MAKALAH

DIMENSI SOSIAL KEAGAMAAN
KELUARGA DAN MASYARAKAT DI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

KELOMPOK 1

Teuku Harza Mauludi(1106058276)

MPK AGAMA ISLAM

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Keluarga-keluarga itulah yang akan membentuk masyarakat Islam yang madani. al-Rum. keluarga tidak hanya bertujuan untuk mengintegrasikan individu tetapi juga sebagai pembentuk masyarakat. Dalam hal ini.FISIP UI 2011 BAB I PENDAHULUAN I. masyarakat dan peradabannya terus berkembang. Mawaddah. Konsep pembinaan keluarga yang baik dikenal dengan istilah Keluarga Sakinah. keluarga tak dapat lepas dari perannya di masyarakat. Begitu pula halnya dengan keluarga-keluarga yang berfungsi sebagai pembentuk dari masyarakat itu sendiri. Berfirman: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri. disebutkan oleh alQur’an sebuah konsep agar sebuah keluarga dapat bertahan di zaman yang terus berkembang ini. Allah swt. 30:21) . Berkembangnya peradaban masyarakat tentu mempengaruhi nilai-nilai kebudayaan yang sudah ada. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang anggotaanggotanya terikat secara lahir dan batin dan terikat secara hukum karena pertalian darah dan pernikahan. supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya. Di dalam Islam. Menurut Islam. dan Rahmah. dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Agama membimbing manusia untuk membentuk keluarga yang baik dan dicitacitakan oleh selurut umat. Latar Belakang Di zaman globalisasi ini.

Mengetahui hubungan antara keluarga dengan masyarakat 2. Mawaddah. 3. Mawaddah. Mengetahui maksud dari Keluarga Sakinah. dan Rahmah dan Masyarakat Islami. Mawaddah.II. 2. Dapat menjadi Keluarga Sakinah. Menggambarkan ciri-ciri Keluarga Sakinah. Mawaddah. 3. Manfaat Manfaat dari pembuatan makalah mengenai keluarga dan masyarakat ini adalah: 1. dan Rahmah dan Masyarakat Islami di kehidupan sehari-hari . Memenuhi tugas makalah MPK Agama Islam yang diberikan. Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah mengenai keluarga dan masyarakat ini adalah: 1. dan Rahmah dan Masyarakat Islami. I. Memberikan pengetahuan mengenai keluarga dan masyarakat beserta hubungannya. 4. Menjelaskan definisi Keluarga Sakinah. dan Rahmah dan Masyarakat Islami.

dan sunnah Rasulullah saw. Salah satu tujuan pernikahan dalam Islam adalah untuk menciptakan ketenangan dan kebahagiaan dalam rumah tangga. . Keluarga Sakinah. Kata Sakinah berasal dari bahasa Arab yang berarti tenang. untuk memjadi keluarga yang baik tidaklah mudah. Baik-tidaknya masyarakat di suatu wilayah tergantung oleh keluargakeluarga yang ada di dalamnya. mencintai. saling keterbukaan dengan merajut komunikasi yang intens. Pilih pasangan yang shaleh atau shalehah yang taat menjalankan perintah Allah swt. dan Rahmah butuh syarat (proses) yang harus dilakukan. saling mempercai kesetiaan masing-masing. ketentraman. keluarga-keluarga adalah pembentuk masyarakat. Menurut istilah. Mawaddah. Namun. dan Rahmah adalah keluarga yang di dalamnya penuh dengan ketenangan. kekayaannya. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:  Kenali calon pasangan.  Saling melaksanakan kewajiban masing-masing dengan baik. serta bergabungnya kejelasan pandangan dengan tekad yang kuat. Untuk menjadi masyarakat yang baik diperlukan para keluarga yang baik pula. menghormati. Untuk mewujudkannya.BAB II PEMBAHASAN Seperti yang telah disebutkan pada pendahulan di atas. Mawaddah adalah cinta sejati dan Rahmah adalah kasih sayang.  Niatkan saat menikah untuk beribadah kepada Allah swt dan untuk menghindari hubungan yang dilarang Allah swt. Pilihlah pasangan dengan mengutamakan keimanan dan ketaqwaannya dari pada kecantikannya. kedudukannya. Mawaddah. akibat menyatunya pemahaman dan kesucian hati. merasa saling membutuhkan dan melengkapi. dan Rahmah.  Mengetahui kekurangan dan kelebihan pasangan. kita harus mengetahui lebih dahulu pengertian dari keluarga Sakinah. saling menghargai. Agar lebih mudah dipahami. dan kebahagiaan. Pilihlah pasangan keturunan keluarga yang terjaga kehormatan dan nasabnya. Mawaddah. Membangun sebuah keluarga yang Sakinah.

Allah Berfirman: “Hai orang-orang yang beriman.  Beribadah bersama-sama. peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.  Saling menasehati dalam kebaikan dan ketakwaan agar sebuah rumah tangga akan tetap kokohdengan adanya sikap ini. keras.  Mendidik sang anak agar menjadi anak yang sholeh/sholehah. Membuat komitmen untuk selalu bersama dalam menempuh perjalanan rumah tangga. Muslim no. 55)  Saling ta’awun (tolong-menolong). dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”(QS. .  Sederhana dalam belanja.  Qana’ah (merasa cukup). bersabda: “Agama itu nasehat. 66:6)  Introspeksi diri. alTahrim. mengarungi badai dan gelombang kehidupan.” (HR.  Memperdalam ilmu agama. penjaganya malaikat-malaikat yang kasar.  Berdo’a agar keluarga terjaga dari segala hal yang dapat menjerumuskan ke dalam api neraka.  Musyawarah. Rasulullah saw.

9. Semua anggota masyarakat diarahkan untuk melaksanakan kebaikan sehingga meraih kemuliaan lahir dan batin. Masyarakat Islami menentukan pada kegiatan keumatan yang memiliki tujuan jelas dan perencanaan yang sempurna. 2. 7. Masyarakat Islami adalah masyarakat yang disiplin. di dunia maupun akhirat. yaitu keluarga-keluarga yang Sakinah. Masyarakat Islam dibentuk berdasarkan ajaran dan nilai-nilai luhur agama Islam.Masyarakat Islami adalah masyarakat yang seluruh atau sebagian besar anggotanya merupakan orang-orang muslim dan berpedoman dan berorientasi pada akidah dan hukum Islam.Untuk mencapai kemuliaan itu. Masyarakat Islami adalah masyarakat yang dinamis dan progresif. Masyarakat Islami adalah masyarakat yang demokratis. 6. Mawaddah. Masyarakat Islami memiliki karakteristik yang harus kita ketahui yaitu: 1. diperlukan anggota-anggota yang memiliki kekuatan iman dan bertaqwa kepada Allah swt. Masyarakat Islami membentuk persaudaraan yang tangguh dan menekankan kasih sayang antara sesama. 10. 4. dan Rahmah. 3. Masyarakat Islami adalah masyarakat yang berwawasan ilmiah dan terpelajar. Masyarakat Islami adalah masyarakat yang adil. 8. . Masyarakat Islami adalah masyarakat yang sederhana yang berkesinambungan. 5. Masyarakat Islami adalah masyarakat yang terpadu. Masyarakat Islami adalah masyarakat yang terbuka dan penuh toleransi. Peran keluarga sangat besar dalam membangun Masyarakat Islami .

Dalam hal ini keluarga yang baik adalah Keluarga yang berhasil menjadi keluarga Sakinah. baik lahir maupun batin. Mawaddah. maka baiklah masyarakat yang terkumpul di di dalamnya.BAB III PENUTUP Masyarakat Islami merupakan misi al-Qur’an yang harus diwujudkan dan diusahakan oleh setiap pribadi muslim. Contoh yang paling mudah adalah keluarga Rasulullah saw. Dengan demikian. Masyarakat Islami yang terbentuk akan memperoleh kesejahteraan secara total dan terpadu. Pembentukan keluarga merupakan salah satu jalan untuk merealisasikan tujuan-tujuan tersebut. Apabila baik suatu kumpulan keluarga tersebut. dan Rahmah. yang sangat patut ditiru dan diteladani. Masyarakat Islam akan menjadi masyarakat yang lebih baik untuk dapat membangun peradaban Islami yang kita banggakan seperti pada masa keemasan Islam yang telah lama hilang .

Referensi Internet http://amany.multiply.DAFTAR PUSTAKA Mubarak.org/artikel/pintu-relasi/115-saatnya-membangun-keluargasakinah. Menjadi Cendekiawan Muslim.com/reviews/item/1?&show_interstitial=1&u= %2Freviews%2Fitem http://annajib. Kuliah Islam di Perguruan Tinggi.html http://yannieds78.com/2010/04/10/keluarga-sakinah-mawaddah-warahmah/ .wordpress. Zakky. 2007). (Jakarta: Magenta Bhakti Guna.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful