RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN RPP

Satuan Pendidikan Mata pelajaran Kelas / semester Alokasi waktu

: SMK NEGERI 1 JIWAN : Kompetensi Kejuruan Audio Video : XII AV / 5 : 6 x 45 Menit

I. Standar Kompetensi • Memperbaiki system penerima televise.

II. Kompetensi Dasar Menjelaskan macam-macam penerima televisimeliputi system penerima TV HP, TV warna, TV kabel, TV stelit, TVIP,TVio dan HDTV III.Indikator • Menjelaskan perbedan antara TV kabel, siaran off air, dan system telepon, dll.

IV. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat (disiplin, rasa ingin tahu) macam-macam penerima televisi. 2. Siswa dapat (disiplin, rasa ingin tahu) mengtahui perbedan antara TV kabel, siaran off air, dan system telepon. V. Materi Pembelajaran a. Macam-macam penerima televise Secara umum dalam system pesawat penerima televise terdapat tiga macam standart sistem penerima TV, yaitu: a. NTSC (national Television Standards Committee) digunaka di Amerika serikat, Kanada, Jepang, Korea, dan Meksiko.

Kelompok frekuensi yang ditetapkan untuk tranmisi sinyal tersebutsaluran (chanel). Secam (Sequential Couleur Avec Memore) digunakan di prancis. VHF bidang frekuensi tinggi saluran 7. 3. Jumlah garis pada setiap frame-nya. sedangkan kelompok NTSC menetapkan 525 garis per detik.b. Perbedaan kebijakan standart system penerima TV ini terjadi karena adanya perbedaan yang mendasar. Dalam kelompok PAL dan Secam menetapkan standart fps (frame per second) sebanyak 25. Factor ini cukup mempengaruhi tingkat sesolusi gambar. bahkan setiap negaramemiliki kebijakan yang berbeda tegantung dari kebutuhan.890 MHz). Paaaaaatokan ini bedasarkan patokan tingkat arus listrik rumah tangga. Australia. Amerika Selatan. UHF saluran 14-83 (470. Asia Tengah. tentang ketetapan pita frekuensi ini cenderung lebih mudah berubahubah. Kelompok PAL dan Secam menetapkan sebanyak 825 garis per detik. Masing-masing mempunyai sebuah saluran 6 MHz dalam salahsatu bidang frekuensi (band)yang dialokasikan untuk penyiaran TV komersial.13(174216) 3. Adapun macam-macam pesawat penerima televise dapat dibedakan berdasarkan: . PAL (phase Alternanating By Line) digunakan disebagian Asia termasuk Indonesia. CIna. 2. dan berbagai Negara Afrika. 2. dan sebagian Eropa. meliputi: 1. Jumlah bingkai gambar per detik (fps) yang digunakan.kelompok PAL dan Secam menetapkan lebar pita frekuensi (bandwidth) sebesar 7 MHz dan lebar pita frekuensi sebesar 6 MHz. VHF bidang frekuensi rendah saluran 2 sampai 6 (54-88 MHz). c. sedangkan kelompok NTSC menetapkan sebanyak 30. Jumlah frekuensi ynag digunakan. yaitu: 1.

memungkinkan terjadinya proses (recovery) dipenerima dengan kode koreksi error (error correction code). yaitu analok dan digital. Berdasarkan tabungnya. yaitu PAL. dan efek Doppler akibat pergerakan di TV yang bergerak. NTSC. seperti TV dimobil. 3. Sistem tranmisinya atau peenyiaran.evisi menggunakan modulasi digital dan system kompresi untuk penyiran sinyal Video. TV Kabel . TV Sistem Digital Untuk TV system digital ditandai dengan perubahnya modulasi analok ke digital pada system satelityang lebih familiar dengan tv parabola. Lebar pita frekuensi yang digunakan untuk analok dan digital berbanding 1:6. 4. yaitu DTV (digital television) standarnya Amerika. siaran off air. 2. TV digital atau penyiaran digital adalah jenis tel.1. Berdasarkan layarnya. Berdasarkan teknologinya. dan system telepon. b. DVB –T (digital video broadcasting terrestrial) standarnya jepang. audio dan data kepesawat televise. Dari keunggulan ini tidak berarti teknologi ini tidak memiliki kelemahan. maka pada eknologi digitalmdengan lebar pita frekuensi yang sama dengan teknik multiplek dapat digunakan untuk memancarkan sebanyak 6 hingga 8 kanal tranmisi sekaligus dengan program yang berbeda. yaitu tabung CRT dan LCD atau plasma. yaitu layar datar/flat dan layar cembung. Sinyal digital akan menghasilkan gambar yang lebih halus dan tajam. dan Secam. Artinyan. Indonesia akan menggunakan DVB-T. 1. efek noise lebih rendah. kualitas sinyal yang minim pada batas tertentu proses (recoverytidak dapat dilakukan sehingga kita memperolah efek tampilan seperti VCD atau DVD yang rusak (tersendat-sedat). TV digital menggunakan tiga system standart. 2. bus dll menjadi lebih rendah sifat sinyal yang digital yang less dandwith atau irit pemakaian bandwith. Perbedan antara TV kabel. jika pada teknologi analok memerlukan pita selebar 8 MHz untuk satu kanal taranmisi . serta kabel.

secara umum system TV kabel dikelompok menjadi dua yaitu: a. Headend (Pusat operasi transmisi) . seperti menara dan berbagai jenis antena. Adapun komponen utam system jaringan TV kabel menurut Yagoshi Yamagori dalam a. dan dari gelombang microwave. Sesuai dengan namanya.TV kabel dibuat sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan penerimaan siaran televise diarea tertentu dimana penerimaan sinyal siaran (blank spot).Headend adalah titik awal penggabungan dari beberpa siaran yang telah diolah secara teknis agar dapat didistribusikan bersama melalui satu saluran kabel ke pelanggan. siaran dari satelit. TV kabel merupakan media penghubung melalui kabel coaxial antara operator siaran TV dan pelanggan . Community Antenna Television (CATV) CATV digunakanu untuk melayani tranmisi kearea yang lebih besar. Headend tidak hanya menerima sinyal siaran lokal untuk dipancarkan saja. b. misalnya suatu kota dimana terdapat sejumlah besar rumah tangga. untuk menerima siaran dari satelit. Trunk cable (Saluran Induk) . headend dilengkapi dengan perangkat penunjang. termasuk antena parabola. tetapi juga dapat menerima sinyal-sinyal: siaran dari kota yang jauh.Kabel trunk berfungsi untuk mengirim sinyal ke . missal apartemen atau komlek perumahan . Master Antenna Television (MATV) MATV digunakan untuk melayani tranmisi sinyal siaran televise kesuatu area tertentu. . headend bisa mempunyai program siaran sendiri sehingga membutuhkan studio yang memadai untuk menghasilkan program siarannya. b. Karena itu.Selain itu.

Dengan teknologi baru seperti Modem kabel ialah perangkat yang menghubungkan jaringan TV kabel .Berbeda dengan kabel distribusi yang berstruktur kaku. Perangkat elektronik (penerima) . line extender amplifier. Drop cable (yaitu kabel yang dipasang pada suatu unit rumah tangga) . Perangkat pendukung sistem distribusi adalah kabel distribusi. dan tap. Jumlah amplifier yang dipasang pada kabel dibatasi oleh nilai noise dan distorsi pada amplifier bersangkutan. yang dipasang antara Tv Penerima dan kabel drop (teknologinya tidak kami bahas disini) .Distribution cable berfungsi untuk mendistribusikan sinyal ke tiap-tiap rumah dalam satu kelompok pelanggan. Trunk amplifier berfungsi untuk menguatkan sinyal yang melemah akibat panjangnya kabel. Antara sistem trunk dan sistem distribusi dipasang interface yang disebut bridger amplifier. Untuk sistem yang lebih maju tidak hanya menerima bahkan dapat mengirim data . Ia dipasang pada tiap jarak tertentu. Keluaran kabel drop dihubungkan dengan Perangkat elektronik seperti TV Penerima e. Selainkabel ada juga trunk amplifier. kabel drop mempunyai struktur yang fleksibel/lentur.kelompok-kelompok pelanggan.Tap berfungsi sebagai titik pengambilan sinyal atau percabangan untuk kabel drop d. c. Distribution cable (yaitu kabel yang membentang di suatu area permukiman) .Operator TV kabel yang memakai proses pengacakan (scrambling) Biasanya menyediakan converter untuk pelanggannya.

Lagkah-langkah pembelajaran Alokasi Nilai No Kegiatan Pembelajaran waktu Karakter Kebangsaan . Metode Pembelajaran • • ceramah Tanya jawab VII.sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim data VI.

Alat • LCD Proyektor . Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya - tentang materi yang baru saja dibahas. TVio dan HDTV. TV stelit. 3. TV kabel. Kegiatan Akhir - 2X5 memberikan kesimpulan tentang menit Menghargai prestasi Kerja Keras Demokratis Guru menyimpulkan pelajaran yang baru dipelajari. meliputi system penerima TV HP. Kegiatan Inti penerima televise. TV warna. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu Menjelaskan macam-macam penerima televisimeliputi system penerima TV HP. - Guru melaskan masalah-masalah umum yang terjadi pada monitor Menayakan kepada siswa apakah sudah memahami materi yang telah diajarkan. TVIP. Guru memberi motivasi kepada siswa agar dapat mengetahui macam-macam penerima televisi. TVIP. 8 X 30 Toleransi Demokratis Guru menjelaskan tentang tentang macam-macam menit Kemudian guru menjelaskan tetang tetang perbedaan perbedaan TV kabel dan TV digital. TV stelit. TV kabel. meliputi system penerima TV HP.1. TVio dan HDTV. - Guru memberikan motivasi agar para siswa menguasai bagian-bagian macam-macam penerima televisi. TV stelit.TVio dan HDTV 2 X 10 menit Rasa Ingin tahu 2. VIII. TV warna. TV warna. TV kabel.Alat & Sumber Pembelajaran a. Kegiatan Awal Persepsi Pembukaan dan merpersiapkan pembelajaran. TVIP.

Sebutkan system pesawat penerima televise ( tiga ) 2. Amerika Selatan. b. Kunci Jawaban 1. Sebutkan komponen utama system jaringan TV kabel menurut Yagoshi Yamagori dalam. NTSC (national Television Standards Committee) digunaka di Amerika serikat. System pesawat penerima televise adalah … a. Jepang. Secara umum system TV kabel dikelompok menjadi (2) sebutkan dan jelaskan 5. Australia. dan sebagian Eropa. Sumber Pembelajaran • • • • • • Modul Trainer TV hitam putih Trainer TV color Jobsheet Reparasi Reka Rio LKS Sakti M&R TV VCR dan CD/VCD/DVD SMK Kls. Sebutkan macam-macam pesawat penerima televise 3. Kanada. Asia Tengah. XII IX. c. PAL (phase Alternanating By Line) digunakan disebagian Asia termasuk Indonesia. dan TV digital 4. dan Meksiko.• Power Point b. CIna. Jelaskan Perbedan antara TV kabel. Penilaian a. . Korea. tes tertulis Tes tertulis 1. Secam (Sequential Couleur Avec Memore) digunakan di prancis. dan berbagai Negara Afrika.

2. Berdasarkan layarnya. TV digital atau penyiaran digital adalah jenis tel. dan Secam. 3. Berdasarkan tabungnya. Perbedan antara TV kabel.evisi menggunakan modulasi digital dan system kompresi untuk penyiran sinyal Video. Community Antenna Television (CATV) CATV digunakanu untuk melayani tranmisi kearea yang lebih besar . Macam-macam pesawat penerima televise adalah … Sistem tranmisinya atau peenyiaran. missal apartemen atau komlek perumahan. audio dan data kepesawat televise. yaitu PAL. misalnya suatu kota dimana terdapat sejumlah besar rumah tangga. NTSC. System TV kabel dikelompok menjadi (2) adalah … a. 4. dan TV digital adalah … TV kabel dibuat sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan penerimaan siaran televise diarea tertentu dimana penerimaan sinyal siaran (blank spot). Master Antenna Television (MATV) MATV digunakan untuk melayani tranmisi sinyal siaran televise kesuatu area tertentu. 5. . b. yaitu layar datar/flat dan layar cembung. Komponen utama system jaringan TV kabel menurut Yagoshi Yamagori adalah … Headend (Pusat operasi transmisi) Trunk cable (Saluran Induk) Distribution cable (yaitu kabel yang membentang di suatu area permukiman) Drop cable (yaitu kabel yang dipasang pada suatu unit rumah tangga) Perangkat elektronik (penerima) Pedoman penilaian. yaitu tabung CRT dan LCD atau plasma.

SPd.S. Skor no 3 maksimal 4. 03 Oktober 2011 Mahasiswa Sugeng Hariadi. 19580205 198603 1 017 . NPM : 08511012 Drs.M. NIP : 196601232005011003 Kepala SMK Negeri 1 Jiwan Mas Janar E.Pd. Skor no 5 maksimal Jawaban benar semua = = = = = = 15 15 20 25 25 100 Skor akhir = skor perolehan X 100 Skor ideal NA = 15 + 15 + 20 + 25 + 25 x 100 = 100 100 Mengetahui Guru Pamong Madiun. Skor no 2 maksimal 3.. Skor no 4 maksimal 5. Skor no 1 maksimal 2.1. Mudjijono NIP.