Moon Face

 Moon Face merupakan suatu kondisi wajah yang membulat dan membengkak akibat timbunan lemak atau akumulasi lemak yang berlebihan pada wajah sehingga terlihat berisi dan bulat menyerupai bulan.  Moon face merupakan gejala klinik dari cushing sindrom.  Penyebab: o Endogen: produksi hormone kortisol yang berlebihan oleh kelenjar adrenal (misalnya pada kerusakan hipotalamus atau hipofisis, keganasan atau tumor, stress) Eksogen: penggunaan obat golongan steroid (misalnya kortikosteroid atau glukokkortikoid dan lain-lain) dalam waktu jangka panjang.

o

Face Swelling

Face swelling nerupakan suatu tonjolan atau pembesaran atau peningkatan volume pada bagian atau daerah wajah yang abnormal dan transient yang tidak disebabkan oleh proliferasi sel, misalnya karena:  Edema: karena adanya cairan dalam jumlah besar yang abnormal di ruang jaringan interselular tubuh; biasanya menunjukkan jumlah yang nyata dalam jaringan subkutis. Edema dapat terbatas, disebabkan oleh obstruksi vena atau saluran lymphatic atau peningkatan permeabilitas vascular, atau bersifat sistemik akibat dekompensio kordis atau penyakit ginjal.  Emphysema: terkumpulnya udara secara patologik dalam jaringan atau organ.  Hematoma : penggumpalan darah yang terlokalisasi, umumnya menggumpal, pada organ, rongga, atau jaringan, akibat pecahnya dinding pembuluh darah.  Dan lain-lain

Plethoric Face

Plethoric Face adalah berlebihnya vaskularisasi pembuluh darah disebabkan oleh obstruksi vena, peningkatan permeabilitas vaskuler sehingga wajah terlihat merah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful