BETON PRATEGANG

RIWAYAT PERKAMBANGAN. Tingakat perkembangan dalam bidang beton prategang saat ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan terus-menerus yang dilakukan oleh para insinyur dan ilmuwan dalam bidang ini selama kurun waktu 90 tahun terakir. dalam tahun 1886, Jackson dari San Fransissco mengajukan paten untuk ³konstruksi batu buatan dan perkerasan beton´ dimana telah diperkanalkan prategang dengan menarik batang-batang tulangan yang disusun dalam pipa-pipa (sleever). dohring dari jerman membuat pelat-pelat dan balok-balok kecil dalam tahun 1888, dengan memakai kabel-kabel tarik yang di tanamkan dalam beton untuk menghindari retak. Gagasan prategang untuk melawan tegangan yang disebabkan oleh beban pertamatama telah ditemukan oleh insiyur Austria bernama mandl dalam tahun 1896. M.Koenen, dari jerman, lebih lanjut mengembangkan hal ini dengan melaporkan adanya kehilangankehilangan prategang yang disebabkanoleh perpendekan elastis dalam beton tahun 1907. Pentingnya kehilangan prategang yang disebabkan oleh penyusutan beton pertama kali disadarii olehsteiner di Amerika Serikat pada tahun 1908. dalam tahun 1923, emperger dari viena telah mengembangkan suatu metode untuk membuat pipa beton bertulang dengan kabel, dengan cara membalutkan kabel baja tegangan tingipada pipa dengan tegangan berkisar 160-800N/mm2. Pemakai tendon tak-terekat (unbonded tendon) pertama-tama ditunjukan olehDischinger pada tahun 1928, dalam pembangunan suatu jembatan besar dengan tipe gelagar tinggi di mana kabel-kabel telah ditempatkan didalam gelagar tanpa direkatkan. Kehilangan prategang dapat dikompensasikan dengan menarik kembali kabel- kabel tersebut setelah ditempatkan. Berdasarkan penelitian-penelitian yang melelahkan terhadap sifat-sifat beton dan baja, Freyssiner dalam tahun 1928 menunjukan keuntungan-keuntungan dari pemakaian baja dan beton berkekutan tinggi untuk memperhitungan berbagai kehilangan prategang yang disebabkan oleh rangkak (creep) dan susut (shrinkage) pada beton. Berkembangnya teknik vibrasi untuk memproduksi beron berkekutan tinggi dan ditemukanya dongkrak yang bekerjarangkap untuk penegang kabel-kabel baja berkekuatan tarik tinggi dianggap sebagai kontribusi yang penting dari Freysttein antara tahun 1928 dan 1933.

pipa dan tangki cairan. antara lain : Terhindarnya retak terbuka di daerah tarik. Tegangantarik di serat luar dari permukaan kurviliniier yang disebabkan oleh tekanan kandungan internal.Penggunaan beton prategang menyebar secara cepat pada tahun 1935 dan seterusnya. prategang adalah sesuatu yang lebih dari sekedar teknik: ia adalah suatu prinsip umum. sehingga menjadi dinamis instabil akibat getaran gempa/angin. beton prategang telah dipakai secara luas untuk pembangunan jembatan dengan bentang panjang. bantalan jalan baja dan berbagai jenis struktur laiya. Struktur beton prategang mempunyai beberapa keuntungan. struktur bangunan penahan air. dan banyak jembatan dengan panjang telah dibangun antarah tahun 1945 dan 1950 di eropa dan Amerika. Penampang struktur lebih kecil/langsing. yang digunakan dalam cerobong reaktor nuklir. . Jumlah berat baja prategang jauh lebih kecil dibandingkan jumlah berat besi beton biasa. cocok untuk pipa dan tangki. jadi lebih tahan terhadap keadaan korosif. Tetapi ini menyebabkan Natural Frequency dari struktur berkurang. kecuali bila struktur itu memiliki redaman yang cukup atau kekakuannya ditambah. sebab seluruh luas penampang dipakai secara efektif. Ketahanan gesek balok dan ketahanan puntirnya bertambah. pemberian tegangan melingkar. bejanan tekanan nuklir. Maka struktur dengan bentang besar dapat langsing. atap cangkang untuk bangunan industri. struktur bangunan laut. Selama 25 tahun terakir. Kedap air. Prinsip Dasar Prategang akibat gaya prategang yang diberikan secara longitudinal di sepanjang atau sejajar dengan sumbu komponen struktur. pada dasarnya mengikuti prinsip=prinsip dasar yang sama dengan pemberian tegangan linier. maka prinsip-prinsip prategang dikenal sebagai pemberian prategang linier.Guyon mengatakan ³barngkali tidak ada masalah struktural dimana prategang tidak dapat menyelesaikan masalahdan barangkali merupakan sesuatu yang revolusioner. maka lendutan akhirnya akan lebih kecil dibandingkan pada beton bertulang. tiang jaringan transmisi. Karena terbentuknya lawan lendut sebelum beban rencana bekerja.

Hal ini desebabkan adanya gaya longitudinal P. akan tetapi kenyataanya tidak demikian.PRINSIP DASAR PRATEGANG Dapat dijelaskan secara mendasar aksi pemberian prategang kedua jenis sistem struktural dan respons tegangan yang dihasilkan. pada bagian (a) blok-blok beton bekerja sebagai sebuah balok akibat pemberian tekan P yang besar. Meskipun mungkin blok-blok tersebut tergelincir dan arah vertikal mensimulasikan kegagalan gelincir geser. papan-papan tersebut tetap menyatu. Dengan cara yang sama papan-papan kayu di dalam bagian (c) kelihatan dapat terpisah satu sama lain akibat adanya tekanan internal yang diberikan oleh pita logam sebagai bentuk dari pemberian prategang melingkar. .

CONTOH BETON PRATEGANG .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful