You are on page 1of 8

PROPOSAL PERMOHONAN KERJA PRAKTEK

Diajukan guna Menyusun kerja praktek di

PT. PERTAMINA RU-VI BALONGAN

Diajukan oleh : Nurzakiyah Hidayatun Sahar 121070044

PROGRAM STUDI TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA 2012

Halaman Pengesahan PROPOSAL PERMOHONAN KERJA PRAKTEK PT. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Yogyakarta. PERTAMINA RU-VI BALONGAN : Maret– April 2012 Diajukan sebagai salah satu syarat untuk melaksanakan Kerja Praktek pada Program Studi Teknik Kimia. 09 Januari 2012 Dosen Pembimbing Pelaksana DDIr. PERTAMINA RU. 19510701 197701 1 001 Nurzakiyah Hidayatun Sahar NIM. Pelaksana Nama NIM Jurusan Fakultas 2. Waktu Pelaksanaan : Nurzakiyah Hidayatun Sahar : 121070044 : Teknik Kimia : Teknologi Industri : PT. Tempat Pelaksanaan 3. Fakultas Teknologi Industri.VI BALONGAN Yang diajukan oleh: 1. 121070044 . Yusuf Izidin. MTBBB NIP.

Menyadari akan hal ini. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta khususnya Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri melengkapi kurikulumnya dengan Kerja Praktek Plus berbobot 3 SKS. Oleh karena itu hubungan yang terjalin antara perguruan tinggi sebagai pihak yang memegang peranan mempersiapkan calon tenaga kerja dengan perusahaan atau industri sebagai pihak yang memerlukan tenaga kerja perlu ditingkatkan. Perguruan tinggi sebagai suatu lembaga pendidikan bertanggung jawab mempersiapkan calon-calon tenaga kerja yang professional. sehingga perguruan tinggi mampu menghasilkan calon tenaga kerja yang berkualitas dan perusahaan atau industri akan memperoleh tenaga kerja yang terampil. menyebabkan dunia kerja menuntut tersedianya tenaga kerja yang dapat menguasai pekerjaannya dengan baik.n dan latihan yang bergerak di bidang industri bahan kimia. yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan. Latar Belakang Tingkat persaingan dalam dunia usaha yang semakin ketat seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini. PERTAMINA RU-VI BALONGAN mengingat perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kimia sehingga sesuai dengan bidang study yang kami tempuh yaitu Teknik Kimia. maka perguruan tinggi tersebut hanya akan meluluskan sarjana yang kurang mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya selama di bangku kuliah karena belum mengenal secara langsung dunia kerja yang akan dimasukinya. terampil dan professional.1. Dari uraian diatas. akan tetapi kurang memadai dalam prakteknya. Bila perguruan tinggi hanya memberikan pendidikan sebatas teori saja kepada mahasiswa. . terdidik. kami bermaksud untuk melaksanakan kegiatan kerja praktek di PT.BAB I PENDAHULUAN I. terlatih serta mampu memahami dunia kerja.

Manfaat Kerja Praktek I. Tujuan Khusus a. d. Melihat secara langsung aktivitas dan perilaku terhadap suatu bahan agar dapat berproduksi. Melaksanakan tugas khusus yang diberikan Dosen Pembimbing Kerja Praktek. Memenuhi salah satu kurikulum yang telah ditetapkan pada Program studi Teknik Kimia UPN “Veteran” Yogyakarta. e.I. I. khususnya peralatan dan proses produksi yang dilakukan.3. . Menambah wawasan dan pengalaman tentang praktek kerja di lapangan. Melatih kedisiplinan.2. b.2. c.2.3. Melatih kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja. Bagi Mahasiswa a. d. c. b. Tujuan Kerja praktek I. sebelum terjun ke lapangan kerja secara nyata. Mengenal cara kerja suatu perusahaan/industri secara umum dengan lebih mendalam.1 Tujuan Umum a. dan atasan dalam perusahaan. Mengetahui secara langsung permasalahan yang terjadi didalam pabrik serta upaya penanganannya. I. b. c. rekan sejawat. Memperdalam pengetahuan ilmiah yang terkait dengan bidang industri tempat kerja praktek dilaksanakan. Menambah pengetahuan dan pemahaman keteknikan secara praktis yang diterapkan pada industri. . Memberikan bekal tentang perindustrian. Sebagai bekal dimasa depan dan menambah wawasan serta pengalaman kerja di lapangan.1. Melengkapi teori yang diperoleh di perkuliahan dengan keadaan sebenarnya yang ada di pabrik.2. d. Melatih kemampuan bergaul dengan bawahan. f.

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.3.1 Peserta Peserta kerja praktek adalah mahasiswa Jurusan Teknik Kimia. Fakultas Teknologi Industri.5.BAB II RENCANA KERJA PRAKTEK II. Data Primer Data ini diperoleh dengan cara :  Survey Dengan cara mengambil informasi data-data teknis yang tersedia di lapangan baik berupa handout maupun keterangan-keterangan yang diperoleh dari pihak PT.4.April 2012 II. kesimpulan dan saran. . Tugas khusus tersebut baru dapat diketahui setelah mendapatkan surat balasan persetujuan dari PT. PERTAMINA RU-VI BALONGAN. Tugas Khusus Mengenai tugas khusus menyusul karena ditentukan oleh dosen pembimbing. PERTAMINA RU-VI BALONGAN yang menyatakan bahwa mahasiswa tersebut di atas diterima kerja praktek. Waktu Pelaksanaan Waktu pelaksanaan kerja praktek yang diajukan oleh pemohon adalah periode Maret . Hasil Kerja Praktek Metode yang digunakan dalam mengambil data atau sampel yang dibutuhkan untuk keperluan penyelesaian penulisan laporan kerja praktek adalah : 1. II. II. Cara Kerja Adapun rencana kerja yang diajukan adalah sebagai berikut : Pekan I Pekan II : Orientasi dan pengenalan lapangan secara umum : Pengamatan dan analisa proses produksi 121070044 Pekan III : Pengamatan dan analisa alat produksi Pekan IV : Penyusunan hasil evaluasi.2. Program S-1 yang bernama : Nurzakiyah Hidayatun Sahar II.

dengan ditunjang oleh pengambilan sampel dan data-data baik dari hasil observasi maupun studi literatur serta pengarahan dari dosen pembimbing kerja praktek. II. 2. Hasil Kerja Praktek Setelah menyelesaikan kerja praktek pada waktu yang telah ditentukan maka mahasiswa harus melaporkan segala kegiatan dan hasil pengamatan yang diperoleh di PT. penyusunan dan penulisan laporan. pengolahan dan analisis data. baik yang terdapat di dalam perusahaan (perpustakaan perusahaan) maupun yang diperoleh di luar perusahaan yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi. Data Sekunder Data-data sekunder dapat diperoleh dengan metode pustaka yaitu memperoleh data dengan cara penelusuran literatur-literatur. PERTAMINA RU-VI BALONGAN.6. . pengumpulan data. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama melakukan kerja praktek. meliputi studi literatur. Tahapan studi literatur dilakukan secara terus menerus selama pelaksanaan kerja praktek dengan tujuan untuk memantapkan konsep serta untuk mendapatkan pembanding antara teori dan kenyataan di lapangan guna pengolahan serta analisis data yang lebih akurat. Observasi Dengan cara melakukan pengamatan langsung dan pencatatan secara sistematis dengan jelas mengenai kondisi obyek pengamatan di lapangan.

.BAB III PENUTUP Pelaksanan kerja praktek ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara lembaga pendidikan dengan pihak perusahaan. . Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Besar harapan kami atas terkabulnya permohonan ini. baik berupa sarana maupun prasarana yang dapat menambah pengetahuan dan pengembangan diri secara progresif. Ini merupakan suatu kesempatan yang sangat berharga apabila Peserta praktek dapat melakukan kerja praktek yang didukung oleh perusahaan. PERTAMINA RU-VI BALONGAN. khususnya antara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dengan PT.

antara lain : Surat pengantar kerja praktek dari Program studi Teknik Kimia. kami lampirkan beberapa dokumen. Fakultas Teknologi Industri. UPN “Veteran” Yogyakarta. .BAB IV LAMPIRAN Sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan. Transkrip Nilai dan Foto Kopi Kartu Tanda Mahasiswa.