LAPORAN PRAKTIKUM BIOSISTEMATIKA (BI-2104) AMFIBI

Tanggal Praktikum : 25 Oktober 2011 Tanggal Pengumpulan : 02 November 2011

Disusun oleh: Luhur / 10610010 Kelompok 5 Asisten : Melisa Ika Puspita (10608037)

PROGRAM STUDI BIOLOGI SEKOLAH ILMU DAN TEKNOLOGI HAYATI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG 2011

dan memperluas ke Filipina. Microhylidae dan Rachoporidae. Mereka mempunyai . Mereka sangat bervariasi dalam ukuran. 1998). Pada pertengahan tahun 2008 Family Megophridae sekitar 70-100 spesies katak dibagi dalam 12 genus. Megophryidae. yang sering terlihat seperti daun-daun mati. mereka berlimpah di sebagian besar dunia. Mereka terkenal dalam keahlian kamuflase. Family Bufonidae umum dan tersebar hampir di seluruh dunia kecuali di Australia dan antartika di belahan bumi selatan. Family Bufonidae memiliki kulit yang kasar dan pada beberapa jenis tubuhnya tertutup oleh bintil-bintil. Mereka umumnya bergigi ompong. Karena itu amphibi diartikan sebagai hewan yang mempunyai dua bentuk kehidupan yaitu di darat dan di air. Biasanya. Pada umumnya. Family Bufonidae mendiami berbagai lingkungan. kulit katak ini yang halus dan lembab. Ranidae Family Ranidae memiliki distribusi terluas. kecuali Antartika. c. Katak ini dikenal sebagai katak serasah. Hewan yang berbeda mengandung zat yang berbeda secara signifikan (Zweifel. amphibia mempunyai siklus hidup awal di perairan dan siklus hidup kedua adalah di daratan (Frost. Penyebaran di Indonesia diwakili oleh 10 marga dan lebih kurang 100 jenis.PEMBAHASAN Amphibi merupakan hewan dengan kelembaban kulit yang tinggi. Banyak dari katak ini tinggal dekat dengan air. dan ada 5 Famili yang praktikan identifikasi pada praktikum ini. dari daerah kering sampai ke hutan hujan. mulai dari kecil hingga katak besar di dunia. Racun dalam kelenjar berisi jumlah racun yang menyebabkan efek yang berbeda. Ordo Anura Ordo Anura dibagi menjadi 27 famili. terutama mereka yang hidup di hutan. Ranidae. Adapun penjelasan mengenai keenam famili tersebut adalah sebagai berikut: a. Bufonidae Family Bufonidae adalah kodok sejati yang merupakan anggota ordo Anura. mempunyai kaki belakang yang lebih kuat dari kaki depan dan kaki berselaput ekstensif. Family Bufonidae adalah satu-satunya ordo anura yang semua anggotanya dikenal sebagai "kodok”. Family Bufonidae sekarang terdiri lebih dari 35 genus dengan 500 spesies. Katak ini mempunyai kaki yang relatif pendek sehingga sangat lambat dalam bergerak dan menggunakan kemampuan menyaru untuk bertahan hidup (Zweifel. tidak tertutupi oleh rambut dan mampu hidup di air maupun di darat. yaitu Bufonidae. Mereka memiliki sepasang kelenjar parotoid di belakang kepala . Megophridae Family Megophridae sangat umum dan tersebar di Asia tenggara. 2006). Kelenjar ini berisi racun alkaloid yang mengekskresikan kodok saat stres. Bufotoxin adalah istilah umum. Amphibi berasal dari bahasa Yunani yaitu Amphi yang berarti dua dan Bios yang berarti hidup. 1998). b.

satu dengan tubuh lebar dan mulut sempit. Sesuai dengan namanya.lipatan dorsolateral pada tubuh dan memiliki tungkai yang panjang dan ramping serta moncong yang cenderung runcing (Frost. Di antara anggota yang paling spektakuler dari family ini adalah katak terbang. katak ini dikenal sebagai katak pohon karena biasanya berada di pepohonan . Mereka biasanya dapat mengeluarkan cairan dari kalenjar yang terdapat pada kulitnya (Frost. kaki panjang dan ramping. kulit ventral halus licin. 1998). dan mempunyai alur supra orbital . gigi ompong. Identifikasi Sp 1 yang praktikan amati memiliki ciri-ciri moncong runcing. memiliki banyak bintil pada permukaan kulit. sesekali menjelajah keluar pada malam hari untuk berburu. Seperti katak arboreal lainnya. Berdasarkan ciri-ciri tersebut Sp 1 merupakan family Ranidae dengan jenis Rana chalconota (Iskandar. terdapat sepasang lipatan dorsolateral di punggung. jari-jari tangan dan kaki ujungnya melebar serupa cakram.5 cm panjangnya. dan beberapa ada yang dekat dengan air. mata yang besar dan melotot. dan yang lainnya memiliki pola makan yang paling khas dari katak. meskipun beberapa spesies sebagian dapat mencapai 9 cm. mata besar menonjol dan tubuhnya ramping. Beberapa Rhacophoridae disebut katak pohon. Di Indonesia. Ada 413 spesies dalam 69 genus dan sembilan subfamilies. dan katak dari genus Chiromantis memiliki dua jari pada setiap tangan saling berlawanan. yang merupakan jumlah terbesar dari genus setiap family katak. Banyak spesies yang ukurannya di bawah 1. Mereka dapat hidup pada arboreal atau terestrial. Mereka umumnya dikenal sebagai katak semak. Microhylidae Microhylidae adalah family katak yang geografisnya luas. selaput renang penuh hingga ke ujung. dari 1. family ini juga berisi katak terbang seperti katak Wallace terbang (Rhacophorus nigropalmatus). 1998). mereka memiliki cakram kaki. terdapat diskus pada jari kaki dan tangan. dan yang lainnya dengan proporsi katak yang normal. e. 2006). Katak ini memiliki moncong yang pendek. dan pada jarinya terdapat selaput renang (Zweifel. Ada dua bentuk utama untuk microhylidae. dan tympanum terlihat jelas. membran tympanum terlihat jelas. Spesies dalam family ini bervariasi dalam ukuran. sebagian besar katak microhylidae berukuran kecil. Sebagian besar spesies arboreal ini mungkin bereproduksi di pohon. Penghuni tanah sering ditemukan di bawah serasah daun dalam hutan.5 cm sampai 12 cm. d. Mereka dengan mulut sempit umumnya makan rayap dan semut. atau lebih ambigu sebagai katak lumut. sedangkan kulit dorsal berbintil-bintil halus. Penyebaran di Indonesia diwakili oleh 4 anggota di Jawa. Rhacophoridae Rhacophoridae umumnya terdapat daerah tropis Asia dan Afrika. Sp 2 yang praktikan amati memiliki ciri-ciri kulit kasar. 2006).

pada mata. 1998). kulit ventral halus licin. kulitnya halus. kulitnya halus. 1998). dan tympanum terlihat jelas. selaput renang penuh hingga ke ujung. selaput renang yang dijari tidak penuh. jari dengan ujung jari tungkai depan dan belakang tanpa Tubuh kecil hingga besar dan gemuk dengan ujung jari “truncated (kerucut yang terpotong perlebaran ujung jari ………………………………………………………. dan mempunyai gigi. mata besar. Sp 4 yang praktikan amati memiliki ciri-ciri terdapat garing terang di tengah tubuh bagian dorsal.(tidak diidentifikasi) Tubuh memiliki empat tungkai.. kaki panjang.…………………2 Kulit kasar. mulut dan mata kecil ……………………………………………………………………MICROHYLIDAE . ditutupi oleh “kutil-kutil” besar …….…. dan type jari kaki adalah spatula. Sp 5 yang praktikan amati memiliki ciri-ciri terdapat selaput renang di jari kaki. Sp 3 yang praktikan amati memiliki ciri-ciri moncong runcing. 1998). mata berada disamping. mempunyai gigi. mempunyai gigi. jari-jari tangan dan kaki ujungnya melebar serupa cakram.…………………. membran tympanum terlihat dengan jelas. hanya sedikit di sela-sela jari. sedangkan kulit dorsal berbintil-bintil halus. umumnya licin …………………. kaki ramping.MEGOPHRYIIDAE ujungnya)” atau tanpa pelebaran ujung jari.……………………5 Kepala dan mata relatif besar. kepala relatif kecil dan tajam.………………………BUFONIDAE Kulit sebagian besar mengkerut. mata berada di sisi samping. Berdasarkan ciri-ciri tersebut Sp 3 merupakan family Ranidae dengan jenis Rana holtzi (Iskandar.…………. Sp 6 yang praktikan amati memiliki ciri-ciri terdapat selaput renang di jari kaki. 1998). Berdasarkan ciri-ciri tersebut Sp 4 merupakan family Megophridae dengan jenis Megophrys montana (Iskandar. KUNCI DIKOTOMI FAMILY AMFIBI 1a 1b 2a 2b 3a 3b 4a 4b Tubuh tanpa tungkai …………………………………………. Berdasarkan ciri-ciri tersebut Sp 6 merupakan family Racophoridae dengan jenis Polypedates maculatus (Iskandar. moncongnya runcing. mata berada disamping. tubuhnya ramping. kulitnya kasar. terdapat diskus hanya diujung pada jari kaki dan tangan. terdapat sepasang lipatan dorsolateral di punggung. Berdasarkan ciri-ciri tersebut Sp 2 merupakan family Bufonidae jenis Bufo sp (Zweifel. Berdasarkan ciri-ciri tersebut Sp 5 merupakan family Microhylidae dengan jenis Microhyla palmipes (Iskandar.3 Tungkai relatif pendek …………………………………..…………………4 Tungkai relatif panjang ………………………………………….. kaki belakang lebih panjang dan mempunyai diskus pada jarinya. moncongnya tumpul. kepala jelas ………………………. 1998). moncongnya tumpul.

ujung jari kaki diakhiri tanpa cakar. moncong relatif tajam. tanpa “pita terang” yang lebar pada bagian belakang. biasanya tidak “arboreal” .. warna kemerahan. tidak ada “parotoid glands” yang Warna hitam atau hitam keabuan. moncong pendek. tanpa lipatan “dorso-lateral”.(tidak diidenfikasi) Tubuh relatif besar. mata tidak memisahkan bagian atas dengan bagian bawah cakram……………………. dan keabuan tapi tidak rata …………………………………………………………… (Dicroglossidae) terlalu besar. tungkai depan dan belakang dengan dengan ujung jari rata dan lebar.……………………6 melingkar ………………………………………….LEPTOPHRYNE (5) besar.……. mencapai 120 mm.(tidak diidentifikasi) dengan “kutil-kutil” hitam.…Kaloula baleata . kecoklatan. sepasang lipatan “dorsorata. ujung jari tidak meluas atau jika meluas tidak rata dan tanpa lekukan tipis Warna bagian belakang biasanya berbeda dengan bagian samping.. ujung jari kaki diakhiri dengan cakar hitam ………………………………(9) Pectoral girdle firmisternal …………………………………………. 3 Kepala dengan sepasang pematang parietal …………………………………………. ditutupi oleh “kutil-kutil”. ujung jari umumnya meluas dan rata dengan lekukan tipis melingkar Tubuh gemuk.BUFO (2) jelas………………………………………………………………….RANIDAE (Raninae) 6b Tubuh ramping. KUNCI UNTUK GENUS DAN SPECIES BUFONIDAE sepasang “parotoid glands”……………………………………………………………. dengan sepasang pita yang buruk mulai bintik inguinal merah (inguinal spots)……………………………………………………. 4 Kepala tanpa sepasang pematang parietal. kulit sangat berkerut/keriput.…………………………………….…………………. umumnya memiliki Tubuh umumnya tidak lebih besar dari 50 mm.9 7a 7b 9a 9b 1a 1b 2a 2b 3a 3b Kepala umumnya tidak rata. (3) dari belakang mata dan melebar di belakang ke arah paha dan berakhir sebagai bintik inguinal orange atau kuning …………………………………………………………….……………………………………………..Bufo melanostictus KUNCI UNTUK GENUS DAN SPECIES MICROHYLIDAE 1a 1b 2a 2b Tubuh kurang dari 30 mm …………………………………………………………… 4 Tubuh lebih dari 30 mm ……………………………………………………………… 2 Tubuh kecil dampai 60 mm.…………………………………. tanpa Tubuh gemuk dan besar dengan tungkai pendek. jari tungkai depan dan belakang dengan ujung jari yang meluas dan ……. mata ralatif besar.….5a 5b 6a Tubuh ramping.. dan “arboreal” …………………………………………………………………………………. tapi mungkin saja meluas Kepala rata. parotoid kecil. mencapai 120 mm .…………………………………………….7 lateral”. RACHOPORIDAE Pectoral girdle arciferal …………………………………………. Tubuh sekitar 50 – 80 mm ……………………. tubuh lebih Warna coklat keabuan atau coklat kemerahan ………………………………………..

bagian belakang dengan tanda anak panah ……………………………………………………………………………. Jari tungkai dengan ujung jari kecil.………………………….Microhyla palmipes KUNCI UNTUK SPECIES RANIDAE 1a 1b 2a 2b 3a 3b 4a 4b 5a 5b 6a 6b Ujung jari meluas. telur sekitar 3 mm. bagian belakang dengan strip Jari lebih atau kurang dari 2-3 berselaput. species tunggal Selaput tungkai belakang hanya pada dasarnya.(tidak diidentidikasi) ukuran mencapai 65 mm …………………………. ujung jari dengn bawah.. betina mencapai 120 mm ………………. 4 Warna umumnya tidak hijau.Rana hosii Kulit dengan kutil-kutil yang rata dari atas ke samping. tanpa .. tungkai belakang sangat panjang dan ramping. bagian samping hitam.. sebuah lekuk tipis melingkar memisahkan bagian atas dari bagian Jari dengan atau tanpa ujung jari yang meluas. …………………………………………………………. ukuran lebih dari 55 mm ………………………………………………………………………………(tidak diidentifikasi) KUNCI UNTUK SPESIES DICROGLOSSIDAE 1a Kulit licin dan keriput/berkerut.………………. bagian belakang seringkali dengan bintik hitam..3a (4) 3b 4a 4b Jari dan ujung jari tidak meluas ……………….(tidak diidentifikasi) dengan lekuk tipis melingkar ……………………………………….……RANA (HYLARANA) ………………………………………………………. Kulit umumnya licin atau ditutupi oleh kutil-kutil kecil berserakan pada bagian belakang Tungkai seringkali kemerahan.MICROHYLA Jari tungkai belakang dan depan meluas..(tidak diidentifikasi) ………………………………………………………………………………………………… 6 betina lebih dari 80 mm ……………………………………………..………………RANINAE (2) ……………………………………………………………………….. kadang-kadang dibatasi warna hitam Bagian samping umumnya gelap.……………Rana chalconota 2-3 ruas jari terbebas dari selaput.. tubuh coklat dengan bulatan hitam.(tidak diidentifikasi) ……………………………………………………………………………….. bagian Sepasang lipatan dorso-lateral.……DICROGLOSSIDAE belakang ditutupi bulatan hitam ………………………. tapi mungkin memiliki sedikit warna hijau ………… 5 Sepasang lipatan dorso-lateral berwarna cream. membulat meluas. bagian belakang coklat.(tidak diidentifikasi) rangkap ……………………………………………………………………. ujung jari tungkai depan dan belakang meluas dan rata Warna hijau ………………………………………………………………………….. tapi tanpa lekuk tipis melingkar Tanpa lipatan dorso-lateral yang jelas.…. ukuran Tungkai umumnya coklat.…………….………………….

lekuk tipis melingkar. betina mencapai 50 mm... selaput umumnya tidak penuh pada ruas terakhir Tubuh pada ukuran medium... satu lipatan memisahkan kepaladari tubuh.…Limnonectes kuhlii umumnya berwarna coklat kemerahan …………………………………. bagian belakang terkadang dengan kutil-kutil. metatarsal dengan 1 kutil.…13 dengan bintik gelap …………………………….…. warna kulit seperti daun mati…. kehijauan Tubuh kecil.. Jantan dengan “taring” pada rahang bawahnya ……………………………………………………………………………… LIMNONECTES (2) 1b Kulit tertutupi dengan kutil-kutil memanjang.. jantan mencapai 40 mm. kulit relatif licin... kulit relative keriput/berkerut...…… Megophrys montana 1b Kulit pada mata atas tidak meruncing dan tidak memanjang..…………………………………………….. kepala lebih pendek……………………………….. betina mencapai 60 mm... kehijauan atau keabuan dengan bintik gelap ……………………………………………………………………………Fejervarya cancrivora 3b 4a 4b Tubuh umumnya tidak lebih dari 70 mm... tympanum tidak terlihat Tubuh sangat besar mencapai 150 mm....(tidak diidentifikasi) KUNCI UNTUK SPESIES MEGOPHRYDAE 1a Kulit pada mata bagian atas meruncing dan memanjang..(tidak diidentifikasi) metatarsal dengan 2 kutil. kecoklatan atau kehijauan jari keempat.. sepasang lipatan garis dorsolateral..warna tubuh agak gelap dengan motif bercak-bercak………………………………………(tidak diidentifikasi) .……………… FEJERVARYA (3) 2a 2b 3a Tubuh gemuk. walaupun ada …………………………………………………………….. sepasang lipatan di bagian leher pada jantan.…………Fejervarya limnocharis dengan bintik hitam yang simetris ……………………………………….. Tubuh relatif besar mencapai 80 – 100 mm. selaput umumnya penuh pada jari keempat.. mencapai 80 mm. jari tanpa ujung yang meluas. tanpa “taring” pada rahang bawah ………………………………………………………………. jantan sekitar 50 mm.....

USA : American Museum of Natural History. Encyclopedia of Reptiles and Amphibians. D. Zweifel. Iskandar. . 1998. Bogor : Puslitbang LIPI. 2006. San Diego: Academic Press. 1998.T. Amfibi Jawa dan Bali – Seri Panduan Lapangan. Amphibian Species of the World Version 3.DAFTAR PUSTAKA FROST. DARREL R. Richard G.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful