jumlah protein yang sangat kecil di urin. Bila Anda tidak minum cukup cairan. Urin biasanya jernih. Kejernihan. Misalnya. Mengetahui kepekatan urin membantu penyedia layanan kesehatan memutuskan apakah sampel urin yang mereka dapatkan adalah yang terbaik untuk mendeteksi zat tertentu. Warna. 3. Bau. ginjal akan membuat urin yang encer sehingga berat jenisnya rendah. Beberapa penyakit menyebabkan perubahan bau urin. kondisi apapun yang menghasilkan asam atau basa dalam tubuh atau konsumsi makanan yang bersifat asam atau basa. Urin bersifat asam jika pH-nya kurang dari 7. 2. Banyak hal yang berpengaruh pada warna urin. Obat-obatan dan darah dapat membuat urin berwarna merah kecoklatan. Semakin banyak bahan padat dalam urin. Bila Anda memakan bit merah. secara langsung dapat memengaruhi pH urin. sampel urin yang pekat di pagi hari adalah yang terbaik. ginjal Anda membuat urin yang pekat sehingga berat jenisnya tinggi. jenis makanan yang Anda makan. kristal urin normal.

Bila karbohidrat tidak tersedia. Keton. atau muntah parah juga dapat menyebabkan keton berada di urin (ketonuria). Pemeriksaan ini biasanya dilakukan sebagai tindak lanjut temuan abnormal pada pemeriksaan fisik atau kimia. Albumin adalah jenis protein yang lebih kecil dari protein lainnnya dan keberadaannya dalam urin mengindikasikan tahap awal kerusakan ginjal. Glukosa adalah jenis gula yang ditemukan dalam darah. Kehadiran esterase leukosit di urin merupakan pertanda peradangan. juga dapat disebabkan oleh gangguan hormonal. Diet tinggi protein akan membuat urin lebih asam. yang umumnya disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Esterase leukosit. Esterase leukosit adalah enzim yang ditemukan dalam sel-sel darah putih. Ketika tingkat gula darah sangat tinggi– seperti pada diabetes yang tidak terkontrol– ginjal mengekskresikan glukosa ke dalam urin untuk mengurangi konsentrasinya di darah. Biasanya glukosa sangat sedikit atau tidak ada dalam urin. Zat mikroskopik di urin Kandungan zat-zat mikroskopik dalam urin dapat dilihat melalui mikroskop. Protein. Sel. Protein biasanya tidak ditemukan dalam urin. Cairan di bagian atas tabung kemudian dibuang dan sedimen yang tersisa diperiksa di bawah mikroskop. peradangan. Zat-zat padat di dalamnya akan mengendap di bagian bawah tabung. Demam. Sejumlah besar keton dalam urin dapat menunjukkan kondisi sangat serius yang disebut ketoasidosis diabetik. menjadi lebih asam. kehamilan.3. tubuh memetabolisme lemak untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan. penyakit hati. Sebagian besar penyakit degeneratif berkaitan dengan defisiensi mineral yang menyebabkan cairan tubuh. 5. obat-obatan. diet rendah karbohidrat. olahraga keras. keganasan (kanker). Keberadaan albumin dalam urin disebut albuminuria. Diet dapat digunakan untuk mengendalikan pH urin. Nitrit. dan zat lainnya dihitung dan dilaporkan secara agregat dan spesifik masing-masing. atau cedera pada saluran kemih. kristal. urin diproses sentrifugasi untuk memisahkan komponen cairan dan padatannya. Kondisi lain yang dapat menyebabkan proteinuria adalah gangguan yang meningkatkan protein dalam darah. 6. atau konsumsi buah akan membuat urin lebih basa. dan kehamilan. Kondisi di mana terdapat protein di dalam urin disebut proteinuria. Kandungan urin yang dapat diperiksa dengan analisis mikroskopik antara lain: . 7. termasuk urin. 4. Keton biasanya tidak ditemukan dalam urin. kerusakan selsel darah merah. kelaparan. seperti multiple myeloma. Glukosa. Diet vegetarian. Keberadaan glukosa dalam urin. Ketika terjadi glukosuria. dan beberapa penyakit dapat menyebabkan protein berada dalam urin. Bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) membuat enzim yang mengubah nitrat menjadi nitrit. Nitrit dalam urin menunjukkan adanya infeksi saluran kemih (ISK). tes lain seperti tes glukosa darah biasanya dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab yang lebih spesifik. urat dan batu ginjal. Sebelum diperiksa di bawah mikroskop. yang disebut glukosuria. Pemecahan lemak untuk energi menghasilkan zat limbah yang disebut keton. Diet rendah gula dan karbohidrat.

peradangan. Ketika saluran kemih bermasalah karena infeksi. atau penyakit di ginjal atau di tempat lain di saluran kemih dapat menyebabkan sel darah merah bocor dari pembuluh darah ke dalam urin. Jika jamur teramati dalam urin. maka dapat mengindikasikan masalah metabolisme. Konsentrasi tinggi urobilinogen di urin mengindikasikan penyakit seperti hepatitis. Sel-sel epitel dari kandung kemih atau uretra dapat ditemukan dalam urin. 2. Kehadiran bakteri di urin menandakan infeksi. misalnya dari sekresi vagina.juga dapat mengkristal di dalam urin. Sel darah merah (eritrosit). Urobilinogen biasanya hadir dalam urin dalam konsentrasi rendah. Zat ini terbentuk di dalam usus dari bilirubin dan sebagian diserap kembali ke dalam aliran darah. cedera. Bila hal ini terjadi. dan keganasan. Urin mengandung banyak bahan limbah dari tubuh. maka tes untuk infeksi jamur dapat dilakukan pada cairan vagina. Bakteri juga dapat merupakan kontaminan. Jenis sel epitel menunjukkan secara tepat di mana kondisinya berada. menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK). kalsium oksalat. Jika kristal berasal dari zat yang seharusnya tidak ada dalam urin. Jamur juga dapat hadir dalam urin. 5. Bakteri dapat memasuki saluran kemih melalui uretra dan naik ke kandung kemih. Urobilinogen. terutama pada wanita. bilirubin bocor kembali ke aliran darah dan diekskresikan ke urin. Leukosit juga bisa menjadi kontaminan. Kristal dianggap normal jika berasal dari zat terlarut yang biasanya ditemukan dalam urin. Bilirubin adalah produk limbah dari sel darah merah yang dibuang dari peredaran oleh hati. pada akhirnya infeksi dapat bergerak ke ginjal dan menyebabkan pielonefritis. Kehadiran bilirubin dalam urin merupakan indikator awal penyakit hati (liver). Sel-sel dari ginjal kurang umum. Zat ini menjadi bagian dari cairan empedu yang disekresikan ke usus untuk membantu pencernaan makanan. . 3. Jika infeksi tidak diobati. Biasanya. Peradangan. 4. 6. Mikroorganisme. Beberapa contoh dari kristal yang dapat ditemukan dalam urin orang yang sehat adalah kristal asam urat. kalsium karbonat. sel darah merah hanya sedikit hadir dalam urin. dll. Kurang sering. Pada penyakit tertentu. Bilirubin. Bilirubin tidak hadir dalam urin normal. di mana bakteri yang biasanya hidup di kulit atau di cairan vagina mengontaminasi urin. Jumlah leukosit dalam urin biasanya rendah. Saluran kemih seharusnya steril sehingga tidak akan ada mikroorganisme dalam urin. Sel darah putih (leukosit). Sel darah merah juga bisa merupakan kontaminan karena koleksi sampel yang tidak benar sehingga tercampur darah dari wasir atau menstruasi. staf laboratorium akan menguji kandungan asam askorbat (vitamin C) di urin karena vitamin C dapat menyebabkan hasil tes menjadi rendah atau negatif palsu.1. Zat-zat ini dapat membentuk padatan kristal yang tidak beraturan atau seperti jarum. bakteri dari infeksi darah (septikemia) dapat pindah ke saluran kemih. Jumlahnya yang tinggi dapat menunjukkan infeksi atau peradangan di saluran kemih. seperti obstruksi bilier atau hepatitis. tes kimia darah dalam urin negatif tetapi pengujian mikroskopis menunjukkan peningkatan jumlah sel darah merah. Kadang-kadang. Obat-obatan dan pewarna kontras sinar-x. terutama pada wanita yang memiliki infeksi jamur vagina. Sel epitel. sel-sel epitel lebih banyak hadir di urin. Kristal. 7. sirosis hati dan anemia hemolitik. seperti kristal sistin dan tirosin.

semakin besar kemungkinan adanya masalah. Selain itu. Beberapa orang tidak memberikan kondisi abnormal dalam tes urin di awal proses penyakit. Namun. hasil normal tidak menjamin bahwa tidak ada penyakit. Semakin besar deviasi dari normal.Catatan untuk Anda Hasil pemeriksaan urin dapat memiliki banyak interpretasi. Dokter Anda harus menganalisis hasil tes urin dengan gejala dan temuan klinis lain untuk menegakkan diagnosis. Temuan abnormal mengindikasikan ada sesuatu yang salah dan perlu dievaluasi lebih lanjut. . dan yang lainnya memberikan kondisi abnormal secara sporadis sepanjang hari sehingga tidak terdeteksi oleh sampel urin tunggal. bila urin sangat encer maka bahan kimia dalam jumlah kecil mungkin tidak terdeteksi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful