GELOMBANG AIR LAUT MAKALAH Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Oseanografi yang dibina oleh Bapak

Bagus Setiabudi Wiwoho Oleh: Marosa Wahyu R. (209821418961) Dian Wahyu L. (209821419831) Prilia Ayu Triastini (209821419841) Candra Nuri Megawati (209821419846) OFF K/2009

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS ILMU SOSIAL JURUSAN GEOGRAFI
Oktober 2011

GELOMBANG AIR LAUT

serta perencanaan dan pengembangan wilayah pantai dan pesisir. Ernest dan Wilhelm Weber membuat eksperimen dengan melakukan pengamatan pada sebuah tangki gelombang. naik turun di suatu lingkaran . dan berubah menjadi apa yang kita sebut sebagai gelombang. alun/ bukit. seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman bermaksud untuk menjelaskan fenomena gelombang. Pengetahuanpengetahuan semacam ini diperlukan juga untuk eksplorasi minyak lepas pantai. naik dan turun dengan suatu gerakan kecil dari sisi satu kembali ke sisi semula. Studi secara ilmiah mengenai gelombang dimulai pada abad ke-19 ketika Franz Gerstner. teknik kelautan. Pada abad ke-20. Pengertian Gelombang Gelombang adalah gejala yang paling mencolok dari lautan. Pelampung yang mengapung di air pindah ke pola yang sama. Gelombang merupakan pergerakan naik dan turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk kurva/ grafik sinusoidal. pertambangan laut. Sverdup. disimpulkan bahwa gelombang direfleksikan tanpa menghilangkan energi. bergerak di suatu lingkaran. Pada tahun 1825. Menurutnya.A. Animasi partikel pada gelombang pergerakan zat cair Perhatikan gambar di atas bahwa sebenarnya pelampung bergerak dalam suatu lingkaran (orbital) ketika gelombang bergerak naik dan turun. Gelombang laut disebabkan oleh angin. sehingga menyebabkan riak-riak. Gerakan ini memberi gambaran suatu bentuk gelombang. Angin di atas lautan mentransfer energinya ke perairan. dan Walter Munk dari Scripps Institution of Oceanography mempelajari secara serius dan detail tentang gelombang untuk pengoperasian kapal Perang Dunia II. partikel-partikel air dalam gelombang bergerak dalam orbit lingkaran. Partikel air berada dalam satu tempat. ahli-ahli Oceanografi seperti Harold U.

B. sehingga karakteristik yang dimilki gelombang adalah tinggi gelombang. ➢ Tinggi gelombang (jarak vertikal antara puncak gelombang dan lembah). Keterangan: L : Panjang gelombang H : Jarak vertikal antara puncak dan lembah (tinggi gelombang) h : Kedalaman laut T : Periode gelombang C : Kecepatan rambat gelombang ➢ Cepat rambat gelombang dapat dicari dengan rumus berikut ini: Cepat rambat gelombang (C) = panjang gelombang (L)periode (T) . jarak gelombang dan periode gelombang. Serangkaian jalannya gelombang dari arah yang sama disebut deretan gelombang. gerakan berputar gelombang itu semakin mengecil. Di bawah permukaan. sehingga kemudian di dasar hanya akan meninggalkan suatu gerakan kecil mendatar dari sisi ke sisi yang disebut “surge” . Periode (waktu yang diperlukan oleh 2 puncak yang berurutan untuk melalui suati titik). Serentetan gelombang yang ideal dapat diterangkan melalui istilah-istilah berikut: ➢ Puncak gelombang adalah ujung yang paling tinggi dari gelombang (jarak ke atas dari lembah sampai puncak gelombang). ➢ ➢ ➢ Panjang gelombang (jarak mendatar antara 2 puncak yang berurutan). Jarak gelombang adalah jarak horizontal antar kedua puncak lembah gelombang (titik dasar gelombang). Karakteristik Gelombang Setiap gelombang mempunyai puncak dan lembah. yang dibawa oleh pergerakan air. Ada gerak orbital yang mengecil seiring dengan kedalaman air.yang lambat.

Di dalam air. The Surf Zone merupakan suatu area dimana gelombang mulai masuk dalam perairan laut dangkal untuk pertama kali sehingga terdapat suatu kenampakan gelombang yang bergulung-gulung menuju ke arah daratan dan selanjutnya menuju pada daerah pecah gelombang. Perbedaan antara bentuk gelombang dan gerak massa air adalah penting. karena gelombang sudah pecah sehingga hanya merupakan suatu aliran yang mirip dengan limpasan permukaan. A. The Swash Zone merupakan zone dimana air bergerak secara laminar kearah daratan. Ketika gelombang di dalam air. bentuk gelombang yang bergerak ke depan massa air (partikel air) sendiri hamper tak bergerak maju. Semakin dalam.Gelombang diukur dengan alat pencatat elektronik misalnya pressure transducer yaitu sebuah alat pengukur tekanan yang dilengkapi dengan meteran bunyi yang sensitif (potensiometer) yang dicatat pada diafragma logam yang mengubah tekanan yang disebabkan oleh gelombang energi dan kemudian diteruskan sebagai getaran elektronik. Tenaga Pembentuk Gelombang . dan kecepatan partike air makin berkurang sesuai dengan kedalamannya. gerakan air berputar-putar tak teratur dari lingkaran. Gelombang membawa energy yang diberikan oleh angin. sedang massa air tidak. Sebagai akibatnya. gerakan partikel itu sendiri pada permukaan mengikuti pola orbit melingkar. orbit lingkaran inipun semakin kecil dan kecepatannya semakin berkurang.

misalnya oleh angin di laut lepas. Waktu di mana angin sedang bertiup . Ketiga. puncak gelombang memecah di tepi pantai. energi diberikan ke gelombang air. ➢ Lamanya hembusan. maka gelombang yang besar dan tinggi dapat dihasilkan. Ketika angin berhembus memberikan energi pada air dalam bentuk pergeseran dan tekanan di atas permukaan laut yang tenang. air mencapai bagian atas lingkaran pada puncak gelombang. Bentuk-bentuk angin yang mempengaruhi sifat-sifat gelombang: 1. Terjadinya gerak gelombang laut dapat dirumuskan sebagai berikut: ➢ Pertama. yaitu: ➢ Kuatnya hembusan. Angin Angin yang bertiup di atas permukaan laut merupakan pembangkit utama gelombang. Sebuah gelombang terdiri dari osilasi yang bergerak tanpa membawa materi bersamanya. sedangkan gelombang yang bentuknya teratur dan sudah bergerak menjauhi asal terbentuknya disebut swell. Keefektifan angin dalam menghasilkan gelombnag tergantung pada tiga faktor. ➢ Bentang air terbuka yang dilalui angin (fetch). Pada kasus gelombang laut.Gelombang terbentuk oleh adanya transfer energi dari udara ke massa air. Gelombang ini mempunyai kecepatan yang tinggi dan panjang gelombang yang besar. Kecepatan angin Pada umumnya semakin kencang angin yang bertiup semakin besar gelombang yang terbentuk. Jika angin ribut bertiup untuk waktu yang lama dan melingkupi luas bentang air terbuka. Kemudian energi dibawa oleh gelombang ke pantai. maka gelombangpun terbentuk. Gelombang membawa energi dari satu tempat ke tempat lain. setiap partikel pada air itu sendiri. Gelombang yang bentuknya tidak teratur dan masih dipengaruhi oleh angin disebut sea. Tetapi. ➢ ➢ Kedua. Semua gelombang dipengaruhi atau dihasilkan oleh salah satu dari 3 faktor atau mekanisme dasar yaitu: a. hanya berosilasi terhadap titik setimbang. Gelombang air bergerak dengan kecepatan yang bisa diketahui. 2. air mencapai dasar lingkaran pada lembah gelombang.

Gelombang pendek Adalah gelombang yang terbentuk dilaut yang dalam dimana kedalaman laut lebih besar daripada panjang gelombang.Semakin lama angin bertiup.14 km/ sekon. a. b. Klasifikasi Gelombang Gelombang laut dibedakan menjadi tiga macam. semakin tinggi pula energi yang dihasilkan untuk membentuk gelombang 3. A. Gempa Gempa yang terjadi di laut dapat menyebabkan gelombang besar yang disebut tsunami. b. Gravitasi Gravitasi bulan dan matahari berpengaruh terhadap besar kecilnya gelombang yang terjadi. Klasifikasi gelombang laut berdasarkan perbandingan antara kedalaman laut dan panjang gelombang a. ➢ Gelombang panjang Gelombang ini dapat menyebabkan kerusakan di permukaan bumi karena berasal dari episentrum bumi. yaitu ➢ Gelombang primer (gelombang longitudinal) Gelombang ini merambat di permukaan bumi di dasar laut dengan kecepatan antara 7 . Gelombang panjang merambat dengan kecepatan 3 . ➢ Gelombang sekunder (gelombang transversal) Gelombang ini merambat seperti gelombang primer melalui permukaan bumi di dasar laut. semakin besar pula energi yang dihasilkan untuk membentuk gelombang. Jarak tanpa rintangan di mana angin sedang bertiup (fetch) Semakin luas daerah yang dilewati angin.4 km/sekon di permukaan bumi. Gelombang ini dikategorikan sebagai gelombang laut tektonik karena diakibatkan oleh bergesernya lempengan kerak bumi. Gelombang panjang .

mempunyai pola yang teratur (panjang gelombang tetap. dan kecepatannya turun. pola mereka akan berubah oleh perairan yang dangkal. Surf: terjadi di sekitar pantai (bila gelombang mencapai kedangkalan dan pecah).matahari (gelombang pasang-surut) . mempunyai pola-pola yang seragam dan mulai bergerak dalam rentetan yang sama periode dan tingginya. kedalaman air sekitar setengah panjang gelombang. Dimana dasar yang dangkal memiliki dampak signifikan terhadap gelombang tersebut. Gelombang yang bergerak menjauh dari daerah angin yang menyebabkannya. Pada titik itu. tinggi berkurang). Swell: merupakan bentuk turunan “Sea”. Selain itu. mereka bergerak lebih cepat. Sea: gelombang yang dipengaruhi langsung oleh angin. Surf tidak mempunyai gerak melingkar dari partikelpartikel airnya. Swell dapat mengadakan perjalanan sampairibuan mil.Adalah gelombang yang terbentuk dilaut yang dangkal dimana kedalaman laut lebih kecil daripada panjang gelombang. Akibatnya gelombang-gelombang itu menjadi pendek-pendek dan curam. b. Gelombang/ ombak yang terjadi di lautan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam tergantung kepada gaya pembangkitnya. : a. partikel-partikel gelombang kecepatannya di puncak bertambah. bulan. ➢ Gaya tarik menarik bumi. bergerak dalam arah horisontal (bukan lingkaran) menuju ke pantai. Pembangkit gelombang laut dapat disebabkan oleh: ➢ Angin (gelombang angin). Tiga tipe gelombang yag dihasilkan oleh angin yaitu. Swell yang mendekati pantai. Gelombang Translasi adalah gelombang yang dimulai dari pecahan gelombang (gelora) sampai ke pantai dan tidak memiliki puncak dan dasar gelombang. panjang dan tinggi gelombang meningkat. b. Klasifikasi gelombang laut berdasarkan bentuknya a. Gelombang Osilasi adalah gelombang yang terjadi di laut lepas. c. tanpa pola yang sistematis (periode berubah dan tinggi bervariasi).

Hal in menyebabkan air pasang yang lebih besar dari biasanya. dimana gravitasi matahari melemahkan gravitasi bulan akibatnya pasang yang tercipta kecil. Komponen-komponen utama pasang surut terdiri dari komponen tengah harian dan harian. Selain bulan.Pasang surut merupakan suatu fenomena pergerakan naik turunnys permukssn ir lsut secara berkala yang diakibatkan oleh matahari. Pasang surut tidak hanya mempengaruhi lapisan teratas. Sedangkan waktu bulan seperempat dan tiga per empat. Gelombang Kelvin.akibat dari adanya tenaga pembangkit pasang. Karena interaksinya dengan bentuk (morfologi) pantai. Pasang disebabkan oleh adanya gaya tarik menarik antara dua tenaga yang terjadi di lautan. Pasang tertinggi yang terjadi setiap 18. Pada waktu bulan baru dan bulan penuh yaitu disaat matahari dan blan terletak pada satu garis terhadap bumi sehingga gaya gravitasi yang ditimbulkan mempunyai arah yang sama. Dua pasang tinggi dan dua pasang rendah terjadi dalam periode satu hari (24 jam 50 menit). Gelombang pasang merupakan sinergi dari tiga fenomena yang terjadi secara serentak. . Pasang tinggi yang terjadi bergerak bergantian secara perlahan-lahan dari suatu tempat ke tempat yang lain di permukaan bumi. dan matahari berada pada satu garis lurus (perihelium). gaya gravitasi matahari juga mempengaruhi pasang surut air laut meskipun tidak sebesar yang disebabkan oleh gravitasi bulan. 2. bulan. Di perairan pantai. akan dijumpai dua tonjolan massa air dimana satu bagian terdapat pada permukaan bumi yang letaknya berhadapan langsung dengan bulan dan yang lain terdapat pada sisi lain dari bulan. matahari dan bulan membentuk sudut 90 derajat. yaitu gelombang yang mengimbangi gaya coriolis. yaitu dari gaya sentrifugal yang disebabkan oleh rotasi bumi dan gaya gravitasi bulan.6 tahun sekali pada 17 Mei dimana bumi. gerakan naik turunnya muka air akan menimbulkan terjadinya arus pasang surut. dan factor-faktor lainnya akan mengakibatkan terbentuknya komponenkomponen pasang surut yang baru. Dua tonjolan tersebut merupakan daerah-daerah yang saat itu mengalami pasang tinggi. superposisi antar komponen pasang surut utama. dan bulan. bumi. yaitu: 1. terutama di teluk atau selat yang sempit. melainkan seluruh massa air.

Gerakan ini menyebabkan air terombang-ambing secara vertical dan menimbulkan ombak nyang sangat panjang. gelombang dibagi menjadi 2 macam. tsunami merupakan serangkaian dari beberapa gelombang biasanya tiap-tipa gelombang dipisahkan dengan jarak waktu 15 menit sampai 1 jam atau lebih. kekuatan bangunan atau struktur. Sedangkan daya hancur tsunami tergantung pada tiga factor. tsunami juga memiliki panjang gelombang sebesar 1000 km. Dalam kebanyakan kasus gelombang ke-3 dan gelombang ke-8 adalah paling berbahaya. tsunami dapat dikelompokkan menjadi dua. Tsunami dapat menyebabkan erosi pada pondasi bangunan dan menghancurkan jembatan serta struktur penahan gelombang yang sejajar garis pantai. yaitu: ➢ Gelombang pembangun/ pembentuk pantai (Constructive wave). Berdasarkan sifat-sifatnya. dan erosi.3. Dampak dari tsunami dapat dirasakan dalam radius lebih dari 150 km. Sinergi dari ketiga kekuatan pada kondisi maksimum akan menghasilkan gelombang maksimum. yaitu: inundasi (penggenangan). Saat gerakan lapisan bumi ini terjadi maka akan menyebabkan gerakan air dasar laut yang menyebabkan bergejolaknya massa air. Sedimen in sebaliknya akan menggeser massa air dan menimbulkan ombak yang sangta panjang. Gempa bumi sering mengancam lapisan laut dimana sedimen pelagic dan neritic dalam sejumlah besar akan bergeser. ➢ Gelombang yang disebabkan oleh gerakan kapal. Berdasarkan jarak sumber penyebab tsunami dan daerah yang teranam bahaya. Gelombang tsunami terbentuk dari satu atau dua proes oleh gerakan lapisan laut sepanjang garis retakan atau disebabkan oleh gempa gunung di bawah laut sehingga menyebabkan gerakan lapisan ini muncul sepanjang garis retakan. . yaitu : tsunami local (jarak dekat) dan tsunami distan (jarak jauh). Gelombang pembentuk pantai mempunyai ketinggian kecil dan kecepatan rambatnya rendah sehingga saat gelombang tersebut pecah di pantai akan mengangkut sedimen (material pantai). yaitu gelombang akibat tiupan angin dengan skala yang lebih besar dari ripples. Gelombang Swell. Material pantai akan tertinggal di pantai (deposit) ketika aliran balik dari gelombang pecah meresap ke dalam pasir atau pelan-pelan mengalir kembali ke laut. ➢ Gempa vulkanik atau tektonik di dasar laut (gelombang tsunami).

Gelombang perusak pantai mempunyai ketinggian dan kecepatan rambat yang besar (sangat tinggi). ➢ Gelombang air dangkal jika rasio dari kedalaman dengan panjang gelombang kurang dari 1: 25. Air yang kembali berputar mempunyai lebih sedikit waktu untuk meresap ke dalam pasir. serta panjang gelombangnya. Gelombang perusak pantai Berdasarkan kedalaman dan kedangkalan air. gelombang dipisahkan menjadi: ➢ Gelombang air dalam jika rasio dari kedalaman dengan panjang gelombang lebih dari 1: 2.Gelombang pembentuk pantai ➢ Gelombang perusak pantai (Destructive wave). . ➢ Gelombang intermediet jika rasio dari kedalaman dan panjang gelombang antara 1: 2 dan 1: 25. Ketika gelombang datang kembali menghantam pantai akan ada banyak volume air yang terkumpul dan mengangkut material pantai menuju ke tengah laut atau ke tempat lain.

Refraksi gelombang merupakan peristiwa perubahan arah gelombang yang bergerak ke arah pantai dari kedalaman air yang dalam menuju kedalaman air yang dangkal karena adanya perubahan kedalaman air. Keenam peristiwa tersebut adalah (McCormick. Refleksi.A. selain tentunya parameter dan karakter gelombang itu sendiri. peristiwa refraksi gelombang diakibatkan oleh perbedaan kecepatan gelombang yang biasanya disertai juga dengan perubahan panjang gelombang yang mengecil. dan Difraksi Gelombang Sifat gelombang yang datang menuju pantai sangat dipengaruhi oleh kedalaman air dan bentuk profil pantainya (beach profile). Wood and Fleming. Refraksi. Pada saat gelombang bergerak menuju garis pantai (shoreline) enam peristiwa dapat terjadi pada gelombang. 1981): ➢ Refraksi gelombang yakni peristiwa berbeloknya arah gerak puncak gelombang. 1981 . yang kemudian berpengaruh pada garis pantai dan bangunan yang ada disekitarnya. Kontur gelombang Sinar gelombang Puncak kedalaman .

➢ Wave shoaling yakni peristiwa membesarnya tinggi gelombang saat bergerak ke tempat yang lebih dangkal. Kelihatanya gelombang ini tertimbun buih yang bergerak maju. Turbelensi ini yang secara keseluruhan yang menghaburkan energy . ➢ Refleksi gelombang yakni peristiwa pemantulan energi gelombang yang biasanya disebabkan oleh suatu bidang bangunan di lokasi pantai. Jika suatu gelombang menuju perairan dangkal. Pengaruh kedalaman laut mulai terasa pada kedalaman lebih kecil dari setengah kali panjang gelombang. semakin menuju ke perairan yang lebih dangkal puncak gelombang semakin tajam dan lembah gelombang semakin datar. dan surging. Gelombang pecah diklasifikasikan dalam empat kategori yaitu spilling. panjang dan kecepatan gelombang ➢ Wave damping yakni peristiwa tereduksinya energi gelombang yang biasanya disebabkan adanya gaya gesekan dengan dasar pantai. ➢ Wave breaking yakni peristiwa pecahnya gelombang yang biasanya terjadi pada saat gelombang mendekati garis pantai (surf zone). a. Gelombang yang menjalar dari laut dalam menuju pantai mengalami perubahan bentuk karena adanya pengaruh perubahan kedalaman laut. Di laut dalam profil gelombang adalah sinusoidal. collapsing. Selain itu kecepatan dan panjang gelombang berkurang secara berangsur-angsur sementara tinggi gelombang bertambah. Spilling ketika gelombang merambat maju pada puncak gelombang pertama kali nampak berbuih dan terjadi turbelensi yang menyebar kebawah pada gelombang. maka terjadi perubahan karateristik gelombang yang meliputi perubahan tinggi gelombang.Peristiwa refraksi gelombang Gambar diatas menunjukkan pola refraksi yang terjadi pada sebuah pulau kecil di lautan di mana pola refraksi tersebut digambarkan oleh garis puncak gelombang (wave crest) dan sinar gelombang (wave ray). plunging. ➢ Difraksi gelombang yakni peristiwa berpindahnya energi di sepanjang puncak gelombang ke arah daerah yang terlindung.

b. Pasang surut menggerakkan air dalam jumlah yang cukup besar. Collapsing breaker ini bentuknaya terletak anatara bentuk plugging dan surging dan tidak secara jelas di definisikan dalam bentukn lainya d. Pengaruh Gelombang dalam Kehidupan Pengetahuan tentang pasang surut sangat diperlukan dalam transportasi laut. Surging puncak dan muka gelombang mempunyai bentuk yang hamper stabil. Collapsing bagian depan dari gelomabang curam pada saat mulai pecah. maka ia dapat diramalkan. Plunging puncak gelombang berbentuk runcing dan melengkung sehingga akhirnya jatuh pada dasar dari bagian muka gelombang. Dalam sehari bisa terjadi hingga dua kali siklus pasang surut. Dengan adanya pasang surut organism-organisme memiliki strategi ekologi sendiri-sendiri untuk bisa bertahan hidup. pasang surut sangat mempengaruhi ekosistem mangrove yang merupakan pilar pertahanan alam utama pada daerah pesisir dari ancaman badai. Pasang surut juga sangat mempengaruhi kehidupan organism laut. oleh karena . kegiatan di pelabuhan.gelombang sehingga semakin lama tinggi gelombang semakin kecil. terutama pada daerah interdal dan daerah litoral. A. erosi dan lain-lain. dan lainlain karena sifat pasang surut juga sangat mempengaruhi kehidupan yang periodik. c. pembangunan di daerah pesisir pantai. Gelombang ini bergerak kedepan seabgai gelombang berdiri atau gelombang yang terpantulkan. Proses pecahnya dan disipasi energy lebih terlihat daripada spilling breaker. Di samping itu. bentuknya bergelombang tergantung dari kemiringan pantai. Dari keempat jenis gelombang pecah tersebut dapat terjadi pada perairan dangkal tapi khusus untuk spilling dan pluging terjadi pada perairan dalam dan keduanya paling biasa terjadi di perairan dangkal. bagian terendah dari muka gelomabng jatuh ke depan dan gelombang runtuh. Panjang gelombang sangat tinggi tapi tetap stabil.

DAM yang dibangun untuk memanfaatkan siklus pasang surut jauh lebih besar daripada DAM air sungai pada umumnya. . Turbin Lepas Pantai (Offshore Turbines) Pilihan lainnya ialah menggunakan turbin lepas pantai yang lebih menyerupai pembangkit listrik tenaga angin versi bawah laut. 2.waktu siklus bisa diperkirakan (kurang lebih setiap 12. Pada dasarnya ada dua metodologi untuk memanfaatkan energy pasang surut yaitu: 1. DAM Pasang Surut (Tidal Barrage) Cara ini serupa seperti pembangkit listrik secara hidro-elektrik yang terdapat di DAM atau waduk penampungan air sungai. Hanya saja. suplai listriknya pun relative lebih dapat diandalkan daripada pembangkit listrik tenaga ombak.5 jam sekali). DAM ini biasanya dibangun di muara sungai dimana terjadi pertemuan antara air sungai dengan air laut.

Mengapa gelombang selalu mengarah ke pantai? 2. 6. Mengapa semakin bertambah kedalaman laut. kekuatan gelombang 3. 4. semakin kecil sedangkan arus semakin besar? Apakah periode gelombang mempengaruhi tinggi gelombang? Mengapa besar gelombang di pantai utara dan pantai selatan Jawa berbeda? Bagaimana tindakan konservasi yang dapat dilakukan di daerah pantai utara dan pantai selatan pulau Jawa? Bagaimana bentuk pantai bisa berpengaruh terhadap tinggi gelombang? Bagaimana mekanisme longshore currents? . 7.Pertanyaan: 1. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful