RAMUAN TRADISIONAL PENURUN KOLESTEROL

Kolesterol sering dianggap sebagai penyebab berbagai penyakit mematikan seperti jantung koroner dan stroke. Hal tersebut dapat terjadi apabila konsentrasi kolesterol dalam darah tinggi yang disebut dengan

hiperkolesterolemia. Oleh karena itu, agar kolesterol tidak memicu penyakit harus dikendalikan agar kadarnya tidak berlebihan. Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak seperti lilin dan berwarna kekuningan. Sebagian besar kebutuhan kolesterol tubuh di produksi oleh hati. Kolesterol tak serta merta megakibatkan hal buruk dalam tubuh. hanya saja jika kadarnya sudah berlebihan, anda harus segera melakukan penanganan. Anda bisa menggunakan ramuan obat tradisional untuk menyembuhkan kolesterol tinggi yang anda derita dalam tubuh. Di dalam tubuh, kolesterol mempunyai fungsi penting yang diperlukan dalam berbagai proses metabolisme, seperti untuk bahan pembentuk dinding sel, pembentukan hormon misal hormon seks, pembungkus jaringan saraf, membuat vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang, bahan pembentukan asam dan garam empedu yang berfungsi untuk mengemulsi lemak, juga untuk perkembangan sel-sel otak pada anak-anak. Dengan demikian dalam kadar normal kolesterol mempunyai banyak manfaat, tetapi akan menjadi masalah bagi tubuh jika kadarnya berlebihan. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk terus menjaga kadar kolesterol agar selalu stabil dalam tubuh agar tak membahayakan kesehatan anda. Salah satu cara yang bisa anda tempuh untuk menurunkan kadar kolesterol ini adalah dengan obat tradisional untuk menyembuhkan kolesterol tinggi, agar kolesterol anda segera normal. Tanaman yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol tinggi diantaranya mempunyai mekanisme kerja sebagai berikut : merangsang sekresi cairan empedu sehingga kolesterol akan keluar bersama cairan empedu menuju usus dan selanjutnya dibuang. Merangsangsang sirkulasi darah sehingga mengurangi terjadinya pengendapan lemak pada pembuluh darah.

dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc.) 11.) 2. disaring. 15 lembar daun salam + 2 buah mengkudu yang matang (dipotong-potong). Bawang Bombay & Bawang merah (Allium cepa L. disaring. Resep 2-3 siung bawang putih dihaluskan. Terung Ungu (Solanum melongena) 10.Beberapa jenis tumbuhan berkhasiat obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi kolesterol tinggi antara lain : 1. airnya diminum. airnya diminum. Daun Sambung Nyawa (Gynura procumbens Back.) 4. Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L. Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) 6. Rumput Laut (Laminaria japonica) 9.) 3. Jamur kuping hitam (Auricularia sp. . 30 gram temu lawak (dikupas dan diiris-iris) + 15 gram daun dewa. Daun jambu biji (Psidium guajava) 13.) 5. Kulit Polong kacang tanah Berikut beberapa contoh resep ramuan tumbuhan obat untuk menurunkan kolesterol tinggi : Resep 1. Daun Salam (Syzigium polyanthum Walp. Kunyit (Curcuma longa L. Bawang Putih (Allium sativum L. Daun Ceremai (Phyllanthus acidus) 14. Resep 2. diseduh dengan 150 cc air panas.) 12. semua bahan dicuci dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc. Daun Dewa (Gynura segetum [Lour] Merr. lalu diminum. 3.) 8.) 7.

sehari dua kali pagi dan malam . lalu iris tipis-tipis 3. panci enamel atau panci kaca.Untuk perebusan gunakan periuk tanah. setiap kali 150 cc. Masukkan irisan tadi kedalam gelas. untuk sambal. membantu lalu menurunkan Lakukan kolesterol) setiap hari dikasih dimakan. 10 lembar daun jambu biji + 30 gram daun ceremai. Irisan jeruk nipis tadi adalah irisan yang lengkap dengan kulit nya 4. Berikut tips-tipsnya: 1. lalu dimakan. Belah jeruk nipis menjadi empat bagian. kemudian tutup rapat 5. Tunggu kira-kira 30 menit. airnya diminum untuk 2 kali sehari. . Khasiat Jeruk Nipis untuk Menurunkan Kolesterol Jeruk nipis sudah terkenal memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc.15-30 gram jamur kuping hitam dimasak sop bersama bahan-bahan lain. Food Terung terapy ungu (Masakan dikukus. . Lakukan secara rutin.Resep 4. lalu minum sampai habis 6. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh itu dipengaruhi oleh makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Salah satunya ialah dalam hubungannya untuk menurunkan kadar kolesterol atau kadar lemak dalam darah. Anda bisa mengkonsumsi obat tradisional untuk menyembuhkan kolesterol tinggi ini secara rutin agar kadar kolesterol anda segera turun. makanya penting sekali memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi agar kolesterol itu masih berada dalam batas normal. Pilih jeruk nipis yang segar lalu cuci dengan bersih 2. Tuangkan air panas hingga penuh. Catatan pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur 2 kali : sehari.

Ini juga bermanfaat sebagai obat antikolesterol. Sumber: kompas. makan bersama nasi. herbal daun salam secara tradisional dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan diabetes. Saring dan minum 3 kali sehari. Minum setelah makan. Lakukan 3 kali sehari Resep Obat herbal kolesterol 4 : Sambiloto Tanaman pahit ini dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Resep Obat herbal kolesterol 2 : Laos mengandung minyak atsiri untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan proses pengeluaran sisa metabolisme termasuk kolesterol yang berlebih. rebus dengan 2 gelas air hingga menghasilkan 1 gelas. jangan lupa untuk memakan sebuah belimbing ukuran besar. Caranya rebus 20 gram sambiloto kering dengan 3 gelas air sampai menghasilkan 1 gelas air. Resep Obat tradisional kolesterol 5 : Kunyit Iris tipis kunyit. Selain itu. jeruk nipis tidak mengakibatkan nyeri pada lambung. . Dapat pula menurunkan kadar gula dalam darah.com Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan kolesterol Tinggi Resep Tanaman obat herbal kolesterol 1: Daun Salam (Syzigium polyanthii folium) Rebus daun salam bersama laos lalu minum air rebusan tersebut. kulit jeruk nipis mengandung minyak yang berguna untuk kesahatan.Berdasarkan penelitian. daun salam mengandung flavonoid dan tanin sebagai zat yang mampu menurunkankan kolesterol. Selesai sarapan dan makan malam. Resep Obat tradisional kolesterol 6 : Belimbing wuluh Rebus daun belimbing wuluh dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Saring dan minum 3 kali sehari. Resep Obat tradisional kolesterol 3 : Bawang merah Iris bawang merah sebanyak 20 gram.

Kulita batang tanaman obat tradisional pulai (babakan) sudah dikenal sejak lama sebagai bahan pembuatan jamu.) sering juga dinamakan kayu gabus. Tanaman Obat Tradisional Benalu the Tanaman obat tradisional benalu teh (scurulla atropurpureabi. Hasil dari seduhan tanaman obat tradisional jati belanda lebih baik di banding rebusannya. Daun jati belanda mampu meningkatkan aktifitas enzim lipase. Tanaman obat tradisional papaitan di daerah sunda ini dapat meningkat daya taham tubuh (imunitas) orang yang mengonsumsinya. Enzim ini akan menghidrolisis lemak lemak tersebut menjadi gliserol dan asam lemak. Tanaman Obat Tradisional Pulai Tanaman obat tradisional pulai (Alstoina scholaris R.Br.) lebih dikenal sebagai obat kanker . Peran enzim lipase. tapi tanaman obat tradisional benalu teh dapat juga menurunkan kolesterol .Dans.Tanaman Obat Tradisional Jati Belanda Tanaman obat tradisional jati belanda (Gauzuma ulmifolia Lamk) dikenal sejak lama sebagai bahan baku obat pelangsing. Diyakini juga bahwa tanaman ini mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Batang dan ranting tanaman obat tradisional pulai lebih lunak dan mudah patah di banding kayu pada umumnya. Melangsingkan berarti membuang timbunan lemak dalam tubuh. Kulit batang tanaman obat tradisional ini juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah Tanaman Obat Tradisional Sambiloto Tanaman obat tradisional sambiloto (Andrograpis paniculata Nees) memiliki khasiat yang banyak sekali.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful