Wing Chun

Lambang Wing Chun Wing Chun (mandarin: 詠春; pinyin: yǒng chūn; secara harfiah berarti "nyanyian musim semi" atau mandarin : 永春; secara harfiah berarti "musim semi abadi"), juga dieja sebagai Ving Tsun atau Wing Tsun adalah seni bela diri Cina dan bentuk bela diri yang mengkombinasikan penyerangan dan pergulatan dan spesialisasi di pertarungan jarak dekat.

Sejarah
Sejarah Wing Chun lebih banyak diceritakan turun temurun dari guru ke murid, tidak ada catatan resmi mengenai siapa dan kapan diciptakan. Menurut versi Ip Man, Wing Chun diciptakan oleh Ng Mui pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi (1661-1722), Dinasti Qing. Setelah dihancurkannya Kuil Shaolin di Fujian oleh pasukan Qing, kepala biarawati Ng Mui mengungsi ke Gunung Daliang (大涼山) di perbatasan antara Yunnan dan Sichuan. Suatu hari, dia melihat pertarungan antara ular dan burung bangau, kemudian Ng Mui mengambil pelajaran dari mengamati pertarungan antara kedua hewan itu dan mengkombinasikannya dengan kungfu Shaolin kemudian menciptakan kungfu dengan gaya baru. Ng Mui sering membeli tahu dari seorang tukang tahu bernama Yim Yee (嚴二). Yim Yee mempunyai seorang anak perempuan bernama Yim Wingchun (嚴詠春) yang dipaksa menikah dengan Jenderal militer setempat. Ng Mui mengajari

Yim Wingchun ilmu kungfu barunya untuk menyingkirkan Jenderal setempat itu untuk selamanya dan akhirnya berhasil. Yim Wingchun kemudian menurunkan ilmunya kepada Leung BokChao (梁博儔), suaminya sendiri. Pemakaian nama "Wing Chun" dimulai pada saat itu.

Karakteristik
Wing Chun adalah sebuah bentuk seni bela diri yang sangat unik, spesialisasi pada pertarungan jarak dekat, memakai pukulan cepat dan tendangan dengan pertahanan yang ketat serta ketangkasan gerak kaki untuk mempercepat gerak maju. Wing Chun yang efektif dapat dicapai dengan kordinasi antara serangan dan pertahanan yang serentak dan serangan balik. Dari hal tersebut Wing Chun menjadi suatu ilmu bela diri yang baik dalam hal pertahanan diri. Seorang murid harus belajar untuk mengantarkan jumlah energi yang tepat dengan keadaan santai. Guru Wing Chun yang baik akan mengajarkan muridnya untuk mengatasi keadaan dengan mengatur posisi dan mengelak daripada menghadapi langsung. Gaya Wing Chun meliputi tendangan, menangkis, serangan beruntun, tinju, menjebak dan mengontrol teknik sebagai bagian dari pertarungan itu sendiri.

Latihan Dasar
Kuda Kuda Kuda-kuda (English :Stance) dianggap sebagian besar praktisi beladiri modern sebagai sesuatu yang kuno dan kurang berguna, namun sebenarnya banyak aspek yang terkandung di dalam latihan kuda-kuda. Kuda-kuda dalam beladiri internal adalah aspek Di (Bumi), dalam teknik tenaga dalam kuda-kuda sangat dibutuhkan dalam aspek Tenaga Bumi. Latihan Kuda-kuda banyak fungsinya, asalkan kita mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi Kita saat melakukan Kuda-kuda. Cara yang paling gampang adalah visualisasi energi Chi kita sebagai Cahaya Putih. Kalau kita ingin memperkuat Kaki kita, lakukan aliran Chi ke Kaki, begitu juga kalau mau ke tangan. Kalau ingin memencarkan Chi ke seluruh tubuh, maka lakukanlah pernapasan biasa, dan tahan di Dan Dian (pusat energi Chi, terletak 3 jari tangan kanan di bawah pusar ) lalu sebarkan ke seluruh tubuh. Kuda-kuda yang dilakukan yang banyak ditentang oleh praktisi modern adalah efektivitasnya dalam pertarungan. Pertarungan maupun teknik beladiri mengalami banyak sekali perubahan dan transformasi

sekarang lebih ke teknik. 2. tulang belakang. Karate Kempo. paha. maka jika ada penyerang dari sebelah kanan. kestablian. kuda-kuda bentuk sedang yang diajarkan Beliau adalah hasil analisis terbaik menurut beliau. Hang Ma ini sangat berguna pada pertarungan. Kuda-kuda besar. Menurut Beliau. dimana seperti style pada beberapa macam beladiri. Alm. namun cepat. dilatih kekuatan jari kaki. Ada 3 macam pergeseran kuda . Hang Ma maju dan mundur satu kaki ( Same Leg Body Movement Step ) Pada style ini. namun kecepatannya akan melambat. Hang Ma di tempat ( One Spot Body Movement Step ) Pada style ini. kita bisa bergerak dalam kondisi menyerang. akan menghasilkan tenaga yang besar. kita langsung beralih ke sebelah kanan. pada Hang Ma ini. serta kordinasi otot.serta evolusi. begitu juga saat posisi depan dan belakang. Bruce Lee ( Lee Siao Lung ) pernah menganalisis berbagai beladiri. dll. GM. Kuda-kuda ini kalau latihan digenjot akan meningkatkan teknik flesiblelitas teknik langkah. Kuda-kuda dalam Wing Chun disebut juga kuda-kuda San Zhan ( atau Kuda-kuda Gunung) atau dalam bahasa Jepang disebut San Chin Daiichi. telapak Pisau kaki . tulang ekor. sangat ditekankan pada rotasi pada pinggang. Banyak praktisi beladiri konservatif yang selalu mempertahankan bentuk kuda-kuda saat mereka Fighting. Dimana sekarang standing style dari kebanyakan beladiri lebih fleksibel daripada pemakaian kuda-kuda. Contoh. Thai Chi. sehingga badan semakin ringan. FMA. samping kaki. Jujutsu.kuda dalam wing chun (mandarin : Hang Ma) diantaranya : 1. Pelatihan pertama adalah latihan Kuda-kuda tetap. hal ini memengaruhi efektifitas dan efisiensi gerakan mereka sendiri. saat kita sedang menghadapi lawan di sebelah kiri. Dalam teknik ini. Begitu juga kuda-kuda yang kecil akan menghasilkan tenaga yang kecil. dimana pusa pergeseran paling besar adalah di pinggang. Hang Ma menitik beratkan pada salah satu titik di salah satu kaki. Seperti salah satu evolusioner Kungfu Wing Chun. Dimana dulu pertarungan memakai tenaga. dimana kita bisa langsung memutar badan ke arah lain tanpa bertukar tempat. waktu kita maju. tercatat beberapa beladiri dianalisis beliau dan diimplementasikan serta diokulasi ke dalam Wing Chun yaitu Taekwondo. .

Cabang . kaki kanan duluan. aplikasi latihan ini akan bermanfaat saat kita melatih teknik kedua yaitu Chum Kiu dan latihan tenaga Biu Gee. waktu ke kiri. Cabang Wing Chun Garis keturunan enam generasi pertama Wing Chun Wing Chun memiliki banyak cabang karena biasanya masing masing guru mempunyai beberapa murid yang akhirnya menyebar ke penjuru dunia. Hang Ma Ganti Kaki ( Change Leg Body Movement Step ) Pada style ini kita bisa bergerak menyerang. Begitu juga halnya dengan Leung BokChao memiliki tiga orang murid yaitu Leung Yeetai. latihan posisi ini sangat berguna saat bertarung di tempat yang tidak rata. namun kebanyakan posisi ini hanya untuk latihan atau pun pada posisi tertentu. dan waktu ke kanan. yaitu posisi berdiri satu kaki.kaki depan maju dahulu. bertahan ataupun melakukan serangan sembari bertahan. waktu mundur. kaki kiri duluan.cabang Wing Chun yang ada diantaranya :    Ip Man Yiu Kai Jiu Wan . kaki belakang mundur duluan. 3. Sebenarnya masih ada satu lagi posisi kaki. Wong Wahbo dan Dai Fa Minkam.

kisah kehidupannya dan Wing Chun dibuat menjadi film layar lebar diantaranya Ip man 1. Wang Kiu (王喬). Bruce Lee. Dia adalah orang pertama yang mengajar Wing Chun kepada khayalak ramai. Lo Man Kam. Lok Yiu (駱耀). Stanley Chan.        Gulao (Desa Koo Lo) Pan Nam Yuen Kay-San Nguyễn Tế-Công (Wing Chun Vietnam 永春) Keluarga Cho Hung Fa Yi / Hung Suen Wing Chun Kuen Pao Fa Lien Fut Sao (Tangan Buddha) Dari semua cabang Wing Chun yang ada. Ip Ching. Lee Che Kong. Duncan Leung. . Chris Chan (陳成 Chan Shing). Wong Chok. Law Bing. Cabang Ip Man Samuel Kwok (kiri) dan Ip Ching (kanan) mempraktekkan jurus "Chi Sau" Ip Man sangat dihormati oleh instruktur bela diri lainnya di Foshan dan Hong Kong. Murid terkemuka dari Ip Man diantaranya adalah Lun Gai. Derek Fung (馮平波 Fung Ping Bor). Chu Shong-tin(徐尚田). kebanyakan dari muridnya membentuk perguruan Wing Chun sendiri. Gwok Fu. Ip Man 2 dan The Legend Is Born – Ip Man. Kang Sin Sin ( Kwong Sun Sun )dan Leung Ting (梁挺). Victor Kan. Chow Sze Chuen. Hawkins Cheung. Karena Yip Man sangat terkenal. William Cheung. Ip Chun. cabang Ip Man lah yang paling terkenal dan berkembang pesat sampai mancanegara. Setelah kematiannya. Leung Sheung (梁相). Moy Yat. Tam Lai. Ho Kam-Ming. Yip Bo Ching (葉步青). Lee Shing. Wong Long. Wong Shun Leung(黃淳樑).

Eropa. Samuel Kwok menyebarkan Wing Chun sampai ke mancanegara seperti Inggris. Cina. Cabang Yiu Kai Yiu Kai belajar Wing Chun dari ayahnya seperti halnya murid dari Chan Wahshun. Ayah dari Yiu Kai adalah Yiu Choi (dieja Yoo Choy pada tahun 1920an'. Guru Besar Tjia Fun Jia bermigrasi ke Indonesia dan kemudian melanjutkan pengembangan Wing Chun sebagai cabang perguruan. Praktisi Wing Chun Praktisi Wing Chun yang terkenal :         Ng Mui Yim Wingchun Leung Jan Leung Bik Chan Wahshun Ng Chungsok Ip Man Ip Chun . yang diturunkan dari Ip Ching dan Ip Chun. Australia.Salah satu praktisi Wing Chun dari cabang Ip man adalah Samuel Kwok. Cabang Wing Chun Yoo-Choy (YiuChoi) disebut dengan 'Arus tangan ular'. Muridnya yang terkemuka diantaranya adalah Leung Keung. Ng Chungsok. Wing Chun Kungfu Academy Di Indonesia ada sebuah Perguruan Wing Chun resmi aliran Ip Man yang bernama "Wing Chun Kungfu Academy Indonesia". Seorang praktisi Wing Chun. Wing Chun Indonesia Wing Chun Bendera Hitam Wing Chun Bendera hitam atau lebih dikenal dengan "Hek Ki Boen Eng Chun Kun" adalah aliran ilmu bela diri Wing Chun yang berasal dari propinsi Fujian (Hokkian). kedua putera Ip Man. salah satu pendirinya yaitu Suwanto Lim. WaiPo Tang. Sumatera Utara. seorang praktisi Wing Chun yang berdomisili di kota Medan.30an'40an'50an' & 60an'). Indonesia dan Afrika. Singapura. Amerika.

Y. Y. Samuel Kwok Homepage .Preserving the Wing Chun Kung Fu of Ip Man. Robert. Ritchie. ISBN 0-8048-3141-6. Boston: Tuttle Publishing. 永春 in usage : Leung Ting.co.kwokwingchun. http://www. Deklarasi berdirinya Asosiasi Bela Diri Wing Chun Indonesia.com. Rene Ritchie. & Wu. Roots and Branches of Wing Tsun and Robert Chu.uk/ . Rene. Complete Wing Chun: The Definitive Guide to Wing Chun's History and Traditions and Ritchie. Rene. Complete Wing Chun: The Definitive Guide to Wing Chun's History and Traditions. "What's in a name?" Inilah. Wu. (1998).       Ip Ching Bruce Lee Kang Sin Sin Samuel Kwok Suwanto Lim Master Wong Chen Wie Hong Referensi     Chu.

akhirnya beliau menyesuaikannya untuk manusia. seni yang dikembangkan melalui karakteristik otot manusia. sehingga terciptanya ilmu WingChun. dan merupakan kenyataan yang tidak dapat dirubah. teor kekuatan.Sistem Ilmu WingChun Ilmu Wing Chun adalah diciptakan oleh WuMei (Ng Mui). seorang bikuni dari Shaolin. Prinsip WingChun tidak tergantung pada kekuatan fisik dalam pertarungan. . Karena secara physiologis. Setelah SiCo WuMei menyaksikan pertempuran antara Bangau dan Serigala. sampai saat ini telah tiga ratusan tahun. kekuatan dan kemampuan badan semakin hari semakin berkurang. Seni ini dinamakan setelah mengajarkan ke murid pertamanya seorang perempuan muda yang bernama Yim Wing Chun dan diwariskan melalui generasi sampai sekarang. dan kekuatan pikiran serta potensi kekuatan seseorang. hal ini adalah proses yang harus dilalui oleh setiap orang. kondisi tubuh akan menurun mengikuti umur. Namun jika dapat menciptakan sebuah metode yang dapat menghemat energi. dapat mengurangi kelemahan akibat penuaan. struktur rangka. Jika berharap tehnik yang menggunakan tenaga.

ia memutuskan untuk melatih bentuk jurus saat liburan di resort Ski Val d’lsere. lalu untaian tetesan air yang membeku pada ujung hidungnya! Dengan konsentrasi beliau mulai latihan bentuk jurus dengan beberapa menit ia merasa sirkulasi darah hangat melalui badannya sebagaimana energi mulai mengalir. WingChun tidak menggunakan teknik yang melebar. sehingga teknik gerak dari garis-tengah badan. Siu Nim Thao adalah sebuah jurus yang terpenting karena memuat semua teknik tangan WingChun. Meskinpun suhu udara -15 derajat. aksi kelangsungan. Nilai Siu Nim Thao dalam mengembangkan tenaga dalam sebagai contoh. Para murid harus melatihnya paling kurang 15 menit. ia membuka jaketnya untuk berlatih.Karakteristik utama sistem WingChun adalah gerakan yang ekonomis. pukulan vertikal lurus. yang artinya angan-angan kecil/niat kecil. Sehingga menghemat energi dan jarak jadi singkat. Teori ini adalah berdasarkan fakta bahwa jarak tersingkat antara dua titik adalah sebuah garis lurus. Yang pertama adalah “Siu Nim Thao ”. Dalam WingChun ada tiga bentuk jurus. Yang kedua adalah “Cham Khiu” (pencarian tangan) dan yang ketiga adalah “Piu Tzi” (Serangan jari). Untain tersebut mencair. Siu Nim Thao juga melatih kuda-kuda dan membantu mengembangkan Energi (Qi) nya. Awalnya. jari kaki beliau mati rasa. lengket tangan dan teori garis-tengah. arus atau teknik sirkular sehingga setiap serangan meliputi gerakan yang minimal. ketika GM Victor Kan umur 45 tahun. WingChun juga kombinasi tangkisan dengan pukulan dan menyaring skill ini menjadi tingkat tinggi. ia dapat merasakan jari kakinya lagi dan ia diliputi uap panas! Itu adalah .

Dalam berlatih Siu Nim Thao. Malahan melalui latihan ChiSao/menempel tangan. Dalam kelas semua teknik adalah digunakan dengan pengendalian. “Loi Gong” (tenaga dalam) atau supranatural yang karena dianggap sebagai kekuatan yang luar biasa. tidak menjadi masalah untuk digunakan dalam keadaan memaksa. “Qi Gong”. Ada yang menyebutnya dengan istilah “Nim Lek”. murid lanjut belajar bentuk kedua yaitu Cham Khiu yang merupakan bentuk membela diri. murid akan lanjut ke Chi Sao atau metode menempel tangan.feeling yang dahsyat sekali! Ia merasa begitu segar dan ia mampu ski melewati pohon. semua gerakan adalah digerakan oleh kekuatan pikiran. mengajar murid bagaimana memutar dan secara serentak menangkis serangan lalu membalasnya secara langsung. Latihan metode menempel tangan mengembangkan waktu sebagaimana reflex. Pertama menggunakan satu tangan (Tan Chi Sao). kemudian dilanjut dengan dua tangan (Sheong Chi Sao). Ini akan membuat struktur tubuh mampu mempertahankan tekanan besar dan menghasilkan energi yang besar. Mewujudkan dengan latihan bentuk unik ini adalah prinsip inti WingChun dengan menggunakan tenaga lawan untuk melawannya. Bagaimanapun. relax dan tanpa tenaga fisik. Ini dikenal sebagai “Kuo Sao ” dan akhirnya mengembangkan menjadi format pertarungan penuh. Setelah berlatih Siu Nim Thao. para murid belajar mengembangkan sensitif pada tangan dan pergelangannya. Wing Chun tidak melawan kekuatan dengan kekuatan karena yang kuat selalu menang. Pengaturan napas untuk setiap gerakan. berikutnya ia akan belajar bagaimana menggunakan ChiSao/menempel tangan untuk kedua serangan dan perlindungan terhadap partnernya. sehingga mereka dapat menanggapi ditahap paling awal. . Begitu murid telah mahir dengan ChiSao. Setelah Kuo Sao. Hal ini membolehkan mereka untuk prediksi apa yang akan dilakukan lawan.

Teknik Tendangan akan dilatih selanjutnya. Piu Tzi utamanya adalah sebuah jurus penyerangan. Keduanya adalah ditendang melalui garis tengah badan dan gerakan pinggul. tidak seperti Cham Khiu. Bentuk tangan kosong terakhir adalah jurus Piu Tzi . sistem WingChun yang komplit meliputi dua jenis senjata yaitu Golok ganda PaCamDou dan tiang kayu panjang Lok Tim Pun . cara mengatur kaki dan kuda-kuda WingChun dapat menggunakan Orang Kayu dan mesti menunggu sampai mereka memiliki skill yang cukup. sedangkan golok ganda adalah senjata jarak dekat. Jarang tendangan dilakukan diatas pinggang karena tendangan rendah adalah tercepat dilakukan dan paling praktis dalam situasi pertarungan yang sebenarnya. Dua teknik dasar kaki WingChun adalah tendangan depan dan tendangan samping. . Teknik yang digunakan terhadap Orang Kayu adalah diambil dari bentuk-bentuk jurus WingChun yang diseleksi karena teknik yang sangat efektif dan praktis. Orang baru belum menguasai benar tentang teori. Selain bentuk tangan kosong. Kayu panjang digunakan diruang yang luas menghadapi lawan yang banyak. Penggunaan Orang Kayu yang benar meliputi pemahaman skill dalam prinsip WingChun yang disebut sebelumnya. Orang Kayu (Mok Yan Cong ) dirangkai sebagai bentuk lawan dan digunakan untuk murid tingkat yang tinggi untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam pertarungan dengan pengendalian.

mereka akan menjadi lebih baik. Sebuah pepatah Chinese mengatakan tiada artinya memiliki banyak pisau dalam satu saku jika tidak ada satupun yang dapat memotong. seribu jam latihan untuk pemakaian satu menit. dan mereka tidak dapat menangkis serangan lawannya. sifu/guru yang baik akan mengujinya dan mencari kerendahan hati. jika tidak pengetahuan mereka yang mendalam akan dangkal dan mereka akan mengembangkan kebiasaan buruk.Zaman sekarang. Posisi tangan mereka salah. Mereka mengatakan bahwa mereka memahami semua bentuk jurus tetapi ketika mereka mengikutserta dalam latihan ChiSao. Hal ini berbasis perkataan zaman dahulu bahwa ChiSao satu menit memberikan anda menentukan siapa pemain yang lebih unggul. para murid selalu meminta diajarkan bentukbentuk jurus yang tingkat lebih tinggi sebelum mereka belajar yang pertama. Banyak murid datang ke Club GM Victor Kan untuk latihan tingkat yang lebih tinggi. Tentu ini adalah omong kosong! Hal yang pokok adalah murid harus belajar dan memamahi bentuk jurus pertama sebelum kemajuan. sensitif tangan mereka kurang dan respon juga sangat lambat. Tanpa karakter tersebut tidak dapat mengembangkan skill yang benar dalam sistem. pengetahuan mereka yang dangkal akan nampakkan sendiri. Ingat. Jadi sikap mental yang benar adalah inti untuk sukses. Mereka pikir bahwa jika mereka belajar lebih banyak bentuk dalam waktu yang singkat. . keinginan untuk belajar serta ketekunan. Untuk melihat apakah murid memiliki sikap tersebut.

Karena guru Chan telah tua. Goang Dong. . maka Ip banyak belajar dengan murid kedua guru Chan yang bernama Ng Chung Sok . China pada tanggal 6 November 1893 dan meninggal pada tanggal 2 Desember 1972 (umur 79 tahun). Ip Man mulai belajar Wing Chun saat beliau umur 13 tahun dengan Chan Wah Shun yang ketika itu telah berusia 70 tahun.Great Grand Master Ip Man MAHAGURU IP MAN IP Man (Yip Man). nama lainnya Yip Kai Man lahir di Foshan. Chan meninggal setelah Ip Man masuk latihan tiga tahun yang kemudian kedudukan tersebut dilanjut oleh Ng Chung Sok.

Chow Kwong Yue disebut yang terbagus. Ip Man kembali ke FoShan saat ia berusia 24 tahun dan menjadi seorang polisi. Lun Kah. Ip Man melihat ini adalah kesempatan untuk membuktikan bahwa kemampuannya adalah bagus. Chan Chi Sun dan Lui Ying. Teman sekelas Ip Man kemudian memberitahukan hal ini ke seorang tua yang tinggal di apartemen yang sama. dan juga merupakan anak gurunya Chan. Ip Man mencampuri urusan seorang polisi asing yang sedang memukuli seorang wanita yang akhirnya polisi tersebut mencoba menyerang Ip Man. sebuah sekolah menengah untuk keluarga orang kaya dan orang asing yang tinggal di HongKong. Di sekolah tersebut. dan tidak secara resmi membuka perguruan WingChun. yaitu Leung Jan . Ip Man pindah ke HongKong dengan bantuan familinya yang bernama Leung Fut Ting. abang seperguruan gurunya Ip Man. Chan Wah Shun. Diantara mereka. teman-teman dan familinya saja. Ternyata orang tua tersebut adalah Leung Bik. Kemudian Ip Man diajaknya untuk Chi Sao (sebuah bentuk latihan yang melibatkan kontrol serangan dan pertahanan/tehnik menempel tangan). lalu ia lari ke sekolah bersama teman sekelasnya. Beberapa murid informal beliau yang dikenal di FoShan seperti Lok Yiu. Orang tua tersebut mengatakan jurus itu “tidak terlalu hebat”. Kwok Fu. setelah satu tahun kemudian beliau masuk ke Sekolah St. tetapi ia dikalahkan oleh orang tua tersebut setelah beberapa pukulan. namun ia lebih fokus ke niaga dan tidak melanjutkan . dan beliau menggunakan ilmu Bela Diri WingChun yang dipelajarinya menumbangkan polisi tersebut.Saat umur 15 tahun. Chow Kwong Yue. Ia mengajar WingChun ke beberapa kerabat dekat. Ip Man kemudian diundang untuk bertemu dengan orang tua tersebut dan ditanyakan oleh orang tua tersebut ilmu bela diri apa yang telah Ip Man pelajari. Stephen’s College. Lalu Ip Man mempertunjukan bentuk jurus Siu Nim Tao dan Chum Kiu (Jurus ke 1 dan ke 2 dari WingChun).

beliau meminta kedua anaknya dan seorang muridnya yang bernama Lau Hon Lam untuk merekam semua bentuk jurus-jurus Wing Chun yang diperagakan oleh beliau sendiri menjadi video. Pada awalnya.latihannya. pertama ke Hoi Tan Street di Sham Shui Po. beliau hanya sempat memperagakan jurus Siu Nim Tao. bisnisnya tidak berjalan lancar. Pada tahun 1967. Ip Man mulai membuka sekolah seni bela diri Wing Chun. memutuskan untuk pergi ke HongKong tanpa keluarganya saat komunis tiba di FoShan. Sebenarnya Ip Man telah mulai memperagakan jurus ke 3 WingChun yaitu Biu Tze dan juga petung kayu Lok Dim Pun. Ip Man tinggal bersama Kwok Fu saat Peperangan Sino-Jepang dan kembali ke FoShan dan bekerja kembali sebagai polisi setelah peperangan selesai. Partai Komunis China memenangkan perang antar penduduk di China. sekitar 6 minggu sebelum Ip Man meninggal. Kwok Fu dan Lun Kah yang mengajar. Beberapa murid Ip Man meraih kemenangan dalam pertandingan dengan perguruan seni bela diri lainnya. Pada akhir tahun 1949. sedangkan Ip Man yang menjadi petugas untuk oposisi partai politik KuoMingTang. Sekolah tersebut telah pindah sebanyak 2 kali. Di HongKong. Kemudian beberapa murid yang sudah cukup memiliki kemahiran membuka sekolah bela diri WingChun milik mereka sendiri. sehingga menaikkan reputasi Ip Man sebagai seorang master WingChun. Kemudian Chan Chi Sun dan Lui Ying pergi ke HongKong tetapi tidak menerima murid satupun. lalu ke Lee Tat Street di Yau Ma Tei. karena rata-rata murid-muridnya hanya tinggal untuk bebeapa bulan saja. Keinginan Ip Man mendokumentasikan jurus-jurus tersebut adalah satu-satunya jalan untuk mencegah penipuan dan kecurangan pihak lain . Namun karena kondisi tubuh beliau yang sakit dan lemah. Karena jurus-jurus tingkat tinggi tersebut membutuhkan banyak energi dan mereka sangat mengkwatirkan kondisi tubuh beliau saat itu. sebagian besar WingChun yang berada di FoShan dan daerah GuangDong adalah diturunkan oleh kedua orang tersebut. namun kedua anaknya dan Sifu Lau Hong Lam segera menghentikannya. Ip Man dan beberapa muridnya mendirikan “The HongKong Ving Tsun Athelic Association” Pada tahun 1972. Chum Kiu dan Muk Yan Cong (Orang Kayu).

. Wong Shun Leung. tahun 1954 : Victor Kan . tahun 1958: Ho Kam Ming. tahun 1963: Ip Chun dan Ip Ching (anak Ip Man). tahun 1962: Moy Yat. Leung Ting dan lainnya yang tak tersebut. Derek Fung. tahun 1957: Wong Long.tahun 1951 : Leung Sheung. William Cheung. Beberapa murid terkemuka Ip Man seperti angkatan . tahun 1956 : Bruce Lee. tahun 1953: Chu Shong Tin. Lo Man Kam.dalam mengajarkan WingChun yang otentik. tahun 1952: Lok Yiu. dan beliau juga mengkwatirkan beberapa murid diantara sekian banyak murid yang bagaimana menguasai ilmu dengan pengetahuan yang terbatas.

asalkan kita mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi Kita saat melakukan Kuda-kuda. GM. Jujutsu. dimana dulu pertarungan memakai tenaga. Karate. Cara yang paling gampang adalah visualisasi energi Chi kita sebagai Cahaya Putih. Latihan Kuda-kuda banyak fungsinya. namun sebenarnya banyak aspek yang terkandung di dalam latihan kuda-kuda. tercatat beberapa beladiri dianalisa beliau dan diimplementasikan serta . pun ada dipelajari kuda-kuda. Kuda-kuda dalam beladiri internal adalah aspek Di (BUmi).Latihan Dasar Wing Chun I Kuda-kuda Kuda-kuda dianggap sebagian besar praktisi beladiri modern sebagai sesuatu yang kuno dan kurang berguna. sekarang lebih ke teknik. lakukan aliran Chi ke Kaki. Kuda-kuda yang dilakukan yang banyak ditentang oleh praktisi modern adalah efektivitasnya dalam pertarungan. dimana sekarang standing style dari kebanyakan beladiri lebih fleksibel ketimbang pemakaian kuda-kuda. Taekwondo. Sebenarnya di beladiri diri modern seperti Judo. maka lakukanlah pernapasan biasa. Kudakuda memliki banyak variasi. Banyak praktisi beladiri konservatif yang selalu mempertahankan bentuk kuda-kuda saat mereka Fighting. hal ini mempengaruhi efektifitas dan efisiensi gerakan mereka sendiri. Kuda-kuda dalam bahasa Inggris disebut juga Stance (Cara /posisi berdiri). Kalau ingin memencarkan Chi ke seluruh tubuh. pertarungan maupun teknik beladiri mengalami banyak sekali perubahan dan transformasi serta evolusi. Brasilian Jujutsu. dll. Bruce Lee ( Lee Siao Lung ) pernah menganalisa berbagai beladiri. begitu juga kalau mau ke tangan. Alm. terletak 3 jari tangan kanan di bawah pusar ) lalu sebarkan ke seluruh tubuh. dan tahan di Dan Dian (pusat energi Chi. Kalau kita ingin memperkuat Kaki kita. Seperti salah satu evolusioner Kungfu Wing Chun. dalam teknik tenaga dalam kuda-kuda sangat dibutuhkan dalam aspek Tenaga Bumi.

kuda-kuda bentuk sedang yang diajarkan Beliau adalah hasil analisa terbaik menurut Beliau. kestablian. Kuda-kuda dalam Wing Chin disebut juga kuda-kuda San Zhan ( atau Kuda-kuda Gunung) atau dalam bahasa Jepang disebut San Chin Daiichi. . namun kecepatannya akan melambat. Kuda-kuda ini juga ada 4 perubahan. tulang belakang. FMA. dilatih kekuatan jari kaki. Kuda-kuda besar. sehingga badan semakin ringan. tulang ekor. Kuda-kuda ini kalau latihan digenjot akan meningkatkan teknik flesiblelitas teknik langkah. akan menghasilkan tenaga yang besar. Jujutsu. samping kaki. telapak Pisau kaki . Thai Chi. dll. Menurut Beliau. Dalam teknik ini. pelatihan pertama adalah latihan Kuda-kuda tetap.diokulasi ke dalam Wing Chun yaitu Taekwondo. begitu juga kudakuda yang kecil akan menghasilkan tenaga yang kecil. untuk teknik pertarungannya. namun cepat. Karate Kempo. paha. serta kordinasi otot.

waktu mundur. waktu kita maju. bertahan ataupun melakukan serangan sembari bertahan. waktu ke kiri. Hang Ma Ganti Kaki ( Change Leg Body Movement Step ): pada style ini kita bisa bergerak menyerang. Seberanarnya masih ada satu lagi posisi kaki. sangat ditekankan pada rotasi pada pinggang. pada Hang Ma ini. Hang Ma di tempat ( One Spot Body Movement Step ): pada style ini. kaki depan maju dahulu. latihan posisi ini sangat berguna saat bertarung di tempat yang tidak rata. atau disebut juga Hang Ma. Hang Ma ini sangat berguna pada pertarungan. aplikasi latihan ini akan bermanfaat saat kita melatih teknik kedua yaitu Jim Kiu dan latihan tenaga Biu Chee.Latihan Dasar Wing Chun II Pada latihan dasar Wing Chun II kali ini kita membahas tentang pergeseran kuda-kuda. kaki belakang mundur duluan. 3. . Hang Ma menitik beratkan pada salah satu titik di salah satu kaki. yaitu posisi berdiri satu kaki. kita bisa bergerak dalam kondisi menyerang. kita langsung beralih ke sebelah kanan. Hang Ma maju dan mundur satu kaki ( Same Leg Body Movement Step ): pada style ini. saat kita sedang menghadapi lawan di sebelah kiri. dimana seperti style pada beberapa macam beladiri. kaki kiri duluan. dimana pusa pergeseran paling besar adalah di pinggang. 2. Ada 3 macam Hang Ma dalam Wing Chun : 1. begitu juga saat posisi depan dan belakang. Contoh. kaki kanan duluan. atau movement. maka jika ada penyerang dari sebelah kanan. dan waktu ke kanan. namun kebanyakan posisi ini hanya untuk latihan atau pun pada posisi tertentu. dimana kita bisa langsung memutar badan ke arah lain tanpa bertukar tempat.

Push up 7 macam b. Pembentukan Lingkaran 2 kali memakai telapak c. Di kurikulum saya. tepatnya di bagian depan telapak kaki. Xiao. dan gerakan tangan serta efek dari gerakan tubuh secara minimal. pada intinya latihan ini kita bagi menjadi 3 tahapan utama: a.Latihan Wing Chun 3 Pada kali ini kita akan membahas mengenai penguatan tangan. Hand's movement speed training 1. untuk melatih tangan juga kita mengenal adanya 3 titik yaitu Da. Pembentukan Lingkaran 3 kali memakai telapak d. dan kombinasi antara mata. Da adalah pangkal lengan. dan Xiao adalah daerah telapak tangan dan pukulan. dan di lengan. Hand and punch's power training 2. melatih teknik ini gampang-gampang susah. Hand's speed training 3. Posisi kaki untuk mengambil tenaga ledakan 2. Hand's and Punch power training Seperti kungfu atau beladiri lainnya Wing chun mengkoordinasikan pusat tenaga di 3 titik yaitu kaki. Pegangan kayu 2 macam c. karena dibutuhkan tekad dan kesbaran. Zhong adalah sikut. Pembentukan Lingkaran 2 kali memakai telapak disertai pukulan f. Hand's speed training Latihan ini memakai cara yang sederhana yaitu dengan mengkombinasikan antara pembentukan lingkaran dengan tangan di tempat. Pembentukan Lingkaran 1 kali memakai telapak b. di pinggang. Latihan Dasar : a. napas. Zhong. Pembentukan Lingkaran 3 kali memakai telapak disertai pukulan . Latihan ini di bagi jadi 2 tahap : I . Pembentukan Lingkaran 1 kali memakai telapak disertai pukulan e. saya membagi latihan dasar buat tangan menjadi 3 macam : 1.

Hand's movement speed training Pada latihan ini. Pukulan Meteor 3. Latihan Memakai alat : a. adalah kombinasi tangan berubah-ubah. . latihan meliputi : 1. Latihan continous blocking 5.II. Pindahan tangkisan tangan melingkar ke kiri dan kanan 2. Latihan Kombinasi Blocking Punching. Latihan rasa dan insting mengalir 4. Latihan rasa dan insting tutup mata 3. Pukulan berat b.

Biksuni ini melarikan diri ke selatan. latihan puluhan tahun pun. Banyak orang salah kaprah mengenai Wing Chun. tentu harus melalui beberapa tahapan dan dilatih oleh guru yang memang menguasai teknik itu luar dan dalam. Banyak yang bertanya. Wing Chun sendiri sebenarnya adalah gabungan dari teknik Bangau aliran selatan dan Teknik Standing Ular Selatan. karena saat itu Shaolin berisikan Biksu. bisa dilatih dalam 3 Bulan. dan dari teknik pun. Wing Chun sendiri adalah aliran Hung Mei. karena di Shaolin sendiri tidak pernah dilatih Wing Chun. tapi yang di selatan. bukan hanya Wing Chun. tidak akan sempurna. berapa lama sih bisa menguasai Wing Chun. yamh dari dulu terkenal dengan teknik langkah kakinya yang indah dan efektif. dan dilatihpun bukan di Biara. Wing Chun jika dilatih benar. sebenarnya tergantung murid itu sendiri. terpengaruh sekali dengan teknik Shaolin Selatan khususnya Jurus Macan dan Bangau. Biksuni Ng Mui sendiri selain menciptakan Wing Chun masih menciptakan beberapa teknik lain. Jadi kalau ada yang klaim Wing Chun itu berasal dari Shaolin.Tahapan Belajar Wing Chun (Terakhir) Pembaca sekalian. hal yang paling mencolok adalah dari Mok Yan Cong yaitu manusia kayunya. itu salah total. ternyata susah juga dalam menciptakan karya tulis. serta mengerti inti-inti dari Kungfu ini. jika versi Yim Wing Chun manusia kayu mirip dengan yang dilatih sekarang. sekarang Wing Chun lebih dipelajari oleh kaum Adam. Kalau tidak. begini. . ada sedikit perbedaan antara Wing Chun yang dilatih oleh Yim Wing Chun dengan aliran yang berkembang di sekitar Kuang Tung. Wing Chun memang aliran selatan. dan berkembang di sisi awam dari kalangan Ciang Hu ( Kang Ouw ). Ng Mui adalah salah satu pemberontak yang menentang Rezim Tirani saat itu. menurut sejarah. sudah lama juga gak update disini. Pendekar wanita yang terkenal di aliran Wing Chun antara lain Yim Wing Chun dan Ibu dari Fong Sai Yuk. karena pemberontakan gagal. memiliki struktur yang berbeda dan bisa berputar sampai kaki. berikut adalah artikel saya yang terakhir tapi bukan yang paling terakhir mengenai Wing Chun. menurut analisa saya dari beberapa artikel maupun catatan sejarah. Biksuni ini sendiri bukan aliran Shaolin. Wing Chun diciptakan oleh Biksuni Ng Mui.

Perasaan ( Gerak Rasa ) Kekuatan : Kekuatan Wing Chun bukan terletak di pangkal tangan. bukan sekedar kecepatan saja. hal ini lumrah. tahapan belajar Wing Chun : 1. 2. jadi diandalkan kecepatan. Kecepatan : Wing Chun mengandalkan kecepatan yang memiliki ketepatan atau akselerasi. yang notabene adalah kaum Hawa. NAmun sebelum itu ada baiknya kita bahas mengenai apa saja yang ada di Wing Chun. kita tau. jadi antara satu gerakan dengan gerakan yang lain harus seimbang untuk menjaga kesinambungan gerakan. apakah salah? tidak juga. istilah ini saya sering sebut Zhong men dan Xiao Men. mulailah ada diadakan perubahan latihan lebih ke arah kekuatan.Tahapan berlatih Wing Chun bisa kita Bagi menjadi beberapa tahapan. jadi. seperti halnya Mi Zhong Yi. Akselerasi : adalah ketepatan sasaran WIng Chun dalam memblok serangan lawan. namun setelah suami dari Yim Wing Chun mempelajari ini. Wing Chun memiliki perubahan yang sangat cepat. Keseimbangan : Keseimbangan ini dimaksudkan adalah keseimbangan saat perubahan gerakan. Gerak rasa : hal penting yang dilupakan praktisi sebelum masuk ke Chi Sao. Kecepatan. orang sekarang lebih lihat referensi film IP Man. sebenarnya hal kecepatan tangan atau lebih bagusnya disebut kecepatan perpindahan tangan. Akselerasi. tapi di tengah dan di ujung tangan. Bicara mengenai Wing Chun. sehingga jika ditanya apa itu Wing Chun ? pasti jawabnya kecepatan. Keseimbangan. ketepatan adalah hal lain disamping cara blok yang harus benar. bukan kecepatan buta. Siu Lim Tao : semua gerakan tangan Wing Chun ada disini. Wing Chun adalah : Kekuatan. karena sewaktu ilmu ini diajarkan kepada Yim Wing Chun. Jim Kiu : Keseimbangan gerakan .

Suang Hu Tie Duan Jian : Pedang Kupu-kupu 6. keseimbangan. Keseimbangan. Biu Chee : Kecepatan. Kekuatan. kekuatan 4. Mok Yan Jong : Kecepatan. Akselerasi 5.3. Cang Gun : Tongkat pendayung .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful