You are on page 1of 3

Tanya-Jawab (inquiry) y y y Adalah upaya untuk memperoleh informasi secara lisan maupun tertulis dari klien sebagai

respons atas pertanyaan yang diajukan auditor. Apabila auditor memperoleh bukti melalui tanya-jawab, biasanya auditor juga perlu memperoleh bukti pendukung melalui prosedur lainnya. Bukti pendukung adalah bukti tambahan untuk mendukung bukti awal atau bukti asli.

Rekalkulasi y y Melibatkan pengecekan ulang atas sampel kalkulasi yang dilakukan oleh klien. Pengecekan ulang kalkulasi klien terdiri dari pengujian ats keakuratan perhitungan klien dan mencakup prosedur sperti perkalian faktur penjualan da persediaan, penjumlahan jurnal, penjumlahan jurnal dan buklu tambahan, serta pengecekan kalkulasi beban penyusutan dan beban dibeyar dibayar di muka. Sebagian besar rekalkulasi auditor dilakukan oleh perangkat lunak audit dengan bantuan komputer.

y

Pelaksanaan Ulang (reperformance) y Adalah pengujian independen yang dilakukan auditor ata prosedur atau pengendalian akuntansi klien, yang semuladilakukan sebagai bagian dari sistem akuntansi dan pengendalian internal klien. Pelaksanaan ulangmelibatkan pengecekan atas prosedur lain. Contoh, auditor dapat membandingkan harga yang tertera pada faktur dengan harga yang resmi, atau dapat melaksanakan kembali penentuan umur piutang usaha. Jenis pelaksanaan lainnya adalah mengecek ulang transfer informasi dengan menelusuri informasi yang tercantum dalam lebih dari satu tempat untuk memverifikasi bahwa hal tersebut dicatat pada jumlah yang sama setiap waktu.

y

y

Observasi y y y Adalah penggunaan indera untuk menilai aktivitas klien. Observasi kurang dapat diandalkan karena resiko personil klien akan mengubah perilakunya akibat kehadiran auditor. Karena itu, perlu untuk menindaklanjuti kesan pertama yag diperoleh dengan jenis bukti pendukung lainnya. Namun demikian, observasi berguna dalam pelaksanaan sebagian besar audit.

Ketepatan Jenis Bukti y y Sebagaimana dibahas sebelumnya, karakteristik untuk menentukan ketepatan bukti adalah relevansi dan reliabilitas. Dua jenis bukti audit yang paling mahal adalah pemeriksaan fisik dan konfirmasi.

o Catatan Bukti yang Dikumpulkan dan Hasil Pengujian. anggaran waktu untuk masing-masing area audit. informasi tentang referensi yang diperlukan harus tersedia dalam file audit.y y Pemeriksaaan fisik memerlukan biaya yang besar karena umumnya mewajibkan kehadiran auditor ketika klien sedang menghitung aktiva. yang sering kali dilakukan pada tanggal neraca. yang berkaitan dengan audit tahun berjalan. y Tujuan Dokumentasi Audit y Tujuan dokumentasi audit secara keseluruhan adalah untuk membantu auditor dalam memberikan kepastian yang layak bahwa audit yang memadai telah dilakukan sesuai dengan standar audit. File tersebut meliputi bermacam informasi tentang penegndalian internal. Konfirmasi membutuhkan biaya yang besar karena auditor harus mengikuti prosedur dengan seksama dalam penyiapan. memberikan: o Dasar bagi perencanaan audit. Dokumentasi audit menyediakan sumber informasi yang penting untuk membantu auditor dalam memutuskan apakah bukti yang tepat dan mencukupi telah dikumpulkan guna menjustifikasi laporan audit berdasarkan situasi tertentu. untuk mengupulkan delapan jenis bukti audit. dan hasil audit tahun sebelumnya. auditor harus memutuskan: o Prosedur audit apa yang akan digunakan untuk memenuhi setiap tujuan audit yang berkaitan dengan saldo o Berapa ukuran sampel yang tepat untuk setiap prosedur o Item-item mana yang tepat untuk setiap prosedur o Kapan melaksanakan setiap prosedur Prosedur audit adalah langkah-langkah yang terperinci yang biasanya ditulis dalam bentuk instruksi. dokumentasi audit. Jika auditor akan merencanakan audit yang memadai. Dokumentasi audit adalah sarana utama untuk mendokumentasikan bahwa audit yang memadai telah dilaksanakan sesuai dengan standar auditing. Aplikasi Jenis Bukti pada Empat Keputusan Bukti y Tujuan keseluruhan audit adalah memperoleh bukti persuasif dengan biaya yang minimum untuk memverifikasi bahwa persediaan itu secara material sudah benar. Oleh karena itu. y . o Data untuk Menentukan Jenis Laporan Audit yang Tepat. y Dokumentasi Audit y Standar auditing menyatakan bahwa dokumentasi audit adalah catatan utama tentang prosedur auditing yang diterapkan. bukti yang diperoleh. pengiriman. Dokumentasi audit harus mencakup semua informasi yang perlu dipertimbangkan oleh auditor untuk melakukan audit secara memadai dan untuk mendukung laporan audit. dan kesimpulan yang dicapai auditor dalam melaksanakan penugasan. dokumentsi audit harus mengidentifikasikan item-item yang diuji. Apabila prosedur audit melibatkan sampling transaksi atau saldo. dan penerimaan konfirmasi serta dalam menindaklanjuti konfirmasi yang tidak menerima respons atau pengecualian. Secara lebih khusus. program audit.

dan catatan termasuk catatan elektronik. korespondensi. Kerahasiaan File Audit y Kebutuhan unt8k membina hubungan rahasia dengan klien dinyatakan dengan Aturan 301 dari Kode Perilaku Profesional. komunikasi. atau data keuangan yang berkaitan dengan audit atau review y . File audit adalah kerangka referensi utama yang digunakan oleh supervisor untuk mereview pekerjaan asisten. termasuk skedul yang disiapkan oleh klien untuk auditor. Fakta-fakta yang berisi kesimpulan. termasuk klien. Review yang cermat oleh supervisor juga memberikan bukti bahwa audit telah diawasi secara memadai. dan diterima dalam kaitannya dengan audit atau review 2. Kepemilikan File Audit y y Dokumentasi audit yang disiapkan selama penugasan. selama periode kurang dari tujuh tahun. yang menyatakan. Fakta-fakta yang dibuat. yang memenuhi due kriteria berikut: 1. Satu-satunya waktu di mana orang lain. adalah properti auditor. dokumen biru. SEC telah mengeluarkan aturan final tentang penyimpanan catatan audit dan review yang mewajibkan auditor perusahaan publik menyelenggarakan dokumentasi berikut: o Kertas kerja atau dokumen lain yang membentuk dasar bagi audit atas laporan keuangan tahunan perusahaan atau review atas laporan keuangan kuartalan perusahaan o Memo. ³Seorang anggota tidak boleh mengungkapkan setiap informasi rahasia yang diperoleh selama penugasan profesional kecuali dengan persetujuan klien. analisis.´ Persyaratan untuk Menyimpan Dokumentasi Audit y Sarbanes-Oxley Act mensyaratkan auditor perusahaan publik untuk menyiapkan dan menjaga file audit serta informasi lainnya yang berkaitan dengan setiap laporan audit dengan cukup rinci guna mendukung kesimpulan auditor. pendapat. memiliki hak hukum unutk memeriksa file itu adalah ketika mereka dipanggil oleh pengadilan sebagai bukti hukum. dikirimkan.o Dasar bagi Review oleh Supervisor dan Partner.