PEMBAHASAN

Dalam dunia internet terdapat berbagai istilah yang bagi sebagian masyarakat masih kurang dimengerti. Dari berbagai istilah yang ada, beberapa istilah akan dijelaskan pada makalah ini.

DHTML
 Pengertian DHTML Dinamic Hypertext Markup Language merupakan singkatan dari DHTML yang merupakan suatu teknik untuk menampilkan halaman secara dinamis, dengan menggunakan kombinasi dari HTML, bahasa scripting pada sisi client (seperti JavaScript), dan bahasa pendefinisian style Cascading Style Sheet. DHTML mampu membuat dan menjalankan program kecil yang berada disisi client dan dijalankan oleh web browser. Kelebihan DHTML adalah dapat dengan mudah memberi efek pada halaman web, contohnya: menyembunyikan teks dan gambar sesuai waktu yang ditentukan atau sampai pointer mouse melewatinya, animasi gambar dan teks yang mana akan bergerak dari awal hingga akhir, membuat halaman web yang dapat secara langsung mengupdate berita terbaru, memodifikasi berbagai style pada halam web. Bagi pengembang situs web, DHTML memberikan peluang untuk menambah fungsi – fungsi yang sangat bermanfaat. Dengan DHTML, dokumen HTML yang sudah diload ke client namun hubungan ke server terputus, pemakai masih dapat mengubah warna suatu text atau grafik, tanpa harus berhubungan lagi ke server. Selain itu kita juga dapat membangun dan mengubah obyek di halaman HTML menggunakan aplikasi di sisi client.

9

Makalah Pemrograman WEB [DHTML, XHTML, dan HTML5]

anda dapat dengan mudah memberi efek pada halaman web. 4. karena HTML 4. ditentukan atu sampai pointer mouse melewatinya. .0 Dengan HTML 4.0 semua format HTML dapat dituliskan diluar dokumen HTML dan dapat dimasukkan ke dalam Style Sheet (CSS). 3. 9 Makalah Pemrograman WEB [DHTML. .Cascanding Style Sheets (CSS) Dengan CSS anda dapat mengubah gaya tampilan halaman HTML anda. apabila ada perubahan design anda hanya perlu mengubah satu file saja. XHTML. Menyembunyikan teks dan gambar sesuai dengan waktu yang Animasi gambar dan teks yang mana akan bergerak dari awal Membuat halaman web yang dapat secara langsung mengupdate Memodifikasi berbagai style pada halaman web. contohnya: 1. CSS adalah merupakan suatu terobosan di dunia web design dimana mengijinkan seorang developer web mengatur tampilan beberapa halaman web menjadi satu design yang sama. 2. hingga akhir. dan HTML5] .  Teknologi DHTML Dengan DHTML developer web dapat mengatur tampilan dan posisi dari elemen HTML dalam window browser. dan semua perubahan design tampilan akan berdampak pada semua halaman web yang diinginkan secara otomatis.0 membagi dokumen HTML menjadi beberapa bagian dan anda dapat mengaturnya dengan mudah. Kelebihan Dengan adanya DHTML.HTML 4. berita terbaru.

HTML DOM adalah Document Object Model untuk HTML. .. 9 Makalah Pemrograman WEB [DHTML. dan HTML5] . HTML DOM mendifinisikan object-object standar dari HTML dan cara standart untuk mengakses dan memanipulasi object HTML.Document Obeject Modeling(DOM) DOM kependekean dari stands for the document Object Model. XHTML.JavaScript Dengan java script anda dapat menuliskan script yang dapat mengatur semua elemen HTML.

Secara garis besar tujuan utama standar XHTML adalah agar semua halaman web memiliki struktur yang benar dan tata-cara penulisan tag yang konsisten sehingga dapat dibaca dengan baik untuk semua perangkat yang mampu membaca halaman web. ukuran dll). Standar XHTML hampir sama dengan HTML yang sudah ada tetapi bahasa markup untuk dokumen teks memiliki yang aturan-aturan untuk penulisan yang lebih ketat daripada HTML. XHTML DTD mendefinisikan legalisasi elemen. tetapi menggunakan CSS. dengan menggunakan dengan XHTML presentasi tidak lagi diatur dengan tag-tag xHTML. dan HTML5] . XHTML. jenis huruf. aturan penulisan sebuah dokumen XHTML  Aturan Penulisan XHTML: Nama Atribut harus dengan huruf kecil. Aturan-aturan penulisan dalam XHTML mengadopsi aturanaturan dalam dokumen XML yang disebut aturan well-formed. Id Atribut menggantikan nama atribut. 9 Makalah Pemrograman WEB [DHTML. keduanya merupakan berfungsi menentukan struktur dokumen serta mengatur fungsi dan bagaimana dokumen tersebut ditampilkan di browser.XHTML  Perngertian XHTML XHTML adalah sebuah standar baru yang dicetuskan oleh W3C untuk menggantikan standar lama yaitu HTML. XHTML hanya untuk menentukan struktur dalam dokumen saja. Nilai Atribut harus diapit dengan tanda petik. Atribut harus berisi nama atribut dan nilainya. XHTML juga bertujuan menegaskan fungsinya sebagai pembentuk struktur dokumen sedangkan untuk pengaturan tampilan dokumen di browser (warna.

 Contoh XHTML: <?xml version="1.w3"> <head> <title>Contoh XHTML</title> </head> <body> <p>Hello World!</p> </body> </html> 9 Makalah Pemrograman WEB [DHTML. dan HTML5] .0"> <html xmlns="http://www. XHTML.

Penulisan kode yang lebih efisien. Salah satu kelebihan file HTML adalah cross platform. Pengertian HTML5 adalah sebuah standar untuk menstrukturkan dan menampilkan isi pada World Wide Web. Integrasi (’inline’) MathML dan SVG dengan doctype yang lebih sederhana. Dapat dimengerti oleh peramban lawas (backwards compatible). Sebelumnya fitur tersebut bergantung pada plugins pihak ketiga di penjelajah web seperti Adobe Flash dan Microsoft Silverlight. Di dalam file HTML terdapat beberapa “tag” atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor. artinya file HTML dapat ditampilkan di beberapa Operating System (OS) yang berbeda dan memiliki tampilan yang sama walaupun saat pembuatannya menggunakan satu OS tertentu saja. Integrasi yang lebih baik dengan aplikasi web dan pemrosesannya. HTML telah melalui banyak revisi. dan HTML5] . dan untuk itu.  Kelebihan • Dapat ditulis dalam sintaks HTML (dengan tipe media teks/html) dan XML.HTML5  Pengertian HTML5 HTML singkatan dari Hyper Tesk Markup Language adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. Standar bahasa tersebut memperkenalkan fitur baru seperti memutar video serta drag and drop. • • • • 9 Makalah Pemrograman WEB [DHTML. Sehingga istilah ‘deprecated’ tidak akan diperlukan lagi. sekarang HTML 5 sudah mulai dikembangkan dan digunakan. XHTML.

bukan sekadar Elemen hr dapat digunakan untuk memisahkan level paragraf dan lain-lain. Hal yang sama berlaku pula untuk elemen i. • source. Jadi tetap tidak bermakna semantik tertentu. required. • Elemen strong menegaskan level kepentingan. placeholder. Autofocus. canvas dan elemen terkait berkas multimedia lainnya.Elemen baru di HTML 5 • • • • section serupa seperti h1-h6. bahkan nav untuk footer berisi catatan kaki seperti informasi hak cipta. video. dan HTML5] . terkait elemen input dan form • Perubahan makna elemen • Elemen b dilegalkan sebagai tipografi penegas. ping pada elemen pranala. penulis. XHTML. • kontak. header bisa menyajikan judul. autocomplete dan sebagainya. embed. article bisa berupa entri blog atau tulisan konten. penekanan emphasis lagi. • halaman FAQ) dapat digunakan untuk menyajikan percakapan. tidak ‘deprecated’ (bukan fitur yang dianggap usang). dan sebagainya. • sesuai pokok pikirannya. • 9 Makalah Pemrograman WEB [DHTML. deskripsi. audio. navigasi. Reversed pada elemen ol untuk urutan besar ke kecil. seperti pada kata kunci yang ingin ditonjolkan. Tidak lebih dari itu. Dialog yang dikombinasikan dengan dt dan dd (seperti pada yang fenomenal adalah penggunaan elemen figure. aside menyajikan konten pelengkap. Atribut baru di HTML 5 • • Atribut media.

frameset. font strike. big frame. u. XHTML.Elemen dan atribut yang tidak digunakan • • • • • • • center. noframes acronym longdesc scope pada td  Contoh HTML5 <!doctype html> <html> <head> <meta charset=”UTF-8”> <title>HTML5</title> </head> <body> <p>test</p> </body> </html> DAFTAR PUSTAKA 9 Makalah Pemrograman WEB [DHTML. dan HTML5] .

http://setiawanputu.org/wiki/Extensible_hypertext_markup_language http://id. dan HTML5] .com/docs/6435699/Tutorial-XHTML http://id.org/wiki/DHTML 9 Makalah Pemrograman WEB [DHTML.blogspot.wikipedia.org/wiki/HTML5 http://id.com/2010/07/pengertian-html-5-dan-elemenelemennya. XHTML.id/portal/?hlm=artikel_detail&id=8 http://www.html http://www.inherent.wikipedia.ub.wikipedia.docstoc.ac.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful