Dampak Globalisasi dalam bidang Ekonomi : 1.

Dampak globalisasi dalam bidang ekonomi, antara lain : Globalisasi dan liberalisme pasar telah menawarkan alternatif bagi pencapaian standar hidup yang lebih tinggi. Semakin melebarnya ketimpangan distribusi pendapatan antar negara-negara kaya dengan negara-negara miskin. Munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan transnasional. Membuka peluang terjadinya penumpukan kekayaan dan monopoli usaha dan kekuasaan politik pada segelintir orang. Munculnya lembaga-lembaga ekonomi dunia seperti Bank Dunia, Dana Moneter Internasional, WTO. 2. Dampak Globalisasi dalam bidang Sosial Budaya : Semakin bertambah globalnya berbagai nilai budaya kaum kapitalis dalam masyarakat dunia. Merebaknya gaya berpakaian barat di negara-negara berkembang. Menjamurnya produksi film dan musik dalam bentuk kepingan CD/ VCD atau DVD. 3. Dampak Globalisasi dalam bidang Politik Negara tidak lagi dianggap sebagai pemegang kunci dalam proses pembangunan. Para pengambil kebijakan publik di negara sedang berkembang mengambil jalan pembangunan untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi. Timbulnya gelombang demokratisasi ( dambaan akan kebebasan ). Pengaruh positif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme : 1. Dilihat dari globalisasi politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan djalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat. 2. Dari aspek globalisasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa. 3. Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk

Globalisasi mencakup semua aspek atau bidang kehidupan. yaitu: a. Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia. Aspek Politik Dampak positif di bidang politik dengan adanya globalisasi yaitu diantaranya pemerintah yang ada dilaksanakan secara transparan. Pizza Hut. Rakyat akan percaya terhadap penguasa yang menjalankan pemerintahannya. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Dengan begitu akan ada check and balance. Coca Cola. Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia. Dengan adanya keterbukaan akan dapat dicegahnya praktek KKN untuk menuju pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Pemerintah akan memperoleh legitimasi dari rakyatnya.dll. Pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai.meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa. Dengan adanya pemerintahan yang demokratis akan meningkatkan partisiasi rakyat dalam pemerintahan. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang 2. karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat. 3. ekonomi. Masyarakat yang demokratis pun akan kritis terhadap jalannya pemerintahan. sehingga dapat dihindari adanya penyalahgunaan kekuasaan. .nilai nasionalisme : 1. Globalisasi yang dikenal saat ini memiliki dampak positif dan negatif. yaitu bidang politik.) membanjiri di Indonesia. Dari globalisasi aspek ekonomi. demokratis dan penuh kebebebasan. Aspek dan Dampak Globalisasi dalam Kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia. hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald. maupun praktek pemerintahan yang menyeleweng dari konstitusi. sosbud dan pertahanan keamanan.

Mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi dan menghilangkan biaya . Padahal apa yang ada di luar negeri belum tentu sesuai dengan kehidupan dan tradisi bangsa kita. Dapat meningkatkan kesempatan kerja dan devisa Negara Mendorong kita untuk meningkatkan kualitas produk yang tinggi. Aspek Ekonomi Globalisasi dalam bidang ekonomi mempunyai dampak positif antara lain. Mengakibatkan neraca perdagangan kita akan minus. bahkan mereka dapat mendikte pemerintah atau bangsa kita. barang luar negeri bisa mengalahkan produksi dalam negeri. karena kualitas barang luar negeri lebih bagus dan lebih murah dibanding produksi bangsa sendiri. b. Persaingan bebas mengakibatkan adanya kesenjangan antar pelaku ekonomi. Tidak berhenti dari itu. ada pula dampak negatif dari globalisasi. pertahanan dan ketahanan bahkan npersatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Antara kaya dan miskin kesenjangannya akan tajam. dapat mempengaruhi kita untuk mengikutinya. Akan ada yang menang dan akan ada yang kalah. Sementara bila tidak mengikuti akan diaggap tidak aspirstif sehingga dapat megganggu kestabilan nasional. Dampak negatif dengan adanya globalisasi yaitu mampu membuka cakrawala berpikir masyarakat secara global. Dengan kebebasan masuknya investasi luar negeri dalam Negara kita. Yang menang akan mampu memonopoli dan yang kalah hanya akan tersisih dan menjadi penonton kegiatan perekonomian.Sesuatu yang diterapkan di luar negeri.. antara lain yaitu: Dengan keterbukaan perdagangan maka kita akan dibanjiri barang-barang dari luar. Yang tidak sesuai kepribadian bangsa kita. yaitu: 1) 2) 3) 4) tinggi.Disamping dampak positif. bisa jadi suatu saat mereka bisa mengendalikan dan menguasai perekonomian Indonesia. Bahkan apabila kita tidak bisa memproduksi barang lebih bagus dari barang-barang luar negeri. Namun keberadaan globalisasi juga mempunyai dampak negatif bagi perekonomian bangsa Indonesia. Makin terbukanya pasar Internasional bagi hasil produksi dalam negeri. sehingga melahirkan kelas-kelas ekonomi.

meneliti dan menulis. suka membaca. paham mengenai suatu kenikmatan hidup sebagai nilai tertinggi. regional. globalisasi menjadikan kemajuan teknologi juga juga digunakan oleh jaringan penjahat internasional untuk beroperasi di berbagai negara. Penjahat-penjahat dari dalam negeri yaitu warga Negara Indonesia yang melakukan . jujur. rasional. misalnya kerjasamam dengan negra-negara ASEAN dalam bidang kemiliteran. Misalnya saja etos kerja yang tinggi. latihan perang bersama. antara lain yaitu : 1) 2) pribadi. Kerjasama memperkuat keamanan dan pertahanan wilayah regional. sportif.c. tanggungjawab. maupun internasional. Aspek Pertahanan dan Keamanan Dampak positif globalisasi dalam aspek pertahanan dan keamanan dapat dilihat dengan adanya hubungan kerjasama antar bangsa. 3) 4) 5) Rasa kekaluargaan yang akan berkurang dengan adanya jiwa individualis. Globalisasi di bidang ini mempunyai pengaruh negatif pula. serta cara hidup yang baik maupun teknologi. yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Mengenai dampak negatifnya di bidang ini. Aspek Sosial Budaya Di dalam aspek social budaya. Kesenjangan social semakin tajam. mandiri. komunikasi serta ilmu pengetahuan yang lebih maju dari negara lain. pola berpikir. Munculnya hedonisme. globalisasi memberikan dampak positif dengan kita dapat mengambil atau belajar dari tatanan nilai sosial budaya. Misalnya saja dengan cara saling tukar informasi mengenai adanya ancaman dan gangguan keamanan akan lebih cepat diketahui sehinnga dapat diantisipasi lebih dini secara bersama-sama sebelum meluas dan mempunyai kekauatan yang besar. jaringan teroris dan semua kegiatan yang dianggap membahayakan negara. Liberalisme akan tumbuh. pemberantasan jaringan narkoba. perjanjian ekstradisi. Budaya-budaya tradisional kita akan tergeger oleh budaya negra lain. Hal trersebut memaksa manusia untuk memenuhi keinginan dan kenikmatan d. khususnya bidang pertahanan dan keamanan baik kerjasama bilateral. bahkan semua terprogram. disiplin.

mudah melarikan diri ke Negara lain dan menetap di sana bahkan para penjahat politik dapat memperoleh suaka politik.tindak pidana misalnya saja korupsi. makar terhadap pemerintahan negara. . membunuh dan sebagainya. Hal ini sangat merugikan bagi bangsa Indonesia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful