Uji Validitas dan Reliabilitas menggunakan SPSS 15.

0 (part 2)
Note: pindahan dari http://nazhara.multiply.com B. Uji Validitas dan Reliabilitas menggunakan SPSS 15.0

Jun 27, '09 8:18 AM untuk semuanya

Langkah-langkah Uji Validitas dan Reliabilitas menggunakan SPSS 15.0 adalah sebagai berikut: 1. Buka lembar kerja SPSS for Windows >> Blank Document pada komputer Anda. Masukkan data yang ada. (lihat gambar1).

Gambar 1. Data dimasukkan dalam lembar kerja SPSS 2. Lakukan analisis data menggunakan Analyze >> Scale >> Realibity Analysis

Gambar 2. Analyze – Scale - Reliability Analysis 3. Muncul kotak Reliability Analysis seperti pada gambar 6. Masukkan semua variable yang ada, yaitu soal1-26 ke dalam kotak items, dengan mengklik tomol anak panah.

scale. Kotak dialog Reliability Analysis: Statistics C. dan scale item deleted.Sehingga tampilan yang muncul adalah gambar 3. lakukan centang pada Descriptive for untuk item. Interpretasi Hasil Uji Reliabilitas . lalu None pada Anova Table. Gambar 5. Gambar 3 Variabel sebelum dipindahkan ke dalam kotak Items Gambar 4 Variabel setelah dipindahkan 4. Isi kotak reliability Analysis Statistics yang muncul. Lalu klik continue.

0 Untuk mengetahui soal yang valid dan tidak valid. dilihat pada nilai alpha = 0. Russefendi. Umar.736.388 . Jakarta:Rineka Cipta. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru Edisi Keempat. Metode Riset Bisnis: Panduan mahasiswa untuk melaksanakan Riset dilengkapi contoh proposal bisnis dan hasil riset bidang Manajemen dan Akuntansi.Bandung:Penerbit Tarsito. dilihat nilai korelasi lalu dibandingkan dengan table corelasi product moment untuk dk = n-1 = 26-1 = 25 untuk alpha 5% adalah 0. 1993. artinya signifikan / reliable. 22. Dicocokkan dengan nilai table r product moment adalah 0.Prof. .Hasil Output Uji Reliabilitas dan validitas menggunakan SPSS 15. Ternyata. yaitu soal no 1.396.17. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama. alpha lebih besar dari r table. 21. 16. Sedangkan untuk mengetahui soal tersebut reliable atau tidak. 2002. Manajemen Penelitian. 1989. Daftar Pustaka : Arikunto. 0. ET. 6. dan 24. Husein. Jadi soal yang tidak valid ada 7 soal. Suharsimi.

Validitas dan Realbilitas dengan SPSS 16 Langkah-langkah uji validitas dan reliabilitas dengan SPSS 16  buka program SPSS 16. Jika nila r pada Cronbach's Alpha > r tabel maka kuasioner dikatakan reliabel . Jika nilai korelasi pada " Corrected Item-Total Correlation" lebih besar dari r tabel maka pertanyaan kuasioner di katakan valid. scale. dan scale item deleted" pada Descriptive for >> continue  OK. maka dapat dilihat dari nilai korelasi pada hasil output pada Corrected Item-Total Correlation pada tabel output "item-total statistics" kemudian nilai korelasi tersebut dibandingkan dengan table corelasi product moment dengan df = n-1 dengan taraf signifikansi alpha 5% . interpretasi output uji validitas dan reliabilitas Untuk mengetahui soal yang di ujikan valid dan tidak valid. tuliskan nama variabel pada "variable view" kemudian masukkan datanya pada "data view"  pilih "Analyze >> Scale >> Reliability Analyze"  muncul kotak "Reliability Analyze >> masukkan variabel pada kotak "item" >> untuk kotak model pilihlah "Alpha"  klik menu statistic dan aktifkan menu "item. sedangkan untuk uji reliabilitas dapat dilihat dari hasil output pada tabel "Reliability Statistics".

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful