Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya

http://sulistyaindriani.wordpress.com/2010/07/12/bagian-bagian-mikroskop-dan-fungsinya/

Juli 12, 2010 at 10:52 am 183 komentar

Mikroskop adalah alat yang di gunakan untuk melihat, atau mengenali benda-benda renik yang terlihat kecil menjadi lebih besar dari aslinya. berikut adalah bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya:

LENSA OKULER, yaitu lensa yang dekat dengan mata pengamat lensa ini berfungsi untuk membentuk bayangan maya, tegak, dan diperbesar dari lensa objektif LENSA OBJEKTIF, lensa ini berada dekat pada objek yang di amati, lensa ini membentuk bayangan nyata, terbalik, di perbesar. Di mana lensa ini di atur oleh revolver untuk menentukan perbesaran lensa objektif. TABUNG MIKROSKOP (TUBUS), tabung ini berfungsi untuk mengatur fokus dan menghubungan lensa objektif dengan lensa okuler. MAKROMETER (PEMUTAR KASAR), makrometer berfungsi untuk menaik turunkan tabung mikroskop secara cepat. MIKROMETER (PEMUTAR HALUS), pengatur ini berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan mikroskop secara lambat, dan bentuknya lebih kecil daripada makrometer.

KONDENSOR.REVOLVER. alat ini dapat putar dan di naik turunkan. berfungsi untuk menyangga atau menopang mikroskop. revolver berfungsi untuk mengatur perbesaran lensa objektif dengan cara memutarnya. REFLEKTOR. MEJA MIKROSKOP. kondensor berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang masuk. PENJEPIT KACA. Cermin datar digunakan ketika cahaya yang di butuhkan terpenuhi. berfungsi sebagai tempat meletakkan objek yang akan di amati. berfungsi sebagai pegangang pada mikroskop. SENDI INKLINASI (PENGATUR SUDUT). LENGAN MIKROSKOP. Reflektor ini berfungsi untuk memantulkan cahaya dari cermin ke meja objek melalui lubang yang terdapat di meja objek dan menuju mata pengamat. . sedangkan jika kurang cahaya maka menggunakan cermin cekung karena berfungsi untuk mengumpulkan cahaya. KAKI MIKROSKOP. berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. untuk mengatur sudut atau tegaknya mikroskop. DIAFRAGMA. penjepit ini berfungsi untuk menjepit kaca yang melapisi objek agar tidak mudah bergeser. terdiri dari dua jenis cermin yaitu cermin datar dan cermin cekung.

Umumnya ada 3 lensa objektif dengan pembesaran 4x. Tombol pengatur fokus kasar Untuk mencari fokus bayangan objek secara cepat sehingga tabung mikroskop turun atau naik dengan cepat 4. 10x. 7. Lengan Mikroskop Untuk pegangan saat membawa mikroskop 8. Meja Preparat Untuk meletakkan objek (benda) yang akan diamati . Tabung Mikroskop Untuk mengatur fokus.Fungsi Bagian-bagian Mikroskop http://gurungeblog. dapat dinaikkan dan diturunkan 3. Lensa Okuler untuk memperbesar benda yang dibentuk oleh lensa objektif 2. Tombol pengatur fokus halus Untuk memfokuskan bayangan objek secara lambat.com/2008/11/08/mengenal-mikroskop/ 1.wordpress. dan 40x. Revolver Untuk memilih lensa obyektif yang akan digunakan 6. sehingga tabung mikroskop turun atau naik dengan lambat 5. Lensa Objektif Untuk menentukan bayangan objektif serta memperbesar benda yang diamati.

gunakan cermin datar. Kondensor Merupakan lensa tambahan yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang masuk dalam mikroskop 11. Berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang akan masuk mikroskop 12. Diafragma Berupa lubang-lubang yang ukurannya dari kecil sampai selebar lubang pada meja objek.9. Kaki Mikroskop Untuk menjaga mikroskop agar dapat berdiri dengan mantap di atas meja. digunakan cermin cekung tetapi bila sumber cahaya kuat. 10. Ada 2 jenis cermin. misalkan sinar lampu. yaitu datar dan cekung. Reflektor/cermin Untuk memantulkan dan mengarahkan cahaya ke dalam mikroskop. . misalnya sinar matahari yang menembus ruangan. Bila sumber cahaya lemah. 13. Penjepit Objek Glass Untuk menjepit preparat di atas meja preparat agar preparat tidak bergeser.

dan mempunyai pembesaran 5X. Ada bermacam-macam jenis dan bentuk mikroskop. Lensa obyektif melekat pada bagian yang disebut revolver. Mikroskop yang memiliki sebuah lensa okuler. Mikroskop yang memiliki dua lensa okuler. atau 15X. siswa harus paham bagian-bagian dan fungsi mikroskop. Kedua lensa pada mikroskop dihubungkan oleh suatu bagian berbentuk tabung.com/2011/06/mengenal-bagian-bagian-mikroskop-dan. Mikroskop cahaya adalah mikroskop paling sederhana yang dapat digunakan untuk memperbesar citra hingga puluhan kali.blogspot. dan 100X. 45X. . Lensa obyektif ada beberapa buah. Artikel ini membahas mengenaimengenal bagian-bagian mikroskop dan fungsinya. Revolver ini dapat diputar. Sedangkan lensa okuler hanya 1 buah atau 2 buah. 10X. dinamakanmikroskop binokuler. dan memiliki pembesaran masing-masing 5X. disebut mikroskop monokuler. Mikroskop cahaya modern yang biasa digunakan di sekolah memiliki bagian utama berupalensa objektif yang letaknya dekat dengan obyek yang akan diamati.Mengenal bagian-bagian mikroskop dan fungsinya http://praktikumbiologi. Sebelum praktikum menggunakan mikroskop.html Posted by Bithdaddy Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda mikroskopik/renik yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. 10X. Jenis lensa yang lain adalah lensa okuler terletak dekat dengan mata pada saat mikroskop digunakan. Mikroskop elektron adalah mikroskop yang menghasilkan citra beresolusi tinggi hingga ribuan kali. dan berguna sebagai alat pemindah lensa.

Mikroskop binokuler. Ada dua macam pemutar yaitu pemutar halus dan pemutar kasar. dan mikroskop elektron Contoh image beresolusi tinggi hasil scanning mikroskop elektron bisa dilihat di sini. monokuler. Pemutar halus digunakan untuk menggerakkan lensa objektif secara pelan. . Bagian-bagian mikroskop dan fungsinya Berikut ini ditunjukkan bagian-bagian mikroskop. Untuk menggerakkan lensa objektif ini digunakan bagian mikroskop yang disebut pemutar. sedangkan pemutar kasar digunakan untuk menggerakkan lensa objektif secara cepat. lensa objektif dapat dinaikkan menjauhi objek ataupun diturunkan mendekati objek. Untuk mengatur jarak objek dengan lensa sehingga diperoleh bayangan yang jelas.

Klip = penjepit object glass H. Lensa okuler = lensa yang dilihat/diintip B. Cermin = memantulkan cahaya pada lensa obyektif agar pengamatan preparat lebih jelas J. Kaki mikroskop I. Diafragma = bagian yang digunakan untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk ke lensa obyektif K. Meja mikroskop = tempat meletakkan specimen / preparat yang diamati G.y y y y y y y y y y y A. Lensa objektif perbesaran lemah E. Lensa objektif perbesaran kuat F. Revolver = pemutar yang digunakan untuk mengubah perbesaran lensa obyektif D. Lengan mikroskop atau pegangan . Tabung mikroskop = bagian yang menghubungkan lensa okuler dengan lensa obyektif C.

Pemutar halus = bagian yang digunakan untuk menggerakkan (menjauhkan/mendekatkan) lensa obyektif terhadap preparat secara pelan/halus M.y L. Pemutar kasar = bagian yang digunakan untuk menggerakkan (menjauhkan/mendekatkan) lensa obyektif terhadap preparat secara cepat y .

Berfungsi tntuk pembesaran benda yang kita amati.xhtml Bagian bagian mikroskop berserta fungsinya : 1. 3. b. Pemutar halus berfungsi untuk mengatur tabung dengan pergeseram kecil. Berfungsi untuk memilih lensa obyektif dengan pembesaran yang kita kehendaki dengan cara memutar bagian ini. 6. 4. sehingga focus lebih tepat dan yang kita amati nampak lebih jelas. Meja obyek berfungsi untuk meletakkan obyek yang kita amati . pembesaran dapat diganti sesuai keperluan. misalnya 5x.mywapblog. Lensa okuler Terpasang hanya 1 lensa (mikroskop monokuler) dan 2 lensa (mikroskop binokuler) dekat dengan mata orang yang mengamati. Revolver terletak dibagian bawah tabung.com/bagian-bagian-mikroskop-berserta-fungsin. 2. Pemutar kasar berfungsi untuk menggerakkan tabung dengan penggeser berar dan mengatur jarak obyek dengan lensa sehingga diperoleh bayangan yang jelas. biasanya ada 3 lensa yang terpasang sekaligus. pada bagian ini terpasang lensa obyektif. Pemutar a. 5.http://tauriza. Lensa obyektif terpasang dekat dengan objek yang kita amati. 15x. Berfungsi untuk pembesaran benda yang kita amati. Tabung mikroskop berfungsi untuk menghubungkan antara lensa objektif dan lensa okuler. 10x.

Pengatur meja preparat berfungsi mengatur meja preparat 8. Penjepit kaca obyek berfungsi untuk menjepit obyek agar tidak mudah bergeser.7. 12. Pegangan berfungsh untuk pegangan waktu mengangkat mikroskop. 15-Feb-12] . Reflektor berfungsi untuk menangkap dan memantulkan sinar. novinta asri nurfitriani [09:45 AM. 11. Kaki mikroskop berfungsi mengokohkan kedudukan mikroskop. Diafagma berfungsi untuk mengatur intensitas sinar yang masuk melalui meja obyek 10. 9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful