2.

Perencanaan Karir Perencanaan Karier (Career Planning) adalah proses melalui mana seseorang memilih sasaran karier, dan jalur kesasaran tersebut. Banyak orang gagal mengelola karier mereka, karena mereka tidak memperhatikan konsep – konsep dasar perencanaan karier ini. Mereka tidak menyadari bahwa sasaran – sasaran karier dapat memacu karier mereka dan dapat menghasilkan sukses yang lebih besar. Pemahaman akan konsep – konsep tersebut tidak menjamin kegiatan, tetapi bila hal itu mengarahkan pada penetapan sasaran karier, perencanaan karier lebih cenderung terlaksana. Meskipun karier masing – masing orang adalah unik. Proses perencanaan ini memungkinkan para karyawan untuk mengidentifikasi sasaran – sasaran karier dan jalur – jalur menuju kesasaran – sasaran tersebut. Kemudian melalui kegiatan – kegiatan atau pengembangan para karyawan mencari cara – cara untuk meningkatkan dirinya dan mengembangkan sasaran - sasaran karier mereka. 2.1. Departemen Personalia dan Perencanaan Karier Departemen personalia harus mengambil peranan aktif dalam perencanaan karier karyawan. Perencanaan karier perlu ditangani karena rencana – rencana sumber daya manusia menunjukkan berbagi kebutuhan staffing organisasi di waktu yang akan datang dan berkaitan dengan kesempatan – kesempatan latihan atau pengembangan. Berbagai manfaat yang akan diperoleh bila departemen personalia terlibat dalam perencanaan karier adalah : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Mengembangkan Para Karyawan yang dapat dipromosikan. Menurunkan perputaran karyawan. Mengungkap potensi karyawan. Mendorong pertumbuhan karyawan. Mengurangi penimbunan. Memuaskan kebutuhan karyawan. Membantu pelaksanaan rencana – rencana kegiatan yang telah disetujui.

2.2. Pendidikan Karier Dalam perjalanannya, banyak karyawan yang kurang atau tidak tahu tentang perencanaan karier. Mereka sering tidak mengetahui kebutuhan dan keuntungan – keuntungan karier. Karyawan juga sering kurang mempunyai informasi yang diperlukan untuk membuat rencana – rencana karier mereka secara sukses. Departeman personalia bertugas untuk mengatasi kedua keterbatasan tersebut. Departemen personalia dapat meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya perencanaan karier melalui berbagai macam tehnik pendidikan. Sebagai contoh, pidato – pidato pengarahan, edaran – edaran , dan momerandum dari para manajer puncak bias menstimulasi minat karyawan pada biaya rendah. Di samping itu berbagai lokakarya dan seminar tentang perencanaan karier meningkatkan minat karyawan dengan mengemukakan konsep – konsep yang berhubungan dengan perencanaan karier. Pertemuan – pertemuan semacam itu membantu membantu karyawan

8. Membantu Pegawai Menyadari Kemampuan Potensi Mereka Pengembangan karier membantu menyadarkan pegawai agar kemampuannya untuk menduduki suatu jabatan tertentu sesuai dengan potensi dan keahliannya. Memperkuat Hubungan antara Pegawai dan Perusahaan Pengembangan karier akan memperkuat hubungan dan sikap pegawai terhadap perusahaannya.untuk menetapkan sasaran – sasaran karier.1. Kegiatan – kegiatan pendidikan karier ini bisa dilengkapi dengan informasi perencanaan karier yang dicetak atau direkam. Membantu dalam pencapaian Tujuan Individu Perusahaan pengembangan karier mebantu pencapaian tujuan perusahaan dan tujuan individu. hal ini berarti tujuan perusahaan dan tujuan individu tercapai. 5. perusahaan bisa menggunakan konsultan. mengidentifikasikan jalur – jalur karier dan mengungkap kegiatan – kegiatan pengembangan karier. Membuktikan Tanggung Jawab Sosial Pengembangan karier suatu cara menciptakan iklim kerja yang positif dan pegawai – pegawai menjadi lebih bermental sehat. Setiap orang bertanggung jawab atas pengembangan atau kemajuan kariernya. 6. 3. Seorang pegawai yang sukses denagn prestasi kerja sangat baik kemudian menduduki posisi jabatan yang lebih tinggi. Menggiatkan Analisis dari Keseluruhan Pegawai Perencanaan karier dimaksudkan mengintegrasikan perencanaan kerja dan kepegawaian. 2. 9. Bila departeman personalia tidak mempunyai staff yang diperlukan untuk melaksanakan program – program pendidikan. 7. Tujuan pengembangan karir : 1. Pengembangan Karier Titik awal pengembangan karir dimulai dari diri karyawan. Menggiatkan Suatu Pemikiran (Pandangan) Jarak Waktu yang Panjang . 4. 10. Menunjukkan Hubungan Kesejahteraan Pegawai Perusahaan merencanakan karier pegawai denagn meningkatkan kesejahteraan agar pegawai lebih tinggi loyalitasnya. Mengurangi Keusangan Profesi dan Manajerial Pengembangan karier dapat menghindarkan dari keusanagn dan kebosanan profesi dan manajerial. 3. Mengurangi Turnover dan Biaya Kepegawaian Pengembangan karier dapat menjadikan turnover rendah dan begitu pula biaya kepegawaiannya menjadi lebih efektif. Membantu Memperkuat Pelaksanaan Program – program Perusahaan Pengembangan karier membantu program – program perusahaan lainnya agar tujuan perusahaan tercapai. 3.

2. anda tidak akan mencoba melatih pengganti anda di perusahaan itu yang bagian perusahaan tersebut berjalan tegang. 2. atau jika keadaanya susah untuk melaksanakan masing – masing cara ini. Bukti dari hasil yang dicapai itu pada kenyataannya tidak mencapai jabatan yang begitu tinggi sehingga anda kecewa. pelindung atau penasehat. Banyak cara untuk mencapai promosi itu. 6. Sebagai contoh. yaitu kesempatan kerja. Apa yang telah anda capai akan dicatat untuk dipelihara dan dinilai apabila dipertimbangkan untuk dipromosikan atau dinaikkan pangkatnya. ini adalah fakta yang tidak dapat dielakkan. .Pengembangan karier berhubungan dengan jarak dan waktu yang panjang. Anda memperlihatkan cara melaksanakan pekerjaan yang sulit dengan baik karena kemampuan anda yang ingin ditunjukkan kepada para pekerja. Berkas – berkas prestasi anda. Siapa pun yang mengikuti 25 petunjuk ini secara baik hasil yang dicapai akan diketahui sebelumnya. dan itu kemungkinan terjadi paling sedikit dari para pekerja . banyak orang penting yang berkedudukan tinggi diperusahaan yang akan menolong untuk naik pangkat. 4. Petunjuk-Petunjuk Pengembangan Karier Bagian yang penting dalam pengembangan karier adlah mengembangkan taktik – taktik atau cara – cara yang praktis dan efektif. Menolong Pemimpin anda berhasil. 5. tugas – tugas pekerjaan lebih baik yang bukan dimiliki oleh perusahaan anda. Tindakan anda juga pada saatnya nanti akan diteliti oleh pemimpin anda. Menunjukkan wewenang pekerjaan. Hal ini karena penempatan suatu posisi jabatan memerlukan persyaratan dan kualifikasi yang sesuai dengan porsinya. Mencari penyokong. 3. 3. 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful